10 Kisah Orang Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan

ilustrasi orang sukses yang pernah gagal

Kisah orang sukses – Kesuksesan adalah suatu hal yang pastinya diinginkan banyak orang. Masalahnya tidak mudah untuk mencapainya tanpa pengorbanan dan kerja keras. Segala halangan dan rintangan pasti selalu mengiringi perjalanan orang-orang yang ingin sukses. Tak jarang, banyak diantara mereka yang harus mengalami kegagalan demi kegagalan.

Mereka yang tidak mampu, pada akhirnya menyerah ditengah jalan. Sementara mereka yang mampu bertahan dan selalu bangkit meskipun sudah gagal berulang kali, tentunya akan menuai kesuksesan di kemudian hari.

Bagi Anda yang sedang membangun usaha tapi masih mengalami kegagalan. Jangan lantas menyerah begitu saja. Mungkin sering timbul pertanyaan dalam hati. “Kenapa saya selalu gagal dalam usaha?” . Padahal Anda sudah melakukan berbagai macam cara, namun masih gagal juga.

Tapi tenang saja, Anda tidak sendirian kok. Ada banyak kisah orang sukses yang juga pernah gagal namun mereka tidak patah semangat dan dengan segala upaya akhirnya bisa menjadi orang sukses. Anggap saja kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jika Anda terus bekerja keras pasti kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

Memang kenyataannya, ada banyak kok orang-orang sukses yang pernah gagal berkali-kali. Bahkan beberapa diantara mereka masuk daftar orang terkaya didunia.

Tidak percaya? Coba simak 17 kisah orang sukses di dunia yang pernah mengalami kegagalan

1. Bill Gates

foto bill gatesKisah orang sukses yang pernah gagal yang pertama ialah Bill Gates. Beberapa tahun belakangan ini Bill Gates selalu memuncaki daftar orang paling kaya didunia dengan kekayaan mencapai ribuan triliun rupiah. Bill Gates merupakan penggagas Microsoft yakni perusahaan perangkat lunak yang didirikannya bersama Paul Allen.

Tapi siapa sangka kalau seorang Bill Gates ternyata pernah mengalami kegagalan dalam membangun bisnisnya. Perusahaan pertama yang ia bangun bersama Paul Allen dan Paul Gilbert yang bernama Traf-O-Data berakhir dengan kebangkrutan. Perusahaan ini bergerak di bidang informatika dengan menciptakan sebuah mesin pemroses data. 

Meskipun awalnya berjalan cukup baik dan bisa menghasilkan pendapatan. Namun, saat akan dipresentasikan kepada Seattle Country. Mesin pemroses data tersebut malah mengalami kerusakan.

Dari kegagalan itulah, akhirnya Bill Gates bangkit dan akhirnya berhasil membangun kerajaan bisnisnya dengan mendirikan perusahaan Microsoft. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh didunia yang manfaatnya masih kita rasakan hingga kini.

Baca juga : 12 Kebiasaan Yang Wajib Anda Lakukan Agar Menjadi Orang Sukses

2. J.K. Rowling

foto J.K. RowlingSiapa yang tidak tahu novel Harry Potter. Sebuah novel yang menceritakan tentang kehidupan dunia sihir karya J.K. Rowling ini mampu menyihir jutaan orang diseluruh dunia untuk membeli novel tersebut. Hingga membuat novel Harry Potter menjadi salah satu novel paling laris didunia.

Akan tetapi, dibalik kesuksesannya menciptakan karakter Harry Potter, nyatanya J.K. Rowling menyimpan segudang pengalaman pahit dimasa lalu. Kegagalan demi kegagalan terus menyertai hingga membuatnya depresi. Kisah orang sukses ini dimulai sejak tahun 1990 dimana ia mulai menulis novel Hari Potter. Di tahun ini juga ibunya meninggal dunia akibat penyakit komplikasi sklerosis selama 10 tahun. 

Dua tahun berselang, J.K. Rowling menikah dengan seorang pria pilihannya dan dikaruniai seorang anak perempuan. Namun, entah kenapa J.K. Rowling tidak bisa menghindari perceraian dengan sang suami setahun kemudian.

Hal inilah yang membuatnya merasa gagal dalam menjalani hidup. Bukan hanya karena bercerai dengan suaminya, dia juga harus menjalani hidup dalam keadaan ekonomi yang sulit. Belum lagi dia juga menjadi seorang single parent dan harus membesarkan putri semata wayangnya sendirian.

Selain itu, J.K. Rowling juga sudah di tolak sebanyak 12 kali oleh penerbit sehingga membuatnya sempat depresi. Namun, berkat kerja keras dan sikap pantang menyerah, akhirnya Novel Harry Potter menjadi buah karya yang sangat laris di pasaran.

Bukan hanya di negaranya sendiri. Bahkan buku tersebut sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan diminati banyak orang. Sampai-sampai beberapa kali di filmkan dan menjadi film yang sangat ditunggu-tunggu para penggemarnya.

3. Albert Einstein

foto Albert EinsteinSiapa tidak kenal Albert Einstein, seorang ilmuan jenius yang lahir di Jerman pada tahun 1879 ini adalah penemu teori relativitas dan banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika statistika, mekanika kuantum dan kosmologi.

Namun, siapa sangka kisah orang sukses yang dipandang sebagai ilmuan terbesar pada abad ke 20 ini memiliki masa kecil yang suram. Di usia 4 tahun, dia belum bisa berbicara. Hal ini membuatnya dikira cacat mental karena sangat terlambat dibanding anak-anak normal lainnya. Bahkan dia juga belum bisa membaca hingga usia 7 tahun

Akan tetapi, ketertarikannya pada dunia intelek mengantarkannya menjadi seorang ilmuan yang mengenal berbagai macam teori fisika. Hal inilah yang membuatnya dapat hadiah Nobel di tahun 1921.

4. Walt Disney

foto Walt DisneyKisah orang sukses yang pernah gagal berikutnya datang dari pria asal Amerika Serikat, Walt Disney. Pencipta tokoh kartaun Micky Mouse dan Donald Duck ini sempat mengawali karir sebagai jurnalis si surat kabar. Namun, karena dianggap tidak memiliki imajinasi dan kurang kreatif, akhirnya berujung pada pemecatan.

Setelah itu, Walt Disney mencoba membangun perusahaan sendiri yang bergerak dibidang studio animasi. Namun, karena biaya pekerja yang sangat besar, akhirnya perusahaan tersebut terlilit hutang dan mengalami kebangkrutan. Tidak sampai disitu, dia mencoba membangun perusahaannya kembali. Tapi sepertinya masalah tiada henti menimpanya. Teman sekerjanya mencoba mengambil hak cipta tokoh kartun karangannya.

Namun dengan mental yang kuat dan keyakinannya untuk sukses, akhirnya Walt Disney sukses menciptakan tokoh karakter Mickey Mouse yang sangat melegenda hingga sekarang. Selanjutnya dia mendirikan Walt Disney Company dan sukses merajai perfilman animasi didunia.

5. Oprah Winfrey

foto Oprah WinfreyDari kalangan artis dunia ada nama Oprah Winfrey. Presenter wanita kebangsaan Amerika Serikat. Kekayaan yang ia dapatkan sekarang nyatanya menyimpan sisi kelam dari masa lalunya.

Oprah Winfrey lahir ditengah-tengah keluarga yang sulit secara ekonomi. Sejak kecil ia di asuh oleh neneknya, Kemudian ibunya mengambilnya kembali saat usianya 6 tahun. Pada usia 9 tahun, dia mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh sepupunya sendiri. Menginjak usia 14 tahun, Oprah hamil dan melahirkan bayi laki-laki namun meninggal tidak lama berselang setelah dilahirkan.

Sejak itu, Oprah tinggal bersama ayah dan ibu tirinya. Meskipun awalnya kurang suka dengan sikap tegas ayahnya dalam hal pendidikan, pada akhirnya Oprah berhasil mendapat beasiswa di Tennessee State Univesity.

Pekerjaan pertamanya di dunia pertunjukan dimulai saat dia berumur 17 tahun sebagai penyiar radio lokal. Kemudian pada usia 19 tahun dia mulai menjadi wartawan dan penyiar berita. Namun dia dipecat oleh media tempat ia bekerja hanya karena berkulit hitam.

Oprah Winfrey tidak putus asa. Menurutnya, kegagalan itu tidak ada. Malah kegagalan adalah sebuah petunjuk bahwa kita harus mencari jalan yang lain. Pada akhirnya, Karir Oprah terus merangkak naik. Salah satu acara talk show yang sukses dibawakannya ialah The Oprah Winfrey Show yang membuatnya dikenal oleh masyarakat dunia.

6. Henry Ford

foto henry fordSatu lagi kisah orang sukses yang pernah mengalami kegagalan muncul dari pengusaha di bidang otomotif. Siapa tidak kenal Henry Ford, pendiri sekaligus pemilik salah satu perusahaan otomotif terbesar didunia yang bernama Ford Motor Company.

Sebelum sukses dengan perusahaan Ford Motor Company, Henry pernah beberapa kali mengalami kegagalan dalam membangun usahanya. perusahaan pertama yang ia bangun bernama Detroit Automobile Company namun mengalami kebangkrutan.

Tidak menyerah hanya karena kegagalan, ia kembali membangun perusahaan yang bernama Henry Ford Company. Tapi lagi-lagi mengalami kegagalan.

Kemudian ia bangkit dan melakukan revolusi terhadap industri otomotif hingga akhirnya sukses. Ford Motor Company yang didirikannya telah berhasil menjual mobil hingga puluhan juta unit yang tersebar diseluruh dunia.

Baca juga : Rahasia Menjadi Orang Kaya Dengan 12 Cara Sederhana

7. Colonel Sanders

foto colonel sandersTidak ada kata terlambat untuk bisa meraih kesuksesan. Anda bisa belajar dari orang sukses seperti Colonel Sanders dimana dia baru menuai kesuksesan setelah berumur 75 tahun. Colonel Sanders adalah penemu resep ayam goreng renyah yang kita kenal dengan nama KFC. Namun dibalik kesuksesannya tersebut, ada banyak cerita kegagalan usaha yang mengirimnya.

Colonel Sanders lahir di tahun 1890. Sebelum memulai bisnis ayam goreng, ia pernah bekerja sebagai pemadam kebakaran, sales asuransi, tukang tambal ban dan koki. Hingga di usianya yang sudah mencapai 65 tahun, barulah Sanders menemukan resep ayam KFC yang kita kenal sampai sekarang.

Setelah melewati banyak kegagalan dari usahanya untuk mengembangkan usaha ayam goreng. keberhasilan usahanya baru terlihat sepuluh tahun kemudian. Bagi Sanders, kegagalan adalah batu loncatan untuk menuju sesuatu yang lebih baik.

8. Thomas Alva Edison

foto Thomas Alva EdisonJika Anda sudah menyerah karena baru mengalami kegagalan dua sampai tiga kali, cobalah Anda baca buku biografi orang sukses seperti Thomas Alva Edison. Dialah orang yang sudah mengalami banyak kegagalan bukan hanya puluhan kali tetapi hingga 9.000 demi menciptakan bola lampu yang manfaatnya kita rasakan sampai sekarang.

Thomas Alva Edison kecil pernah diberhentikan dari sekolahnya karena nilai-nilai pelajarannya sangat buruk. Pada usia 12 tahun, dia sudah bekerja dan terus melakukan eksperimen dengan bola lampunya. Kegagalan demi kegagalan yang ia alami akhirnya membuahkan hasil.

Baginya, jaminan orang untuk meraih kesuksesan ialah menambah kegagalan. Maksudnya harus terus berusaha dan mencari cara-cara baru agar membuahkan hasil.

9. Steve Jobs

foto steve jobsSiapa tidak kenal Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple Inc yang merupakan perusahaan teknologi multinasional. Mungkin ada diantara kalian yang juga menggunakan produk dari Apple Inc seperti smartphone atau laptop. Sebenarnya Steve Jobs sudah membangun perusahaannya sejak berumur 20-an bersama Steve Wozniak dan Mike Markkula.

Akan tetapi, Nyatanya kesuksesan yang didapat Steve Jobs bukan tanpa halangan. Disaat perusahaan tersebut sudah mulai meraih banyak keuntungan, Jobs malah mengundurkan diri karena terlibat konflik dengan jajaran direksinya.

Namun, karena jiwa bisnis dan semangatnya yang kuat, tidak menunggu waktu lama ia mendirikan perusahaan baru dengan nama NeXT. Pada tahun 1996, NeXT dibeli oleh Apple sehingga membuat Steve Jobs kembali lagi ke perusahaan lamanya. Ia menjabat sebagai CEO Apple Inc dari tahun 1997 hingga tahun 2011.

10. Chris Gardner

foto Chris GardnerChristopher Paul Chris Gardner atau akrab disapa Chris Gardner adalah seorang broker dan investor terkaya di USA. Film “He Pursuit of Happiness” yang diperankan Will Smith ialah kisah nyata yang menceritakan kehidupan Chris Gardner. Mulai dari usahanya yang bangkrut dan ditinggal istrinya hingga akhirnya menjadi broker profesional.

Setelah ditinggal istrinya, Chris dan anaknya, Christoper sampai menjadi tunawisma karena tidak mampu membayar sewa rumah. Hingga akhirnya dia bertemu dengan seorang pialang sukses dan menawarinya magang tanpa dibayar.

Dengan kegigihan dan semangat kerja yang tinggi, akhirnya pelan-pelan Chris mulai bangkit dari keterpurukan dan mulai bekerja di Dean Witter Reynolds. Sampai akhirnya ia mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Gardner Rich.

Dari kisah orang sukses diatas, mengajari kita bahwa kegagalan bukanlah kebalikan dari kesuksesan sehingga kita lantas menyerah dan berputus asa. Seyogyanya kegagalan kita jadikan pembelajaran untuk mencari jalan lain guna meraih kesuksesan.

2 Responses to 10 Kisah Orang Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan

  1. mesin kopi berkata:

    Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *