10 Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Lebaran untuk Pemula

tips bisnis kue kering lebaran yang menjanjikanJika Anda sedang mencari usaha sampingan menjelang lebaran, salah satu yang bisa saya rekomendasikan adalah bisnis kue kering lebaran. Bisnis ini sangat menjanjikan karena hampir setiap keluarga muslim pasti membeli kue kering sebagai hidangan untuk tamu.

Untuk Anda yang masih pemula, tidak usah berpikir untuk membuka toko kue terlebih dahulu. Anda pasti tahu untuk membuka toko membutuhkan modal besar. Lebih baik Anda fokus dengan pemasaran, karena market untuk bisnis kue kering lebaran masih sangat besar.

Usaha ini akan lebih menguntungkan jika Anda bisa membuat kue sendiri. Sehingga Anda bisa menghitung modal awal untuk membeli bahan-bahan dan berapa harga yang ditetapkan untuk dijual kepada konsumen.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa membuat kue kering namun ingin tetap menjalankan usaha kue kering lebaran. Oleh sebab itu, simak artikel ini sampai habis agar Anda memiliki gambaran bagaimana cara memulai bisnis ini.

Berikut 10 tips sukses menjalankan bisnis kue kering lebaran untuk pemula

1. Tentukan Jenis Kue Kering yang Mau Dijual

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa usaha ini akan lebih menguntungkan jika Anda yang membuat kuenya sendiri. Apalagi jika Anda pintar membuat aneka kue kering yang gemari konsumen. Sehingga Anda bisa menentukan jenis kue kering yang laris di pasaran.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda survey pasar terlebih dahulu untuk mengetahui jenis kue yang paling di cari konsumen

Menurut bisnisUKM, jenis kue kering yang menjanjikan di pasaran antara lain :

  • Kue Nastar
  • Kue Putri salju
  • Kue kacang
  • Kue semprit
  • Kue Kastengel
  • Kue sagu
  • Kue lidah kucing

Dari beberapa kue diatas, Anda tidak perlu membuat semuanya. Pilihlah dua atau tiga kue saja yang di rasa paling mudah Anda buat. Atau yang menjadi andalan Anda dalam membuat kue. Misalnya jual kue nastar dan kue kastengel.

Simak juga : 9 Ide jualan untuk bulan puasa yang cocok dilakukan dirumah

2. Pastikan Kue Bikinan Anda Enak

Sebelum Anda memutuskan untuk bisnis kue kering lebaran, pastikan juga bahwa kue bikinan Anda memang enak. Karena yang namanya usaha kuliner tentu mengedepankan kualitas rasa makanan.

Percuma Anda pintar membuat berbagai macam kue namun rasanya amburadul. Tentu orang akan malas untuk membeli kue buatan Anda. Kalaupun mereka sudah membeli, mereka tidak akan mengulanginya untuk kedua kali.

Anda bisa mencontoh para pengusaha catering. Usaha catering rumahan mereka bisa ramai pelanggan karena mereka tahu bahwa makanan dari catering tersebut terkenal enak. Sehingga mereka tidak akan kapok untuk pesan catering lagi.

Oleh sebab itu, uji coba dulu apakah kue kering buatan Anda enak atau tidak. Minta tolong suami, anak atau tetangga terdekat untuk mencicipi kue Anda. Anda harus menerima setiap kritik dari mereka. Sehingga jika memang kurang enak, bisa Anda perbaiki lagi.

Anda bisa belajar membuat kue lagi. Bereksperimenlah dengan resep-resep yang Anda dapat dari keluarga, teman, buku masakan dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengunjungi situs resep masakan cookpad.com. Disana Anda akan menemukan banyak resep kue kering untuk usaha rumahan.

Setelah ada bisa membuat kue yang enak, barulah Anda berpikir untuk menjual kue tersebut.

Simak juga : 20 Jajanan buka puasa paling laris saat Ramadhan

3. Gunakan Bahan-Bahan Terbaik

bahan-bahan kue kering terbaikJika Anda ingin mendapatkan cita rasa kue kering yang enak dan disukai banyak orang. Gunakanlah bahan-bahan terbaik untuk setiap kue yang Anda buat. Karena bagaimanapun, kue tidak akan terasa enak jika bahan dasarnya tidak bagus kualitasnya.

Untuk itu, hati-hati dalam membeli bahan-bahan kue seperti tepung terigu, mentega, keju, susu, telur dan lain sebagainya. Jangan berpatokan dari harga karena kualitas yang bagus belum tentu harganya mahal.

Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa dari bahan-bahan yang Anda beli. Karena jika sudah terlalu mepet, kue kering Anda bisa jadi tidak akan tahan lama.

4. Buatlah Tampilan Kue yang Menarik

Dalam menjalankan bisnis kue kering lebaran, kue yang rasanya enak saja tidak cukup membuat Anda kebanjiran orderan. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa produk yang menarik perhatian konsumenlah yang biasanya laris terjual.

Anda bisa mencontoh orang yang berbisnis baju. Jika produk baju yang mereka jual mengikuti trend yang sedang berkembang, pasti banyak konsumen yang tertarik untuk mampir ke toko mereka dan ujung-ujungnya pada beli.

Anda bisa mengaplikasikannya ke usaha kue kering Anda. Karena jika bentuk kue yang Anda buat sama dengan kue lain yang dijual, tentu Anda harus bersaing dengan banyak pembuat kue lainnya. Meskipun kue kering Anda lebih enak sekalipun.

Untuk itu, buat inovasi baru untuk tampilan kue Anda. Misalnya dengan mengubah bentuk atau menambahkan bahan tambahan agar kue Anda terlihat lain dari yang lain.

Anda juga bisa melakukan kreatifitas dari toples kue kering yang digunakan. Contohnya jika selama ini kebanyakan toples kue berbentuk bulat, Anda bisa mencari bentuk lain yang bisa menarik perhatian pembeli.

Dengan tampilan kue yang menarik, perhatian pembeli akan tertuju pada kue kering Anda.

Rekomendasi Artikel : 

26 Jenis peluang usaha di desa berkembang yang menguntungkan

5. Cari Tempat Kulakan Kue Kering

Mungkin Anda adalah orang yang berminat untuk bisnis kue kering lebaran namun Anda tidak bisa membuat kue. Jika ya, Anda tetap bisa jualan kue lebaran dengan cara membeli kue kering kiloan di agen kemudian Anda bungkus sendiri di rumah.

Cara yang satu ini mungkin keuntungannya tidak sebesar jika Anda membuat kue sendiri. Karena Anda membeli kue kering yang sudah jadi. Tapi akan tetap menguntungkan karena harga kue kering kiloan tentu lebih murah dibandingkan di jual eceran.

Anda juga bisa bekerja sama dengan keluarga atau teman yang pintar membuat kue. Jika mereka tidak memiliki modal, Anda bisa membelikan bahan-bahan kue terlebih dahulu. Anda bisa membayar kue per/kg yang mereka buat. Setelah kuenya jadi, Anda tinggal kemas dengan tampilan yang menarik. Kemudian Anda jual sendiri.

Kerja sama yang satu ini saya rasa lebih menguntungkan karena Anda hanya membayar kue yang mereka buat. Sementara bahan-bahan kue tetap dari Anda.

6. Berikan Tanggal Kadaluwarsa

aneka kue yang laris di pasaranProduk makanan seperti kue kering tentu memiliki batas kadaluwarsa. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui kira-kira sampai kapan kue kering tersebut layak di konsumsi.

Akan lebih baik jika dalam kemasan kue Anda, dicantumkan tanggal pembuatan dan batas kadaluwarsa agar para pembeli mengetahui kue Anda masih baru atau tidak.

Langkah ini tentu akan membuat bisnis kue Anda terasa lebih professional. Para pembeli pun akan lebih yakin untuk membeli kue kering Anda karena mereka tahu batas kadaluwarsa dari kue tersebut.

Baca juga : 5 strategi jitu membangun jaringan bisnis paling efektif

7. Segera Lakukan Promosi

Suatu bisnis tidak akan cepat berkembang tanpa adanya promosi produk. Bagaimana para konsumen mengetahui Anda adalah penjual kue jika Anda tidak mempromosikannya.

Cara promosi produk seperti kue kering akan lebih cepat jika dilakukan secara offline maupun online. Untuk promosi offline sendiri Anda bisa menawarkannya kepada kerabat, tetangga, rekan kerja atau kenalan Anda lainnya.

Anda bisa membawa kue kering sebagai tester. Jika dirasa enak, tentu mereka tidak segan untuk membeli kue kering Anda. Apalagi jika Anda memberikan penawaran harga yang menarik. Misalnya seperti beli 2 toples gratis 1 toples dan lain-lain.

Tidak masalah memasang spanduk didepan rumah atau membuat brosur yang bisa Anda tempelkan di pinggir jalan yang ramai.

Untuk promosi online, manfaatkan akun media sosial yang Anda miliki seperti Facebook dan Insagram. Foto kue kering buatan Anda dan pajanglah disana. Siapa tahu ada yang berminat untuk membelinya.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang cara berpeomosi, silahkan baca 15 cara promosi produk paling efektif dan terbukti berhasil

8. Bekerja Sama dengan Pemilik Toko

Selain memasarkan sendiri pada lingkup kecil seperti kerabat, tetangga dan semua kenalan Anda. Ada salah satu cara pemasaran produk yang cukup efektif, yakni menawarkan kerja sama pada para pemilik toko didaerah Anda.

Tentu saja toko yang Anda pilih adalah toko yang berhubungan dengan produk jualan Anda. Misalnya toko khusus kue dan jajanan lebaran, toko kelontong, toko rumahan, minimarket dan lain-lain.

Cara yang satu ini biasa di sebut konsinyasi yang mana Anda bertindak sebagai distributor sementara pemilik toko adalah pengecer. Anda bisa memberikan komisi sesuai kesepakatan awal untuk setiap kue yang berhasil mereka jual.

Kenapa saya bilang cara ini lebih efektif?

Karena Anda tidak perlu bingung lagi mencari pembeli. Pemilik toko sudah menyediakannya untuk Anda. Oleh karena itu, tampilan yang menarik dari kue buatan andalah yang akan menentukan laris tidaknya kue Anda.

9. Pasarkan Secara Online

Memasarkan produk secara online sudah bukan lagi sesuatu yang asing. Banyak pebisnis yang sukses karena terobosan mereka dalam menjual produk secara online.

Nah, Anda jangan mau ketinggalan. Juallah kue kering Anda melalui media sosial yang Anda miliki. Contohnya saja jika Anda ingin jualan di Facebook, masuklah grup Facebook di kota Anda pada anggota yang tergabung di grup.

Kalau Anda suka jualan di Instagram, pastikan foto kue Anda terlihat menarik karena kunci jualan online adalah foto yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli.

10. Tekun dan Pantang Menyerah

Hampir semua usaha membutuhkan ketekunan dan sikap pantang menyerah. Tidak ada satu bisnis pun yang bisa berhasil hanya dengan bermalas-malasan.

Oleh karena itu, jangan mudah menyerah jika kue Anda belum ada yang beli. Tentu ada alasan yang membuat konsumen enggan membeli kue kering Anda. Tugas Anda adalah mencari tahu kemudian segera perbaiki.

Misalnya jika kue Anda kurang enak, belajar lagi bagaimana menemukan resep kue kering terbaik agar kue Anda menjadi enak. Atau promosi yang Anda lakukan belum tepat, segera belajar bagaimana cara melakukan promosi untuk bisnis kue kering lebaran Anda.

Anda harus percaya bahwa kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Ketika Anda tekun dan terus berusaha, saya yakin usaha Anda kan bisa berkembang.

Bisnis kue kering lebaran memang sangatlah menjanjikan. Jika Anda bisa menemukan pasar yang tepat, pasti Anda akan banyak pesanan. Cobalah tips diatas untuk memulai usaha kue Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *