10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Dalam Hidup

10 cara menghilangkan stres akibat permasalahan hidup yang dialamiStres adalah ketegangan secara fisik dan psikis yang dialami seseorang akibat mendapat suatu tekanan. Tekanan itu bisa datang dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Oleh karenanya, butuh cara untuk menghilangkan stres akibat mengalami permasalahan hidup.

Dalam kehidupan ini, setiap manusia tidak akan lepas dari berbagai permasalahan yang datang silih berganti. Mulai dari masalah kecil sampai yang besar sekalipun. Mereka yang memiliki mental yang kuat, tentu tahu bagaimana cara menghadapinya. Namun, ada juga orang yang menyerah pada kondisi tersebut sehingga mengakibatkan stres yang tergolong berat.

Apakah anda juga sedang mengalaminya? Jika ya, anda harus segera mengatasi stres tersebut agar segera bangkit dan dapat menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

Sebenarnya saya tidak ingin panjang lebar dalam memberikan informasi cara menghilangkan stres yang sedang anda alami. Namun, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab yang memicu timbulnya stres yang biasa dialami banyak orang.

A. Penyebab Timbulnya Stres

Stres yang di alami seseorang timbul bukan tanpa sebab. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari permasalahan pribadi, kondisi lingkungan, tuntutan hidup, himpitan ekonomi dan lain sebagainya.

Disamping itu, stres bisa datang pada siapa saja tanpa terkecuali. Baik anak-anak, remaja, orang dewasa maupun orang tua. Jika tidak segera diatasi, stres berlebihan yang berkepanjangan bisa membuat orang berubah dari segi fisik, psikis maupun perilaku. Biasanya mereka menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung dan temperamental.

Untuk itu, mengetahui dari awal penyebab timbulnya stres akan memudahkan anda dalam menghilangkan stres yang sedang dialami.

Beberapa faktor penyebab orang mengalami stres adalah sebagai berikut :

1. Keluarga

Permasalahan dalam keluarga adalah salah satu penyebab stres yang sering dialami bagi mereka yang sudah berkeluarga. Beberapa hal yang sering menimbulkan masalah dalam kehidupan keluarga antara lain masalah ekonomi, cara membesarkan anak dan hubungan pernikahan yang tidak harmonis.

Baca juga : 6 Penyebab Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Anda Alami

2. Pekerjaan

Tuntutan pekerjaan yang berat dan terkesan membebani bisa membuat anda stres. Apalagi jika anda bekerja dibawah tekanan. Akan sulit bagi anda untuk memenuhi kewajiban melaksanakan tugas dengan baik.Hal ini membuat semangat kerja menurun dan anda menjadi ogah-ogahan

Disamping itu, setiap orang memiliki kendala tersendiri di tempat kerja. Beberapa faktor penyebab stres akibat pekerjaan antara lain:

  • Gaji tidak sesuai dengan yang diharapan
  • Pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuan
  • Lingkungan kerja yang kurang kondusif
  • Tekanan dari atasan yang berlebihan
  • Bosan dengan pekerjaan yang terkesan monoton
  • Hubungan tidak baik dengan rekan sekantor
  • DLL

3. Kondisi Keuangan

Siapapun pasti setuju, kondisi keuangan yang tidak sehat bisa menyebabkan orang mengalami stres. Apalagi anda dihadapkan pada tuntutan jaman yang semuanya serba konsumtif.

4. Hubungan Pribadi

Orang bisa mengalami stres karena masalah hubungan asmara. Misalnya saja ditolak gebetan, bertengkar dengan pasangan, putus cinta, pacar selingkuh, gagal menikah, dan lain sebagainya.

5. Penyakit

Memiliki riwayat penyakit juga bisa menyebabkan anda menjadi stres. Entah itu karena penyakit yang tidak kunjung sembuh, biaya pengobatan yang mahal atau anda merasa bahwa penyakit yang anda derita semakin parah sehingga anda merasa begitu merepotkan keluarga.

Kondisi ini tentu membuat anda semakin tertekan dan pada akhirnya stres karena penyakit yang anda derita.

6. Kondisi Fisik

Terkadang, kondisi fisik bisa membuat anda stres. Misalnya memiliki tubuh gemuk. Anda menjadi tidak percaya diri dalam hal penampilan. Apalagi jika anda sering kena bully teman-teman. Hal ini tentu membuat anda minder ketika berkumpul bersama mereka.

Pada akhirnya, anda berniat menguruskan badan. Segala cara anda lakukan untuk diet agar mendapatkan bentuk badan yang ideal. Namun, saat usaha anda tidak menemui hasil, bisa saja memicu anda menjadi stres.

Baca juga : Tak Harus Cantik! Ini Dia Tips Agar Disukai Pria Idaman

B. Tanda dan Gejala Akibat Mengalami Stres

tanda-tanda stres

Stres merupakan gangguan mental yang membahayakan jika dibiarkan terus-menerus. Jadi, ada baiknya anda segera menghilangkan stres yang anda alami. Untuk itu, penting bagi anda mengetahui tanda dan gejala orang yang sedang mengalami stres.

Beberapa tanda orang mengalami stres menurut dosenpsikologi.com bisa dilihat secara fisik maupun psikis antara lain : 

1. Insomnia (Susah Tidur)

Stres yang berlebihan dapat mengganggu pikiran anda. Hal ini akan menyebabkan anda kesulitan tidur atau insomnia.

2. Mudah Kehilangan Konsentrasi dan Suka Lupa

Dalam beberapa kasus, stres juga dapat membuat anda sering kehilangan konsentrasi. Terkadang anda juga sering kesulitan mengingat hal-hal kecil yang seharusnya mudah untuk diingat. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan Alzheimer.

3. Kerontokan Rambut dalam Jumlah Banyak

Apakah saat bangun pagi anda menemukan banyak rambut-rambut anda yang rontok? Jika ya, mungkin anda mengalami` Alopecia Areata. Penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh bisa menyerang folikel-folikel rambut sehingga membuat rambut anda mudah rontok. Hal ini bisa terjadi karena stres yang anda alami.

4. Mudah Marah dan Tersinggung

Salah satu tanda orang stres berikutnya adalah mudah marah. Mental yang lemah dan kekacauan dalam pikiran menyebabkan orang mudah sensitif. Sehingga ketika ada orang lain mengajak bercanda malah terkadang membuat anda tersinggung.

5. Sakit Kepala Berkepanjangan

Saat mengalami stres, semua sistem syaraf di kepala anda akan menegang. Hal ini akan menyebabkan anda mengalami sakit kepala berkepanjangan. Bahkan terkadang obat sakit kepala pun tidak mampu untuk menghilangkan stres yang anda derita.

6. Perubahan Pola Makan

Saat anda sedang mengalami stres berat, tentunya akan mempengaruhi pola makan anda. Nafsu makan akan berkurang meskipun makanan yang dihidangkan merupakan makanan favorit anda. Jika sudah demikian, berat badan anda akan menurun drastis.

7. Ketegangan Otot

Ketegangan otot biasa dialami bagi mereka yang lelah karena pekerjaan berat dengan intensitas tinggi. Namun terkadang ketegangan otot yang tidak sembuh-sembuh bisa juga disebabkan stres yang berkepanjangan. Dokter Colgan menjelaskan bahwa rasa stres bisa menyebabkan rasa tidak nyaman yang membuat otot-otot terasa kaku dan sakit.

8. Sering Bermimpi Buruk

Orang yang mengalami stres biasanya akan kesulitan tidur. Hal ini membuat anda kurang tidur dan sering mengalami mimpi buruk. Bisa jadi dikarenakan bawaan dari permasalahan hidup anda yang belum terselesaikan.

C. Cara Yang Salah Dalam Mengatasi Stres

cara yang salah dalam menghilangkan stres

Setiap orang memiliki cara berbeda dalam mengatasi stres. Tetapi terkadang tidak semua orang benar dalam melakukannya. Ketika anda melakukan cara melawan stres yang salah, bukannya malah hilang, stres yang anda alami malah semakin menjadi-jadi.

Beberapa contoh yang salah dalam menghilangkan stres antara lain :

1. Minum-Minuman Keras

Minum-minuman keras sering menjadi tempat pelarian bagi banyak orang ketika sedang mengalami stres karena suatu masalah. Hal ini adalah cara yang salah, minuman beralkohol hanya memberikan relaksasi sementara saja. Setelah pengaruhnya hilang, stres yang anda alami tetap masih menghantui anda.

2. Merokok

Bagi anda yang seorang perokok, merokok sudah menjadi kebiasaan yang lazim dilakukan. Tapi banyak diantara mereka yang bukan perokok mencoba menghilangkan rasa stres dengan cara merokok. Mereka beranggapan bahwa menghisap seputung rokok dapat menjernihkan pikiran.

Hal ini bisa berefek panjang. Jika anda membiasakannya, lama kelamaan anda malah bisa jadi seorang perokok aktif.

Baca juga : 17 Cara Untuk Berhenti Merokok Total Selamanya

3. Mengkonsumsi Narkoba

Mengkonsumsi narkotika agar tidak stres merupakan kesalahan fatal. Bukannya stres hilang, namun anda malah menjerumuskan diri yang pada akhirnya akan menghancurkan hidup dan masa depan anda.

Sebaiknya, carilah solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan hidup anda. Jangan sekali-kali mendekati obat-obatan terlarang yang hanya memberikan kesenangan sesaat.

4. Menggunakan Obat Penghilang Rasa Stres

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghilangkan stres. Salah satunya dengan minum obat penghilang rasa stres. Obat tersebut akan membantu menenangkan pikiran anda untuk sementara. Namun, anda bisa menjadi ketergantungan jika setiap mengalami masalah meminum obat tersebut.

5. Mencoba Bunuh Diri

Sudah banyak kasus yang terjadi dimana orang melakukan bunuh diri karena stres. Mereka mencoba bunuh diri dengan alasan stres karena cinta, masalah ekonomi, atau masalah keluarga. Padahal permasalahan-permasalahan tersebut masih bisa diselesaikan.

Namun, beberapa orang berfikiran pendek dan memilih bunuh diri sebagai cara terbaik dalam menyelesaikan permasalahannya.

6. Menggunakan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram menjadi tempat untuk berbagi satu sama lain. Tapi masih banyak orang yang kurang bijak dalam menggunakannya. Soalnya saat anda berselancar di media sosial dan menemukan sesuatu yang negatif, maka akan membuat pandangan terhadap masalah yang sedang anda hadapi semakin buruk.

Apalagi jika anda memposting masalah anda tersebut, selain banyak orang menjadi tahu tentang masalah pribadi anda, masalah anda juga belum tentu terselesaikan.

D. Cara Menghilangkan Stres Akibat Permasalahan Hidup

cara menghilangkan stres dengan meditasi

Bagaimana sih cara yang baik dalam mengatasi stres? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Tidak perlu harus sampai ketergantungan dengan obat-obatan terlarang, apalagi sampai bunuh diri.

Berikut 10 cara ampuh dalam menghilangkan stres akibat permasalahan hidup yang anda alami.

1. Mengingat Tuhan Yang Maha Esa

Cara ampuh yang pertama dalam mencegah stres adalah dengan mengingat Tuhan yang Maha Esa. Kenapa? Karena Tuhan sedang menguji dengan permasalahan hidup yang sedang anda alami. Tuhan ingin melihat apa yang akan anda lakukan jika diberi cobaan tersebut. Apakah anda akan terjerumus ke jalan yang salah atau anda akan mengingat kepada-Nya.

Bagi anda yang beragama Islam, segeralah ambil wudhu dan laksanakan shalat. Jangan lupa untuk berzikir dan memohon ampun kepada-Nya. Sampaikan keluh kesah tentang permasalahan anda dan mintalah petunjuk. Ingat bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya.

Bagi anda yang beragama Kristen, Hindu, Budha dan lain sebagainya. Datangilah tempat ibadah anda masing-masing. Dan lakukan apa yang biasa anda lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran anda. Dengan mengingat sang pencipta, seyogyanya stres yang anda alami akan hilang dengan sendirinya.

2. Lakukan Relaksasi Pada Diri Sendiri

Mengalami stres diakibatkan dari ketegangan dan kekacauan secara mental. Oleh sebab itu, anda butuh obat untuk meringankan beban pikiran tersebut. Salah satunya dengan relaksasi yang bermanfaat mengurangi ketegangan mental dan emosiaonal.

Beberapa cara relaksasi yang bisa anda coba antara lain :

Menghirup nafas dalam-dalam – Coba angkat tangan anda dan tarik nafas dalam-dalam. Setelah itu keluarkan nafas secara perlahan sembari menurunkan tangan anda. Lakukan sebanyak 10-15 kali sampai pikiran anda lebih tenang.

Berteriak sekeras mungkin – Jika anda sedang berada ditempat yang tinggi misalnya gedung atau perbukitan, cobalah cara pada poin diatas. Kemudian setelah anda selesai mengeluarkan nafas, teriak sekeras mungkin. Setidaknya lakukan 3-4 kali agar hati dan pikiran anda lebih lepas.

Mendengarkan lagu favorit – Anda suka mendengarkan musik? Jika ya, segera putar musik di handphone anda dan dengarkan menggunakan handset. Pilihlah lagu yang temponya pelan atau lagu favorit anda. Sebuah penelitian menunjukan bahwa musik bisa mengurangi stres dan beban pikiran.

Berendam air garam – berendam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, cara ini juga bisa menghilangkan stres loh. Menurut doktersehat.com, Beberapa pakar kesehatan merekomendasikan berendam di air garam. Cara ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu dimana berendam dengan air garam dapat menghilangkan rasa lelah dan beban pikiran akibat stres.

Minum teh hijau – menurut para ahli kesehatan, teh hijau memiliki kandungan tiamin atau asam amino yang berfungsi mengurangi kadar kortisol yaitu hormon yang memicu stres. Selain itu, minum teh hijau dapat mengurangi tekanan darah anda. Sehingga anda menjadi lebih rileks dan tenang.

Menonton video lucu – Saat mengalami stres, anda butuh sesuatu untuk menghibur diri. Salah satunya dengan menonton video lucu yang bisa meredakan emosi dan beban pikiran. Dengan tertawa, tubuh akan melepas hormon endhorpin maupun melatonin untuk menghilangkan stres yang anda rasakan.

Berikut salah satu video lucu yang bisa anda tonton :

3. Berolahraga

Ini dia penghilang stres paling ampuh. Melakukan olahraga ternyata mampu membantu anda dalam melepaskan hormone endhorpin yang bisa membuat anda bahagia. Salah satu organisasi kesehatan di Inggris, Mental Health Foundation membuktikan bahwa aktifitas fisik mampu mengobati depresi.

Anda bisa melakukan olahraga yang menjadi hobi atau favorit anda seperti sepak bola, futsal, voli atau basket. Salah satu olahraga yang cukup ampuh mencegah stres adalah berenang. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru, olahraga ini juga mampu membuat seseorang menjadi lebih tenang.

Olahraga outdoor seperti mendaki gunung atau panjat tebing juga bagus untuk menjernihkan pikiran anda. Namun, jika tidak memungkinkan karena kesibukan anda, jogging dipagi hari juga baik untuk kesehatan fisik dan jiwa anda.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

4. Curhat dan Bertukar Pikiran dengan Orang Terdekat

Salah satu penyebab stres adalah anda memendam masalah yang sedang dialami. Hal ini membuat beban pikiran anda menumpuk karena masalah tersebut tidak kunjung ada penyelesaian.

Sebaiknya, datangilah orang terdekat yang anda percaya dan ceritakan masalah yang membuat anda stres. Jangan anda malu atau ragu karena orang terdekat anda pasti akan merahasiakan masalah anda tersebut.

Selain merasa lega dan mengurangi beban pikiran, curhat dengan orang terdekat setidaknya dapat membantu anda mencarikan solusi tentang masalah anda tersebut.

5. Makan Makanan Penghilang Stres

Menghilangkan stres sebenarnya cukup mudah. Salah satunya bisa dengan makan makanan penghilang stres. Menurut blog helosehat.com, beberapa makanan yang direkomendasikan para ahli antara lain:

  • Alpukat
  • Salmon
  • Oatmeal
  • Coklat
  • Sayuran hijau
  • Yogurt
  • Jeruk
  • Berry
  • Kacang Mede

6. Perbanyak Minum Air Putih dan Tidur yang Cukup

Kebanyakan orang saat mengalami stres sering lupa minum air putih. Hal ini membuat anda dehidrasi dan kurang konsentrasi. Oleh sebab itu, cukupkan kebutuhan air untuk tubuh anda. Sesuai petunjuk para ahli kesehatan, anda harus minum 2 liter air setiap harinya agar badan anda tidak lemas dan dapat berfikir jernih.

Selain itu, jaga kondisi tubuh anda dengan tidur yang cukup. Stres memang membuat orang berfikir macam-macam. Akibatnya otak lelah karena kebanyakan pikiran. Tidur menjadi solusi terbaik untuk mengistirahatkan sementara tubuh dan pikiran anda.

Cukupkan tidur anda sesuai petunjuk pakar kesehatan yakni 7-8 jam per hari. Jika anda mengalami kesulitan tidur, sebaiknya jauhi untuk sementara alat elektronik seperti televisi, laptop dan handphone. Hindari juga makan terlalu malam dan kopi. Sebaiknya segera cuci muka, masuk kamar dan matikan lampu agar anda bisa cepat tidur sehingga saat anda terbangun, tubuh menjadi lebih bugar.

Baca juga : 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

7. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Keluarga adalah tempat terbaik ketika anda ingin menghindari stres. Bercengkerama dengan mereka membuat hati dan pikiran anda menjadi lebih tenang. Ingat bahwa keluarga adalah bagian terpenting bagi hidup anda yang lebih mengetahui tentang diri anda.

Berkumpul dan bermain bersama anak-anak, mengobrol dengan istri serta mengunjungi kedua orang tua seyogyanya mampu mengurangi rasa lelah akibat beban pekerjaan yang membuat anda stres.

Anda juga dapat mengatur jadwal liburan akhir pekan. Ajaklah sanak saudara, keluarga dan sahabat untuk refresing atau jalan-jalan ke pantai atau tempat wisata didaerah anda. Jika tidak memungkinkan, jalan-jalan ke taman atau pusat perbelanjaan setidaknya bisa menghilangkan rasa stres yang anda alami.

8. Menyalurkan Hobi

Apa hobi anda? Memancing, nonton bioskop, berselancar atau bermain game? Apapun hobi anda, lakukanlah saat anda sedang mengalami beban pikiran yang menyebabkan stres.

Pada dasarnya, hobi yang membuat senang bermanfaat untuk menenangkan pikiran anda yang sedang kacau. Misalnya anda hobi bermain game, cobalah untuk bermain game yang anda sukai entah itu melalui gadget, laptop maupun playstation. Cara ini cukup ampuh untuk menghindarkan anda dari stres yang sedang anda rasakan.

9. Berhubungan Badan dengan Pasangan

Bagi anda yang sudah berkeluarga, melakukan hubungan intim dengan pasangan adalah cara yang sangat dianjurkan untuk mengurangi stres. Hal ini dikarenakan hubungan seks dapat membuat anda lebih rileks dan tenang. Sehingga stres dalam pikiran anda berkurang dan menjadi lebih santai.

Sebaiknya melakukan hubungan badan dengan pasangan harus dengan saling memberikan kenyamanan. Lakukan ciuman atau rabahan sebelum anda melakukan hubungan intim. Menurut penelitian, rasa nyaman saat berhubungan intim akan membantu menciptakan keseimbangan kesehatan emosi dan mental yang berguna untuk mengurangi rasa stres. Selain itu, berhubungan badan dapat memicu hormon endhorpin yang bisa menekan kadar stres.

10. Lakukan Meditasi

Melakukan meditasi menjadi cara yang cukup ampuh dalam mengatasi stres. Dengan meditasi, pernafasan anda menjadi lebih teratur, detak jantung kembali normal dan tekanan darah yang naik berangsur mengalami penurunan. Hal ini tentu membuat pikiran anda lebih jernih sehingga anda mampu untuk berkonsentrasi dengan baik.

Bagaimana cara melakukan meditasi yang benar? Anda perlu menyiapkan tempat yang tenang dan memudahkan untuk berkonsentrasi. Jangan lupa membawa alas duduk agar proses meditasi anda semakin nyaman. Setelah anda duduk bersila dan merasakan ketenangan, tutup mata dan fokuslah pada hal-hal yang membuat anda merasa rileks dan santai seperti membayangkan indahnya pegunungan, ombak dilaut atau pagi hari yang sejuk dan tenang.Ketika anda sudah mendapatkan suasana hati yang menyenangkan, segera fokus pada pernafasan agar nafas anda lebih teratur.

Sebaiknya lakukan meditasi di pagi hari dimana suasana pagi sangat efektif untuk mengurangi rasa cemas, takut maupun khawatir. Anda bisa sambil mendengarkan musik dengan tempo pelan atau suara alam untuk membantu anda lebih rileks. Lakukan ini selama 20-30 menit agar memberikan manfaat bagi anda baik secara fisik maupun psikologis.

Memang tidak mudah Menghilangkan stres akibat permasalahan hidup yang anda alami. Namun, yang terpenting jangan gunakan cara-cara yang salah yang malah bisa semakin menghancurkan hidup anda seperti narkoba atau minum-minuman keras. Cobalah beberapa cara diatas agar stres yang anda rasakan hilang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *