15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

15 Peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikanPeluang usaha untuk ibu rumah tangga – Menjadi Ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah, Selain kewajiban mengurus suami dan anak, mereka bertanggung jawab dalam mengatur keuangan keluarga. Apalagi jika penghasilan suami pas-pasan. Tentu mereka harus pintar-pintar dalam menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Karena alasan tersebut, banyak Ibu rumah tangga yang tetap bekerja meskipun sudah berkeluarga. Beruntung bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan tetap. Misalnya guru, PNS dan karyawan swasta. Mereka tidak perlu repot-repot lagi mencari pekerjaan lagi.

Akan tetapi, bagaimana dengan Ibu rumah tangga yang hanya memiliki ijazah SMA. Mereka tentu kesulitan mencari pekerjaan. Pada umumnya, bekerja sebagai karyawan toko atau pelayan rumah makan adalah pilihan realistis. Bahkan, banyak Ibu rumah tangga yang terpaksa menjadi TKW agar dapat memperbaiki perekonomian keluarga.

Padahal jika pintar menganalisa peluang, sebenarnya tidak perlu bekerja jauh-jauh sampai keluar negeri. Banyak peluang bisnis untuk Ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan modal yang relatif kecil. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka belum berani untuk memulainya.

Alasannya beragam, mulai dari tidak memiliki pengalaman bisnis, tidak punya modal besar, tidak tahu harus membuka usaha apa dan takut mengalami kerugian. Padahal banyak Ibu rumah tangga yang sukses membuka usaha seperti kisah Ibu Sri Lestari yang meraup omzet puluhan juta melalui usaha kripik dari daun.

Apa saja peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil?

Berikut 15 usaha yang cocok buat ibu rumah tangga yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan keahlian anda.

1. Jualan Pulsa Elektrik

Sekarang ini hampir merata semua orang menggunakan telepon seluler. Sehingga berjualan pulsa elektrik adalah peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan dan tidak akan rugi. Telah banyak orang mendulang keuntungan dengan berjualan pulsa.

Sebenarnya bisnis ini lebih menguntungkan jika anda membuka lapak/kios dipinggir jalan. Namun, sebagai langkah awal, anda cukup menjadi counter berjalan yang bermodalkan handphone untuk memulai usaha ini. Anda dapat menjual pulsa elektrik kepada keluarga, tetangga atau teman. Selain mendapatkan keuntungan, anda juga tidak perlu repot-repot meninggalkan rumah. Karena berjualan pulsa elektrik bisa dilakukan dimana saja.

Modal awal untuk memulai usaha berjualan pulsa elektrik berkisar antara Rp. 500 ribu sampai dengan Rp 3 juta. Jika dikemudian hari bisnis pulsa elektrik anda berjalan lancar, anda bisa memikirkan untuk membuka kios agar usaha ini semakin maju. Lengkapi dengan berjualan kartu perdana, vocher, token listrik, tagihan PDAM dan aksesoris hanphone. Jika kesibukan anda dirumah tidak bisa ditinggalkan. Anda dapat mempekerjakan seseorang untuk membantu usaha anda.

2. Kue Kecil-Kecilan

peluang usaha ibu rumah tangga kue kecil

Apakah anda seorang ibu rumah tangga yang hobi membuat aneka macam kue? Anda bisa menggunakan hobi tersebut sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan.

Untuk memulai usaha ini, sebaiknya anda menitipkan kue ke beberapa warung kecil yang biasa menerima titipan. Dua sampai empat jenis kue sudah cukup sebagai ajang promosi.

Selain modalnya tidak seberapa, anda juga bisa mengamati minat konsumen. Jika kue yang anda jual sering habis. Peluang usaha ini mungkin memiliki prospek cerah.

Anda tinggal memikirkan untuk membuka toko kue kecil-kecilan dipinggir jalan. Usaha ini memerlukan modal sekitar Rp. 8 juta. Menurut rincian peluangusaharumahan.info, Lebih dari setengah modal tersebut anda gunakan untuk membeli peralatan pembuat kue. Sisanya untuk membeli bahan baku dan perlengkapan lainnya.

Anda dapat menjual kue tradisional maupun modern seperti onde-onde, klepon, wingko babat, bike ambon, putri ayu, roti bolu, Pancake, dan brownies. Selain itu, menjelang lebaran banyak orang mencari kue kering sebagai sajian untuk tamu. Anda bisa membuat kue kering seperti nastar, pukis, putri salju cookies susu, lidah kucing, dan kue kacang. Jika anda tidak tahu resepnya bisa browsing di cookpad.com.

3. Toko Sembako Rumahan

Coba anda perhatikan, jika belum ada banyak toko disekitar rumah anda. Ini bisa menjadi peluang untuk membuka toko sembako di rumah anda. Dagangan yang bisa anda jual adalah sembako dan keperluan sehari-hari. Ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh. Selain tetap bisa mengurus rumah dan si kecil. Anda juga dapat membantu perekonomian keluarga.

Modal untuk memulainya tidak terlalu besar. Hanya sekitar Rp. 5 juta untuk membeli dagangan yang ingin anda jual. Untuk tempat bisa anda sesuaikan dilokasi rumah yang strategis. Anda tidak perlu melakukan promosi karena rata-rata harga barang dagangan yang anda jual memiliki selisih harga sama dengan toko-toko besar.

Untuk memajukan usaha ini, anda perlu perhatikan permintaan konsumen. Misalnya jika anda tidak menyediakan rokok, sementara banyak orang yang mencari. Anda harus melengkapinya agar pelanggan tidak lari ke toko lain. Dengan menyediakan toko sembako yang lengkap dan murah, maka tetangga anda tidak perlu repot-repot membeli ditempat lain.

Baca juga : Rahasia Menjadi Orang Kaya Dengan 12 Cara Sederhana

4. Jualan Makanan Untuk Sarapan

Jika anda merasa kerepotan untuk membuka toko sembako karena harus menunggu pembeli sepanjang hari. Menjual makanan di pagi hari bisa menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang cocok untuk anda. Apalagi jika lingkungan tempat anda tinggal mayoritas pekerja kantoran. Banyak diantara mereka yang tidak sempat menyiapkan sarapan.

Tidak banyak kesulitan yang anda hadapi dalam menyediakan makanan untuk sarapan. Hanya saja anda perlu bangun lebih pagi dibanding orang lain karena harus memasak makanan yang akan anda jual. Jenis makan yang bisa anda jual misalnya bubur ayam, lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk dan aneka macam gorengan.

Modal untuk memulai usaha ini sekitar Rp. 300 ribu per hari untuk membeli bahan bakunya. Sementara hasilnya anda akan mendapat keuntungan yang berlipat. Untuk menjaring pelanggan sebaiknya jangan menjual makanan terlalu mahal. Agar pelanggan senang hati kembali menikmati sarapan ditempat anda.

5.  Rumah Makan Sederhana

Jika banyak orang bilang masakan anda enak. Kenapa anda tidak mencoba membuka rumah makan sederhana? Anda bisa menjual berbagai macam lauk pauk mulai dari ayam, ikan, daging sapi, tahu tempe maupun sayuran. Apalagi jika lokasi tempat tinggal anda berdekatan dengan kost mahasiswa atau karyawan swasta. Tentu peluang usaha ini cukup menjanjikan

Anda bisa menyediakan modal sekitar Rp 15 juta yang akan digunakan untuk mendekorasi tempat, membeli etalase kaca, meja panjang dan kursi serta perlengkapan dapur yang belum anda miliki. Sisa modal bisa anda gunakan untuk membeli bahan baku makanan serta membayar karyawan.

Untuk langkah awal, sebaiknya pasang harga miring untuk mendapatkan pelanggan. Jika usaha ini dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin usaha anda akan berkembang lebih besar.

6. Usaha Katering Rumahan

Anda merasa kurang mampu untuk membuka rumah makan sederhana karena kurangnya modal dan harus melayani pembeli setiap hari? Tenang, hobi memasak anda bisa disalurkan dengan membuka peluang usaha catering rumahan.

Memasak pesanan catering bisa anda lakukan di rumah. Anda bisa melayani pesanan sampai 100 orang. Contoh pesanan catering meliputi nasi boks, prasmanan dan nasi tumpeng. Modal usaha yang diperlukan berkisar antara Rp. 3 juta sampai dengan Rp. 6 juta tergantung permintaan pesanan.

Kunci sukses usaha catering rumahan adalah makanan yang anda sajian enak dan murah. Anda bisa mempromosikan usaha anda kepada teman, tetangga, tempat kerja suami atau menyebarkan brosur diberbagai tempat.

Jika usaha catering anda disukai tetangga. Bukan tidak mungkin anda mendapat pesanan untuk acara pernikahan, ulang tahun maupun acara syukuran kantor.

7. Jualan Jus Buah dan Minuman Dingin

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga lain yang bisa anda coba adalah jualan jus buah dan minuman dingin. Indonesia adalah negara beriklim tropis. Beberapa daerah yang dilewati garis Khatulistiwa seperti pulau Kalimantan dan Sulawesi memiliki suhu udara yang panas. Berjualan jus buah dan minuman dingin bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi anda.

Modal untuk memulai usaha ini sekitar Rp. 5 juta sebagai investasi awal guna membeli perlengkapan seperti blender, freezer kecil dan gerobak. Sedangkan untuk biaya operasional sekitar Rp. 2 juta untuk membeli bahan baku seperti aneka macam buah, minuman sachet, perlengkapan pendukung serta biaya listrik selama satu bulan.

Omzet yang bisa di dapatkan dengan asumsi anda dapat menjual 40 cup jus x Rp. 6000 = Rp. 240.000 per hari. Selama sebulan anda akan mendapat keuntungan kotor sebesar Rp 240.000 x 30 hari = Rp. 7.200.000. Anda tinggal mengurangi biasa operasional sehingga keuntungan bersih sebesar Rp. 5.200.000 per bulan. Sangat menggiurkan bukan.

8. Membuat Kerajinan Tangan

Peluang usaha ibu rumah tangga Kerajinan tangan

Anda memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan? Jika ya, manfaatkan keterampilan anda tersebut untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Apalagi jika lokasi tempat tinggal anda dekat dengan tempat wisata. Tentunya akan banyak berdatangan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Peluang bisnis ini lumayan menjanjikan. Buatlah kerajinan tangan yang unik, menarik, memiliki nilai seni yang tinggi serta lain daripada yang lain. Anda bisa menitipkan hasil karya anda pada beberapa toko yang khusus menjual pernak-pernik aksesoris di lokasi wisata tempat anda tinggal.

9. Usaha Air Isi Ulang

Kebutuhan air minum di berbagai kota di Indonesia berbeda-beda. Walaupun masih ada yang dapat memanfaatkan mata air pegunungan. Masih banyak masyarakat yang terpaksa harus membeli air isi ulang terutama didaerah perkotaan. Hal ini dikarenakan sulitnya mencari air bersih. Sementara diluar jawa, harga isi ulang merk ternama sangatlah menguras kantong.

Manfaatkan situasi ini sebagai peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan. Dengan memasang harga antara Rp. 4000 s.d Rp 6000 (disesuaikan dengan kota anda) tentu masyarakat akan berbondong-bongdong membeli air isi ulang ditempat anda.

Meskipun modalnya lumayan besar, usaha air isi ulang ini akan mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Bahkan dalam waktu satu tahun saja modal anda akan kembali.

Modal awal yang harus anda siapkan sekitar Rp. 35 juta. Menurut erakini.com, modal ini diperuntukkan untuk membeli paket depo isi ulang, galon, motor bekas untuk mengantar pesanan dan gaji dua karyawan. Jika anda membuka usaha ini dirumah, langkah awal yang diperlukan adalah promosi pada tetangga. Berikanlah harga miring dengan pelayanan siap antar. Biasanya usaha air isi ulang di lengkapi dengan usaha lain seperti isi ulang tabung gas.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

10. Membuka Jasa Menjahit Pakaian

Peluang usaha ibu rumah tangga menjahit

Anda lulusan SMK jurusan tata busana atau pernah mengikuti kursus menjahit? Mengapa anda tidak gunakan keterampilan tersebut untuk membuka jasa menjahit pakaian. Anda bisa menerima pesanan jahit seperti baju seragam anak sekolah, seragam pegawai negeri dan permak pakaian.

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini sangatlah menguntungkan karena berjenis jasa. Menurut beberapa situs yang saya baca, Peralatan yang anda perlukan adalah mesin jahit, mesin obras dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya yang bisa anda dapatkan dengan modal Rp. 1,5 juta sampai dengan Rp. 2 juta tergantung merk yang anda inginkan. Untuk urusan tempat tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar. Anda bisa memakai salah satu ruangan depan rumah.

Promosikan jasa anda dari mulut ke mulut. Anda bisa minta tolong kepada suami untuk mempromosikan usaha anda ke rekan kantornya dengan tarif lebih murah dibanding jasa menjahit pakaian ditempat lain. Jika pekerjaan anda bagus dan rapi, maka akan semakin banyak orang yang yang datang menjahit ditempat anda.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

11. Membuka Usaha Laundry Kiloan

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah usaha laundry kiloan. Hal ini disebabkan banyak orang cenderung konsumtif sekarang ini. Bahkan untuk urusan mencuci pakaian dan menyetrika. Mereka ingin serba simpel dan praktis.

Membuka jasa laundry kiloan akan lebih menguntungkan jika anda memilih tempat yang strategis. Misalnya di tempat yang banyak terdapat mahasiswa, pegawai pemerintah maupun karyawan swasta. Tugas kuliah maupun pekerjaan dikantor yang cukup menyita waktu. Membuat beberapa orang tidak mau direpotkan dengan cucian yang menumpuk. Sehingga mereka memanfaatkan jasa laundry.

Modal untuk memulai usaha laundry sekitar Rp. 8 juta (belum termasuk sewa tempat) untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, seterika dan bahan perlengkapan lainnya. Promosi dapat anda lakukan dengan menyebarkan brosur di berbagai tempat. Buatlah semenarik mungkin untuk menarik minat pelanggan.

12. Menjual Baju Murah

Menjual baju murah bisa menjadi ide bisnis untuk ibu rumah tangga. Harga mahal yang ditawarkan di toko pakaian membuat beberapa orang ragu untuk membelinya. Hal ini bisa menjadi peluang anda untuk memulai bisnis ini.

Jika anda kebingungan membeli baju murah untuk dijual. Anda bisa mencarinya di internet. Ada banyak toko online yang menyediakan baju grosiran dengan harga relatif murah. Tugas anda cukup memilih toko online terkenal dan terpercaya. Saya merekomendasikan grosirbajuku.com. Selain harganya murah, toko online ini memiliki beberapa cabang di kota-kota besar.

Investasi awal yang perlu anda siapkan sekitar Rp. 4 juta s.d Rp. 5 juta.  Modal ini untuk membeli pakaian seperti kemeja, kaos, daster, pakaian muslim atau baju anak. Anda bisa menjualnya di rumah atau membuka lapak di tempat keramaian.

13. Menjadi Seorang Blogger

Jika anda hobi menulis artikel, menjadi seorang blogger adalah peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang pas untuk anda. Sudah banyak orang yang memiliki penghasilan hingga ratusan juta rupiah melalui kegiatan ngeblog ini.

Yang perlu anda persiapkan hanyalah artikel berkualitas yang harus anda posting secara rutin. Anda bisa menulis artikel tentang hobi, keahlian, atau minat anda. Artikel yang sesuai dengan pengetahuan yang anda miliki akan memudahkan anda dalam menulis.

Walaupun terlihat sepele, membuat artikel yang berkualitas membutuhkan latihan dan waktu yang cukup lama. Anda bisa belajar sendiri lewat tips-tips yang banyak bertebaran di internet. Misalnya blogodolar.com, blog milik Mas Herman Yudiono ini adalah blog yang membahas seputar tips untuk menjadi bloger sukses.

Jangan terlalu khawatir untuk urusan modal. Anda bisa membuat blog dari platfrom gratis seperti blogger.com. Walaupun gratis, situs ini milik perusahaan google sehingga tetap dapat menghasilkan uang.

Jika kurang puas dengan platform gratisan, anda bisa membuat blog dengan modal kurang dari Rp 1 juta per tahun untuk menyewa domain dan hosting berbayar agar anda lebih bebas memposting artikel dan mengelola blog.

14. Penulis Lepas

Jika anda merasa kesulitan mengelola blog. Anda bisa menjadi penulis lepas sehingga tetap dapat menghasilkan uang dari tulisan anda. Peluang usaha ini cukup terbuka mengingat banyaknya permintaan jasa penulisan artikel cukup tinggi. Banyak para blogger yang kesulitan menulis artikel karena terkendala waktu dan lebih fokus untuk mengembangkan blognya.

Keuntungan menjadi penulis lepas adalah anda tidak dituntut untuk mengelola blog yang cukup menguras waktu. Potensi pendapatan pun cukup besar jika artikel anda memang berkualitas dan layak untuk di jual. Promosi bisa anda lakukan di beberapa situs seperti grup Facebook, OLX, atau jual beli Kaskus. Ada juga beberapa situs yang bisa mendatangkan kostumer seperti sribulancer.

15. Menjadi Dropship

Menurut laporan terpercaya, jumlah pengguna media sosial Facebook mencapai lebih dari 1,5 milyar per bulan. Sedangkan Twitter dan Instagram menempati urutan kedua dan ketiga. Anda bisa memanfaatkan media sosial diatas untuk menjadi seorang dropship sebuah supplier terpercaya.

Bisa dibilang peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini nyaris tanpa modal. Anda hanya bertugas memasarkan produk dari supplier atau distributor dengan mengunggah foto dan memberikan informasi sebuah tentang produk yang akan dijual. Jika konsumen tertarik membeli produk yang anda tawarkan. Penyedia akan langsung mengirimkan produk tersebut kepada konsumen. Anda tidak perlu repot-repot menyetok barang.

Keuntungan bisa anda dapat dari komisi yang sudah disepakati. Walaupun terlihat mudah, tak jarang para dropshipper menyerah ditengah jalan karena tidak mendapatkan konsumen. Namun anda tidak perlu berputus asa sebelum mencoba.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti anda tidak bisa membantu perekonomian keluarga. Pilihlah salah satu dari peluang usaha untuk ibu rumah tangga  diatas yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Dengan tekad dan kerja keras dalam mengelola usaha yang akan anda geluti. Bisa jadi anda dapat meraih kesuksesan bahkan melebihi gaji suami anda.    

3 Responses to 15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

  1. aryani berkata:

    Ass.Saya IBU ARYANI .Dari Manado Ingin Berbagi Cerita
    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SAYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
    >>>>>>> DANA GHAIB <<<<<<<
    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal di atas 1 Milyar
    dll
    Syarat :
    Usia Minimal 18 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
    Proses :
    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur
    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
    Prosedur Daftar Ritual ini :
    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP
    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
    Kirim ke nomor ini : 0812 1032 9865
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    ATAU buka website

    http://solusipesugihanterpercaya.blogspot.co.id
    Maaf Program ini TERBATAS.

  2. Nada berkata:

    Mnta tu sma allah…rjeki allah yg atur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *