10 Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Paling Untung

Usaha ternak merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan ada matinya, dengan kata lain usaha ini adalah usaha yang menjanjikan. Berikut beberapa peluang usaha ternak yang bisa anda coba.Peluang usaha ternak sampai saat ini masih menjadi salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya. Bukan hanya di pedesaan saja. Sekarang beberapa jenis hewan ternak juga bisa dikembangkan di daerah perkotaan.

Kenapa usaha ternak menjadi jenis usaha yang terus bertahan? Karena memang ternak masih erat kaitannya dengan makanan yang menjadi kebutuhan manusia.

Mulai dari hasil peternakan seperti telur, susu dan tentu saja dagingnya. Sehingga usaha ternak bisa dibilang sebagai usaha yang sangat potensial.

Lantas apa saja usaha ternak yang menjanjikan dan menguntungkan? Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya sudah merangkum beberapa peluang usaha ternak yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Berikut 10 jenis peluang usaha ternak paling cepat untuk yang Anda coba mulai dari sekarang.

1. Ternak Ayam

Sudah bukan hal asing lagi jika bahan dasar ayam merupakan salah satu bahan dasar yang paling sering dimanfaatkan untuk membuat hidangan yang lezat dan enak. Selain itu dengan memiliki usaha ternak ayam, Anda juga bisa memanfaatkan telurnya.

Bahan makanan yang kaya akan gizi ini menjadi bahan makanan yang paling banyak di minati. Karena memang cara penyajiannya sendiri cukup praktis dan mudah.

Dengan kata lain usaha ternak ayam adalah jenis usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Baik dari ayam maupun telurnya. Dan bagi Anda yang ingin mencoba usaha ini, saya sarankan agar Anda memulainya dari skala yang kecil terlebih dahulu.

Usaha ternak ayam sendiri terbagi menjadi beberapa jenis ayam yang biasa para peternak. Beberapa diantaranya :

  • Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung menjadi salah satu jenis ternak yang paling banyak minati. Bahkan hampir merata orang-orang di desa memelihara ayam jenis ini. Selain mudah memeliharanya, memberi makan ayam kampung juga sangat mudah. Bahkan hanya dengan nasi sisa pun bisa.

Oleh sebab itu, kebanyakan orang di desa memelihara ayam kampung dengan sistem “umbaran”. Atau dibiarkan bebas berkeliaran agar bisa mencari makan sendiri.

Namun jika Anda ingin cepat mendapatkan keuntungan. Sebaiknya pelihara ayam dengan sistem kurungan. Anda bisa menyediakan lahan 5 X 5 meter dengan pagar keliling yang dibuat dari bambu agar ayam tidak bisa keluar.

Selanjutnya Anda tinggal membuat beberapa kandang kecil yang digunakan ayam untuk berteduh. Buat juga kandang khusus untuk ayam betina yang akan bertelur atau pun mengerami.

  • Ternak Ayam Petelur

Memelihara ayam petelur sebenarnya susah-susah gampang. Butuh perlakuan khusus agar ayam-ayam tersebut sering bertelur. Contohnya dengan menjaga kebersihan kandang dan agak jauh dari pemukiman penduduk.

Waktu memberi makan ayam pun harus dijaga dengan baik. Karena hal ini akan berpengaruh pada produktivitas ayam dalam menghasilkan telur.

  • Ternak Ayam Pedaging

Permintaan daging ayam disetiap daerah sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa beternak ayam pedaging menjadi peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan. Hanya saja butuh pelatihan terlebih dahulu jika ingin memelihara ayam jenis ini.

Karena jika diperlakukan asal-asalan. Ayam jenis pedaging mudah terkena penyakit. Hal ini tentu sangat merugikan jika Anda sampai gagal panen karena ayam banyak yang mati.

Baca juga : 11 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal untuk Pemula

2. Ternak Puyuh

Peluang usaha ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah ternak puyuh Burung puyuh. Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas dengan ukuran menengah atau seukuran dengan anak ayam.

Walaupun tubuhnya yang kecil, namun daging burung puyuh cukup banyak di gemari. karena rasanya gurih dan kandungan gizi yang tinggi. Di tempat saya, 1 kg burung puyuh dihargai Rp 25 ribu. Sehingga memutuskan beternak burung puyuh memberikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Apalagi burung puyuh juga menghasilkan telur yang tidak kalah lezatnya dengan telur ayam kampung. Permintaan pasar akan telur puyuh dari hari ke hari makin tinggi. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menjadi pemasok telur puyuh didaerah Anda.

3. Ternak Bebek

ternak bebekHampir semua pencinta kuliner mengakui jika daging bebek sangat enak untuk dinikmati. Oleh karenanya, banyak pelaku bisnis yang menjadikan menu daging bebek sebagai sajian utama di restoran mereka.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba ternak bebek. Biasanya untuk memulai beternak bebek, lebih baik Anda membeli bibitnya langsung yang berumur 1-2 mingguan.

Namun, yang menjadi sangat menguntungkan dari ternak bebek adalah telur yang dihasilkan. Saya sendiri sewaktu SMP pernah beternak bebek. Ayah saya sendiri yang membeli bibit bebek sebanyak 25 ekor.

Setelah berjalan beberapa waktu, bebek tumbuh besar dan mulai menghasilkan telur. Dari 25 ekor tersebut, 22 diantaranya adalah bebek betina. Pada saat bertelur, kurang lebih 18 telur yang dihasilkan setiap harinya. Anda tentu tahu bahwa telur bebek harganya lebih mahal dari telur ayam.

Maka dari itu, selain Anda bisa memanfaatkan dagingnya, Anda juga bisa menjual telur bebek.

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

4. Ternak Kambing

Sudah tidak dipungkiri lagi jika daging kambing menjadi salah satu komoditas pangan yang sangat dibutuhkan di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Memang jumlah konsumsi daging kambing masih kalah dengan daging sapi.

Namun pada bulan-bulan tertentu misalnya menjelang hari raya Idul Adha, permintaan akan kambing sangat tinggi. Biasanya harga kambing pun melonjak tajam. Belum lagi jika Anda menyediakan kambing untuk aqiqah.

Oleh sebab itu, saya rasa menjalankan usaha ternak kambing adalah pilihan yang tepat. Selain mudah untuk dijalankan, ternak kambing juga memiliki masa pengembangbiakan yang lebih cepat dibandingkan dengan daging sapi. Sehingga Anda tidak perlu menunggu lama dalam usaha ternak satu ini.

5. Ternak Ikan Lele

ternak lelePastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan ternak satu ini. Ternak ikan lele merupakan salah satu jenis usaha ternak paling cepat panen dan menguntungkan. Karena memang ikan jenis ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi. Sehingga akan sangat menguntungkan untuk Anda.

Terlebih saat ini sudah ada metode ternak ikan lele yang tidak membutuhkan area kolam luas, melainkan Anda bisa menjalankan usaha ini hanya dengan menggunakan kolam yang dibuat dari plastik atau terpal pada lahan yang tidak terlalu luas.

Masa panen lele berkisar antara 2,5 bulan – 3 bulan tergantung rutin tidaknya Anda memberi makan. Oleh karena itu, sediakan dari awal kebutuhan pakan lele sejak Anda mulai memeliharanya. Dengan begitu akan lebih cepat bagi Anda untuk memanen lele tersebut.

6. Ternak Love bird

Burung love bird sendiri pada dasarnya bukanlah spesies burung asli dari Indonesia, walaupun begitu banyak pecinta burung yang memelihara jenis burung ini. Karena memang burung love bird sendiri memiliki warna yang sangat menawan dan indah

Selain warnanya, suara indah dari burung love bird juga menarik perhatian pecinta burung. Akan tetapi, yang membuat love bird menjadi favorit para peternak adalah mudahnya berkembang biak. Dari sepasang love bird, Anda bisa mengembang biakannya menjadi banyak.

Sementara untuk 1 ekor love bird umur 2-4 minggu bisa dihargai Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta tergantung kualitas burung tersebut. Coba bayangkan jika Anda bisa menjual 4 burung love bird seharga Rp 1 juta dalam sebulan. Anda bisa mendapat Rp 4 juta per bulannya.

Sehingga tidak mengherankan jika ternak burung love bird menjadi peluang usaha ternak paling cepat untung, karena semakin banyak peminat tentu akan semakin besar pula nilai keuntungan yang Anda dapatkan. Tapi sebelum beternak burung ini, Anda harus mengerti dan memahami terlebih dahulu bagaimana cara merawat burung love bird dengan baik.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

7. Ternak Burung Kenari

Ternak burung kenari merupakan salah satu jenis ternak burung paling cepat dan mudah. Terlebih burung kenari di kenal sebagai salah satu jenis burung yang sangat mudah untuk berkembang biak dan proses perawatannya cukup mudah.

Contohnya satu burung kenari jantan bisa Anda kawinkan dengan beberapa betina sekaligus secara bergantian. Dengan kata lain kita tidak perlu mengeluarkan modal yang begitu besar karena tidak harus membeli banyak kenari jantan.

Anda bisa mengeluarkan modal lebih untuk membeli kenari jantan yang berkualitas agar bibit yang dihasilkan nantinya juga berkualitas. Untuk pembuatan kandangnya sendiri Anda bisa menempatkannya secara berkelompok dalam kandang yang sedikit besar.

8. Ternak Cacing

ternak cacingMungkin untuk jenis usaha ternak yang sudah kami sebutkan diatas terdengar biasa. Tapi lain halnya dengan ternak cacing yang akan membuat banyak orang menyernyitkan dahi.

Padahal sebenarnya cacing adalah hewan yang memiliki banyak sekali manfaat. Saat ini permintaan pasar akan hewan ini juga cukup tinggi. Dengan kata lain usaha ternak cacing merupakan suatu usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Terlebih untuk proses perawatannya sendiri tidaklah sulit dan tidak menghabiskan biaya yang besar.

9. Ternak Jangkrik

Usaha ternak jangkrik juga bisa dibilang sebagai usaha yang sangat menguntungkan. Jika kita melihat banyaknya pecinta burung di Indonesia, tentunya permintaan akan hewan ini juga semakin tinggi.

Karena memang jangkrik sendiri merupakan makanan pokok dari burung kicauan. Dengan kata lain pecinta burung kicauan akan sangat bergantung sekali dengan produk ternak ini.

Maka tidak mengherankan lagi jika pada suatu waktu dimana akan sulit untuk menemukan jangkrik, karena faktor ketersediannya yang tidak mencukupi. Melihat dari keterangan tersebut, tentu sudah ada bayangan bukan?

10. Ternak Belut

Mungkin untuk usaha ternak satu ini masih belum banyak di budidayakan. Belut sendiri sekilas terlihat mirip dengan ular, walaupun begitu salah satu jenis ikan ini memiliki rasa yang gurih dan kaya akan berbagai macam manfaat.

Sehingga ternak belut bisa menjadi peluang usaha ternak menguntungkan modal kecil yang bisa Anda coba. Terlebih untuk memulai usaha ini bisa dimulai dengan modal yang minim dan sedikit.

Sehingga Anda tidak akan terkendala dengan kekurangan modal. Kemudahan lainnya yaitu proses perawatan yang cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Namun perlu di ingat juga agar Anda selalu memperhatikan kualitas air, agar belut bisa tumbuh dengan baik.

Demikian beberapa peluang usaha ternak yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa Anda coba. Dalam menjalani sebuah usaha tentunya dibutuhkan pengetahuan terlebih dahulu dan tidak asal-asalan. Semakin besar pengetahuan Anda akan usaha tersebut, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapat.

3 Responses to 10 Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Paling Untung

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://ternakayampetelur.com/ . Sukses selalu

  2. Aplikasi Kasir Pintar berkata:

    Dari judulnya saja, artikel ini sudah menarik minat untuk membaca. Terimakasih atas ide-ide bisnis yang dibagikan lewat artikel ini.
    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana jika di awal merintis usaha, kegagalan terus saja terjadi berulang-ulang, sehingga orang-orang yang sebelumnya mendukung niat kita merintis usaha, akhirnya tidak lagi mendukung usaha kita?
    Bagaimana menyikapi kondisi yang demikian?
    Mohon sarannya, Terimakasih.

    • Wachid berkata:

      Terima kasih atas komentarnya yang membangun gan.

      Kegagalan dalam sebuah bisnis adalah sebuah resiko yang memang harus agan hadapi. Dan jika kegagalan tersebut kok sampai berulang-ulang, agan harus mempelajari apa penyebab kegagalan tersebut. Masalah orang-orang yang tidak mendukung usaha agan itu juga menjadi sebuah ujian apakah agan akan bangkit untuk merintis lagi dari nol atau malah sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *