9 Cara Sederhana Menjadi Diri Sendiri

menjadi diri sendiriMenjadi diri sendiri adalah pilihan. Rasanya tidak menyenangkan saat anda mencoba meniru atau berpura-pura menjadi orang lain. Anda melakukan hal tersebut karena ingin mendapat pengakuan dari orang lain. Akan tetapi, hati anda tak bisa dibohongi. Anda mungkin merasa kikuk, tidak nyaman dan merasa bahwa ini bukanlah anda.

Berbeda halnya jika menjadi diri anda sendiri apa adanya. Tentu anda akan merasa lebih santai, bahagia dan lebih bisa menikmati hidup. Namun, semua itu tidaklah mudah dan butuh proses. Bagaimana dengan anda? Apakah anda ingin berubah untuk menjadi diri sendiri?

Jangan khawatir jika anda tidak tahu cara memulainya. Artikel ini mungkin dapat membantu untuk mewujudkan keinginan anda. Berikut 9 cara menjadi diri sendiri yang bisa anda praktikan.

1. Terima Kekurangan dan Syukuri Apa Yang Anda Miliki

Mungkin selama ini anda berpura-pura menjadi orang lain karena anda beranggapan bahwa diri anda memiliki banyak kekurangan. Anda kurang tampan, tidak kaya, gaji kecil, tidak punya mobil, rumah masih ngontrak dan sebagainya. Hal ini menyebabkan anda minder atau tidak pede dengan apa yang anda miliki saat ini.

Jika anda ingin menjadi diri sendiri, sebaiknya terimalah kekurangan anda tersebut. Yakinlah bahwa Tuhan berlaku adil pada setiap insan didunia ini. Lihatlah disekeliling tempat anda tinggal. Masih banyak orang yang tidak seberuntung anda.

Baca juga : 13 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bergaji Kecil

Dengan menerima segala kekurangan, anda akan bisa mensyukuri apa yang anda miliki saat ini. Dan jadikanlah kekurangan anda tersebut sebagai pelecut semangat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

2. Lupakan Masa Lalu Yang Buruk

Sehebat dan sekaya apapun seseorang, tentu pernah mengalami masa lalu yang tidak menyenangkan. Karena kita sebagai manusia akan terus mendapat cobaan dari Yang Maha Kuasa. Jadi, jangan jadikan masa lalu sebagai alasan anda tidak bisa move on dan malah mencoba menjadi orang lain.

Sebaiknya segeralah bangkit dan membangun kepercayaan diri anda kembali. Lupakan masa lalu yang selalu mengganggu pikiran anda. Memang awalnya akan terasa sulit. Namun, seiring dengan berjalannya waktu. Anda akan menemukan kembali jati diri anda yang selama ini hilang tertimbun masa lalu.

3. Jangan Membandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Menjadi diri sendiri akan terasa sulit jika anda selalu membandingkan diri anda dengan orang lain. Ingat, Tuhan menciptakan semua makhluk dengan segala kekurangan dan kelebihan.

Sebagai contoh, anda seorang pedagang bakso. Anda hanya bisa menjual bakso 100 porsi per hari. Namun, anda mendengar kabar bahwa tempat bakso saingan anda dapat menjual 400 porsi dalam sehari.

Hal ini tentu membuat anda bertanya-tanya kenapa bisa selaris itu. Daripada anda hanya membandingkan diri anda dengan orang lain, sebaiknya segera koreksi diri dan cari kekurangan anda. Apakah bakso anda tidak enak, tempatnya kurang strategis atau anda menjualnnya terlalu mahal. Dengan begitu anda dapat segera berbenah agar jualan bakso anda bisa laris.

Baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

4. Abaikan Anggapan Orang Lain Tentang Anda

Apakah anda termasuk orang yang gampang terpengaruh oleh komentar orang lain? Misalnya anda menjadi kurang pede saat orang lain mengomentari baju yang anda kenakan atau gaya rambut anda.

Jika ya, ini salah satu penyebab anda berpura-pura menjadi orang lain. Mungkin anda melakukan hal tersebut untuk menyenangkan orang lain. Tapi bagaimana dengan diri anda sendiri? Apakah anda merasa nyaman?

Untuk menjadi diri sendiri apa adanya, anda harus melepas kekhawatiran dan anggapan orang lain terhadap anda. Biarkan pikiran dan perilaku anda mengalir seperti yang anda inginkan. Motivasi diri sendiri untuk sukses dan buktikan bahwa anggapan dan pandangan buruk orang lain terhadap anda salah.

5. Cintai Diri Sendiri Apa Adanya

Saat anda terus mencoba untuk menjadi orang lain, apakah anda merasa bahagia? Saya rasa tidak. Anda bisa saja mengatakan kepada orang lain bahwa anda merasa senang. Namun, hati anda tidak bisa dibohongi. Jauh dilubuk hati yang terdalam, anda merasa tidak nyaman terus-menerus menjadi orang lain.

Oleh sebab itu, sebaiknya percayalah dengan keyakinan diri anda. Daripada anda terus mencoba berpura-pura menjadi orang lain. Lebih baik mulailah belajar untuk menjadi diri anda sendiri. Hati anda berhak mendapatkan kebebasan untuk melakukan segala yang anda mau. Jadi, jangan paksakan pikiran anda untuk menjadi orang lain. Bukankah menjadi diri sendiri akan terasa lebih rileks dan menyenangkan.

6. Kenali Dan Temukan Jati Diri Anda

Terus-menerus mencoba meniru orang lain malah akan membuat anda tidak mengenal diri sendiri. Hal ini akan membuat anda gagal fokus untuk menentukan sasaran atau tujuan hidup anda.

Sebaiknya, setelah anda bisa mencintai diri sendiri apa adanya. Segeralah untuk menemukan jati diri anda. Kenali siapa anda dan fokuslah untuk mencapai sasaran dalam hidup anda.

7. Percayalah Pada Kemampuan Diri Sendiri

Dari sekian banyak kekurangan pada diri anda, pasti ada satu kelebihan yang bisa anda tonjolkan. Meskipun kelebihan tersebut anda anggap remeh. Namun, jika anda berfikir positif dan percaya dengan kemampuan anda sendiri. Niscaya kelebihan anda akan menjadi sesuatu hal yang bisa anda banggakan untuk kedepannya.

Misalnya saja, anda memiliki kemampuan dalam salah satu cabang olahraga sepak bola. Asahlah kemampuan anda sehingga semakin mahir dalam bermain sepak bola. Bergabunglah dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama dengan anda. Selain kemampuan anda bertambah, anda juga mendapatkan banyak teman karena hobi anda tersebut.

8. Jujur dan Bersikaplah Terbuka

Saat anda mulai ragu dengan usaha anda untuk menjadi diri sendiri apa adanya, cobalah untuk merenung dan berfikir sendiri. Belajarlah untuk bersikap jujur pada diri sendiri. Apakah anda merasa nyaman saat mencoba menjadi orang lain?

Selain itu, tidak semua masalah bisa anda selesaikan sendiri. Anda memiliki orang tua, keluarga dan teman yang siap membantu anda kapanpun. Sebaiknya terbukalah pada mereka. Ceritakan pada seseorang yang anda percaya dan mintalah solusi tentang apa mesti dilakukan untuk menemukan jati diri anda. Dengan cara ini anda akan mendapatkan solusi dari masalah yang sedang anda alami.

9. Berbaurlah Dengan Orang-Orang Yang Positif

Terakhir, dalam upaya untuk menjadi diri anda sendiri. Cobalah untuk berbaur dengan orang-orang yang memberikan dampak positif dalam hidup anda. Dekati mereka dan ajaklah berdiskusi atau bertukar pikiran.

Berkumpul dengan orang-orang positif setidaknya dapat menularkan energi positifnya kepada anda.

Menjadi diri sendiri bukanlah sesuatu hal yang sulit. Memang anda akan kesulitan saat awal memulainya. Sembilan caya diatas bisa anda coba mulai dari sekarang. Yakinlah bahwa anda akan mampu berubah dan menemukan jati diri sehingga anda merasa nyaman dan bahagia dalam menjalani hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *