10 Tips Puasa Sehat Agar Tetap Bugar Selama Bulan Ramadhan

tips puasa sehat selama Ramadhan

Bulan suci Ramadan telah tiba. Sudah saatnya Anda melakukan ibadah puasa. Selama 30 hari Anda akan menahan makan dan minum mulai dari imsak sampai dengan magrib. Untuk itu, Anda perlu tips puasa terbaik agar tubuh Anda tetap bugar seperti hari-hari biasa.

Tidak makan dalam waktu yang lama mungkin akan membuat Anda mengalami banyak kesulitan seperti lelah, letih dan lesu. Tak jarang hal tersebut membuat Anda terpaksa buka puasa sebelum waktunya.

Hal tersebut tentu sangat disayangkan. Karena bulan Ramadhan hanya datang setahun sekali. Sayang sekali jika puasa Anda harus bolong meskipun cuma sekali.

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa tetap segar dan bugar bahkan dalam keadaan puasa sekalipun?

Berikut 10 tips puasa sehat yang bisa membuat Anda tetap bugar meskipun harus bekerja seperti biasa.

1. Mengecek Apakah Anda Memiliki Sakit atau Tidak

Untuk orang yang sehat, puasa bukanlah hal yang terlalu berat. Namun bagi Anda yang sedang sakit atau lemah di bagian tertentu. Puasa mungkin menjadi hal yang sedikit membebani. Untuk menanggulangi hal tersebut, sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksakan kesehatan Anda ke dokter.

Jika Anda memiliki penyakit maag, Anda bisa memeriksakan kesehatan lambung Anda sebelum berpuasa. Jika memang lambung Anda tidak begitu kuat. Anda bisa meminta dokter untuk memberikan suplemen yang bisa memperbaiki keadaan tersebut.

Begitu juga jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter agar bisa tetap aman berpuasa. Anda juga perlu memeriksa kesehatan lainnya seperti tekanan darah, kadar gula, kolesterol dan lain-lain.

Namun jika Anda sehat walafiat, maka tidak ada alasan puasa Anda bolong. Agar saat puasa Anda tidak terlalu letih dan lemas, silahkan baca tips puasa ini sampai poin terakhir ya.

Baca juga : 16 Kebiasaan gaya hidup sehat yang mulai di lupakan banyak orang

2. Jangan Lewatkan Sahur

Salah satu hal yang menentukan apakah Anda akan bugar selama puasa atau tidak adalah sahur. Sebaiknya, jangan sekalipun melewatkan sahur karena jika Anda tidak sahur, bisa membuat Anda lemas dan kelaparan sepanjang hari.

Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan menu untuk sahur. Jangan hanya sahur seadanya tanpa memedulikan kebutuhan asupan gizi dan protein untuk tubuh. Misalnya saja hanya sahur dengan mie instan atau nasi goreng. Bisa jadi Anda akan mengalami kelelahan.

Lalu apa saja menu yang baik untuk sahur?

Apapun bisa Anda masak untuk menu sahur Anda, namun yang pasti Anda membutuhkan asupan karbohidrat dan air yang cukup untuk 13-14 jam puasa. Selain itu, konsumsi juga makanan yang banyak kandungan protein karena akan membuat rasa kenyang lebih lama.

Jika memang Anda tidak bisa mengkonsumsi cukup makanan berenergi karena Anda sedang menjalani program diet. Maka Anda bisa mengakalinya dengan melakukan kegiatan yang tidak terlalu berat untuk menghemat kalori dan energi dan usahakan untuk beraktivitas di ruangan yang tidak terlalu panas.

Selain itu, jangan lupa minum air putih. Kalau normalnya manusia membutuhkan air sebanyak 5 liter, Anda tidak harus meminum sebanyak itu. Minumlah setidaknya 2-3 gelas saat sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan ya.

Simak juga : 9 Cara diet saat puasa Ramadhan yang aman dan cepat

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

menu sahur dan buka puasaAgar tubuh Anda bisa bugar sepanjang hari, rutinlah makan buah dan sayur baik saat sahur dan buka puasa. Buah memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Beberapa jenis buah yang sebaiknya Anda konsumsi saat bulan Ramadhan diantaranya kurma, semangka, apel, pepaya, kelapa, blewah, pisang dan alpukat.

Mengkonsumsi banyak sayuran juga sangat baik untuk tubuh Anda. Dikarenakan sayuran memiliki banyak serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan Anda. Selain itu, sayuran juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jadi sebaiknya Anda masukkan dua jenis makanan ini untuk menu sahur dan buka puasa Anda agar tubuh Anda tetap fit sepanjang hari.

4. Berbuka dengan Porsi yang Cukup

Jika Anda sering makan berlebihan saat berbuka puasa, sebaiknya mulai sekarang dihindari. Karena biasanya berbuka menjadi kesempatan banyak orang untuk makan sebanyak-banyaknya karena berpikir sudah tidak makan seharian.

Makan terlalu banyak saat berbuka malah bisa membuat perut Anda sesak. Hal ini tentu tidak baik karena bisa membuat Anda malas. Terutama untuk melakukan ibadah lainnya seperti tarawih dan tadarus Al-Quran.

Lebih baik makan saja secara normal. Misalnya saat berbuka, makanlah takjil terlebih dahulu dan minum secukupnya untuk menghilangkan dahaga.

Selanjutnya jangan langsung makan karena bisa membuat perut Anda kaget karena tidak kemasukan apapun seharian. Lebih baik Anda shalat magrib terlebih dahulu barulah menyantap mena buka puasa Anda.

5. Hindari Ruangan yang Bersuhu Lebih dari 25 Derajat Celcius

Salah satu alasan kenapa orang tidak bisa segar dalam jangka waktu yang lama adalah Karena suhu yang panas. Suhu normal ruangan pada dasarnya adalah sekitar 20 sampai 25 derajat Celcius.

Sebuah penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa orang yang bekerja di tempat yang panas membutuhkan tenaga yang lebih banyak daripada bekerja di tempat yang dingin. Otomatis ini sangat berpengaruh pada tenaga dan kebugaran tubuh.

Solusinya, Anda bisa melakukan aktivitas di tempat yang dingin, ber AC, di ruangan yang atapnya tinggi dan tidak terbuat dari seng atau asbes.

6. Penuhi Cairan Tubuh

Jangan pernah mengabaikan untuk tidak minum air putih saat sedang puasa. Minimal Anda harus menerapkan jurus 2-4-2 untuk kebutuhan cairan tubuh Anda. Maksud jurus 2-4-2 adalah minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur.

Karena jika Anda kekurangan cairan, bisa menyebabkan Anda terkena gangguan seperti sembelit, sakit kepala dan tentu saja lemas sepanjang hari. Apalagi jika Anda sampai mengalami dehidrasi, bisa-bisa Anda terkena penyakit komplikasi.

Sebaiknya fokuslah untuk minum air putih saja. Karena ada beberapa minuman yang bisa membuat Anda dehidrasi. Jangan berpikir bahwa semua minuman akan membuat Anda bisa segar ketika berpuasa.

Minuman tersebut diantaranya adalah:

  • Minuman bersoda
  • Minuman berenergi
  • Kopi
  • Teh

Kurangi juga makanan yang asin karena hal tersebut juga bisa memicu dehidrasi saat Anda puasa.

Simak juga : 10 Manfaat minum di pagi hari yang menakjubkan

7. Hindari Makanan Pedas, Berminyak dan Makanan Manis

Usahakan untuk menghindari makanan yang pedas, memiliki dan memiliki kadar minyak tinggi, Untuk menghindari sembelit, diare, peradangan dan gangguan pencernaan lainnya.

Terutama makanan yang terlalu pedas. Karena kalau Anda sampai terkena diare, Bisa-bisa Anda akan kehilangan banyak cairan saat Anda puasa. Apabila tidak diare pun, jika perut Anda mulas maka hal tersebut akan mengganggu puasa Anda.

Hindari juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Selain tidak baik untuk kesehatan, kebanyakan makanan manis bisa membuat tubuh Anda lemas sepanjang hari.

8. Hindari Stres

Tips puasa sehat berikutnya adalah Sebisa mungkin menghindari stress. Penyebab stres bermacam-macam. Misalnya karena masalah rumah tangga atau pusing dengan banyaknya pekerjaan kantor.

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan lebih cepat lelah. Sehingga meskipun Anda sudah mengkonsumsi menu sahur yang sehat, tetap saja tubuh Anda akan lebih cepat lelah.

Oleh sebab itu, cari cara untuk mengatasi stres Anda. Misalnya dengan refresing bersama keluarga atau menghabiskan waktu dengan hobi Anda.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang mengatasi stress, silahkan baca cara mengatasi stress akibat permasalahan hidup.

9. Tetap Berolahraga

Tips puasa selanjutnya ialah tetap berolahraga. Menjalani ibadah puasa bukan berarti Anda tidak berolahraga sama sekali. Jangan perpikir bahwa berolahraga saat puasa bisa membuat Anda cepat lelah. Hal itu mungkin benar jika Anda melakukan olahraga berat seperti latihan cardio atau fitness.

Agar tubuh Anda tetap bugar selama puasa, sebaiknya tetaplah rutin berolahraga. Lakukan saja olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari, jogging kecil di sore hari atau kalau Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, Anda bisa melakukan sedikit olahraga berat di malam hari.

Dengan berolahraga secara teratur ditambah menu makanan puasa yang tepat, maka tubuh Anda akan tetap segar dan bugar selama puasa Ramadhan.

10. Tidur yang Cukup

Salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika bulan puasa adalah begadang. Masalahnya,begadang tersebut bukan untuk sholat tahajud tapi untuk melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Jika Anda memiliki kekurangan waktu istirahat hal tersebut pasti akan berdampak pada kebugaran Anda saat berpuasa. Anda akan lebih lelah dan lebih mengantuk di siang hari.Pekerjaan Anda pun akan terganggu.

Usahakan untuk tidur dengan cukup minimal 5 jam di malam hari, atau jika memang Anda sibuk maka Anda bisa setidaknya tidur 4 jam di waktu malam. Jika masih kurang, Anda bisa tidur Setelah dzuhur selama 30 sampai 60 menit, jangan lebih.

Tidur di siang hari dengan waktu yang pendek bisa membuat tubuh Anda kembali segar saat terbangun. Namun tidur tersebut tidak boleh lebih dari 1 jam.

Hindari tidur setelah sahur karena bisa membuat Anda lapar lebih cepat. Jika ingin tidur, sebaiknya tunggu 2 jam setelah sahur. Agar makanan yang Anda konsumsi diproses terlebih dahulu oleh organ pencernaan.

Memiliki tubuh yang bugar meskipun sedang berpuasa tentu sangat menyenangkan. Cobalah terapkan 10 tips puasa sehat diatas agar Anda tidak mudah lemas dan letih meskipun berpuasa selama sebulan penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *