8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

strategi pemasaran produk baru

Dalam memulai usaha kecil anda, pemasaran menjadi langkah penting dalam menjaga kelangsungan bisnis. Apalagi ketika anda ingin memperkenalkan produk baru. Anda tentu berharap produk yang anda luncurkan laris manis di kalangan masyarakat luas. Oleh sebab itu, anda butuh Strategi pemasaran produk baru yang efektif.

Cara pemasaran yang baik pasti dapat meningkatkan pendapatan. Sebaliknya, jika anda salah memilih strategi,  bisa saja usaha yang anda rintis mengalami kebangkrutan.

Tentu anda tidak ingin mengalaminya bukan? Jangan khawatir jika anda belum tahu caranya. Berikut 8 strategi pemasaran produk baru untuk usaha kecil anda.

1. Melakukan riset

Berbeda dengan karyawan yang bekerja untuk orang lain dan gajian tiap bulan. Menjadi seorang wirasusaha cenderung memiliki tingkat resiko lebih tinggi dalam menjalankan usahanya. Apalagi jika modal yang anda gelontorkan relatif sedikit. Jika anda tidak pintar dalam mengelolanya, maka usaha  anda tidak akan bertahan lama.

Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk melakukan riset pasar. Lakukanlah survey terlebih dahulu sebelum anda membuat sebuah produk. Apakah produk yang anda buat banyak dicari atau malah tidak terlalu dibutuhkan oleh para konsumen.

Terkadang banyak orang yang salah strategi dalam menjalankan usahanya. Karena mereka merasa yakin bahwa telah membuat sebuah produk berkualitas. Akan tetapi, nyatanya saat dipasarkan tidak mendapat banyak peminat sehingga ujung-ujungnya produk tersebut tidak laku.

2. Pelajari Kebiasaan dan Kebutuhan Konsumen

Setelah melakukan riset pasar, tentu anda akan mengetahui apa saja produk yang banyak dicari oleh konsumen. Hal ini akan memudahkan anda dalam membuat produk yang laku keras dipasaran.

Anda harus jeli melihat perilaku konsumen karena kian tahun kebutuhan dan keinginan para konsumen terus mengalami perubahan. Dengan begitu, anda akan memiliki strategi pemasaran yang efektif dalam meluncurkan produk anda.

Setidaknya ada tiga hal yang wajib anda pahami tentang konsumen saat ingin memasarkan sebuah produk baru, antara lain :

  • Mengetahui apa saja produk yang dibutuhkan konsumen.
  • Mengetahui apa selera setiap individu.
  • Terakhir, bagaimana cara konsumen mengambil keputusan.

3. Kenali Kompetitor di Sekitar Anda

Hal lain yang perlu anda lakukan adalah mengetahui kompetitor atau pesaing. Keberadaan kompetitor jangan sampai membuat anda minder meskipun brand pesaing anda telah dikenal luas. Sebaliknya, anda harus memiliki mental yang kuat untuk bersaing dengan mereka.

Seringkali konsumen mencari produk baru sejenis yang memiliki kualitas sama dan harga yang relatif terjangkau. Sebaiknya, anda lakukan pengamatan terhadap kompetitor dalam melakukan strategi pemasaran. Ciptakan inovasi baru dalam melakukan strategi pemasaran produk baru yang efektif. Sehingga produk anda tidak tenggelam di tengah persaingan yang telah ramai.

Selain itu, dengan mengetahui dan mengamati kompetitor anda. Anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Anda bisa melihat kekurangan dan kelebihan brand kompetitor, mendapat banyak peluang baru yang belum diketahui serta termotivasi untuk mempercantik produk anda agar kedepannya bisa lebih unggul.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

strategi pemasaran produk baru 3

Sumber gambar via www.jualo.com

Dalam strategi pemasaran, memilih lokasi yang strategis wajib anda perhatikan.  Dimana hal ini akan mempengaruhi terhadap tingkat penjualan produk yang anda buat. Semakin strategis lokasi yang anda pilih, maka produk anda berpeluang laris dipasaran. Sebaliknya, jika anda salah dalam memilih lokasi, tentu tingkat penjualan relatif kecil.

Lalu seperti apa lokasi yang strategis dalam memasarkan produk anda? Menurut bisnisukm.com, usahakan untuk memilih lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi namun kompetisi persaingannya rendah.

Selain itu, perhatikan akses jalan menuju lokasi usaha. Jika mudah dijangkau dengan kendaraan umum, tentu akan memudahkan konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berbelanja ditempat anda.

5. Tunjukkan Kelebihan Produk Anda

Melakukan riset pasar, mengamati kompetitor atau pesaing dan pemilihan lokasi yang strategis memang penting. Namun yang perlu anda utamakan adalah fokus pada kelebihan dan kualitas produk anda. Jangan sampai hanya karena tidak ingin kalah dengan kompetitor lain, anda melupakan apa yang benar-benar diinginkan konsumen di pasaran.

Anda harus mempunyai strategi penjualan produk baru yang dapat menarik minat konsumen. memperkenalkan produk baru memiliki banyak resiko. Jika produk anda kualitasnya jelek tentu akan mengecewakan konsumen. Alhasil jangan heran ketika produk baru anda sepi peminat bahkan tidak ada yang mau membeli.

Fokuslah untuk meningkatkan kualitas produk baru anda. Jangan takut produk anda tidak laku dipasaran karena harus bersaing dengan produk lain yang terlebih dahulu menjadi pilihan konsumen. Jika produk anda memang berkualitas, lamban laun konsumen akan sadar bahwa produk anda layak untuk dibeli.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

                          14 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta Untung Berlipat Ganda

6. Lakukan Promosi

Selanjutnya, hal penting yang wajib anda terapkan dalam strategi pemasaran produk baru adalah promosi. Sebagus apapun produk anda, tanpa pomosi yang efektif. Konsumen tidak akan mengetahui produk anda. Susun strategi sebaik mungkin agar produk anda terlihat menarik saat diperkenalkan ke masyarakat luas.

Banyak jenis promosi yang bisa anda lakukan. Bisa dengan membuat brosur,  spanduk atau mengiklankan ke koran. Selain itu, berikan promosi yang menarik minat konsumen seperti menawarkan produk dengan harga murah, diskon, memberikan bonus ketika konsumen membeli lebih dari satu dan lain sebagainya.

Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan setelah melakukan promosi. Jangan takut merugi karena memberikan harga murah kepada konsumen. Ingat, pengorbanan anda tidaklah sia-sia. Produk baru anda akan semakin dikenal masyarakat dan yang terpenting tentu saja penjualan anda akan semakin meningkat.

7. Maksimalkan Media Online

strategi pemasaran produk baru 2

Sekarang ini internet menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Anda sebagai seorang wirasusaha harus jeli melihat peluang ini. Anda bisa merancang strategi pemasaran lewat internet. Telah banyak produsen yang menikmati keuntungan berkali-kali lipat dengan memanfaatkan media daring tersebut.

Anda bisa menjual produk baru anda via jejaring sosial seperti facebook, twitter, instragram, whatshap, line dan lain sebagainya. Selain itu ada banyak situs jual beli online yang siap kapan saja anda gunakan sebagai tempat untuk menjual produk anda. Jika anda memiliki modal lebih, membayar orang untuk membuat blog tentu akan semakin efektif. Anda dapat menuliskan keunggulan dan kualitas produk anda di blog. Sehingga masyarakat akan semakin tertarik untuk membeli produk anda.

8. Berikan Pelayanan Terbaik

Ketika anda telah terjun didunia bisnis, apalagi yang langsung berinteraksi dengan konsumen. Pelayanan terbaik harus anda tunjukkan pada siapapun yang tertarik dengan produk anda. Buat pelanggan anda puas dengan produk maupun pelayanan anda. Anggap saja bahwa setiap konsumen adalah raja, yang harus anda layani dengan baik. Jangan sekali-kali anda mengecewakan konsumen.

Telah banyak kasus beberapa pengusaha kecil menengah yang menjual suatu produk yang memiliki kualitas bagus dan murah namun pengunjungnya sepi karena pelayanan yang kurang ramah. Oleh sebab itu, memberikan pelayanan terbaik menjadi kredit poin tersendiri agar pelanggan betah bolak-balik untuk membeli produk anda.

Sebenarnya melakukan strategi pemasaran produk baru tidaklah sulit. Cobalah beberapa tips diatas untuk mengembangkan usaha anda. Jika anda menerapkannya dengan baik, produk apapun yang anda tawarkan pasti dapat terjual sesuai dengan yang anda inginkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *