10 Contoh Usaha Modal 5 juta Paling Menguntungkan

10 contoh usaha modal 5 juta paling menguntungkanDijaman sekarang ini, uang 5 juta bukanlah jumlah yang besar. Anda bisa menghabiskannya hanya dalam hitungan jam bahkan menit. Namun, jika anda adalah seorang yang memiliki jiwa bisnis. Nyatanya uang 5 juta bisa menjadi modal untuk memulai membuka bisnis baru. Banyak peluang usaha modal 5 juta yang bisa anda coba dan dapat memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Memang tidak semudah yang dibayangkan dalam memilih sebuah bisnis. Apalagi modal yang anda punya pas-pasan. Jika tidak tepat dalam mengelola keuangan usaha anda, salah-salah bukannya untung malah bisa buntung. Oleh sebab itu, sebelum anda memulai bisnis dengan modal 5 juta, ada baiknya anda membaca artikel saya tentang cara merintis usaha sendiri dari nol dengan modal kecil. Dengan begitu anda akan lebih berhati-hati dalam menentukan jenis usaha anda.

Dalam memulai usaha yang ingin anda jalankan sekarang ini, sebaiknya perhatikan lokasi tempat tinggal dan kebutuhan konsumen. Sehingga anda bisa memilih usaha yang tepat dan cepat memberikan keuntungan untuk anda.

Berikut 10 contoh usaha modal 5 juta paling menguntungkan yang bisa anda coba saat ini juga.

1. Usaha Warung Sembako

Usaha modal 5 juta yang pertama adalah membuka usaha warung sembako yang sampai saat ini masih banyak diminati dan tidak ada matinya. Selain cukup mudah dalam menjalankannya, anda bisa membuka usaha warung sembako dimana saja. Bahkan dikomplek perumahan anda sekalipun. Sehingga anda tidak perlu memikirkan untuk menyewa tempat atau kios yang pastinya bisa menyedot keuangan anda.

Target konsumen anda cukup tetangga diseputaran komplek tempat anda tinggal. Meskipun lingkupnya kecil, warung sembako modal 5 juta yang akan anda jalankan bisa memberikan keuntungan yang lumayan banyak jika anda bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Untuk langkah awal, anda bisa menggunakan ruangan kosong seperti garasi atau ruangan depan sebagai tempat jualan. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran sehingga modal bisa anda alihkan untuk membeli barang dagangan yang dibutuhkan.

Isi warung anda dengan membeli sembilan bahan pokok dan barang-barang lain yang biasa dicari oleh konsumen. Usahakan barang-barang ditoko anda lengkap agar warung anda ramai didatangi pengunjung dan berjalan dengan lancar. Selain itu, anda perlu memperhatikan harga barang yang anda jual. Jangan sampai pembeli enggan datang kembali kewarung anda dan lebih memilih warung lain akibat anda memasang harga yang tinggi.

Dalam menjalankan usaha warung sembako ini, anda harus memiliki prinsip “lebih baik untung sedikit tetapi banyak pengunjung daripada untung banyak tetapi pengunjungnya sedikit”.

2. Usaha Counter Pulsa

contoh usaha modal 5 juta membuka counter-pulsa

bisnisrumahan2012.wordpress.com

Satu lagi usaha modal 5 juta yang tidak ada matinya bahkan cenderung meningkat adalah membuka counter pulsa. Jika anda tinggal didaerah yang cukup ramai dan banyak lalu lalang kendaraan, maka bisnis ini sangat cocok untuk anda jalankan.

Namun, jika lokasi anda kurang strategis, sebaiknya anda menyewa kios murah dipinggir jalan yang bisa dibayar tiap bulan. Karena jika anda menyewa langsung satu tahun, modal anda mungkin hanya cukup untuk biaya sewa kios saja.

Setelah anda mendapatkan kios, belilah estalase sebagai tempat jualan anda. Untuk kebutuhan pulsa, sebaiknya anda mencari agen pulsa terpercaya yang menawarkan harga yang cukup murah. Dengan begitu anda bisa menjual dengan harga yang lebih murah kepada konsumen dibandingkan dengan counter pulsa lain.

Strategi ini tentunya dapat membuat pelanggan memilih membeli pulsa ditempat anda sehingga anda bisa meraih keuntungan maksimal. Lengkapi estalase anda dengan menyediakan kartu perdana dan voucher kouta internet yang sekarang ini menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan di kalangan masyarakat.

Jika anda masih bekerja dan ingin mendapatkan uang tambahan, berjualan pulsa bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menggiurkan yang bisa anda jalankan disela-sela kesibukan anda. Meskipun target konsumen anda tidak sebanyak ketika anda membuka gerai pulsa, anda masih bisa melayani kebutuhan pulsa keluarga, teman sekantor dan yang lainnya.

Baca juga : 12 Peluang Usaha Modal 500 Ribu Kebawah Bagi Para Pemula

3. Usaha Katering Rumahan

Usaha makanan yang satu ini membutuhkan bakat dan kepandaian anda dalam mengolah dan memasak makanan. Jadi , pastikan bahwa anda bisa memasak beraneka makanan dan tentunya banyak orang yang menyukai masakan anda. Karena ini menjadi modal utama sebelum anda terjun di bisnis ini. Namun, anda tidak perlu khawatir jika memang belum pandai memasak. Ada banyak resep makanan yang bertebaran di internet yang bisa anda coba. Salah satu situs yang saya rekomendasikan adalah cookpad.com.

Untuk permulaaan, tentukan target konsumen anda dengan menawarkan usaha catering untuk hajatan kecil-kecilan teman atau tetangga seperti acara ulang tahun, khitanan dan aqiqah. Selain itu, anda bisa mencoba memasukkan jasa katering ditempat kantor anda bekerja untuk acara syukuran kantor dan lain sebagainya.

Sebagai contoh anda mendapat pesanan awal untuk sebuah acara sebanyak 100 nasi box dan jajanan pasar dalam jumlah yang sama. Anda memberikan harga untuk nasi box sebesar Rp. 20.000/porsi dan Rp. 5.000 untuk jajanan pasar.
Jika anda mengambil keuntungan paling sedikit Rp 5.000 untuk nasi box dan Rp 1.000 untuk jajanan pasar maka keuntungan yang anda peroleh adalah sebagai berikut:

100 nasi box x Rp. 20.000 = Rp. 2.000.000
100 jajan pasar x Rp. 5.000 = Rp. 500.000

Total pemasukan yang anda dapatkan Rp. 2.500.000.

Sehingga anda akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp. 600.000 dari :

100 x Rp.5.000 = Rp 500.000
100 x Rp 1.000 = Rp. 100.000

Ini hanya perumpamaan untuk satu kali order. Bayangkan jika anda mendapat order 3-4 kali dalam satu bulan. Keuntungan yang bisa anda peroleh bisa mencapai jutaan rupiah hanya dengan usaha modal 5 juta ini.

Baca juga : 8 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga

4. Usaha Makanan Ringan

Masih tentang kuliner, usaha makanan ringan bisa menjadi bisnis dengan modal kecil yang sangat menguntungkan. Makanan ringan yang biasa dijual antara lain keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang dan lain-lain.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan satu jenis makanan apa yang akan anda jual, misalnya keripik pisang. Agar lebih terkesan profesional, anda bisa memberikan merk sendiri pada bungkusan keripik pisang yang akan dijual. Sediakan bungkusan untuk ukuran kecil, sedang maupun besar.

Strategi pemasaran produk baru ini bisa anda kembangkan sendiri, misalnya dengan menitipkan dagangan anda ke warung-warung kelontong, memasukkan ke pasar tradisional bahkan kalau bisa ke mini market disekitar tempat anda. Dengan kemasan yang unik dan terkesan mahal, tentunya mereka akan bersedia menampung produk yang anda tawarkan.

Baca juga : 17 Ide Usaha Makanan Ringan Kekinian Paling Menjanjikan

5. Usaha Laundry Kiloan

contoh usaha modal 5 juta dengan usaha laundry

hotfrog.co.id

Sekarang ini masyarakat semakin sibuk dengan aktifitas keseharian yang banyak menyita waktu. Hal ini membuat mereka tidak sempat mengurusi kegiatan rumah seperti mencuci. Keadaan ini bisa menjadi peluang usaha anda dengan membuka jasa laundry. Meskipun sudah banyak pesaing yang lebih dulu membuka usaha ini, anda tidak perlu pesimis karena nyatanya pangsa pasar lebih besar.

Apalagi jika menyewa tempat yang cukup strategis seperti di dekat tempat kuliah atau perkantoran. Namun, membuka usaha laundry juga bisa anda lakukan cukup di komplek tempat anda tinggal. Target pelanggan anda tentunya para tetangga dan komplek sebelah. Untuk urusan modal anda tidak perlu khawatir, Bisnis laundry kiloan masih termasuk usaha modal 5 juta yang bisa anda jalankan.

Berikut simulasi jasa usaha laundry kiloan dengan hanya modal 5 juta.

Mesin cuci + pengering = Rp. 3.000.000
Setrika 2 buah = Rp 250.000 x 2 = Rp. 500.000
Deterjen dan pewangi = Rp. 400.000
Barang-barang pendukung seperti gantungan dan penjepit baju, buku nota, ember, dan lain-lain sebesar Rp. 300.000.

Modal awal yang perlu anda siapkan adalah Rp 4.200.000,

Seandainya rata-rata anda mendapatkan order 25 kg perhari dengan patokan harga Rp 6.000/kg, maka anda akan mendapat pemasukan dalam sebulan.

25 kg x Rp. 6.000 x 30 hari = 4.500.000

Taruhlah anda perlu satu pegawai dengan gaji Rp. 700.000
Tagihan listrik = Rp. 500.000

Deterjen dan pewangi = Rp. 400.000

Maka, laba bersih yang bisa anda dapatkan adalah Rp. 4.500.000 – ( Rp. 700.000 + Rp 500.000 + Rp 400.000) = Rp.2.900.000/bulan. Jika anda tertarik dengan usaha ini, artikel saya yang berjudul 19 Rahasia Sukses Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil ini mungkin bisa membantu anda 

6. Jasa Cuci Motor

Usaha modal 5 juta selanjutnya adalah membuka jasa cuci motor. Usaha ini cukup menggiurkan, apalagi jika tempat tinggal anda ramai dan strategis. Anda bisa menggunakan halaman rumah anda untuk memulai usaha ini.

Berikut ini perkiraan modal yang perlu anda keluarkan untuk membuka jasa cuci motor.

Satu set kompresor mesin cuci = Rp. 4.500.000

Sisa modal 500.000 bisa anda gunakan untuk membeli keperluan lain seperti kanebo, kain lap, shampoo, pengkilat motor, semir ban dan lain-lain.

Coba kita asumsikan anda mendapat order cuci motor dengan rata-rata perhari 15 motor dengan tarif Rp. 10.000. maka dalam sebulan, pemasukan yang anda peroleh adalah sebagai berikut.

15 x Rp. 10.000 x 30 hari = 4.500.000.

Sementara itu, anda mesti mengeluarkan biaya operasional bulanan antara lain:

Gaji 2 pegawai : 2 x Rp. 750.000 = Rp. 1.500.000
Bahan bakar : Rp. 500.000
Tagihan air : Rp 500.000
Keperluan cuci motor : Rp 500.000

Total pengeluaran sebesar Rp 3.000.000

Laba bersih yang anda dapatkan sebesar Rp. 6.000.000 – Rp. 3.000.000 = Rp. 3.000.000 per bulan

7. Budidaya Ikan Lele

contoh usaha modal 5 juta bisnis lele

tugionoblog.wordpress.com

Jika anda memiliki lahan yang lumayan luas, ada baiknya anda mencoba bisnis budidaya ikan lele. Ikan yang memiliki kumis ini selain tahan terhadap berbagai cuaca, juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas seperti kolam atau tambak. Anda bisa memanfaatkan terpal sebagai pengganti kolam. Sehingga meskipun anda tinggal dikota, anda masih bisa menjalankan bisnis yang menguntungkan ini.

Uang 5 juta anda bisa digunakan dengan rincian sebagai berikut.

Modal awal :

Terpal : 4 xRp. 80.000 = Rp. 320.000
Bambu : Rp 200.000

Total Rp. 520.000

Total biaya produksi Rp 4.500.000 dari:

Benih lele : 4.000 ekor x Rp. 250 = Rp. 1.000.000
Pelet : 20 karung x Rp 150.000 = Rp. 3.000.000
Cacing sutera : 50 kg x Rp. 6.000 = Rp. 300.000
Biaya obat dan lain-lain : Rp 200.000

Modal awal sebesar Rp. 4.840.000 untuk membuat 4 kolam dengan masing-masing kolam diisi 1000 ekor lele. Waktu yang anda butuhkan untuk dapat memanennya antara 2,5 – 3 bulan.

Pendapatan yang akan anda peroleh dalam jangka waktu tersebut sebagai berikut.

Anggaplah dari 4000 lele yang anda tanam mengalami kematian sebesar 15% sehingga lele yang siap jual sekitar 3.400 ekor. Jika dalam satu kg rata-rata terdapat 7 ekor maka 3400 : 7 = 485 kg. Pasaran lele per kilo sekarang antara Rp. 20.000-Rp. 25.000. Kita ambil yang terendah yakni 20.000/kg.

Maka pemasukan anda sekali panen sebesar Rp.20.000 x 485 kg = 9.700.000
Jika anda kembali ingin mengisi ikan dengan biaya produksi seperti diatas maka keuntungan bersih yang anda terima sebesar Rp. 9.700.000 – Rp. 4.500.000 = Rp. 5.200.000 setiap anda panen.

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

8. Membuka Jasa Menjahit

Anda seorang lulusan SMK jurusan tata busana? Atau anda pernah mengikuti kursus menjahit? Jika ya, jangan sia-siakan keterampilan anda tersebut. Membuka jasa menjahit bisa menjadi alternatif bisnis yang bisa dikerjakan di sela-sela waktu anda. Selain modalnya tidak terlalu besar, anda bisa membuka jasa menjahit cukup dirumah saja.

Modal usaha anda sebesar Rp 5 juta bisa anda gunakan untuk membeli mesin jahit dan obras dengan kisaran harga 3 juta. Untuk mengetahui harga, jenis dan spesifikasi mesin jahit terbaru bisa anda cek disini. Sisa modal bisa anda pergunakan untuk membeli keperluan lain seperti gunting, benang jahit, benang obras, penggaris khusus jahit, bahan-bahan kain dan lain sebagainya.

Untuk langkah awal, promosikan jasa menjahit anda pada keluarga, teman maupun tetangga anda. Anda bisa menerima pesanan jahitan baju sekolah, baju kondangan atupun permak baju. Sebaiknya, berikan tarif yang relatif terjangkau dan masuk akal agar pelanggan puas dan tidak kapok untuk menjahit ditempat anda.

Jika berbicara tentang penghasilan yang akan anda peroleh. Usaha ini tidak memberikan keuntungan yang pasti. Namun, tetap menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan ketika anda sudah menerima banyak order. Apalagi pada saat dimana tahun ajaran baru dimulai. Anda bisa mendapat order 20-30 baju hanya dalam tempo satu bulan untuk pesanan seragam sekolah.

9. Membuka Jasa Salon Kecantikan

Anda memiliki pengalaman bekerja disalon kecantikan yang bonafide? Jika benar, pengalaman tersebut bisa anda tuangkan menjadi ide usaha modal 5 juta yang cukup menggiurkan. Kalau dulu anda yang bekerja dan digaji, maka sekaranglah saatnya anda membuka salon kecantikan sendiri dengan modal 5 juta yang anda miliki.

Tak perlu muluk-muluk mendirikan salon modern dengan prasarana yang canggih. Anda cukup membuka jasa salon kecantikan sederhana dengan dua kursi tempat pangkas rambut dan tempat cuci rambut untuk creambath.

Berikut simulasi modal yang harus anda keluarkan untuk membuka jasa salon kecantikan:

2 kursi : 2 x Rp. 1.000.000 = Rp. 2.000.000
1 meja rias : Rp. 1.000.000
1 tempat cuci rambut : Rp. 800.000
Sisa modal bisa anda gunakan untuk keperluan lain guna melengkapi salon kecantikan anda seperti membeli peralatan potong rambut, semir sambut, shampoo dan lain-lain.

Pemasukan setiap bulannya bisa anda perkirakan dari pangkas rambut per hari rata-rata 10 kepala dengan tarif Rp 15.000. Sementara creambath anda memasang tarif 10 ribu per kepala.

10 x Rp. 15.000 x 30 = Rp. 4.500.000
10 x Rp. 10.000 x 30 = Rp. 3.000.000

Total pemasukan: Rp. 7.500.000

Biaya operasional bulanan untuk usaha modal 5 juta ini adalah

Gaji 2 karyawan : Rp 3.000.000
Sewa tempat : Rp 500.000
Keperluan lain : Rp. 1.000.000

Total pengeluaran : Rp. 4.500.000

Laba bersih Rp. 7.500.000 – Rp. 4.500.000 = Rp. 3.000.000

Ini hanya perkiraan awal yang bisa anda dapatkan dari usaha membuka salon kecantikan anda. Belum lagi jika anda melayani jasa lain seperti semir rambut, rebonding, smoothing, facial wajah dan lain-lain yang tentunya dapat menambah penghasilan anda tiap bulannya.

10. Bisnis Pakaian

Anda suka fashion dan gemar mengikuti perkembangannya yang sedang ngetrend? Jika ya, bisnis pakaian bisa menjadi pilihan yang tepat ketika anda berniat membuka usaha. Anda bisa memulai usaha ini dengan membeli baju ke produsen maupun grosir baju ternama di sekitar tempat tinggal anda yang pastinya harganya lebih murah. Jika tidak ada, anda tidak perlu bingung. Banyak grosiran baju murah yang ditawarkan secara online.

Dalam penjualannya, anda tidak harus menyewa toko/kios yang pastinya harganya mahal. Belum lagi anda harus mendekorasi sekemikian rupa agar pengunjung tertarik pada toko anda. Langkah awal bisa anda lakukan dengan menjual pakaian kepada kerabat, teman atau berkeliling kerumah tetangga. Selain itu, anda bisa jualan baju online. Disini anda hanya perlu memposting foto baju yang akan anda jual ke media sosial milik anda. Cara ini akan semakin menambah angka penjualan anda.

Selain contoh usaha modal 5 juta diatas, mungkin masih banyak ide usaha lain yang bisa anda coba hanya dengan modal 5 juta kebawah. Sehingga anda tidak perlu lagi berfikiran bahwa membuka usaha harus dengan modal yang besar. Cobalah 10 contoh usaha modal 5 juta diatas, mungkin ada yang sesuai dengan minat dan keterampilan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *