10 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut Pada Diri Sendiri

10 cara ampuh menghilangkan rasa takutSemua manusia yang terlahir didunia ini tentu memiliki rasa takut. Entah itu takut pada manusia lain, pada suatu benda atau karena suatu kegagalan. Hal ini wajar terjadi, karena manusia dianugrahi berbagai macam perasaan. Namun, terkadang ada seseorang yang mengalami rasa ketakutan yang amat sangat. Sampai-sampai tidak tahu cara menghilangkan rasa takut tersebut.

Sebenarnya dengan adanya rasa takut, anda akan lebih berhati-hati dalam menghadapi sesuatu. Akan tetapi, anda juga tidak perlu menghindarinya terus-menerus. Satu-satunya jalan adalah melawan rasa takut itu sendiri.

Lalu bagaimana cara terbaik dalam menghilangkan rasa takut?

Beberapa pakar psikologi mengemukakan bahwa rasa takut ada kaitannya dengan rasa cemas. Meskipun tidak melulu rasa cemas yang menyebabkan rasa takut. Namun tetap saja rasa ketakutan bisa membuat orang merasa cemas berlebihan

Nah, berikut ini 10 cara ampuh menghilangkan rasa takut pada diri sendiri yang bisa coba mulai dari sekarang.

1. Ketahui Penyebab Rasa Takut

Dalam menghadapi rasa takut, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui hal apa yang menjadi penyebab rasa takut yang anda alami. Karena rasa ketakutan yang dialami setiap orang berbeda-beda. Bahkan ada sebagian orang yang memiliki rasa takut berlebihan terhadap sesuatu atau yang biasa disebut phobia.

Berikut beberapa penyebab rasa takut yang kebanyakan dialami oleh seseorang:

  • Ketinggian.
  • Kesendirian.
  • Gelap.
  • Tempat angker.
  • Makhluk halus.
  • Kegagalan.
  • Penyakit.
  • Intimidasi seseorang.
  • Perasaan cemas, tegang dan grogi.
  • Perasaan phobia.

Sebenarnya rasa takut yang anda rasakan terjadi karena anda tidak merasa aman akan hal tersebut. Setelah mengetahui penyebab anda merasa takut, maka anda akan memiliki solusi bagaimana mengatasi ketakutan itu sendiri.

2. Mengingat Tuhan Yang Maha Esa

menghilangkan rasa takut dengan mengingat tuhan

Mengetahui penyebab rasa takut yang anda rasakan bukan berarti anda bisa terbebas dari rasa takut itu sendiri, loh. Anda tetap butuh cara-cara terbaik untuk melawannya. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengingat Tuhan Yang Maha Esa.

Ingat bahwaTuhan yang menciptakan segala sesuatu yang ada didunia ini. Jadi, ketika kamu takut akan sesuatu, mengingat tuhan dan berdoa kepada-Nya menjadi hal yang wajib anda lakukan.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menurut saya, rasa takut harus dilawan, dan lawan terbaiknya adalah rasa percaya diri. Coba anda rasakan sendiri. Ketika anda merasa sedang ragu, gugup dan takut menghadapi sesuatu, bisa dipastikan kepercayaan diri anda sedang menurun atau malah tidak ada sama sekali.

Sehingga meningkatkan kepercayaan diri menjadi langkah ampuh untuk melawan rasa takut. Tapi kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Pastinya butuh waktu untuk menumbuhkan kepercayaan diri anda. Yah, namanya juga ingin berubah pasti butuh proses, kan. Anda bisa memulainya dengan menghilangkan pikiran negatif yang membuat anda takut dan cobalah untuk belajar mengatasi perasaan takut agar anda berani menghadapi apapun.

Baca juga : 16 Tips Mendidik Anak Agar Anda Menjadi Ayah yang Hebat

4. Keluarlah dari Zona Nyaman

Salah satu yang membuat anda takut untuk berbuat sesuatu adalah anda merasa nyaman dengan diri anda sekarang. Misalnya anda adalah seorang karyawan swasta dengan gaji 5 juta per bulan. Dengan gaji sebesar itu, sudah cukup untuk membiayai keluarga. Namun, anda juga ingin membuka usaha sendiri agar bisa lebih sukses dan tidak hanya mengharapkan gaji bulanan saja.

Akan tetapi, untuk menjadi wirasusahawan sendiri dan keluar dari perusahaan tempat anda bekerja membuat anda ketakutan sendiri. Akan banyak muncul pertanyaan didalam diri anda, apa saya akan sukses jika buka bisnis sendiri? Kalau tidak sesuai harapan dan bangkrut gimana? Nanti anak istri mau dikasih makan apa kalau saya gagal? Dan masih banyak pertanyaan lain yang seolah keputusan anda untuk berwirasusaha hanya akan mengalami kegagalan.

Memang keluar dari zona nyaman bisa membuat anda merasa terus khawatir. Apalagi jika anda ragu dengan keputusan tersebut. Padahal jika anda berani melakukannya, maka anda bisa menghilangkan rasa takut yang anda rasakan. Ingat bahwa berani mengambil resiko untuk sesuatu yang lebih baik bukanlah suatu kecerobohan. Ini lebih tepat disebut langkah terbaik untuk meraih kesuksesan.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

5. Selalu Berfikir Positif

Perasaan takut muncul akibat pikiran negatif lebih kuat menyerang anda. Apalagi jika anda sedang melakukan suatu kesalahan. pikiran negatif akan semakin membuat anda merasa gugup, cemas dan khawatir berlebihan.

bagaimana cara mengatasinya? Cobalah untuk melawan rasa takut tersebut dengan mengubah hal negatif menjadi pikiran positif. Misalnya anda berbuat kesalahan pada seseorang, alih-alih anda takut mengakuinya, lebih baik anda beranikan diri untuk meminta maaf kepadanya. Setelah meminta maaf, mau itu dimaafkan ataupun tidak, perasaan anda akan menjadi lebih tenang.

6. Cukup Jadi Diri Sendiri Apa Adanya

Seperti yang saya singgung diatas, Perasaan takut muncul karena rasa percaya diri anda rendah. Anda merasa kurang tampan, kurang cantik, kegemukan, ya pokoknya kurang secara fisiklah. Selain itu anda juga kurang percaya diri secara penampilan, anda tidak punya keahlian apa-apa dan lain sebagainya.

Perasaan seperti inilah yang membuat anda takut orang tidak mau menerima anda apa adanya. Sehingga anda terkadang harus meniru orang lain yang mana malah membuat anda merasa tidak nyaman.

Padahal, untuk mendapatkan rasa percaya diri tidak berarti harus menjadi orang lain. Cukup menjadi diri sendiri apa adanya maka ketakutan yang anda rasakan akan hilang dengan sendirinya.

Lalu bagaimana cara menjadi diri sendiri? Cukup anda syukuri apa yang Tuhan kasihkan kepada anda dan terima segala kekurangannya, selain itu anda tidak perlu membandingkan diri anda dengan orang lain dan abaikan anggapan buruk orang lain kepada anda.

7. Persiapkan Segala Sesuatu Sebaik Mungkin

Rasa takut terjadi ketika anda tidak siap dalam menghadapi suatu hal. Sebagai contoh ketika anda sedang menghadapi ujian/tes masuk kerja. Banyak soal yang tidak bisa anda isi karena anda kurang belajar. Setelah ujian selesai, rasa takut tidak lulus mulai membayangi anda karena begitu banyak soal yang tidak bisa anda kerjakan.

Oleh sebab itu, hal apapun yang akan anda kerjakan, sebaiknya persiapkanlah sebaik mungkin. Persiapan yang matang dapat menghilangkan rasa takut. Selain itu anda menjadi lebih yakin dan percaya diri dalam menghadapi sesuatu.

Contoh kecil saja seperti kehidupan sehari-hari. Coba anda berangkat kerja tanpa mandi terlebih dahulu. Pasti anda merasa tidak nyaman dan takut ketika berinteraksi dengan orang lain. Takut tubuh anda menyebar bau tidak sedap. Hal ini pasti berbeda jika anda sudah mandi. Apalagi ditambah memakai parfum.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Sedang Bekerja

8. Banyak Belajar dan Tambah Pengetahuan

menghilangkan rasa takut dengan memperkaya pengetahuan

Perasaan takut juga bisa muncul ketika anda tidak tahu apa-apa. Maksudnya anda tidak memiliki wawasan yang luas sehingga ketika berkumpul dengan orang lain anda terkadang bingung harus bicara apa. pada akhirnya anda menjadi kurang pede dan takut saat berinteraksi dengan orang lain.

Oleh karenanya, jangan biarkan hal itu terjadi. Kita sebagai manusia dibekali dengan otak yang cerdas. Asahlah otak tersebut dengan hal-hal yang baru. Caranya dengan memperkaya pengetahuan anda. Banyak-banyaklah belajar dari buku maupun orang lain. Masih banyak ilmu yang bisa anda gali tentang dunia ini. Dengan memperluas pengetahuan, seyogyanya anda menjadi lebih berani meski berkumpul dengan orang penting sekalipun.

9. Mulailah dengan Olahraga

Menurut pakar kesehatan, olahraga yang teratur bisa membantu anda menghilangkan rasa stres dan cemas berlebihan. Berolahraga juga menjadi cara terbaik untuk menyegarkan pikiran anda.

Jika sudah demikian, untuk menghilangkan rasa takut anda mulailah dengan olahraga setiap hari. Anda tidak perlu olahraga berat seperti sepak bola atau futsal jika anda termasuk orang yang sibuk. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging sudah cukup membuat anda melupakan segala penat akibat pekerjaan atau permasalahan hidup anda.

Akan lebih baik lagi jika anda melakukannya dipagi hari sebelum melakukan aktifitas lain. Anda bisa lari pagi diseputaran komplek tempat tinggal anda. Ajaklah anggota keluarga anda agar anda tidak bosan ketika berlari sendirian. Selain dapat mengatasi rasa takut, ada banyak manfaat olahraga yang bisa anda dapatkan jika rutin dilakukan setiap hari.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

10. Jangan Malu untuk Minta Bantuan

Rasa takut itu harus dilawan bukan hanya dibiarkan dan nanti akan hilang dengan sendirinya. Apalagi jika anda menghindarinya, ketakutan tersebut malah akan menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu bisa menyerang anda.

Jika anda tidak bisa mengatasinya sendirian, Cobalah untuk minta bantuan orang lain. Anda masih punya saudara, kerabat atau sahabat. Anda tidak perlu malu karena mereka pasti siap membantu anda untuk mengatasi rasa takut yang anda rasakan. Jadi, jangan biarkan rasa takut membayangi anda seorang diri.

Menghilangkan rasa takut memang bukan perkara mudah. Apalagi jika ketakutan tersebut semacam phobia yang memang sulit untuk diobati. Namun, jika anda mau berusaha segala sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Yang terpenting jangan anda hanya pasrah dan menyerah dengan keadaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *