10 Jualan yang Paling Laku dan Menguntungkan Saat Ini

ilustrasi jualan yang paling laku

Jualan yang Paling Laku – Salah satu yang diinginkan oleh setiap pedagang atau pelaku usaha adalah jualannya laku dan laris manis. Dengan begitu keuntungan tinggi dapat diperoleh dalam waktu yang cepat. Namun yang menjadi pertanyaan saat ini adalah…..

“Apakah ada jualan yang selalu laris setiap hari?”

Kalau ditanya seperti itu, tentu saja ada banyak jenis jualan yang laris hampir setiap hari. Apalagi sejak era digital ini, jualan tidak mengharuskan buka lapak di pinggir jalan. Dengan duduk santai dirumah saja Anda sudah bisa melayani orderan dari konsumen. Yakni dengan berjualan via internet

Namun, laris tidaknya produk yang Anda jual tetap tergantung pada diri Anda sendiri. Karena dalam membuka suatu usaha diperlukan beberapa aspek yang sangat penting. Paling utama adalah keberanian bertindak, mental yang kuat dalam berbisnis dan keberanian mengambil resiko.

Disamping itu, Anda juga harus bisa membaca peluang usaha baru disekitar Anda, bagaimana tingkat persaingannya dan juga minat konsumen terhadap produk yang Anda jual. Jika semua itu bisa terpenuhi, saya yakin produk yang Anda jual akan laku setiap hari.

Modal juga merupakan suatu hal yang harus Anda persiapkan. Karena tanpa modal, Anda tentu tidak akan bisa menjual apapun. Meskipun Anda hanya menjual jasa, tetap butuh modal baik itu untuk membeli sarana prasarana maupun biaya promosi.

Lalu apa saja jualan yang paling laku setiap hari?

Dengan berkembangnya dunia internet saat ini, ada dua media yang bisa Anda gunakan untuk berjualan. Yakni berjualan secara offline maupun online. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Dan kabar baiknya, Anda bisa memadukan keduanya sekaligus. Jadi Anda bisa menjual produk secara offline maupun online. Dengan begitu omset yang didapat pastinya akan semakin besar.

A. Jualan yang Paling Laku Secara Offline

Ada banyak jenis jualan yang paling laku dan dicari banyak orang setiap harinya. Terutama untuk jualan secara offline. Namun untuk berjualan secara offline tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Beberapa jualan yang paling laku secara offline setiap harinya adalah sebagai berikut :

1. Jualan Makanan

makanan warung nasiMakanan adalah kebutuhan pokok manusia. Sehingga sangat jelas jika berjualan makanan merupakan salah satu jenis jualan yang paling laku setiap harinya. Entah itu sekedar makanan ringan pengganjal perut sampai makanan berat yang mengenyangkan.

Maka, tak heran jika pengusaha makanan berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi produk makanan baru agar bisa memenangkan pasar. Karena tingkat persaingan untuk bisnis ini sangatlah tinggi.

Nah, jika Anda memiliki keahlian dalam hal memasak atau mengolah makanan, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis untuk Anda. Misalnya Anda pandai membuat bakso, maka Anda bisa berjualan bakso. Atau Anda pintar memasak makanan berupa nasi dan lauk pauknya, maka Anda bisa membuka warung nasi.

Yang menyenangkan dari bisnis makanan adalah Anda bisa mengambil keuntungan 20-50 % dari modal. Bahkan untuk kelas atas, bisa meraih omset lebih dari 100 %.

Ada dua pilihan makanan yang bisa Anda jual yakni makanan berat dan makanan ringan. Keduanya tentu memiliki tingkat kesulitan dan prospek sendiri-sendiri.

a) Bisnis Makanan Berat

Beberapa jualan makanan berat yang paling laris saat ini diantaranya :

Membuka Warung Makan Nasi

Anda bisa melihat warung tegal atau rumah makan nasi padang yang bertebaran dimana-mana. Belum lagi warung lain seperti ayam geprek, nasi pecel, nasi soto dan masih banyak yang lain.

Dari situ kita bisa melihat bahwa warung makan terutama yang menyediakan nasi dan lauk pauknya masih sangat digemari. Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak, maka Anda bisa membuka warung makan.

Membuka Warung Bakso dan Mie Ayam

Bakso dan Mie Ayam adalah makanan selain nasi yang juga sangat digemari di Indonesia. Tak terhitung berapa banyak orang yang membuka warung bakso maupun mie ayam.

Dan yang menarik, kedua jenis makanan ini bisa Anda jual sekaligus. Namun agar jualan Anda laris, sebaiknya Anda pilih tempat usaha yang strategis seperti dekat sekolah atau kampus, di pinggir jalan yang ramai atau dekat lokasi industri.

Dijamin warung bakso Anda akan laris manis. Yang terpenting Anda bisa menyajikan bakso atau pun mie ayam yang rasanya enak sehingga orang akan terus kembali makan di tempat Anda.

Jualan Nasi Goreng

Nasi goreng juga merupakan makanan yang sangat disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Menjajal bisnis nasi goreng rasanya merupakan pilihan yang tepat.

Meskipun tingkat persaingannya sangat tinggi, kalau nasi goreng buatan Anda enak, pasti akan banyak orang yang mampir untuk membeli nasi di tempat Anda.

Sebenarnya masih ada banyak makanan berat yang cukup laris diantaranya nasi geprek, sate, nasi ayam krispy dan lain-lain. Tinggal Anda sesuaikan dengan keahlian Anda dalam memasak makanan.

Baca lebih lanjut tentang 30+ peluang bisnis makanan yang menjanjikan

b) Bisnis Makanan Ringan

Selain makanan berat, ada sejumlah makanan ringan yang sangat laris saat ini. Beberapa jualan yang paling laris untuk makanan ringan diantaranya :

Jualan Kue

Kue menjadi makanan yang cukup digemari masyarakat untuk menemani waktu santai mereka. Melihat pangsa pasar yang cukup besar, rasanya berjualan kue masih menjadi bisnis makanan ringan yang cukup laris saat ini.

Ada dua macam kue yang bisa Anda jual. Yaitu kue basah dan kue kering. Untuk kue basah kebanyakan adalah jajanan tradisional seperti klepon, putu ayu, onde-onde, bolu kukus, bika ambon dan lain-lain.

Ada juga kue basah kekinian seperti donat, bronies, Pia, Cheese Cake dan lain-lain. Sementara untuk kue kering biasanya sangat laris menjelang hari besar seperti hari lebaran. Kue kering yang banyak diminati diantaranya nastar, putrid salju, kastangel dan masih banyak yang lain.

Baca lebih lanjut tentang tips memulai usaha kue rumahan yang menjanjikan

Bisnis Gorengan

Aneka macam gorengan merupakan makanan yang sangat di gemari di negara kita. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual gorengan baik di pinggir jalan maupun di gang-gang sempit sekalipun.

Untuk memenangkan pasar, banyak pengusaha gorengan yang membuat inovasi baru agar gorengan yang mereka jual bisa laris setiap harinya. Salah satunya pisang goreng yang ditambahi susu, keju dan aneka rasa lainnya.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis ini, silahkan simak cara memulai bisnis gorengan kekinian yang beromset jutaan

Bisnis Keripik

Makanan ringan lain yang juga banyak digemari adalah keripik. Ada berbagai macam keripik yang sangat laris di pasaran. Beberapa diantaranya seperti keripik pisang, keripik singkong, keripik kentang, keripik sukun dan masih banyak yang lain.

Sudah banyak orang yang sukses menjalankan bisnis keripik sampai mendapatkan omset puluhan juta per bulannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis ini. Karena pangsa pasarnya masih sangat luas.

Simak juga : 17 usaha makanan ringan yang sangat menjanjikan

2. Jualan Minuman

usaha minuman jus buahSelain makanan, minuman juga sangat dibutuhkan oleh manusia. Sudah barang tentu jika jualan makanan saja laris, jualan minuman juga akan laris. Ada banyak jenis minuman yang bisa sangat laku dan laris dicpasaran.

Beberapa jualan yang paling laku setiap harinya untuk minuman diantaranya :

  • Jualan jus buah
  • Jualan minuman kemasan
  • Usaha warung kopi
  • Waralaba minuman
  • Jualan es kelapa muda
  • Jualan es campur
  • Dan masih banyak yang lainnya

Untuk lebih jelasnya, bisa Anda simak 13 peluang usaha minuman yang beromset jutaan

3. Jualan Jasa

Jualan yang paling laku berikutnya adalah jualan jasa. Jika Anda memiliki keahlian di bidang jasa tertentu, Anda bisa mencoba untuk menjualnya kepada masyarakat. Yang menarik dari bisnis jasa adalah Anda tidak akan mengeluarkan terlalu banyak modal.

Berbeda dengan bisnis makanan atau bisnis lainnya yang mana Anda harus membeli bahan baku atau produk kemudian diolah baru dijual. Bisnis jasa hanya butuh tenaga dan keahlian Anda.

Memang Anda tetap harus mengeluarkan modal untuk biaya investasi awal seperti biaya sewa tempat, membangun tempat usaha dan membeli sarana prasarana. Disamping itu, Anda juga harus mengeluarkan biaya operasional untuk mendukung bisnis jasa Anda.

Namun tetap saja hal utama yang diperlukan adalah keahlian Anda. Beberapa jenis jasa yang sangat laris saat ini diantaranya :

  • Jasa potong rambut
  • Jasa jahit
  • Jasa cuci motor
  • Jasa pengetikan
  • Jasa pijat
  • Jasa servis kendaraan
  • Jasa servis alat elektronik
  • Jasa bimbingan belajar
  • Jasa penitipan anak
  • Jasa penitipan hewan
  • Jasa fotocopy
  • Jasa laundry
  • Jasa fotografy
  • Dan lain lain

Kesemua jasa diatas tentu membutuhkan keahlian khusus agar Anda bisa memulainya. Jika Anda merasa memiliki salah satu diantaranya, Anda bisa membuka bisnis jasa agar bisa mendapatkan penghasilan.

4. Jualan Pulsa dan Pembayaran Online

Sejak handphone menjadi alat utama untuk berkomunikasi, penjualan handphone sudah tidak terhitung jumlahnya. Hampir setiap tahun, selalu saja ada produk baru yang dijual oleh para pengusaha handphone. Ada yang harganya mulai dari ratusan ribu, bahkan ada juga yang harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Dan yang namanya handphone pasti membutuhkan pulsa untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga bisnis pulsa juga semakin menjamur seiring dengan semakin banyaknya handphone yang dijual.

Berjualan pulsa memang hanya bisa memberikan keuntungan sedikit setiap kali transaksi. Namun, karena banyak yang membutuhkan. Anda tetap bisa meraih keuntungan yang lumayan besar.

Disamping pulsa Anda juga bisa menyediakan pembayaran online lainnya seperti token listrik, PDAM, voucher game, tagihan listrik, tagihan TV kabel dan masih banyak yang lain.

Untuk bisa berjualan pulsa sekaligus pembayaran online lain, Anda harus menggunakan aplikasi khusus yang menyediakan fitur tersebut. Salah satunya aplikasi Paytren milik Ustad Yusuf Mansur.

Simak juga : 12 aplikasi pembayaran online terbaik dan terlengkap saat ini

5. Jualan Pakaian

bisnis bajuSandang juga menjadi kebutuhan primer manusia selain pakan. Jadi, bisa di bilang jualan pakaian juga merupakan bisnis yang akan tetap laris sampai kapanpun. Kalau dulu orang berpakaian hanya untuk menutupi badan. Sekarang kebutuhan akan pakaian sudah bermacam-macam modelnya.

Pakaian mulai dari ujung kaki hingga kepala sudah sangat lengkap dipasaran. Dan semuanya juga sangat laris. Jadi, jika Anda ingin mencari jualan yang paling laku dewasa ini, memilih berbisnis pakaian bukanlah hal yang salah.

Berjualan pakaian juga tidak membutuhkan modal yang besar. Terkecuali jika Anda membuka toko pakaian dengan harga pakaian diatas ratusan ribu. Tentunya modal yang dibutuhkan sangatlah besar.

Beruntung sekarang ada banyak grosir pakaian murah yang akan membantu Anda jika ingin berjualan pakaian dengan modal kecil. Sebagai langkah awal, Anda bisa berjualan 1-2 jenis pakaian saja. Misalnya jualan jilbab dan pakaian wanita lainnya. Sehingga modal yang dikeluarkan tidak banyak.

Beberapa jenis pakaian yang laris di jual saat ini diantaranya :

  • Busana wanita
  • Pakaian anak
  • Kaos distro
  • Busana muslim
  • Jilbab
  • Dan masih banyak yang lain

Baca lebih lanjut tentang cara memulai bisnis baju modal 1 juta

Jualan yang Paling Laku Secara Online

Dengan perkembangan digital yang semakin maju, sekarang jualan juga bisa dilakukan secara online. Jualan online memungkinkan Anda tidak perlu menyewa tempat seperti ruko atau lapak untuk jualan. Hanya dengan modal laptop, handphone dan kouta internet saja Anda sudah bisa berjualan.

Semua jenis jualan offline diatas juga bisa dijual secara online. Yang menarik dari jualan online ini adalah keuntungan yang didapat bisa jauh lebih besar ketimbang jualan offline. Karena pangsa pasarnya sangatlah luas.

Beberapa keuntungan berjualan secara online diantaranya

  • Modal relatif lebih kecil
  • Bisa dilakukan dimana saja yang penting ada sinyal internet
  • Pangsa pasar sangatlah besar, Anda bahkan bisa menjangkau costumer dari seluruh dunia
  • Peralatan jualan tidak banyak
  • Bisa meraup keuntungan yang besar

Beberapa jenis jualan yang laku secara online diantaranya

1. Menjadi Dropshiper

ilustrasi menjadi dropshiperDari sekian banyak jualan online, menjadi dropshiper merupakan jenis usaha online yang tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan Anda bisa memulainya tanpa modal sama sekali.

Keuntungan lain menjadi dropshiper adalah Anda tidak harus punya barang. Anda hanya perlu menjual barang dari supplier, jika costumer Anda berminat membeli, Anda tinggal hubungi supplier dan mentransfer sejumlah uang, kemudian si supplier yang akan mengepak dan mengirimkan barang ke costumer Anda.

Jadi, tugas Anda hanya fokus menjual barang lewat internet. Bisa dengan memanfaatkan marketplace seperti Shoppe, Tokopedia atau Bukalapak. Anda juga bisa berjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kalau mau lebih terlihat professional, Anda bisa tuh membuka toko online sendiri.

Meskipun kelihatannya mudah karena hanya posting foto produk. Namun menjadi dropshiper tetap butuh belajar dan usaha yang keras. Karena Anda harus bersaing dengan banyak yang juga menjalani profesi ini.

Seperti contohnya jualan di Instagram. Anda harus memiliki strategi marketing yang bagus agar bisa bersaing dengan online shop lainnya. Misalnya dengan memanfaatkan jasa paid promote atau endorse agar produk Anda diminati oleh konsumen.

Ketika Anda sudah menemukan cara yang tepat dalam berjualan online, menjadi dropshiper akan mengantarkan Anda menjadi jutawan nantinya.

Simak juga : cara memulai bisnis dropship di marketplace.

2. Menjadi Reseller

Ada yang beranggapan bahwa dropshiper dan reseller itu sama. Padahal sebenarnya dua profesi ini berbeda loh. Kalau bisnis dropship memungkinkan Anda untuk berjualan tanpa stok barang.

Menjadi reseller berarti Anda harus membeli barang terlebih dahulu dari supplier dalam jumlah tertentu kemudian Anda jual kembali. Sehingga Anda harus menyiapkan tempat untuk menyimpan stok barang Anda.

Jika dilihat dari keterangan diatas, perbedaan mendasar antara dropshiper dan reseller adalah modal. Menjadi reseller berarti Anda harus menyiapkan modal yang besar untuk menyetok barang terlebih dahulu.

Keuntungannya tentu saja Anda bisa mengontrol jumlah barang yang akan dijual dan juga terhindar dari resiko kehabisan stok barang dari supplier. Terutama untuk barang-barang yang memang sedang laris di pasaran.

3. Menjual Jasa Online

Menjual jasa tidak hanya bisa dilakukan via offline. Anda juga bisa menjualnya secara online. Hampir semua jenis jasa bisa dijual secara online. Dengan memanfaatkan media sosial atau situs pribadi, Anda bisa mempromosikan jasa Anda kepada calon klien Anda.

Hal utama yang harus Anda persiapkan tentu saja keahlian Anda. Jangan sampai Anda tidak terlalu mahir sehingga membuat pelanggan kecewa dengan pelayanan Anda.

Beberapa jenis jasa atau keahlian yang paling laris di internet diantaranya

  • Jasa desain grafis
  • Jasa pembuatan website
  • Jasa pemasaran online
  • Jasa tulis artikel
  • Jasa penerjemah bahasa
  • Jasa pembuatan aplikasi
  • Dan masih banyak yang lain.

Jika Anda merasa punya keahlian diatas, Anda bisa mendaftar sebagai pekerja freelancer di situs penyedia jasa online seperti sribulancer. Disitus tersebut, Anda bisa menjual jasa Anda dengan bayaran yang sangat tinggi. Selain sribulancer, masih banyak situs lowongan kerja online baik dari luar maupun dalam negeri yang bisa Anda manfaatkan.

Lebih jelasnya bisa Anda baca 11 daftar situs lowongan kerja online terbaik dan terpercaya

4. Menjual Informasi

ilustrasi menjadi bloggerDi Google Anda bisa dengan mudah menemukan apa yang Anda cari. Misalnya Anda mengetik keyword “menurunkan berat badan”, Google akan menyajikan banyak sekali artikel yang relevan sesuai dengan apa yang Anda ketik.

Kenapa Anda bisa dengan mudah mendapat informasi apapun di Google?

Apakah mereka dibayar?

Tentu saja mereka dibayar.

Contoh lain portal berita seperti kompas atau detik.com. Kalau dulu mereka mengandalkan Koran untuk mendapat pemasukan. Sekarang mereka lebih fokus menjual informasinya via internet. Dan kita bisa mengonsumsinya secara gratis. Namun tetap saja tidak ada yang gratis didunia ini kawan. Baik Kompas maupun Detik.com berlomba-lomba update berita karena mereka juga mendapat bayaran.

Siapa yang membayar?

Ada banyak cara mendapatkan bayaran dari informasi yang kita share di internet. Yang paling terkenal dan banyak dilakukan ialah mengikuti progam periklanan Google Adsense. Google terbukti berani bayar mahal informasi yang kita tulis. Semakin banyak orang membaca informasi dari kita, maka bayaran yang didapat akan semakin besar.

Selain Google, masih banyak cara untuk mendapatkan uang dari menulis informasi di Internet. Misalnya seperti memasang space iklan mandiri atau mengikuti program affiliasi.

Lalu bagaimana cara kita bisa menjual informasi di internet?

Ya Anda harus membuat blog pribadi. Dengan blog tersebut, Anda bisa mulai menulis artikel agar bisa dibaca oleh banyak orang. Ketika trafik atau pengunjung blog Anda sudah banyak, siap-siap Anda akan mendapat bayaran dari informasi yang sudah Anda tulis di blog Anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara mendapatkan uang dari blog untuk pemula

5. Menjadi Conten Kreator Youtube

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Youtube. Sebuah situs khusus video terbesar di dunia. Hampir sama dengan menulis artikel di blog, membuat video di Youtube juga dapat menghasilkan uang banyak loh.

Youtube sudah banyak mencetak para milyader sampai saat ini. Jika Anda termasuk orang yang PD tampil didepan kamera, tidak ada salahnya Anda menjadi conten creator di youtube.

Penghasilan Youtuber bisanya juga dari Google Adsense. Ketika Anda memiliki banyak subscriber dan viewer, secara otomatis Anda bisa gajian tiap bulan dari Youtube. Hanya saja saking banyaknya yang sudah menjadi Youtuber, Anda harus bisa menyajikan konten video yang unik dan lain daripada yang lain. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda agar cepat terkenal.

Baca juga : begini cara menjadi youtuber yang sukses dan terkenal

Dengan kehadiran intenet, ternyata membuat peluang bisnis semakin banyak dan bervariasi. Jika Anda masih pemula dalam berbisnis, cobalah pilih jualan yang laku baik secara offline maupun online. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa mendapatkan konsumen untuk bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *