10 Tips Sukses Buka Jasa Jahit Baju di Rumah Bermodal Kecil

jasa jahit baju murahUsaha berjenis jasa adalah usaha yang memiliki resiko paling kecil. Dan salah satu usaha jasa yang cukup menjanjikan ialah jasa jahit baju di rumah.

Mengapa harus dirumah?

Karena membuka jasa jahit baju di rumah tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa ruko yang lumayan mahal. Sehingga modal Anda bisa di fokuskan untuk membeli peralatan menjahit yang Anda butuhkan.

Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana membuka usaha jasa jahit baju di rumah Anda hingga bisa ramai didatangi pelanggan. Kami juga akan menyuguhkan tentang modal yang dibutuhkan dan trik marketing yang tepat guna mengembangkan usaha Anda.

Berikut tips sukses membuka jasa jahit baju di rumah yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil.

1. Pastikan Anda Sudah Ahli dalam Hal Menjahit

kursus menjahitUsaha jenis jasa tentu membutuhkan sebuah keahlian. Misalnya saja jasa laundry kiloan dimana Anda harus tahu tentang teknik mencuci dan menyetrika yang benar. Begitu juga dengan jasa menjahit baju. Pastikan terlebih dahulu Anda adalah orang yang bisa menjahit baju.

Bukan hanya sekedar bisa loh. Tapi Anda haruslah orang yang memang sudah ahli dalam menjahit baju dengan model apapun.

Karena calon pelanggan Anda nantinya bermacam-macam. Ada yang ingin membuat baju dari awal dan juga ada yang hanya ingin permak saja. Jadi, Anda harus bisa melayani setiap permintaan pelanggan.

Jika dirasa keahlian Anda masih kurang, sebaiknya Anda mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu. Carilah tempat kursus terbaik di daerah Anda.

Disana Anda akan diajari berbagai keahlian tentang menjahit seperti teknik-teknik menjahit, cara memotong kain yang benar, membuat pola di atas kain, pengambilan ukuran baju dan masih banyak yang lain. Anda juga bisa belajar dengan menonton video di youtube untuk memantapkan keahlian Anda dalam menjahit.

Baca juga : Tantangan memulai usaha sendiri dan cara mudah untuk mengatasinya

2. Melirik Target Konsumen Anda

Peluang untuk mendapatkan banyak konsumen akan lebih besar jika Anda membuka usaha jahit baju di perkotaan. Terutama di pinggir jalan yang sangat ramai. Karena kesempatan untuk terus mendapatkan pelanggan baru akan lebih besar.

Namun, karena kita sedang membahas cara mengembangkan usaha jahit baju dirumah, Anda bisa menyasar pelanggan di sekitar rumah Anda.

Memang target konsumen Anda termasuk sempit. Tapi jangan salah, dari para tetangga inilah nantinya jasa menjahit baju Anda akan lebih dikenal banyak orang.

Dengan catatan hasil jahitan baju Anda memang bagus. Mereka tidak akan segan untuk mempromosikan jasa jahit Anda kepada keluarga atau kenalan mereka. Sehingga peluang untuk mendapat banyak pelanggan semakin besar.

Apalagi jika pelanggan Anda adalah guru atau pegawai instansi pemerintah. Dari mereka, Anda berpeluang mendapat permintaan jahitan baju seragam baik untuk seragam resmi, olahraga, atau sekedar seragam perkumpulan.

Kenapa saya katakan demikian?

Karena kakak sepupu saya adalah seorang penjahit rumahan yang cukup terkenal dan banyak pelanggan. Bahkan saya tidak menemukan plang atau banner yang bertuliskan “terima jasa jahit’ didepan rumahnya.

Akan tetapi, saya lihat banyak pakaian yang belum jadi numpuk di rumahnya. Pertanda bahwa dia sedang banyak order jahitan.

Pada intinya, jika hasil jahitan Anda bagus, kemungkinan mendapat promosi gratis dari pelanggan Anda akan semakin besar. Jadi tidak perlu takut usaha Anda tidak akan laku meski Anda membukanya dirumah.

Baca juga : 8 cara mengatasi rasa takut memulai usaha sendiri dari nol

3. Modal Buka Usaha Jahit Baju Rumahan

Urusan modal tentu menjadi hal yang menjadi pertanyaan ketika ingin membuka sebuah usaha. Tidak terkecuali dengan usaha jahit rumahan.

Berapa sih modal untuk membuka usaha jasa jahit baju dirumah?

Jawabannya adalah relatif. Jika Anda memiliki uang yang banyak, Anda bisa menggunakan semuanya untuk membuka usaha jahit baju, Namun batas terendah untuk modal menjalankan usaha ini adalah Rp.3.000.000.

Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli mesin jahit, meja, kursi dan barang pendukung lain seperti benang, kancing, resleting, minyak pelumas mesin jahit dan lain-lain.

Saya katakan batas terendah jika Anda memilih untuk membeli peralatan seperti mesin jahit dengan harga dan merk yang paling murah. Atau mungkin Anda membeli mesin jahit bekas.

Untuk tempat usaha, bisa dikatakan gratis karena Anda membukanya di rumah sendiri. Mungkin Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit modal untuk dekorasi ruangan saja.

Rekomendasi Artikel : 

9 ide usaha modal 2 juta yang terbukti menguntungkan

4. Harga Bermacam Mesin Jahit

Sebagai pengetahuan saja, ada banyak jenis mesin jahit dengan berbagai macam merk dan harga yang berbeda-beda. Beberapa mesin jahit yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang relatif murah diantaranya

Mesin jahit singer

  • Mesin jahit janome ns 7210 – bodi besi : Rp.1.650.000
  • Mesin jahit janome 1008 : Rp.1.600.000
  • Mesin jahit janome ns 7322 – bodi besi : Rp. 2.100.000
  • Mesin jahit janome indigo : Rp.2.500.000

Mesin jahit portable

  • Juki hzl 12z : Rp 1.200.000
  • Butterfly jh8190s : Rp 1.325.000
  • Butterfly 8530a : Rp 1.450.000
  • Broher js1410 : Rp 1.100.000

Mesin jahit obras

  • Typical 6150 : Rp 900.000
  • Singer 14SH754 : Rp 1.500.000
  • Yamata FF747A : Rp 2.800.000
  • Juki MO 2300 : Rp 3.500.000 (sumber dari harga.info)

Jika Anda memiliki modal yang besar, belilah mesin jahit singer janome indigo. Karena memiliki kualitas yang bagus. Namun jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda bisa membeli yang paling murah yaitu broher js1410.

Apabila masih terlalu mahal, Anda bisa membeli mesin jahit bekas. Harga mesin jahit bekas sekitar Rp 500.000 sampai dengan Rp 700.000 saja. Tapi ingat, selalu cek sebelum membeli. Jangan sampai Anda membeli barang yang sudah rusak.

Baca juga : 11 cara mudah mencari modal usaha untuk bisnis Anda

5. Daftar Perlengkapan Lain yang Harus Ada

perlengkapan menjahitMesin jahit adalah peralatan utama yang harus Anda miliki dan memiliki harga yang paling mahal. Sementara untuk perlengkapan lain, saya kira tidak akan terlalu membebankan modal Anda.

Beberapa perlengkapan yang harus Anda miliki untuk jasa jahit baju dirumah diantaranya.

  • Gunting kain : Rp 40.000
  • Gunting kertas : Rp. 20.000
  • Gunting benang : Rp 15.000
  • Cutter : Rp. 15.000
  • Benang jahit : Rp 50.000
  • Benang obras : Rp 40.000
  • Jarum jahit : Rp 20.000
  • Alat pendedel : Rp 5.000
  • Minyak singer :Rp10.000
  • Resleting celana : Rp100.000
  • Resleting jaket : Rp100.000
  • Kancing baju beraneka warna :Rp100.000
  • Penggaris khusus menjahit : Rp 30.000
  • Alat ukur badan : Rp 10.000
  • Pensil kain : Rp 10.000

Perlengkapan tambahan :

  • Kursi : Rp 150.000
  • Meja : Rp 300.000
  • Gantungan baju : Rp 50.000
  • Tempat gantungan baju : Rp 200.000
  • Banner ukuran 2 x 1 : Rp 50.000

Total kebutuhan awal untuk membeli perlengkapan menjahit sebesar Rp 1.315.000

Untuk barang perlengkapan diatas, Anda bisa membelinya di toko kain perca. Harganya bisa lebih mahal ataupun lebih murah, tergantung kualitas yang Anda inginkan.

Kebutuhan total biaya keseluruhan :

Mesin jahit janome indigo : Rp 2.500.000
Mesin obras Typical 6150 : Rp 900.000 (paling murah)
Perlengkapan pendukung : Rp 1.315.000
Biaya promosi : Rp 300.000

Total modal awal sebesar Rp 5.015.000

Jika modal yang Anda miliki terbatas, Anda bisa mengesampingkan mesin jahit obras. Konsekuensinya Anda mesti membawa pakaian ke penjahit obras terdekat. Tapi dari beberapa mesin jahit portable diatas, juga bisa digunakan untuk semi obras.

Rekomendasi Artikel : 

6 tahapan membuat perencanaan usaha agar cepat berkembang

6. Mempromosikan Usaha Jahit Baju Anda

Setelah usaha menjahit Anda telah dibuka, segeralah lakukan promosi untuk memperkenalkan jasa jahit Anda pada konsumen. Hal pertama yang mesti Anda lakukan tentunya memasang banner atau plang di depan rumah Anda.

Selanjutnya Anda bisa mencari order jahitan dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut pada tetangga, kerabat dan kenalan Anda. Anda juga bisa membuat brosur atau selebaran dan pasanglah di beberapa tempat yang strategis.

Jika hal ini belum cukup untuk mendatangkan konsumen dalam jumlah yang banyak, Anda harus cari strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan jasa jahit baju Anda. Sebaiknya Anda perlu membangun jaringan bisnis dengan menambah relasi untuk mencari konsumen.

7. Mendapatkan Konsumen dengan Membangun Relasi

Saat membuka usaha, jangan hanya berdiam diri menunggu pesanan datang. Namun aktiflah untuk mencari order jahitan baju. Anda bisa menawarkan jasa Anda ke sekolah-sekolah atau kantor pemerintah. Biasanya mereka membutuhkan seragam baju setiap tahunnya.

Cara yang cukup mudah dan efektif adalah membuat 50 kalender meja dengan nama usaha Anda di sana beserta nomor telepon dan kelebihan jasa jahit Anda.

Bagikan secara gratis ke sekolah dan instansi pemerintah didaerah Anda. Mereka tentu akan senang hati menerimanya. Jangan membuat kalender dinding, karena mungkin tidak akan di pajang. Usaha promosi Anda akan sia-sia,

Kalender meja biasanya akan di pajang di meja dan akan selalu dilihat tiap hari, sediakan juga tempat untuk mencatat dalam kalender agar lebih berguna.

Bayangkan selama setahun, setiap hari orang akan melihat kalender Anda. Pasti diantara mereka akan teringat dengan Anda. Ini bisa meningkatkan penjualan Anda.

Rekomendasi Artikel : 

15 cara promosi paling efektif dan terbukti berhasil

  • Perbanyak Relasi ke Pihak Sekolah

Jika Anda memiliki banyak kenalan guru atau bahkan kepala sekolah. Maka kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap Anda akan sangat besar. Anda tinggal tawarkan jasa Anda saja.

Jika satu saja pihak dari sekolah memesan baju seragam untuk siswanya. Itu berarti ada puluhan atau ratusan pesanan sekali jalan. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk Anda.

  • Bekerja Sama dengan Pemilik Salon Pengantin

Salah satu pihak yang selalu membutuhkan jasa jahit baju adalah calon pengantin. Pasti mereka butuh baju istimewa untuk hari bahagianya. Anda bisa mendekati pemilik salon kecantikan dan pengantin untuk Anda ajak bekerja sama. Anda bisa menjanjikan komisi setiap kali ada yang memesan melalui dia.

Pemilik salon akan senang jika mendapatkan komisi dan Anda akan bahagia karena mendapatkan pesanan.

Baca juga : 8 ide bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga

8. Pastikan Kualitas Jahitan Anda Bagus

buka usaha jahit rumahanHal yang paling penting selain promosi adalah kualitas jahitan Anda. Seperti yang saya sarankan diatas, perdalam lagi keahlian menjahit Anda dengan kursus atau mungkin mengambil kelas online menjahit.

Kualitas jahitan, apalagi soal kerapian dan hal yang sangat krusial untuk usaha ini. Bila Anda sampai salah ukur atau jahitan Anda belepotan. Pelanggan Anda tentu akan kecewa dan tidak mau menggunakan jasa Anda lagi

Jika Anda sudah merasa berpengalaman, tetaplah belajar. Terkadang ada pelanggan yang tidak terlalu mengerti tentang fashion.

Disini Anda bisa bertindak sebagai desainer dengan menyarankan model baju yang cocok untuk pelanggan Anda tersebut. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dengan saran dari Anda.

Jika jahitan Anda menjadi yang terbaik diantara jasa jahit yang lain, orang pun pasti akan berbondong-bondong mendatangi tempat Anda.

9. Berikan Harga yang Terjangkau

Harga juga terkadang menjadi pertimbangan banyak orang ketika memutuskan untuk menjahit atau permak baju.

Jadi, sebaiknya Anda jangan memasang ongkos jahit baju terlalu mahal. Tapi juga jangan terlalu murah karena akan merugikan diri Anda sendiri. Untuk mengecek harga, Anda bisa tanya-tanya harga di tempat jahit lain.

Entah bertanya secara langsung atau pada pelanggan yang sering menjahit disana.

Jika Anda mendapat pesanan seperti seragam dari sekolah, Anda bisa memberikan harga miring agar mereka senang dan kedepannya mau jahit lagi di tempat Anda.

Rekomendasi Artikel : 

26 rekomendasi usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

10. Usahakan Tepati Waktu

Untuk usaha di bidang jasa, kepercayaan juga memiliki peran penting jika ingin sukses dalam mengembangkan usaha. Selain servis yang berkualitas, waktu juga sangat krusial untuk masa depan jasa jahit baju Anda.

Jadi, sebaiknya selalu tepati waktu saat menerima pesanan jahitan dari pelanggan. Misalnya Anda menjanjikan seminggu jadi, ya ketika pelanggan datang seminggu kemudian, jahitan tersebut sudah harus jadi.

Kalaupun belum jadi karena suatu hal, misalnya mesin jahit rusak atau Anda ada keperluan mendadak. Sebaiknya segera hubungi pelanggan Anda dan jelaskan permasalahan Anda. Sehingga mereka bisa memaklumi dan tidak merasa kecewa dengan Anda.

Selain itu, jangan Anda menyanggupi jika Anda merasa tidak mampu. Contohnya pelanggan meminta jahitannya harus jadi 3 hari meskipun harus membayar lebih mahal. Karena Anda tergiur dengan ongkosnya, Anda menyanggupi saja. Tapi ketika Anda tidak mampu menyelesaikannya, bisa saja pelanggan Anda akan marah.

Resiko Usaha Jahit Baju

Tidak perlu khawatir soal resiko, meskipun Anda mengeluarkan uang Rp 5 jutaan untuk modal. Jika sampai Anda tidak mendapatkan pelanggan sama sekali dan berniat untuk menutup usaha ini. Anda bisa menjual kembali mesin jahit Anda dan perlengkapannya.

Dikurangi penyusutan, mungkin Anda masih balik modal sekitar Rp2.000.000. Jadi kerugiannya hanya Rp3.000.000. Namun jika Anda melakukan tips yang ada di atas, insya allah pasti laku kok. Apalagi jika Anda mempromosikannya melalui media online.

Kesimpulan

Usaha jasa jahit baju rumahan cukup berpotensi untuk dicoba. Apalagi dengan resiko yang kecil dan modal yang rendah. Pasti akan menjadi peluang besar untuk Anda. Yang terpenting adalah keahlian menjahit Anda harus mantap dan promosikan jasa Anda ke sebanyak mungkin orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *