10 Cara Terbaik Memotivasi Diri Sendiri Agar Sukses Dalam Hidup

ilustrasi penyemangat hidup via pixabayMemotivasi diri sendiri agar sukses adalah hal penting yang harus dimiliki setiap manusia. Mereka yang tidak punya motivasi tinggi dalam hidup, maka mereka harus puas dengan keadaan yang begitu-begitu saja. Motivasi terbaik adalah dari diri kita sendiri yang mana akan menjadi sebuah kekuatan untuk melawan segala rintangan hidup untuk mencapai sebuah tujuan.

Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara instan. Tetap butuh sebuah perjuangan dan kerja keras untuk meraihnya. Tidak sedikit orang yang merasa gagal dan putus asa ketika tidak bisa mencapai sebuah tujuan. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki motivasi yang kuat sehingga mudah menyerah begitu saja.

Lalu bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar bisa sukses dalam menjalani hidup ini? Ya, semua tergantung pada diri anda sendiri. Hanya anda yang bisa mengusahakan kesuksesan dalam kehidupan anda.

Tapi satu hal yang pasti, jangan pernah berfikir bahwa sukses hanya sebatas soal harta atau pun materi. Sukses yang sesungguhnya ialah ketika anda mampu menciptakan kebahagiaan untuk diri anda dan orang lain disekitar anda.

Berikut 10 cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri agar sukses dalam menjalani hidup.

1. Memiliki Mimpi yang Besar

ilustrasi cara memotivasi diri sendiriSetiap orang didunia ini pasti memiliki sebuah mimpi. Walaupun mimpi tersebut terlihat kecil di mata orang lain. Hal ini wajar, karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada orang yang mampu melakukan sesuatu yang besar, tapi ada juga yang hanya bisa melakukan hal-hal yang kecil. Pada intinya, kemampuan setiap orang pasti berbeda-beda.

Begitu juga dengan mimpi atau cita-cita. Ada yang ingin menjadi seorang presiden, menteri, pengusaha sukses dan beragam cita-cita besar lainnya. Namun, ada juga orang yang hanya bermimpi bisa hidup lebih baik dibandingkan sekarang. Dari semua orang didunia ini, tentu sudah ada yang bisa meraih mimpinya, tetapi juga banyak yang tidak bisa meraihnya bahkan sampai ajak menjemput.

Semua itu memang sudah menjadi garis takdir setiap orang. Akan tetapi, selama anda masih mampu dan punya peluang untuk meraih mimpi anda. Jangan pernah menyerah. Percuma anda memiliki segudang mimpi besar tapi anda tidak pernah berusaha meraihnya. Sehingga mimpi hanya tinggal mimpi belaka.

Mimpi yang besar tidak akan bisa diraih sebelum anda meraih mimpi kecil terlebih dahulu. Untuk itu, mulailah untuk menggapai mimpi yang lebih realistis yang ada dihadapan anda.

Sebagai contoh orang yang bercita-cita menjadi seorang guru. Untuk mewujudkannya tentu dia harus sekolah sampai perguruan tinggi. Selanjutnya mereka akan menjadi seorang guru bantu atau guru honorer.

Cita-cita untuk menjadi seorang guru sudah tercapai. Tapi apakah sudah cukup? Tentu saja belum. Mereka tentu punya cita-cita lebih tinggi yakni diangkat menjadi guru tetap atau pun PNS agar kehidupannya lebih terjamin.

Tapi nyatanya setelah mendapatkan apa yang diimpikan, terkadang ada saja yang masih merasa belum cukup. Kalau masih bisa meraih jabatan yang lebih tinggi misalnya seperti kepala sekolah kenapa tidak. Mereka akan berusaha untuk meraih mimpi barunya tersebut.

“Impian itu sebuah kata yang unik”

Kenapa saya katakan demikian? Karena Impian bisa dimiliki siapa saja. Tidak mengenal batasan usia atau pun memilih si kaya dan si miskin. Ada yang sudah memiliki sebuah impian sejak dia masih kecil. Tetapi ada juga impian yang baru muncul saat mereka sudah tua. Karena sebuah impian juga bisa membuat orang yang dulunya bukan siapa-siapa, berubah menjadi seorang yang kaya.

Contohnya saja Mark Zuckerberg, pemilik situs jejaring sosial Facebook. impiannya hanya membuat sebuah situs pertemanan dikalangan mahasiswa di kampusnya dengan tujuanagar bisa saling mengenal satu sama lain. Ternyata sekarang malah berkembang menjadi sebuah situs jejaring sosial terbesar dan mengantarkannya menjadi pemuda terkaya didunia.

Mimpi yang besar akan membuat anda memotivasi diri sendiri agar bisa meraih mimpi tersebut. Akan tetapi, tidak ada mimpi yang bisa menjadi kenyataan tanpa melakukan aksi apapun. Mulailah bekerja dari sekarang untuk meraih mimpi-mimpi kecil anda. Jika salah satunya sudah tercapai, tentu anda akan lebih termotivasi untuk bisa meraih mimpi yang lebih besar.

Baca juga : 10 Cara Jitu Meningkatkan Semangat Kerja – Apapun Profesi Anda

2. Memiliki Alasan yang Kuat

Setiap orang tentu mempunyai sebuah alasan kenapa ingin meraih sebuah mimpi atau pun kesuksesan dalam hidupnya. Tapi terkadang orang tidak tahu alasan yang mendasari mereka dalam meraih kesuksesan tersebut. Hal inilah yang membuat orang gampang menyerah saat mengalami kegagalan dalam usaha untuk meraih kesuksesan.

Coba anda tanyakan pada diri sendiri, misalnya saat anda memutuskan untuk melanjutkan sekolah sampai perguruan tinggi. Apa yang menjadi alasan anda untuk terus melanjutkan sekolah? Apakah karena ikut-ikutan teman anda, dorongan dari orang tua atau memang keinginan anda sendiri agar kedepannya bisa menjadi orang yang sukses.

Jika alasan anda hanya karena ikut-ikutan orang lain, maka jangan salahkan orang lain jika sekarang anda mungkin belum bisa sukses seperti teman-teman anda. Akan tetapi jika alasan anda karena keinginan yang kuat untuk terus belajar, mungkin saja sekarang anda sudah memiliki profesi yang anda inginkan.

Alasan yang kuat menjadi tolak ukur untuk memotivasi seseorang dalam menggapai suatu tujuan. Sehingga saat anda sedang malas belajar atau malas menyelesaikan tugas kuliah, merasa terlalu lelah dalam bekerja atau merasa lelah dengan keadaan anda sekarang.

Berusahalah memotivasi diri sendiri agar rasa malas dalam bekerja hilang dan berganti menjadi sebuah spirit untuk tetap berada pada jalur untuk meraih kesuksesan.

3. Punya Keinginan dan Tekad yang Kuat

Kesuksesan yang didapat setiap orang tentu berbeda-beda. Walaupun mereka sudah bekerja keras dan merasa melakukan langkah yang sama. Hal yang membedakan dari setiap kesuksesan seseorang ialah keinginan dan tekad yang kuat.

Saya ambil contoh dalam pertandingan sepak bola. Adakalanya sebuah tim kecil bisa mengalahkan tim besar yang diisi oleh pemain bintang. Kenapa mereka bisa menang? Ada yang mengatakan bahwa bola itu bundar. Tapi tetap saja bisa kita prediksi.

Disamping mungkin karena kesalahan taktik dari tim besar, tim kecil tentu memiliki motivasi tinggi dan akan menjadi sebuah kebanggaan ketika bisa mengalahkan tim yang bertabur bintang. Hal inilah yang menimbulkan keinginan dan tekad yang kuat pada diri setiap pemain untuk menang.

Keinginan yang kuat secara tidak langsung berhubungan dengan alasan anda untuk meraih kesuksesan. Sehingga saat keinginan anda untuk menggapai tujuan tertentu mulai memudar akibat sebuah kegagalan, ingat kembali alasan kenapa anda ingin sukses. Dengan begitu tekad anda akan semakin kuat untuk meraih mimpi dan cita-cita anda.

Terkadang, orang meremehkan anda dan menganggap anda tidak bisa sukses. Di sinilah keinginan dan tekad yang kuat berperan untuk mematahkan anggapan orang lain bahwa anda tidak akan mampu meraih tujuan anda.

Teruslah memotivasi diri sendiri dengan membulatkan tekad untuk menggapai apa yang anda inginkan. Karena sebuah kesuksesan memang tidak bisa diraih hanya dengan semangat yang biasa-biasa saja.

Baca juga : 12 Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Agar Menjadi Orang Sukses

4. Selalu Memiliki Sebuah Target

ilustrasi motivasi hidup harus punya targetSetiap pekerjaan yang ada didunia ini dipenuhi berbagai macam persaingan. Dan semua orang yang terlibat didalamnya tentu memiliki keinginan yang sama, yakni bisa meraih kesuksesan. Terkadang akibat persaingan yang terlalu ketat membuat anda putus asa dan merasa tidak mampu untuk bersaing. Hal ini terjadi karena anda tidak memiliki sebuah rencana atau planning untuk bisa bersaing dengan mereka.

Untuk memotivasi diri sendiri agar sukses dimasa depan, sebaiknya anda harus membuat sebuah target terlebih dahulu. Target bisa terwujud jika di persiapkannya dengan matang. karena tanpa persiapan, anda tidak akan bisa meraih hasil yang memuaskan.

Contohnya saja seperti jualan baju secara online. Entah itu dengan sistem dropship atau pun memiliki toko online sendiri. Target awal anda saat pertama kali membuka toko online tentunya adalah terjadinya closing atau transaksi penjualan pertama.

Setelah anda meraihnya, target anda selanjutnya mungkin bisa menjual 100 baju dalam kurun waktu satu bulan. Selanjutnya anda harus bisa menaikkan target lebih tinggi misalnya menjual 100 baju dalam sehari saja. Setelah itu, mungkin anda ingin menambah penghasilan anda dengan membuka toko online lagi.

Hal seperti ini wajar mengingat sifat manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimiliki. Manusia ingin selalu mendapatkan yang lebih dan lebih lagi.

Sifat seperti ini akan berdampak positif jika anda mengaplikasikannya dengan benar. Salah satunya dalam pengembangan sebuah bisnis. Siapa tahu dengan kesuksesan anda bisa mempekerjakan seseorang sehingga membuka lapangan kerja untuk orang lain

Beda halnya jika merasa sudah cukup dengan apa yang anda miliki sekarang. Misalnya anda seorang karyawan yang merasa cukup dengan gaji Rp 5.000.000 per bulan. Maka, anda tidak perlu mencanangkan sebuah target untuk menambah penghasilan anda.

Baca juga : 

Rahasia Menjadi Orang Kaya Dengan 12 Cara Sederhana

8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun 

5. Fokus Mencapai Tujuan

Setelah anda memiliki sebuah target yang ingin dicapai. Mulailah bekerja untuk memenuhi target tersebut. Karena tujuan akhir anda tidak akan pernah tercapai hanya dengan berangan-angan. Anda harus melakukan action yang nyata sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan hidup.

Di sinilah anda harus memotivasi diri sendiri agar tetap fokus dalam mencapai tujuan anda. Sekarang coba anda tanyakan pada diri anda sendiri. Apakah anda sudah merasa fokus untuk meraih mimpi ataukah anda lebih banyak bermain sehingga tidak pernah fokus untuk meraih mimpi anda?

Jika selama ini anda belum fokus dan terlalu banyak main-main, maka wajar jika anda belum bisa meraih apa yang menjadi tujuan hidup anda. Lalu apakah anda akan terus bersikap demikian dan tidak mau keluar dari zona nyaman anda sekarang? Jika ya, berarti anda memilih menjadi orang yang begitu-begitu saja.

Tetapi jika anda mau berubah dan meninggalkan kegiatan yang anda senangi demi meraih tujuan. Maka tetaplah fokus sampai tujuan anda tercapai. Fokus berarti anda memiliki sikap disiplin tinggi dan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja agar apa yang menjadi keinginan anda, bisa tercapai sesuai dengan target yang anda tetapkan.

6. Memberikan Penghargaan Pada Diri Sendiri

Memang anda harus selalu fokus dalam mencapai tujuan hidup anda. Tapi anda juga jangan terlalu semangat sampai melupakan salah satu hal terpenting, yakni kesehatan anda. Karena jika anda sakit, tujuan anda untuk sukses bisa tertunda.

Oleh sebab itu, agar anda semakin termotivasi untuk sukses. Berikanlah sebuah penghargaan atau reward untuk diri anda sendiri. Hal ini bisa anda lakukan saat sudah tercapai salah satu tujuan yang sudah anda targetkan.

Contoh kecilnya saja saat anda berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu. Anda bisa memberi penghargaan pada diri sendiri. Misalnya dengan beristirahat santai dan makan ditempat favorit. Selain untuk melepas rasa lelah juga untuk menghilangkan stres akibat bekerja terlalu keras.

Akan tetapi, anda juga harus bersikap adil pada diri sendiri. Sehingga saat anda tidak bisa menyelesaikan tugas, anda harus menghukum diri anda sendiri. Misalnya jika di akhir pekan anda selalu menyalurkan hobi memancing. maka anda bisa menghukum diri anda untuk tidak melakukan hobi tersebut sementara waktu.

Dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri, seharusnya bisa memotivasi diri sendiri dalam bekerja agar selalu semangat dan tetap fokus untuk mencapai target yang diharapkan.

7. Jangan Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Kesuksesan yang dicapai setiap orang tentu tidak akan sama dengan orang lain. Semuanya pasti memiliki kisah perjuangan, kegagalan, suka dan duka sendiri-sendiri.

Seperti kata-kata motivasi dari Bruce Lee. “Jadilah dirimu sendiri senantiasa, ekspresikan dirimu, percayalah pada diri sendiri, jangan pergi keluar dan mencari kepribadian yang sukses dan menduplikasinya”

Ketika anda mencoba meniru semua hal yang dilakukan oleh mereka yang sudah sukses. Hasilnya pasti akan berbeda. Anda bisa lebih sukses atau malah mendapat kegagalan.

Kegagalan semacam inilah yang membuat semangat dan rasa antusias anda yang tinggi memudar karena sudah susah payah mencoba tapi masih belum bisa sukses seperti tokoh yang menginspirasi anda.

Anda boleh terinspirasi dengan kesuksesan orang lain. Tapi jangan membandingkan diri anda dengan mereka. Apalagi sampai mencoba menduplikasi kesuksesan mereka karena akan membunuh diri anda sendiri.

Ingat bahwa manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cukup tiru semangat dan tekad mereka kemudian gunakan cara anda sendiri untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Baca juga : 9 Cara Sederhana Menjadi Diri Sendiri

8. Sebuah Kegagalan Bukan Akhir dari Segalanya

ilustrasi kegagalan dijadikan motivasi untuk suksesJangan pernah menganggap bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya. Karena bagaimanapun juga, tidak pernah ada orang yang sukses tanpa mengalami kegagalan sama sekali.

Karena dari kegagalan-kegagalan itulah mereka mencoba bangkit untuk bisa meraih mimpi yang belum terwujud. Thomas Alfa Edison saja harus menemui kegagalan sampai 1000 kali sebelum akhirnya berhasil menemukan bola lampu.

Michael Jordan yang merupakan legenda olahraga basket paling terkenal didunia pernah mengatakan bahwa dia pernah gagal berkali-kali dalam hidupnya, namun semua kegagalan itulah yang membuatnya menjadi orang sukses. Dia sendiri pernah gagal masuk tim basket di SMA sampai akhirnya menjadi pemain top NBA.

Jangan berfikir bahwa sukses hanya milik orang-orang yang beruntung saja. Karena pikiran semacam itu hanya akan menghambat diri anda untuk meraih kesuksesan yang sama dengan orang lain. Disamping itu, jangan pernah takut menghadapi sebuah kegagalan

Lebih baik, hilangkan rasa takut dan jadikan kegagalan yang anda alami untuk memotivasi diri sendiri agar sukses dalam meraih tujuan.

9. Melupakan Masa Lalu yang Buruk

Salah satu hal yang membuat anda belum bisa sukses mungkin disebabkan oleh masa lalu buruk yang pernah anda alami. Masa lalu tersebut serasa membekas didalam sanubari hingga membuat anda sulit untuk bangkit.

Entah itu disebabkan peristiwa yang menyebabkan anda trauma atau karena kegagalan demi kegagalan yang selalu menghampiri anda. Sehingga menjadi sebuah beban dan menimbulkan pikiran negatif yang membuat anda sulit untuk melepasnya.

Tahukah anda bahwa seorang JK Rowling, penulis kisah fiksi Harry Potter pernah memiliki masa lalu yang cukup suram. Dia dulu miskin, depresi akibat bercerai dengan istrinya bahkan berkali-kali naskahnya ditolak oleh penerbit. Lalu lihat apa yang terjadi sekarang. buku Harry Poter menjadi salah satu buku dengan penjualan paling laris didunia.

Anda bisa mencontoh semangat yang ditunjukkan JK Rowling. Kisah buruk di masa lalu jangan membuat anda menjadi seseorang yang selalu berfikiran negatif, lebih baik jadikan masa lalu anda sebagai penyemangat hidup untuk meraih cita-cita anda.

Baca juga : 12 Tips Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Selalu Muncul

10. Cari Inspirasi dari Mereka yang Sudah Sukses

Cara lain untuk memotivasi diri sendiri ialah dengan mencari inspirasi hidup dari mereka yang sudah sukses. Misalnya dengan membaca buku biografi tokoh yang anda kagumi.

Anda bisa mencari tahu apa saja yang dikerjakan oleh mereka yang sudah sukses. Tidak perlu meniru mereka sama persis karena anda memiliki gaya sendiri. Cukup ambil poin-poin penting dari mereka lalu terapkan pada hidup anda.

Jika anda malas membaca buku biografi,Tontonlah video yang bisa menginspirasi anda untuk sukses. Kunjungilah Ted.com, disana anda akan menemukan inspirasi dari mereka yang sudah sukses.

Kesimpulan.

Kesuksesan tidak akan pernah datang jika anda hanya berdiam diri tanpa melakukan aksi apapun. Dan tidak ada orang yang sukses tanpa mengalami kegagalan. Teruslah memotivasi diri sendiri agar anda tidak mudah menyerah dan putus asa hanya karena satu kegagalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *