16 Cara Meningkatkan Mental Agar Menjadi Pribadi yang Kuat

cara meningkatkan mental anda

Meningkatkan Mental – Dunia ini penuh dengan liku-liku kehidupan. Dimana anda harus menghadapi segala rintangan yang menghadang. Jika tidak memiliki mental yang kuat, anda hanya bisa pasrah dan menyerah dengan ujian hidup yang begitu berat. Pada akhirnya, anda menyalahkan takdir yang telah Tuhan gariskan pada anda.

Terlahir menjadi pribadi yang minder, kurang percaya diri dan memiliki mental yang lemah bukanlah kemauan anda. Namun, jika anda terus mengeluh dan meratapi keadaan tersebut. Maka, nasib anda tidak akan berubah. Anda akan menjadi penonton yang hanya berdiam diri melihat orang lain berjuang meraih kesuksesan.

Oleh sebab itu, anda perlu bangkit dari keterpurukan dan membenahi diri. Salah satu cara terbaik adalah meningkatkan mental anda agar menjadi pribadi yang kuat. Sehingga anda mampu mengarungi kerasnya kehidupan ini.

Jika anda tidak tahu cara memulainya, postingan saya ini mungkin dapat membantu masalah anda dalam meningkatkan mental.

Berikut 16 cara meningkatkan mental yang bisa anda praktekkan mulai dari sekarang.

1. Selalu Mengingat Tuhan

Pada hakikatnya, rezeki, jodoh, dan umur telah ditetapkan oleh Tuhan sebelum manusia lahir didunia. Hanya Tuhan yang mengetahui apa yang telah, sedang dan akan terjadi pada setiap insan manusia. Meskipun demikian, jangan menjadi pribadi yang bermental lemah dan hanya bisa pasrah dengan keadaan anda sekarang.

Salah satu cara terbaik mengingkatkan mental adalah mengingat Tuhan Yang Maha Esa. Yakin dan percayalah, bahwa Tuhan tidak menutup mata pada hambanya yang punya kemauan dan tekad untuk berubah.

Beberapa orang telah membuktikannya. banyak orang yang tidak pernah putus asa untuk merubah nasibnya. 10 orang miskin yang jadi miliarder ini mungkin dapat menginspirasi anda untuk menjadi pribadi yang bermental kuat.

2. Hilangkan Pikiran Negatif

Dalam menjalani hidup ini, seringkali kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Gagal masuk kampus favorit, lamaran kerja ditolak, merintis usaha sendiri bangkrut sampai gagal dalam urusan asmara membuat anda menyerah dan putus asa. Sepertinya apa yang anda perbuat selama ini tidak ada artinya.

Hilangkanlah pikiran negatif anda. Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Bangun mental anda agar menjadi pribadi yang lebih kuat. Lebih baik jika anda belajar menerima kegagalan yang anda peroleh untuk dijadikan pembelajaran dalam mencapai keinginan serta cita-cita anda.

3. Jauhi Kebiasaan Buruk

Beberapa orang memakai minuman keras, obat-obatan terlarang atau cara praktis lain dalam meningkatkan kepercayaan diri dan mental mereka ketika menghadapi masalah. Padahal ketergantungan pada minuman keras dan obat-obatan, hanyalah pelarian terhadap masalah yang sedang mereka alami

Anda perlu menjauhi kebiasaan buruk tersebut. Cara seperti itu hanya memberikan ketenangan sesaat. Setelah efeknya hilang, masalah anda tidak selesai dan bisa jadi justru menambah masalah baru.

Melatih mental agar kuat memang tidak bisa dilakukan 1 atau 2 hari saja. Karena meningkatkan mental perlu pengalaman dan kerja keras. Oleh sebab itu, lebih baik percaya pada diri sendiri dan jauhilah kebiasaan buruk yang justru dapat merusak masa depan anda.

4. Bersikap Tenang Meskipun di Bawah Tekanan

Merasa tertekan dengan masalah yang sedang menimpa anda tidaklah salah. Apalagi jika masalahnya memang pelik dan sulit untuk dipecahkan. Pada akhirnya, emosi anda keluar karena masalah tak kunjung selesai. Terkadang, keluarga yang tidak tahu permasalahannya, menjadi sasaran luapan emosi anda tersebut.

Seberat apapun masalah anda, meluapkan emosi bukannya menyelesaikan masalah, justru semakin menambah masalah dan memperburuk keadaan. Belajarlah untuk mengendalikan emosi. Jadilah orang yang bermental kuat dengan bersikap tenang meskipun anda sedang dibawah tekanan.

5. Terus Mengasah Kemampuan

Dari sekian banyak kekurangan yang ada pada diri anda, Pasti ada satu kelebihan yang anda miliki. Definisikan kelebihan anda tersebut, siapa tahu kelebihan anda memiliki prospek yang cerah untuk kehidupan anda dimasa mendatang.

Sebagai contoh, anda punya kelebihan dalam bidang menulis artikel. Asah terus kemampuan anda tersebut dengan belajar dan latihan menulis yang benar. Jika perlu anda bisa mengikuti kursus secara langsung maupun kursus menulis online agar kemampuan anda semakin teruji.

Kemampuan menulis yang anda miliki juga bisa dijadikan ladang untuk menghasilkan uang. Anda bisa menjadi seorang blogger full time, penulis buku atau penulis lepas. Ketika orang melihat anda berhasil karena kemampuan anda sendiri. Mereka akan memuji dan menghargai anda. Dengan demikian, rasa percaya diri dan mental anda menjadi semakin kuat.

6. Abaikan Komentar Buruk Orang Lain

Terus diremehkan dan di pandang sebelah mata oleh orang lain jangan lantas membuat anda minder dan rendah diri. Abaikan komentar buruk orang lain yang mengatakan jika anda tidak berbakat, anda tidak bisa apa-apa atau anda tidak akan sukses.

Terpaku dengan komentar orang lain hanya akan semakin menenggelamkan anda. Rasa percaya diri anda semakin rendah dan mental andapun kian memburuk.

Jangan biarkan hal ini terjadi. Toh, bukan mereka yang menjalani hidup anda. Lebih baik jadikan komentar buruk yang ditujukan pada anda sebagai pelecut semangat untuk mencapai tujuan dan cita-cita anda.

7. Jangan Membandingkan Diri Sendiri

Kenapa mental saya lemah? Ini mungkin jadi pertanyaan di benak anda. Mental anda lemah kemungkinan karena anda sering membandingkan diri anda dengan orang lain. Anda terlalu terpesona dengan kesuksesan orang lain. Sehingga anda sendiri lupa akan tujuan hidup anda.

Mulai sekarang, berhentilah membandingkan diri anda. Fokuslah pada diri anda sendiri. Berfikirlah jika orang lain bisa, maka anda pun bisa melakukannya.

8. Belajar Menghadapi Masalah

Setiap orang pasti mempunyai masalah. Dari yang kecil sampai masalah yang besar sekalipun. Apapun yang sedang terjadi, jangan pernah lari dari masalah yang sedang anda alami. Lari dari masalah hanya menjadikan anda sebagai seorang pecundang bermental lemah.

Hadapilah masalah anda layaknya prajurit yang sedang terjun dimedan perang. Anda hanya memiliki dua pilihan, menang atau kalah. Jika anda lari, sama saja anda kalah dalam pertempuran.

Untuk itu, mulai sekarang belajarlah untuk menghadapi masalah yang menimpa anda. Seberat apapun masalah anda, menghadapinya adalah cara terbaik. Perkara masalah itu selesai apa tidak, itu urusan belakang.

9. Berhenti Mengingat Masa Lalu yang Buruk

Masa lalu yang buruk bukan sesuatu yang perlu anda sesali dan tangisi. Meratapinya terus-menerus hanya membuat anda semakin terpuruk dan sulit untuk bangkit. Sangat disayangkan jika sisa hidup anda hanya digunakan untuk mengingat masa lalu.

Lebih baik sibukkan diri anda untuk tujuan hidup yang lebih baik. Dengan begitu, anda akan terbebas dari belenggu masa lalu dan segera bangkit dengan mental baja untuk meraih kebahagian selanjutnya.

10. Belajar Sesuatu yang Baru

Cara lain meningkatkan mental anda adalah dengan mempelajari sesuatu yang baru. Meskipun sulit, dengan terus belajar dan latihan maka anda akan mendapatkan kemampuan yang baru.

Sebagai contoh, anda tidak bisa bermain gitar. Jika anda berminat mempelajarinya, Minta tolonglah pada teman yang sudah mahir, mengikuti kursus gitar atau belajar sendiri melalui youtube belajar dasar gitar untuk pemula.

Dapat menguasai kemampuan baru membuat anda yakin bahwa segala sesuatu bisa dilakukan jika anda mau belajar.

11. Coba Mencapai Satu Sasaran Setiap Hari

Untuk menjadi orang yang memiliki mental kuat, cobalah untuk mencapai satu sasaran setiap hari. Walaupun sasaran anda terbilang sepele. Namun, cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan mental anda.

Sebagai contoh, anda ingin mengecilkan perut buncit yang mengganggu penampilan anda. Langkah sederhana yang bisa anda lakukan adalah berolahraga side up setiap hari.

Cobalah untuk tetapkan sasaran anda. Saat ini anda hanya mampu side up sebanyak sepuluh kali. Tambahkan satu saja setiap harinya. Jika anda konsisten melakukannya, dalam tiga bulan saja anda mampu side up sebanyak seratus kali. Jika di barengi dengan pola makan yang seimbang, tanpa anda sadari perut buncit anda sudah hilang.

12. Meditasi

Meningkatkan mental dengan meditasi

Melakukan meditasi bisa menjadi cara melatih mental anda. Meditasi adalah praktik mengosongkan pikiran dari semua hal yang membebani dan mencemaskan hidup anda dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dengan tujuan menyelesaikan masalah pribadi.

Jika dilakukan dengan benar, banyak manfaat meditasi yang bisa anda peroleh salah satunya dapat meningkatkan mental dan kepercayaan diri anda. Oleh sebab itu, lakukanlah meditasi selama 5-30 menit setiap hari untuk melatih mental anda.

13. Berbagi Pengalaman Dengan Orang Lain

Anda punya sebuah pengalaman? Jangan takut untuk berbagi pengalaman pada orang lain. Anda tidak perlu mempunyai pengalaman yang hebat. Sebuah pengalaman yang terkesan remeh sekalipun bisa anda bagikan pada orang lain.

Setidaknya orang lain akan menghargai dan mengakui keberadaan anda dengan pengalaman yang anda miliki. Selain itu, saling berbagi pengalaman dengan orang lain bisa menjadi pelajaran untuk anda melangkah ke jalan yang lebih baik.

14. Bercerita Dengan Orang yang Anda Percaya

Tidak semua masalah bisa anda selesaikan sendiri. Terkadang, anda butuh orang lain untuk membantu anda. Tidak ada salahnya untuk bercerita pada keluarga, kerabat atau teman yang bisa anda percaya.

Apapun pendapat mereka, dengarkan dan simak baik-baik. Biasanya mereka akan memberikan solusi untuk masalah yang sedang anda alami. Selain menambah mental dan rasa percaya diri, bercerita dengan orang lain dapat memberikan rasa lega karena masalah yang anda hadapi bisa diselesaikan bersama.

15. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga menjadikan tubuh anda sehat dan bugar. Anda menjadi lebih siap dalam memulai segala aktifitas. Selain itu, olahraga dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood anda. Dengan begitu, olahraga menjadi alternatif untuk meningkatkan mental anda.

Anda bisa melakukan olahraga kelompok seperti futsal, volley dan basket. Olahraga yang mengedepankan kerja sama dapat melatih mental pemenang pada diri anda. Jika waktu anda terlalu padat, lakukanlah olahraga di pagi hari seperti jogging, bersepeda dan senam.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

16. Bersyukur

Bersyukurlah dengan apa yang telah Tuhan berikan pada anda. Manusia masih memiliki banyak kekurangan. Namun, jika pikiran anda lebih terbuka, masih banyak orang yang tidak seberuntung anda. Lihatlah pengemis yang tidak memiliki kaki dan tangan. Mereka masih berusaha mengais rezeki walaupun dengan cara meminta-minta.

Dari situ, anda patut bersyukur. Anda masih bisa melangkahkan kaki ribuan kali serta makan dengan tangan yang normal. Bersyukur dengan segala kelebihan dan kekurangan yang anda miliki seyogyanya mampu meningkatkan mental anda.

Mental yang lemah bukanlah halangan untuk meraih tujuan dan cita-cita anda. Coba beberapa cara meningkatkan mental diatas agar hidup anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

4 Responses to 16 Cara Meningkatkan Mental Agar Menjadi Pribadi yang Kuat

  1. motoapk APK berkata:

    Major thankies for the article.Much thanks again. Really Great.

  2. Hi there very nice blog!! Guy .. Beautiful ..
    Superb .. I’ll bookmark your blog and take the feeds additionally?
    I am satisfied to search out so many useful info right here in the put up, we’d
    like develop extra techniques on this regard, thanks for sharing.
    . . . . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *