11 Tips Jitu Merangsang Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

Tips jitu merangsang kecerdasan anak sejak usia diniUsia balita adalah masa keemasan dalam perkembangan otak anak. Menurut pakar perkembangan anak dan ahli saraf, masa ini merupakan tahap dimana otak berkembang paling cepat. Sehingga apapun yang anda ajarkan, mereka dapat menangkap dan menirunya dengan cepat. Oleh sebab itu, ada baiknya anda merangsang kecerdasan anak pada sejak usia 0-5 tahun.

Semua orang tua tentu menginginkan anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan penuh percaya diri. Namun,hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesabaran dan perhatian penuh dari orang tua agar anak cerdas sejak usia dini  

Lalu bagaimana caranya merangsang kecerdasan anak sejak usia dini?

1. Berikan ASI Secara Eksklusif

ASI sangat penting dalam pertumbuhan anak sejak usia dini. Pemberian ASI eksklusif yang ideal adalah mulai usia 0-6 bulan. Di lanjutkan tetap menyusui hingga usia 2 tahun dengan disertai makanan tambahan agar buah hati anda mendapatkan gizi yang seimbang.

Selain itu, ada banyak manfaat ASI yang tidak akan didapatkan dari susu lain yang dijual dipasaran. Sudah banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa ASI dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga dari segala resiko penyakit dan bisa menjadikan anak cerdas.

2. Seringlah Mengajak Anak Berbicara

Mengajak berbicara dapat merangsang kecerdasan anak. Seringlah mengajak buah hati anda mulai dari kecil meskipun dia tidak mengerti apa yang anda bicarakan. Hal ini juga dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak.

Pada usia 0-6 bulan, seorang anak mungkin baru dapat mengeluarkan kata-kata yang belum jelas. Sebaiknya dengarkan saat dia berbicara. Mungkin dia sedang berusaha mengajak anda berkomunikasi. Balaslah setiap perkataan yang dia ucapkan sehingga akan membiasakan dia untuk berbicara.

3. Rutin Membacakan Buku

Tips jitu merangsang kecerdasan anak sejak usia dini2Mulailah untuk membekali buah hati anda dengan membacakan buku. Sebagai langkah awal, Anda bisa membacakan buku dongeng bergambar. Jangan anda merasa bosan atau jenuh saat dia tidak mengindahkan anda. Teruslah membacakan untuknya untuk merangsang kemampuan bahasanya sejak kecil supaya anak pintar saat dewasa kelak.

Fakta membuktikan bahwa anak yang memiliki minat membaca sejak kecil berpotensi lebih banyak meraih prestasi disekolah dan cenderung menjadi orang sukses dalam kehidupannya nanti.

4. Berikan Makanan Yang Sarat Gizi

Sangat penting untuk memperhatikan dan memilih makanan untuk buah hati anda. Saat yang tepat untuk mulai memberikan makanan yang sarat gizi adalah ketika anak masih dalam kandungan. Anda bisa mengkonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, telur dan daging yang baik untuk tumbuh kembang janin.

Saat anak sudah menginjak usia 6 bulan. Mulailah untuk memberikan tambahan makanan terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan fisik dan kecerdasan otaknya. Seimbangkan dalam memberi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin yang sangat penting untuk membuatnya pintar.

5. Waktu Tidur Yang Cukup

Sebagai orang tua, anda harus memberikan waktu tidur yang cukup. Waktu ideal anak tidur berbeda-beda disesuaikan dengan usianya. Waktu tidur seorang bayi usia 0-1 tahun tentu berbeda dengan anak usia 2-3 tahun.

Secara bertahap dan seiring bertambahnya usia, waktu tidur anak akan lebih sedikit. Sehingga anda harus memberikan jadwal rutin untuk waktu istirahat si buah hati.

6. Berinteraksilah dan Tunjukkan Kasih Sayang Anda

Menurut sejumlah penelitian, bayi yang kurang mendapat buaian, kasih sayang dan jarang diajak berinteraksi dapat mempengaruhi perkembangan otaknya.

Beda halnya dengan orang tua yang memberikan perhatian lebih pada buah hatinya dengan mengajaknya bermain dan berinteraksi, hal ini dapat merangsang kecerdasan anak sejak usia dini. Hubungan yang penuh kasih sayang yang terbentuk antara anda dan anak dapat memberikan efek luar biasa dalam mengembangkan kemampuan berfikir dan kreatifitasnya.

7. Kenalkan Musik Padanya

Menurut penelitian, musik memiliki pengaruh positif yang dapat meningkatkan daya ingat dan pertumbuhan otak anak. Selain itu, musik juga dapat mengurangi resiko stres pada anak yang dapat merusak otak

Oleh sebab itu, kenalkan musik sejak dini pada buah hati anda bahkan sejak dia masih didalam kandungan. Sehingga anak anda akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan pintar.

8. Batasi Menonton TV

Cara mendidik anak yang baik salah satunya adalah dengan membatasi menonton TV. Sebaiknya anak tidak menonton TV sebelum usia 2 tahun. Jika anda membiarkannya, hal ini dapat menghambat pertumbuhan otak anak.

Terlalu sering menonton TV malah membuat anak malas untuk melakukan kegiatan yang lebih penting terutama dalam perkembangan otak. Sebaiknya alihkan menonton TV dengan mengajaknya bermain, bersosialisasi dengan teman sebayanya atau memberikan buku bacaan.

9. Pujilah Dia Karena Kerja Kerasnya

Jangan anda terlalu banyak memberikan pujian pada anak karena bisa berdampak buruk bagi perkembangan sifat dan mentalnya. Anak anda bisa tumbuh menjadi pribadi yang memiliki sifat egois dan  mudah Ge-eR (Gede Rasa)

Sebaiknya, sesekali pujilah anak anda atas prestasi dan kerja kerasnya sehingga dapat membantu dia tumbuh menjadi orang yang bermental kuat dan penuh percaya diri.

10. Tingkatkan Kreativitasnya

Tips jitu merangsang kecerdasan anak sejak usia dini1Ada Beberapa anak didunia ini yang lahir dengan bakat diatas rata-rata. Namun, pada dasarnya, setiap anak memiliki kreativitas sendiri. Oleh karenanya, tugas anda adalah membantu dalam mengembangkan kreativitasnya untuk merangsang kecerdasan anak.

Beberapa cara yang bisa anda ajarkan pada anak dalam menumbuhkan kreativitas bisa dengan cara memperkenalkan sastra, seni dan musik yang baik untuk pertumbuhan otak kanannya. 

11. Hindari Memanjakannya Berlebihan

Memberikan kasih sayang pada anak adalah hal yang lumrah. Namun, jika anda terlalu berlebihan maka akan berdampak buruk pada perkembangan perilakunya. Anak menjadi keras kepala, banyak maunya, cengeng, mudah marah dan egois adalah beberapa dampak terlalu berlebihan dalam memanjakan anak.  

Memang bukan perkara mudah untuk merangsang kecerdasan anak. 11 tips diatas mungkin dapat membantu anda dalam mendidik anak sejak usia dini agar kedepanya dia tumbuh menjadi orang yang cerdas, pintar dan penuh percaya diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *