10 Tips Sukses Memulai Usaha Cafe Sederhana dengan Modal Kecil

ilustrasi usaha cafe kecil-kecilan untuk pemula

Saat ini usaha cafe menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Terbukti dengan banyaknya cafe yang bertebaran baik di perkotaan maupun pedesaan. Tidak hanya cafe mewah untuk kalangan atas saja, sekarang juga banyak cafe modern yang di peruntukan untuk masyarakat menengah kebawah.

Memulai usaha cafe memang membutuhkan modal besar, apalagi jika cafe yang Anda buat adalah cafe mewah dengan gaya modern dengan perabotan yang harganya selangit. Berbeda jika Anda membuka sebuah warkop sederhana dengan konsep ala cafe, tentu kebutuhan modal Anda tidak akan terlalu besar.

Yang membuat bisnis cafe sangat menjanjikan adalah kebiasaan orang Indonesia yang suka nongkrong di warung kopi. Namun dengan mengusung konsep cafe modern, maka Anda bisa menyasar anak-anak muda yang notabene sekarang lebih suka nongkrong di cafe.

Alasan mereka suka nongkrong di cafe karena cafe menjadi tempat nongkrong yang tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan modal Rp 10.000 saja mereka bisa nongkrong berlama-lama sambil ngobrol ngalor-ngidul. Disamping itu mereka juga bisa dapat akses internet gratis, sehingga bisa nonton video atau ngegame sepuasnya bagi mereka yang hobi internetan.

Lalu apa saja langkah untuk memulai usaha cafe kopi sederhana dengan modal kecil?

1. Tentukan Tujuan dengan Benar

jika niat Anda sekarang adalah untuk membuka usaha cafe, maka Anda salah. Membuka cafe tidak akan membuat Anda sukses. Yang membuat Anda sukses bukan cafenya, tapi berapa banyak konsumen yang Anda datangkan ke cafe Anda.

“sebagus apapun cafe Anda, semewah apapun perabotan cafe Anda. Jika tidak ada pembeli, ANDA GAGAL!!!”

Lalu bagaimana cara menentukan tujuan yang benar agar sukses?

Milikilah tujuan “untuk mendatangkan konsumen sebanyak mungkin”. Karena tanpa konsumen, usaha akan mati.

jika Anda berhasil, meskipun cafe Anda tidak mewah, Anda bisa mengalahkan cafe lain yang lebih mentereng daripada milik Anda.

Simak juga : 7 rahasia sukses memulai warung kopi sederhana

2. Tentukan Target Anda Terlebih Dahulu

Berapa target pendapatan bersih yang Anda inginkan perhari?

Apakah 200 ribu, apakah 500 ribu, ataukah 1 juta?

Anda harus menetapkan target Anda terlebih dahulu agar lebih mudah menentukan tema cafe yang cocok untuk Anda. Tapi buatlah target yang masuk akal disesuaikan dengan budget modal Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin penghasilan bersih 300 ribu per hari. Jika rata-rata makanan dan minuman di cafe Anda memiliki margin 100% maka Anda harus bisa menjual kopi dan makanan lainnya dengan nilai 600 ribu rupiah setiap harinya.

Untuk itu Anda harus melakukan perencanaan bisnis yang matang agar bisa mencapai tujuan dan target keuntungan yang Anda inginkan. Semuanya akan saya bahas di poin selanjutnya.

3. Pemilihan Tempat Usaha yang Strategis

Tempat usaha menjadi hal yang harus Anda perhatikan karena faktor yang satu ini memiliki peranan penting dalam berkembangnya usaha cafe Anda. Membuka cafe di tengah kota memang sangat strategis namun biaya sewanya pasti mahal.

Jika Anda memiliki budget lebih untuk biaya sewa tidak menjadi masalah. Namun jika tidak, Anda bisa membuka cafe di tempat lain misalnya di pinggir kota yang biaya sewanya tidak terlalu mahal. Bahkan saya sering menemukan beberapa tempat cafe unik di daerah pedesaan yang selalu ramai pengunjung.

Lagipula pengunjung cafe itu karakteristiknya bermacam-macam. Ada yang suka nongkrong di tengah kota yang ramai, tapi banyak juga pengunjung yang memilih tempat nongkrong yang sepi dari lalu lalang kendaraan.

Kesimpulannya membuka bisnis cafe tidak harus di tengah kota, Anda bisa memulainya didaerah-daerah yang Anda anggap strategis untuk membuka sebuah tempat nongkrong khususnya anak-anak muda.

Baca lebih lanjut tentang cara memilih tempat usaha yang strategis

4. Menentukan Konsep Cafe

ilustrasi konsep cafe minimalisKonsep cafe juga menjadi salah satu faktor penting untuk menarik perhatian konsumen. Jika target market Anda adalah anak muda, maka Anda harus membuat usaha cafe minimalis dan terkesan modern.

Namun semua itu juga tergantung modal yang Anda miliki. Anda bisa membuat konsep cafe mini jika memang modalnya sangat mepet. Cafe mini adalah cafe dengan ukuran kecil. Bisa jadi hanya memiliki 4 meja dengan kapasitas 4 orang per meja.

Tapi saya yakin meja tersebut tidak akan pernah sampai penuh. Karena orang tidak mau satu meja dengan orang yang tidak dikenalinya. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda untuk mendapat omset yang besar.

Idealnya minimal Anda membutuhkan ruangan 6×6 meter dengan halaman yang cukup luas untuk usaha cafe kecil kecilan. Sehingga Anda bisa meletakkan hingga 20 meja dengan memanfaatkan halaman depan juga.

Selanjutnya Anda tinggal mendekorasi tempat cafe Anda dengan konsep yang modern sehingga pelanggan merasa nyaman bersantai di cafe Anda.

Baca juga : 11 Tips membangun bisnis dari nol hingga sukses

5. Menentukan Menu yang Akan di Jual

Sebenarnya menu bisa Anda susun saat cafe Anda sudah buka. Namun tidak ada salahnya Anda merencanakan dari awal apa saja yang menjadi menu andalan usaha cafe Anda. Disamping itu, Anda nantinya akan lebih mudah dalam memperhitungkan modal Anda.

Jika Anda membuka cafe kopi, maka Anda harus menyediakan kedai kopi yang bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi. Karena mereka yang datang ke cafe kopi adalah orang-orang yang memang menggemari kopi. Oleh sebab itu, Anda harus menemukan supplier bahan kopi yang bagus.

Berbeda jika Anda membuka usaha cafe sederhana dengan target orang-orang yang suka nongkrong dan menghabiskan waktu di luar. Anda bisa menjual kopi bubuk dan kopi sachetan yang sudah banyak beredar di pasaran.

Selain kopi, Anda juga bisa menjual menu lain seperti teh, jus buah dan minuman lainnya. Untuk menambah variasi menu, Anda bisa menjual berbagai cemilan seperti kentang goreng, kacang tanah, sosis, roti bakar, mie instan dan lain-lain.

6. Persiapan Modal

Modal buka cafe tentunya tergantung dengan konsep cafe yang Anda inginkan. Karena Anda nantinya harus merenovasi tempat tersebut menjadi sebuah cafe yang bisa menarik minat konsumen.

Berikut ini rincian modal usaha cafe sederhana yang mungkin bisa menjadi patokan Anda untuk membuka cafe nantinya

Modal Awal

Sewa tempat per tahun @ Rp10.000.000 (tergantung tempat dan daerah Anda)
Renovasi tempat @ Rp 10.000.000
Peralatan usaha @ Rp 5.000.000
10 meja @ Rp 3.000.000
40 kursi @ Rp 4.000.000
Promosi @ Rp 1.000.000
Lain-lain @ Rp 1.000.000

Total modal awal Rp 34.000.000

Biaya operasional bulanan

Gaji 3 karyawan @ Rp 3.000.000
Bahan baku jualan @ Rp 10.000.000
Listrik dan air @ Rp 500.000
Lain-lain @ Rp 500.000

Total biaya operasional Rp 14.000.000

Omset Pendapatan Per Bulan

Katakanlah dalam sehari dari jam 09.00 – 01.00 WIB cafe Anda kedatangan 120 orang dengan profit Rp 5.000 per orang. Saya ambil keuntungan terkecil saja karena terkadang ada orang yang datang hanya pesan kopi saja. Tapi ada juga yang pesan minuman dan makanan sekaligus.

Maka keuntungan kotor dalam sebulan adalah

120 orang x 30 hari x Rp 5.000 = Rp 18.000.000

Pendapatan bersih per bulan

Pendapatan – biaya operasional

Rp 18.000.000 – Rp 14.000.000 = Rp 4.000.000

Ini hanya perkiraan kasar saja. Karena dari pengalaman pemilik cafe yang saya kenal, mereka bahkan bisa mengantongi keuntungan bersih diatas Rp 10.000.000 per bulannya.

Jadi Anda setidaknya membutuhkan modal sekitar Rp 40 jutaan untuk membangun bisnis cafe sederhana berkonsep minimalis. Jika Anda tidak memiliki modal sebesar itu, Anda bisa menggandeng investor untuk bekerja sama membangun bisnis cafe Anda.

Baca lebih lanjut tentang cara mencari modal usaha

Agar Anda bisa meraih omset besar setiap bulannya, maka Anda harus melakukan strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Beberapa hal itu akan saya bahas di poin selanjutnya

7. Fokuslah Pada Margin Keuntungan

Seorang pakar bisnis bernama Dan Lok pernah berkata bahwa yang namanya bisnis adalah tentang margin. Jika Anda bisa mendapatkan margin besar namun tetap menguntungkan konsumen, maka Anda akan lebih cepat berhasil.

Ada sebuah cafe di daerah Jombang bernama “Eazy Cafe”. Satu gelas kopi di cafe ini harganya 40 ribuan dan makanannya lebih bisa sampai 4 kali lipat dari harga minumannya. Margin yang didapatkan oleh cafe ini sekitar 500% untuk kopinya saja. Tapi cafenya tetap ramai meskipun harganya mahal. Dengan menjual 10 cangkir kopi, sudah bisa menyamai warung kopi yang menjual 100 cangkir kopi.

Hal ini bisa terjadi karena mereka mengusung konsep cafe yang cukup mewah sehingga pengujungnya kebanyakan masyarakat menengah keatas. Namun tetap saja modal untuk membukanya sangat besar.

Nah, meskipun modal yang Anda miliki kecil. Setidaknya Anda bisa mencontoh cafe-cafe modern yang bisa menjual minuman dan makanan dengan harga yang mahal. Salah satunya dengan membuat konsep cafe yang terlihat mewah meskipun dengan modal kecil.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa mencoba nongkrong di cafe termahal di kota Anda. Analisalah produk dan keuntungan mereka. Dan cobalah tiru di cafe milik Anda. Salah satunya dari menu minuman dan makanan.

Dengan konsep seperti itu, para pelanggan akan senang nongkrong di cafe Anda meskipun Anda memasang tarif sedikit lebih mahal dibandingkan cafe lainnya.

Simak juga : 26 usaha rumahan dengan modal kecil

8. Fokus Pada Kepuasan Konsumen

Meskipun tujuan utama Anda adalah keuntungan, namun jangan sampai konsumen merasa keberatan membayar mahal. Terapkanlah tarif yang sesuai dengan target pengunjung Anda. Kalaupun lebih mahal daripada cafe lain, maka cafe Anda harus memiliki kelebihan lain entah itu karena tempatnya yang nyaman atau menu yang bervariasi.

Disamping itu, salah satu alasan orang suka nongkrong di cafe karena bisa bersantai sambil internetan gratis. Untuk itu, Anda harus bisa menyediakan akses wifi dengan kecepatan tinggi sehingga pelanggan betah berlama-lama nongkrong di cafe Anda.

9. Sediakan Pilihan Menu Mahal dan Murah

Tidak semua yang masuk ke cafe Anda tahu berapa harga makanan dan minuman di cafe Anda. Jadi sediakan makanan dan minuman dengan harga murah dan mahal. Minuman murah akan menjadi pilihan untuk mereka yang tidak memiliki banyak uan, dan minuman mahal untuk mereka yang gengsi jika minum barang murah.

Perhatikan juga variasi makanan yang Anda sediakan. Jika Anda bisa menyediakan menu makanan yang terkesan mahal, kemungkinan untuk mendapat keuntungan 200% pun sangatlah mudah.

Salah satunya Anda bisa menjual mie instan dengan tampilan menu yang berbeda. Jika biasanya mie instan hanya disajikan dengan di rebus saja. Anda bisa menyajikan menu kreatif olahan mie instan seperti rolade mie instan isi sosis, noodle sandwich, pizza mie instan, mie instan cabonara dan masih banyak yang lain.

Jika tidak tahu caranya, Anda bisa lihat resepnya disini

10. Lakukan Promosi secara Tepat

Tanpa melakukan promosi pun sebenarnya Anda tetap akan kedatangan konsumen. Namun, jika Anda melakukan sedikit promosi secara tepat, kemungkinan untuk mendapat banyak konsumen akan lebih besar.

Salah satu cara promosi untuk usaha cofe bisa dengan cara memasang plang nama dipinggir jalan depan cafe Anda. Buatlah plang nama yang besar sehingga pelanggan yang belum pernah datang ke cafe Anda akan tertarik melihat cafe Anda.

Menyediakan diskon juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif. Misalnya pembelian Rp 50.000 dapat makanan ringan gratis dan lain-lain.

Tidak ada salahnya juga mempromosikan cafe Anda secara online. Salah satunya di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Daftarkan lokasi usaha cafe Anda di Google Guide sehingga ketika ada orang ingin mencari sebuah cafe, akan tertarik mengunjungi cafe Anda.

Kesimpulan

Banyak kegagalan dalam membuka cafe bukan berasal dari modal, bukan juga dari mewahnya cafe. Tapi karena ketidakmampuan dalam menarik minat pembeli. Selama Anda bisa memancing pembeli untuk datang terus menerus, maka mau mewah atau tidak, usaha cafe Anda akan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *