21 Manfaat Berhenti Merokok Yang Luar Biasa Bagi Hidup Anda

manfaat berhenti merokokManfaat Berhenti Merokok – Menikmati secangkir kopi ditemani sebatang rokok memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi seorang perokok aktif. Namun, tahukah bahwa anda sedang menumpuk sejumlah racun di dalam tubuh. Satu batang rokok terdapat ribuan bahan kimia yang sangat membahayakan bagi tubuh anda.

Faktanya, para perokok aktif sadar bahwa merokok tidak baik untuk segala hal. Baik dari segi kesehatan maupun keuangan. Di kutip dari Allianz.com, “kandungan nikotin di dalam rokok adalah penyebab kecanduan yang sangat berbahaya bagi kesehatan,” terang David Hammond, seorang peneliti dari University of Waterloo, Kanada.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda kesulitan untuk berhenti merokok? Coba tanyakan pada diri sendiri. kenapa kok susah berhenti merokok? Tanpa niat dari diri sendiri untuk berhenti merokok, sampai kapanpun anda tidak akan bisa melakukannya.

Baca juga : 17 Cara Untuk Berhenti Merokok Total Selamanya

Oleh sebab itu, postingan saya ini mungkin dapat menggugah hati anda untuk berhenti merokok. Berikut 25 manfaat berhenti merokok yang sangat menakjubkan.

Manfaat Berhenti Merokok dari Segi Kesehatan

Ilustrasi manfaat berhenti merokok bagi kesehatan

Sumber gambar via www.evaidya.com

1. Menghindar dari Resiko Penyakit Kanker

Menurut sebuah penelitian, hampir 90 persen penyakit kanker paru-paru disebabkan oleh rokok. Baik bagi anda perokok aktif maupun yang tidak merokok. Para perokok aktif sadar akan hal itu. Namun, tingkat kecanduan yang tinggi menyebabkan mereka mengabaikannya.

Selain kanker paru-paru, ada lebih banyak jenis kanker yang bisa timbul akibat dari rokok yang tentu saja membahayakan nyawa anda. Beberapa diantaranya adalah kanker orofaring yang menyerang bagian mulut dan tenggorokan. Kanker ginjal, kanker perut serta kanker payudaya.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Selain kanker, merokok dapat meningkatkan resiko serangan jantung 4 kali lipat dibandingkan mereka yang tidak merokok. Terkadang para perokok sering berkilah bahwa “tidak ada orang mati karena rokok”. Memang benar, namun akibat rokok tidak akan terlihat sekarang. Akan tetapi, saat anda sudah mulai mendapat berbagai macam penyakit, bisa jadi anda sudah terlambat untuk melakukan pencegahan.

Bagaimana rokok dapat menyebabkan penyakit jantung? Dalam prosesnya, merokok dapat menyebabkan organ jantung tidak berfungsi sebgaimana mestinya karena merusak lapisan arteri sehingga dapat mengganggu tugas arteri untuk memasok darah ke jantung. Jika sudah demikian, pasokan oksigen otomatis ikut menurun yang dapat menimbulkan penyakit jantung koroner.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

3. Memperburuk Penyakit Diabetes

Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes sebaiknya berhentilah merokok dari sekarang. Merokok dan diabetes memiliki keterkaitan sebab rokok dapat memperburuk penyakit diabetes.

Menurut deherba.com, mereka yang tergolong perokok berat yang mengkonsumsi rokok lebih dari 20 batang sehari dapat terserang penyakit diabetes dengan prosentasi 61 persen. Sementara yang tergolong perokok ringan kenaikan resiko diabetes hanya sebesar 29 persen .

Manfaat Berhenti Merokok dari Segi Keuangan

Ilustrasi manfaat berhenti merokok bagi keuangan

Sumber gambar via www.cigbuyer.com

4. Yang Pasti Lebih Hemat

keuntungan berhenti merokok dari segi keuangan tentu saja menghemat pengeluaran. Mungkin bagi mereka yang memiliki pendapatan diatas rata-rata tidak terlalu merasakannya. Akan tetapi, untuk mereka yang memiliki standar pendapatan rata-rata atau bahkan kurang, manfaat berhenti merokok sangat besar.

Bayangkan saja, jika anda biasa merokok satu bungkus sehari dengan harga Rp. 20.000, maka dalam satu bulan anda dapat menghemat pengeluaran sebesar Rp. 20.000 x 30 = Rp. 600.000. Uang sebesar itu cukup untuk membeli emas batangan seberat 1 gram bukan.

Kalau tidak, anda bisa mengalihkan untuk membuka usaha sampingan agar pendapatan anda semakin bertambah. Banyak peluang usaha dengan modal kecil yang bisa anda kembangkan dibandingkan menghabiskan uang untuk rokok.

Baca juga : 14 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta Untung Berlipat Ganda

5. Mengurangi Beban Biaya Kesehatan

Seperti yang saya singgung diatas, merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal ini tentu berkaitan dengan keuangan anda. Mungkin anda tidak akan merasakan dampaknya sekarang. Coba seandainya anda terkena penyakit kanker paru-paru.

Anda pasti akan melakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Sudah pasti hal itu akan menguras kantong anda karena biaya berobat tidaklah murah.
Dengan berhenti merokok, setidaknya anda telah mengurangi beban biaya kesehatan.

6. Uang Rokok di Alihkan ke Asuransi Kesehatan

Semua orang termasuk anda tentu ingin hidup panjang umur tanpa digerogoti suatu penyakit. Hal ini bisa anda lakukan dengan gaya hidup sehat. Salah satu diantaranya berhenti merokok. Uang yang biasa anda gunakan untuk membeli rokok lebih baik anda alihkan untuk membeli asuransi kesehatan.

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari. Namun, sebagai manusia kita wajib mempersiapkan diri sebelum sesuatu hal menimpa diri kita. Ingat bahsa sakit tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Selain itu, biaya kesehatan sangatlah mahal.

Daripada anda menambah penyakit karena merokok, memiliki asuransi kesehatan memberikan banyak manfaat untuk masa depan anda.

7.Kebutuhan Pokok Bisa Terpenuhi

Beberapa perokok sering mengatakan bahwa “lebih baik tidak makan daripada tidak merokok”. Coba mereka suruh membuktikannya. Tidak merokok selama seminggu atau tidak makan selama seminggu. Siapa yang akan mati duluan. Anda pasti tahu jawabannya.

Fakta di Negara kita ini membuktikan banyak orang yang rela memilih membeli rokok dibandingkan membeli kebutuhan pokok. Padahal jika dipikir kembali, rokok bukanlah sebuah kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Tidak merokok seharian penuh juga tidak akan membuat anda mati tiba-tiba.

Bandingkan dengan kebutuhan pokok sehari-hari seperti membeli makanan pokok, membayar tagihan listrik, PDAM dan lain sebagainya. Kebutuhan primer tersebut harus tetap anda penuhi. Apakah anda memilih listrik di putus oleh PLN yang penting tetap bisa merokok?

Dengan berhenti merokok, setidaknya uang anda bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan poko sehari-hari yang jauh lebih penting dan bermanfaat.

8. Menabung dan Investasi

Membeli rokok satu bungkus sehari memang tidak terasa. Apalagi di Indonesia harga rokok relatif terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Saat anda gajian, cobalah membeli rokok untuk kebutuhan sebulan. Katakanlah anda mengeluarkan uang Rp 600.000 untuk membeli 30 bungkus rokok. Bukan nominal kecil untuk sebuah rutinitas anda merokok selama satu bulan.

Dari situ anda tentu akan berfikir bahwa gaji anda sebagian besar habis untuk rokok.
Bukankah uang Rp 600.000. Bayangkan jika uang sebesar itu ditabung atau dijadikan investasi.

Mari kita hitung sama-sama, dalam setahun pengeluaran anda untuk rokok adalah Rp 600.000 x 12 = Rp.7.200.000, maka dalam 10 tahun saja anda dapat menabung sebanyak Rp. 72.000.000. Jika anda mengalihkannya untuk investasi seperti property. Maka anda bisa memiliki rumah BTN dalam jangka waktu 15-20 tahun kedepan.
Bagaimana? Masih tidak ingin berhenti merokok?

Baca juga : 6 Penyebab Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Anda Alami

Manfaat Berhenti Merokok Bagi Keluarga

Ilustrasi manfaat berhenti merokok bagi keluarga

9. Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Bagi anda yang telah memiliki keluarga, berhenti merokok bermanfaat menjaga keharmonisan rumah tangga anda. Mayoritas pada umumnya seorang istri tidak suka jika pasangannya merokok.

Mungkin anda sendiri pernah mengalaminya. Saat sedang menikmati sebatang rokok dirumah tiba-tiba istri mengingatkan anda untuk tidak terus-terusan merokok. Ketika anda tidak mengindahkannya, istri akan tersinggung dan marah-marah melihat kebiasaan anda merokok.

Oleh sebab itu, dengan tidak merokok anda telah menghilangkan masalah yang menyebabkan konflik didalam rumah tangga. Sehingga keluarga anda menjadi semakin harmonis.

10. Menghindarkan Keluarga dari Resiko Penyakit

Efek rokok bukan saja menyerang perokok aktif. Mereka yang menghirup asap rokok akan terkena dampaknya. Maka dari itu, merokok disekitar istri dan anak anda tentu bisa menyebabkan mereka terserang penyakit akibat racun dari rokok.

Sekarang pikirkan baik-baik, menurut anda mana yang lebih berharga? Keluarga atau rokok? Saya yakin anda lebih memprioritaskan keluarga. Berhentilah merokok mulai dari sekarang agar keluarga anda terhindar dari resiko penyakit.

11. Rumah Lebih Bersih Tanpa Asap Rokok

Anda berhak untuk tetap merokok. Toh, anda membelinya dari uang hasil jerih payah sendiri. Namun, anda juga tidak boleh mengambil hak orang lain untuk dapat menghirup udara sehat bebas tanpa asap rokok. Apalagi untuk istri dan anak-anak anda.

Jika rumah anda dipenuhi dengan asap rokok, tumbuh kembang anak bisa saja terhambat gara-gara kebiasaan buruk anda. Jika anda berhenti merokok, setidaknya rumah menjadi lebih bersih karena tidak adanya puntung dan abu rokok yang sering bertebaran di sekitar rumah anda.

12. Lebih disayang Pasangan

Wanita mana yang tidak bahagia melihat pasangannya bukan seorang perokok. Jika anda ingin pasangan anda lebih sayang pada anda, maka berhentilah merokok dari sekarang.

Kebanyakan wanita menganggap pria perokok terkesan memalukan dan tidak keren. Selain tidak suka suka dengan bau rokok, asap rokok sering melekat pada kulit dan baju anda. Hal ini membuat wanita sering merasa tidak nyaman saat bersama pria perokok.

13. Lebih Dekat Dengan Anak

Satu hal lagi manfaat berhenti merokok dari segi keluarga, anda sebagai seorang ayah akan lebih dekat dengan buah hati anda. Saat merokok, pasti anda tidak ingin si dia dekat-dekat dengan anda. Anda tidak tega jika sampai dia terkena penyakit akibat rokok yang anda hisap.

Jika dibiarkan terus-menerus, waktu untuk bersama anak tentu akan berkurang. Istri pun akan menjauhkan buah hatinya saat anda sedang merokok. Seandainya anda tidak merokok, kedekatan anda dengan anak pasti lebih erat. Anda bebas memeluk ataupun mencium dia kapanpun karena anda tidak bau rokok.

Baca juga : 16 Tips Mendidik Anak Agar Anda Menjadi Ayah yang Hebat

Manfaat Berhenti Merokok Bagi Penampilan

Ilustrasi manfaat berhenti merokok bagi penampilan

14. Membuat Gigi Lebih Putih

Coba anda perhatikan gigi seorang perokok dan mereka yang tidak merokok. Mereka yang termasuk perokok berat, biasanya giginya berwarna putih dan menghitam. Menurut sebuah penelitian di Inggris, perokok memiliki enam kali resiko penyakit gusi yang dapat membuat gigi tanggal.

Anda mau masih muda sudah tidak punya gigi? Lebih baik tinggalkan kebiasaan anda tersebut. Memang butuh waktu lama untuk memutihkan gigi setelah berhenti merokok. Namun, jika tidak dicoba dari sekarang mau kapan lagi.

15. Kulit Menjadi Lebih Segar

Saat sedang merokok, kandungan pada asap rokok berupa karbonmonoksida, nikotin dan ammonia ikut terhisap dan akan masuk ke dalam sirkulasi darah. Hal ini membuat darah kekurangan oksigen saat mengirimkan ke sel-sel kulit. Akibatnya kulit menjadi pucat, kusam dan kurang segar karena kelembapan kulit tidak terjaga dengan baik.

Selain itu, asap rokok yang berkontak langsung dengan kulit wajah membuat kulit perokok jadi lebih kering dibandingkan kulit normal. Jika anda termasuk orang yang suka menjaga penampilan. Mulai sekarang jauhi rokok yang malah membuat penampilan anda kurang menarik.

16. Nafas Lebih Segar

Aroma asap rokok begitu menyengat dan sulit dihilangkan. Anda bisa membuktikannya pada baju seorang perokok yang biasanya berbau tidak enak. Sudah barang tentu nafas para perokok cenderung bau dan mengganggu orang lain.

Oleh sebab itu, keuntungan berhenti merokok bisa membuat nafas anda menjadi lebih segar sehingga anda lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.

17. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu penyebab penuaan dini adalah asap rokok. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2002 membuktikan bahwa keriput sudah mulai terlihat menggunakan mikroskop pada perokok aktif di usia 20 tahun.

Kandungan racun pada asap rokok membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar sehingga pasokan oksigen ke dalam kulit terhambat. Jika dibiarkan terus menerus, akibatnya kerutan pada kulit meningkat, kulit tampak kering, kusam dan keriput

Manfaat Berhenti Merokok Bagi Produktivitas

Ilustrasi manfaat berhenti merokok bagi produktivitas

Sumber gambar via motivational-tips.com

18. Menghindari Stres

Para pecandu rokok beranggapan bahwa cara terbaik menghilangkan stres adalah dengan menghisap sebatang rokok. Mereka mengira bahwa satu batang rokok bisa sedikit mengurangi beban akan masalah pelik yang sedang dihadapi.

Padahal apa yang mereka pikirkan selama ini salah besar. Baru-baru ini sebuah percobaan yang dilakukan oleh British Journal of Psychiatry pada 500 perokok di klinik perokok Inggris membuktikan hal yang berbeda. Kandungan nikotin pada asap rokoklah yang membuat seseorang kecanduan dan mengalami stres berkelanjutan.

Sementara, mereka yang berhenti merokok malah memiliki suasana hati yang lebih baik sehingga terhindar dari stres.

19. Meningkatkan Kesuburan

Sebagian besar pria menganggap bahwa merokok tidak akan mengganggu kesuburan. Namun, bagi anda yang sedang menjalani program hamil sebaiknya jauhi dulu rokok.  Banyak fakta ilmiah mengungkapkan bahwa rokok dapat mempengaruhi kesuburan pria maupun wanita.

Kandungan racun didalam tembakau memiliki efek buruk bagi kualitas dan kuantitas sperma. Oleh karenanya, para pecandu rokok dinilai memiliki jumlah sperma lebih rendah sehingga sel sperma sulit untuk membuahi sel telur.

Selain itu, rokok juga sangat membahayakan bagi janin.  Anda yang sayang istri dan calon bayi sebaiknya jauhilah rokok saat sedang bersama mereka.

20. Menjaga Performa di Ranjang

Anda punya kendala saat berhubungan intim diranjang? Bisa jadi ini efek buruk dari rokok yang anda konsumsi. Tahukah anda, rokok yang anda hisap setiap hari malah membuat performa anda di ranjang menurun. Hal ini disebabkan peredaran darah anda tidak lancar karena kurangnya oksigen dalam darah.

Anda bisa membuktikannya. Cobalah untuk berhenti merokok selama sebulan. Selama waktu tersebut, peredaran darah anda kembali lancar yang bermanfaat membuat alat vital anda menjadi lebih baik dan bertenaga karena pembuluh darah terisi penuh dengan darah.

21.Konsentrasi Terjaga

Memang sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok yang sudah  seperti candu. Biasanya gejala yang ditimbulkan akibat tidak merokok antara lain pusing, merasa cemas, kurang konsentrasi, frustasi, mudah lelah dan lain sebagainya.

Namun, seiring berjalannya waktu. Setelah anda berhasil menyelesaikan program berhenti merokok, maka anda akan sadar manfaat berhenti merokok bagi kehidupan anda. Salah satunya meningkatkan konsentrasi. Aliran oksigen yang lancar ke otak tentu membuat pikiran anda lebih fresh dan konsentrasipun terjaga untuk mengerjakan segala tugas yang diberikan.

Sangat banyak sekali manfaat berhenti merokok yang bisa anda dapatkan.  Memang bukan perkara mudah menghilangkan kebiasaan merokok  yang sudah mengakar. Namun, anda tidak boleh menyerah dan berusahalah untuk tetap berhenti merokok. Ingat kesehatan itu mahal harganya. Selain itu, keluarga masih membutuhkan peran dan kasih sayang anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *