10 Sumber Pengeluaran Tak Terduga dalam Rumah Tangga

ilustrasi sumber pengeluaran tak terdugaPerencanaan keuangan menjadi langkah wajib dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Hal ini agar pengeluaran tidak boros sehingga Anda bisa menabung dan berinvestasi. Namun, meski Anda sudah merinci secara teliti setiap pengeluaran bulanan. Selalu saja ada pengeluaran yang diluar perencanaan keuangan Anda. Mungkin ini disebabkan oleh sumber pengeluaran tak terduga yang tidak disangka-sangka.

Sumber pengeluaran tak terduga sendiri bermacam-macam yang bisa datang secara bersamaan. Akibatnya keuangan rumah tangga menjadi berantakan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengantisipasi segala pengeluaran yang datang tiba-tiba.

Apa saja sih pengeluaran tak terduga yang sering muncul dalam rumah tangga dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini saya rangkumkan 10 sumber pengeluaran tak terduga dalam rumah tangga.

1. Sakit Mendadak

Sakit bisa datang kapan saja. Tidak terkecuali orang yang memiliki badan sehat sekalipun. Kalau hanya sakit ringan mungkin masih bisa diatasi dengan membeli obat warung. Tapi berbeda jika penyakitnya cukup serius dan mengharuskan untuk rawat inap. Tentu pengeluaran Anda akan membengkak.

Anda harus bisa mengantisipasi hal seperti ini sejak awal. Misalnya dengan memiliki asuransi kesehatan. Daftarkan seluruh anggota keluarga agar mempunyai asuransi kesehatan. Namun, sesuaikan juga dengan penghasilan Anda. Jangan terlalu memaksa mengambil asuransi kesehatan yang mahal. Anda bisa mengikuti askes milik pemerintah seperti BPJS kesehatan.

Memiliki asuransi kesehatan saja tidaklah cukup. Karena biasanya saat ada anggota keluarga yang harus rawat inap. Seringkali ada saja pengeluaran tak terduga lainnya seperti biaya konsumsi, transportasi dan beberapa pengeluaran lain yang tidak ditanggung oleh asuransi.

Oleh karena itu, siapkan dana khusus untuk mengantisipasi hal seperti ini. Agar tidak terlalu berat, Anda bisa menyisihkannya setiap bulan. Toh sakit juga tidak datang setiap bulan.

Baca juga : 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bagi Pasangan Baru Nikah

2. Musibah

Seperti halnya sakit, musibah juga sering datang tanpa kita duga. Hal ini mengakibatkan pengeluaran menjadi semakin besar. Bahkan tak jarang musibah membuat orang kehilangan harta benda. Misalnya seperti kebakaran rumah, kebanjiran atau kemalingan.

Tentu akan menjadi masalah jika Anda tidak memiliki simpanan untuk mengantisipasi hal ini. Pada akhirnya Anda mesti berhutang untuk bisa menyelesaikannya.

3. Memberi Hadiah atau Kado

Kadangkala sumber pengeluaran tak terduga lain yang sering datang ialah mendatangi undangan pernikahan. Karena seringkali undangan baru diterima 1 minggu sebelumnya. Sementara Anda tidak memiliki anggaran untuk membelikan hadiah atau kado. Apalagi saat Anda menikah dulu, teman Anda membelikan kado yang cukup mahal. Tentu setidaknya Anda harus membalas dengan kado yang setara.

Bukan hanya undangan pernikahan saja. Anda juga perlu mengantisipasi saat ada salah satu kerabat atau teman yang melahirkan. Rasanya kurang pas jika Anda datang tanpa bawa apa-apa. Oleh sebab itu, agar perencanaan keuangan bulanan Anda tidak kacau. Sebisa mungkin sisihkan dana untuk acara-acara seperti ini. Kalau perlu Anda mencari tahu kapan teman-teman Anda kan menikah sehingga bisa mempersiapkan lebih awal.

Baca juga : 12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

4. Mentraktir

Anda harus mewaspadai tanggal yang menjadi kelahiran Anda. Biasanya pada momen seperti ini akan ada kerabat atau teman yang minta traktiran. hal ini bisa menjadi pengeluaran tak terduga jika Anda tidak mempersiapkannya. Agar tidak mengganggu keuangan rumah tangga Anda. jangan paksakan untuk mentraktir di tempat makan yang mahal. Sesuaikan dengan isi kantong Anda yang terpenting Anda bisa berbagi kebahagian bersama mereka.

Selain itu, waspadai juga ulang tahun anak-anak Anda. Biasanya kalau anak sudah beranjak remaja. Mereka lebih suka merayakan bersama teman-temannya. Sehingga jangan kaget jika anak minta uang untuk mentraktir teman-temannya.

5. Dana Sosial

Sebagai manusia kita akan selalu butuh bantuan orang lain. Apalagi ketika ada orang-orang terdekat sedang mengalami musibah. Anda punya kewajiban untuk menolong mereka. Misalnya saja saat ada salah satu kerabat yang harus menjalani operasi. Tentu Anda harus ikut membantu menyumbang untuk biaya di rumah sakit.

Begitu juga saat ada teman atau rekan kerja yang sedang rawat inap dirumah sakit. tentu Anda harus menjenguk sekaligus menyumbang atau sekedar membawakan makanan. Hal seperti inilah yang bisa menjadi sumber pengeluaran tak terduga.

6. Perbaikan Kendaraan

Kejadian lain yang sering membuat pengeluaran Anda berlebih ialah perbaikan kendaraan. Anda tentu tidak akan menyangka jika sewaktu-waktu kendaraan Anda mogok dijalan. Setelah dibawa ke bengkel, ternyata membutuhkan biaya perbaikan besar. Apalagi untuk Anda yang memiliki kendaraan roda empat.

Belum lagi jika Anda terkena masalah dijalan seperti kecelakaan. Hal ini tentu akan berdampak pada pengeluaran untuk membayar biaya pengobatan jika Anda terluka.

Baca juga : Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

7. Perbaikan Alat Elektronik

Alat elektronik juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Adakalanya barang-barang tersebut mengalami kerusakan mendadak. Misalnya saja seperti televisi yang terkena petir. Anda tentu harus segera memperbaikinya agar tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Contoh lain saat handphone yang Anda pakai tiba-tiba mati total. Padahal dijaman sekarang HP sangat krusial untuk keseharian Anda. Saat dibawa ke counter service, terkadang biaya yang harus dikeluarkan cukup besar sehingga Anda mungkin lebih memilih untuk membeli yang baru.

8. Perbaikan Rumah

Kerusakan rumah bisa terjadi secara tiba-tiba, seperti ketika ada atap rumah bocor yang baru diketahui saat hari hujan. Biaya perbaikan rumah yang tidak kecil tentunya menjadi salah satu sumber pengeluaran tak terduga yang perlu diperhatikan.

Menyiapkan dana untuk perbaikan rumah juga sangat penting. Hal ini mengingat kerusakan rumah kadang datang secara tidak terduga. Misalnya seperti atap yang bocor atau lantai keramik yang merembes air sehingga berpotensi banjir kecil didalam rumah.

Karena hal tersebut, Anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk membeli material atau pun membayar tukang yang tentunya akan menguras kantong Anda.

9. Tergoda dengan Barang Diskon

Hal tak terduga yang satu ini biasa dialami para ibu-ibu saat sedang berbelanja. Apalagi kalau bukan diskon besar-besaran. Sementara barang diskon tidak bisa kita prediksi kapan datangnya. Sehingga akan terasa rugi jika tidak membelinya sekarang juga.

Akibat tergoda untuk belanja barang diskon. pengeluaran Anda menjadi lebih besar. Kadang demi mendapatkan barang-barang tersebut sampai mengorbankan uang belanja bulanan. Oleh karena itu, pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan memborong barang diskon. Perhitungkan keuangan Anda agar tidak terjadi devisit keuangan.

Baca juga : 10 Kebiasaan Kecil Yang Bikin Pengeluaran Semakin Boros

10. Menyalurkan Hobi

Bisa menyalurkan hobi memang sangat menyenangkan. Namun, jika Anda tidak mengontrolnya dengan benar. Akan menjadi masalah dalam perencanaan keuangan Anda. Misalnya saja Anda hobi memancing. Anda tentu tidak puas kalau hanya memancing di empang. Akan lebih menyenangkan jika bisa memancing di aliran sungai besar atau sekalian di laut.

Tapi tunggu dulu, memancing di laut membutuhkan biaya besar seperti sewa kapal, konsumsi dan biaya operasional lainnya. Maka dari itu, pertimbangkan secara matang dalam menyalurkan hobi Anda. Asal Anda tidak melakukannya terlalu sering mungkin tidak menjadi masalah. Anda dapat menyisihkan sedikit penghasilan untuk menyalurkan hobi Anda tersebut.

Sumber pengeluaran tak terduga diatas beberapa diantaranya masih bisa diprediksi datangnya. Sehingga Anda bisa menyiapkan dana darurat untuk bisa mengatasinya. Agar tidak sampai mengganggu perencanaan keuangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *