15 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda

Cara jitu meningkatkan kepercayaan diri andaMeningkatkan kepercayaan diri memang bukan perkara mudah. Apalagi bagi beberapa orang yang pernah mengalami kegagalan demi kegagalan dalam menghadapi permasalahan hidup. Hal ini membuat mereka menjadi depresi, minder, tidak memiliki tujuan hidup dan takut untuk melangkah kedepan.

Mungkin anda pernah mengalami kejadian buruk yang tidak mengenakkan. Misalnya tidak diterima di sekolah atau kampus favorit, berulangkali gagal melamar pekerjaan atau mendapat penolakan ketika menyatakan cinta pada seseorang. Karena permasalahan ini, anda kehilangan rasa percaya diri sehingga membuat anda pasrah dan menyerah pada situasi tersebut.

Memang cukup sulit untuk menumbuhkan rasa percaya diri setelah mengalami permasalahan yang datang silih berganti. Namun, jika anda hanya pasrah dan menerima kenyataan, maka anda tidak akan pernah bisa bangkit dari keterpurukan. Akibatnya, anda akan semakin jauh dari cita-cita yang diimpikan.

Solusinya, anda mesti berusaha membangkitkan mental dan rasa percaya diri anda. Kabar baiknya, postingan kali ini saya membagikan beberapa cara untuk membangun rasa percaya diri yang telah menurun.

Berikut ini cara jitu meningkatkan kepercayaan diri yang bisa anda coba :

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri dengan Mengingat Tuhan Yang Maha Esa

Setiap orang pasti mempunyai masalah dalam menjalani kehidupannya. Bahkan, terkadang masalah satu belum selesai, datang lagi masalah baru yang lebih berat lagi. Hal ini menyebabkan kebayakan orang kehilangan rasa percaya diri.

Untuk mengembalikan kepercayaan diri tersebut, yang perlu anda lakukan adalah selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan umatnya.

Dengan selalu mengingat Tuhan, seyogyanya anda akan mampu bangkit dari keterpurukan. Ada menjadi lebih optimis dalam menatap tujuan hidup dan masa depan anda.

2. Temukan Penyebab Kehilangan Rasa Percaya Diri

Kehilangan rasa percaya diri bisa disebabkan oleh banyak faktor dalam hidup anda. Beberapa diantaranya adalah :

  • Memiliki sifat minder dan pemalu
  • Memiliki trauma buruk di masa lalu
  • Depresi karena mengalami banyak kegagalan
  • Kurangnya kasih sayang dari orang tua
  • Pengaruh lingkungan sekitar
  • Memiliki fisik yang tidak ideal
  • Tidak memiliki atau dikucilkan teman
  • Merasa lebih rendah dibandingkan orang lain

Dari 8 faktor yang saya tulis diatas. Salah satu diantaranya mungkin menjadi penyebab hilangnya kepercayaan diri anda. Setelah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri. Anda tinggal mencari solusi yang pas untuk permasalahan anda tersebut.

3. Tinggalkan Masa Lalu

Memiliki masa lalu yang buruk memang tidak menyenangkan. Banyak orang yang larut dalam kesedihan karena hal tersebut. Orang yang selalu dihantui oleh bayang-bayang masa lalu akan sulit melangkah menuju masa depan.

Sebaiknya, tinggalkan kenangan buruk masa lalu. Dengan begitu anda akan lebih yakin dan percaya diri. pengalaman masa lalu yang buruk bukan untuk diingat namun untuk dilupakan. Akan lebih baik jika pengalaman tersebut dijadikan pelajaran agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama dikemudian hari.

4. Hilangkan Pikiran Negatif Yang Menghantui

Apakah anda merasa memiliki pikiran negatif tentang diri anda? Misalnya anda merasa berpendidikan rendah, merasa memiliki wajah jelek atau merasa diri lebih buruk dan tidak berharga dihadapan orang lain.

Tanpa anda sadari, pikiran-pikiran negatif seperti itulah yang membuat anda tidak percaya diri. Anda terlalu larut dan cemas dengan pikiran diri sendiri. Ujung-ujungnya anda menjadi ragu-ragu dan takut untuk melangkah

Agar kepercayaan diri anda meningkat, hilangkanlah pikiran negatif yang menghantui anda selama ini. Lebih baik anda merubahnya menjadi pikiran positif sehingga anda yakin dengan apa yang anda lakukan.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

5. Jadilah Diri Sendiri

Membandingan diri anda dengan orang lain adalah pemikiran yang salah. Semakin anda melihat kelebihan orang lain, maka akan semakin banyak kekurangan yang anda miliki. Hal ini membuat anda menjadi minder dan tidak percaya diri dihadapan orang lain.

Menjadi diri sendiri adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri anda. Orang lain tidak mengharuskan anda menjadi sosok yang sempurna. Namun, jadilah diri anda sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan anda.

Oleh karena itu, Jangan anda fokus dengan kelebihan orang lain. Tapi fokuslah dengan apa yang sudah anda miliki saat ini. Dengan begitu anda akan bangga dengan diri sendiri.

6. Tetap Tersenyum Apapun Yang Terjadi

Tersenyum bukan hanya sedekar eskpresi wajah yang menunjukkan keadaan seseorang. Lebih dari itu, Dengan tersenyum maka anda akan memperoleh banyak manfaat, salah satunya adalah rasa percaya diri. Jadi, hadapilah dengan senyuman apapun masalah yang sedang menimpa anda.

Dengan begitu beban yang sedang anda alami akan berkurang. Selain itu, efek positif dari sebuah senyuman adalah membuat anda merasa lebih baik, memberikan kebahagiaan bagi diri anda maupun orang lain, merasa nyaman dan tentunya meningkatkan kepercayaan diri.

7. Perhatikan Penampilan

Cara jitu meningkatkan kepercayaan diri anda bercermin

Rasa kurang percaya diri bisa disebabkan oleh penampilan. Coba anda berkaca didepan cermin dan perhatikan penampilan anda? Apakah anda sudah merasa rapi? Jika belum segera perbaiki penampilan anda

Penampilan memiliki peran penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Bagaimana anda bisa tetap fokus ketika tampil kedepan untuk sebuah presentasi jika penampilan anda belum rapi. Atau, apa mungkin teman kencan yang anda temui akan tertarik jika penampilan anda acak-acakan.

Baca juga : 9 Cara Jitu Berkenalan Dengan Wanita Cantik Bagi Pria Pemalu

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikanlah penampilan anda. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk merubah penampilan. Cukup memakai pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh anda. Sedikit minyak rambut untuk merapikan rambut dan tidak lupa memakai parfum agar anda semakin percaya diri.

8. Rutin Berolahraga

Melakukan aktifitas olahraga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Anda tidak harus pergi fitnes untuk membesarkan otot dan membentuk perut sixpack. Cukup olahraga rutin dipagi hari seperti senam atau jogging akan membuat badan anda lebih bugar dan siap melakukan aktifitas apapun.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

Selain itu, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin berolahraga terutama kesehatan. Beberapa diantaranya menguatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan jantung, mencegah resiko obesitas, mengurangi stress, mencegah penuaan dini, selalu bersemangat sepanjang hari dan tentunya meningkatkan kepercayaan diri anda.

9. Asah Bakat dan Kemampuan Anda

Leonel Messi adalah salah satu pemain sepak bola dengan bakat luar biasa. Ia membuktikannya dengan memenangi ballon d’Or sebanyak lima kali. Namun, siapa sangka Messi pernah ditolak oleh salah satu klub argentina karena terlalu kecil dan didiagnosa menderita kekurangan hormon pertumbuhan. Akan tetapi Messi tidak lantas putus asa, ia terus bekerja keras dan mengasah bakatnya sehingga menjadi pesepak bola terbaik didunia.

Anda tidak harus bermimpi menjadi seorang Messi karena bakat adalah anugerah yang tidak banyak orang memilikinya. Namun, anda jangan pesimis. Apapun bakat yang anda miliki, meskipun potensinya kecil cobalah untuk tetap mengasah bakat tersebut.

Misalnya anda pandai dalam bidang menulis. Anda dapat mengembangkan bakat tesebut dengan menjadi penulis atau seorang blogger profesional. Jika anda terus belajar dan bekerja keras, saya yakin anda bisa menjadi penulis terkenal atau seorang blogger dengan penghasilan ratusan juta rupiah. Dengan menguasai bakat anda, tentunya kepercayaan diri anda akan meningkat.

10. Segala Sesuatu Harus Dipersiapkan Dengan Baik

Waktu sekolah, Pelajaran yang cukup sulit bagi saya adalah conversation atau percakapan bahasa inggris. Kenapa sulit? Karena saya malas menghafalkan kalimat-kalimat asing yang sukar dimengerti. Akibatnya saya jadi tidak percaya diri saat ujian praktek berbicara dengan turis mancanegara di Borobudur.

Dalam kasus diatas, rasa kurang percaya diri yang saya alami terjadi karena saya tidak menyiapkan segala sesuatu dengan baik. Sejak saat itu, saya terus belajar dan menghafalkan teks bahasa inggris. Agar saya siap sewaktu guru memerintahkan tampil kedepan.

Rasa percaya diri akan meningkat jika anda mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Apapun yang sedang anda kerjakan, persiapan yang matang akan menumbuhkan rasa percaya diri anda.

11. Perkaya Pengetahuan Anda

Cara jitu meningkatkan kepercayaan diri anda membaca

Cara lain meningkatkan rasa kepercayaan diri anda adalah dengan memiliki wawasan luas. Oleh karena itu, penting untuk memperkaya pengetahuan anda. Jangan merasa bahwa setelah lulus sekolah atau kuliah, anda juga berhenti belajar dan mencari ilmu.

Berusahalah untuk memperkaya pengetahuan anda setiap hari. Cara praktisnya adalah dengan membaca buku atau anda bisa browsing pengetahuan di internet. Masih banyak yang bisa anda pelajari misalnya tentang politik, hukum, sejarah dan lain sebagainya. Dengan memiliki pengetahun dan wawasan yang luas, anda akan percaya diri saat berbicara dengan orang-orang penting.

12. Kesuksesan Teman Adalah Pelecut Semangat

Mungkin anda merasa minder dan rendah diri saat berkumpul dengan teman yang telah meraih kesuksesan dalam karirnya. Mereka memiliki jabatan penting di kantor, punya rumah mewah, mobil dan hidup serba kecukupan. Hal ini membuat anda iri dan tidak percaya diri saat bertemu dengan mereka.

Lebih baik jika anda melihat bagaimana cara mereka berjuang meraih kesuksesan. Dari pada hanya melihat apa yang sudah mereka raih saat ini. Jadikanlah kesuksesan teman sebagai pelecut semangat agar anda dapat meraih kesuksesan serupa.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

13. Ringan Tangan Dalam Membantu Sesama

Jadilah pribadi yang ringan tangan dalam membantu sesama. Bukankah membantu orang lain merupakan perbuatan terpuji yang dianjurkan oleh semua agama. Untuk itu, berusahalah untuk tidak menolak ketika ada saudara, kerabat, tetangga atau teman meminta pertolongan pada anda.

14. Bersyukur Pada Tuhan

Tidak banyak orang yang pandai bersyukur dengan apa yang mereka miliki. Pada akhirnya mereka merasa kurang dalam segala hal. Untuk itu mensyukuri apa yang anda miliki saat ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri anda.

Contohnya anda masih memiliki anggota tubuh yang lengkap, memiliki pekerjaan tetap, memiliki rumah sendiri, dan di anugerahi keluarga yang harmonis. Diluar sana, masih banyak orang lain yang tidak seberuntung anda.

15. Jangan Lupa Berdoa

Terakhir, jangan lupa untuk memanjatkan doa pada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan apapun yang sedang anda lakukan, jika masih dalam konteks kebenaran. Maka mengawali dengan berdoa dan mengingat Tuhan akan menambah rasa percaya diri anda.

Kesimpulannya, banyak penyebab yang membuat orang menjadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, segera cari penyebabnya dan berusahalah untuk mengatasi penyebab tersebut. Beberapa cara diatas bisa anda coba untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *