11 Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat Dan Aman

11 cara melunasi hutang dengan cepatCara melunasi hutang – Masalah keuangan selalu menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika mereka tidak pintar dalam mengatur keuangan. Gaji yang seharusnya cukup untuk satu bulan terkadang sudah habis dipertengahan bulan. Hal ini menyebabkan mereka kalang kabut untuk menutupi kebutuhan disisa bulan. Solusi paling mudah yang kebanyakan orang lakukan akhirnya dengan berhutang. Mereka beranggapan bahwa hutang nanti bisa dibayar dengan gaji dibulan berikutnya.

Namun, kenyataannya langkah ini malah bisa menjadi tindakan yang keliru. Karena jika anda masih belum bisa mengatur keuangan dengan baik. Pada akhirnya anda terpaksa menambah hutang lagi untuk menutupi hutang sebelumnya. Apalagi jika meminjamnya dengan sistem bunga. Anda akan semakin terlilit utang dan semakin sulit untuk melunasinnya.

Jangan khawatir jika anda punya masalah dengan hutang dan ingin segera melunasi hutang dengan cepat. Artikel saya ini mungkin bisa membantu permasalahan anda ini.

Berikut 11 cara melunasi hutang dengan cepat dan aman untuk anda yang ingin segera terbebas dari hutang.

1. Buatlah Rencana untuk Pelunasan Hutang

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin hutang cepat lunas. Maka anda perlu segera membuat rencana untuk pelunasan hutang tersebut. Bagaimana caranya agar anda dapat membayar hutang namun masih tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biasa.

Semua itu harus bisa anda rencanakan dengan baik mulai dari membayar hutang yang memiliki suku bunga paling besar terlebih dahulu sampai anda harus mempunyai penghasilan tambahan jika ingin hutang anda segera lunas.

Baca juga : Inilah Pentingnya Anda Harus Punya Perencanaan Keuangan

2. Prioritaskan Terlebih Dahulu Membayar Hutang yang Berbunga Tinggi

Setelah anda memiliki rencana yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan anda. Cara melunasi hutang yang paling tepat adalah dengan memprioritaskan terlebih dahulu untuk membayar hutang yang memiliki bunga paling tinggi.

Mengapa demikian? Karena hutang dengan suku bunga tinggi pastinya sangat mencekik keuangan anda. Apalagi jika hutang anda tergolong besar. Biasanya suku bunganya bisa mencapai 100 %. Maka dari itu, sebaiknya anda fokus untuk bisa segera melunasi hutang tersebut. Hal ini bertujuan agar anda tidak terbebani dengan bunga yang besarannya sama dengan jumlah pokok yang diangsur.

3. Jangan Pernah Menunda dalam Pembayaran Hutang

jangan menunda dalam membayar hutang (2)

Langkah ini saya masukkan pada poin ketiga karena sangat penting sekali. Ketika anda memiliki hutang, jangan sekali-kali menunda untuk membayar jika anda sudah memiliki dana yang memang anda alokasikan untuk membayar utang. Mungkin anda sendiri pernah mengalaminya, menunda untuk membayar hutang dan malah menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain. Sehingga anda jadi bingung sendiri ketika harus membayar hutang anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan pelihara kebiasaan menunda membayar hutang. Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan dengan gaji sebulan. Anda bisa langsung menyisihkan penghasilan anda untuk membayar hutang. Sisanya bisa anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Baca juga : Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

4. Jangan Pernah Berhutang untuk Melunasi Hutang Yang Lain

Mempunyai banyak hutang memang bisa bikin anda pusing. Apalagi jika waktu membayarnya mendekati jatuh tempo. Mau dibayar duit tidak ada, gak dibayar takut kena denda. Pada akhirnya anda berbutang lagi kepada yang lainnya untuk membayar hutang tersebut. Istilahnnya ”gali lubang tutup lubang”. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, sampai kapanpun hutang anda tidak akan pernah lunas.

Oleh sebab itu jalan keluar saat terlilit hutang adalah jangan pernah anda berhutang hanya untuk melunasi hutang yang lainnya. Lebih baik anda lunasi hutang terlebih dahulu, jika memang anda terpaksa harus berhutang lagi barulah mengambil hutang yang lain.

5. Perhatikan Secara Teliti Pemasukan dan Pengeluaran Anda

Jika anda ingin hutang anda cepat lunas, sebaiknya mulai sekarang cobalah periksa secara teliti baik pemasukan maupun pengeluaran anda. Bagi anda yang mendapatkan penghasilan bulanan, maka anda cukup paham berapa pemasukan anda selama ini. Bagaimana dengan pengeluaran anda? Jika selama ini anda tidak pernah mencatat apa-apa yang menjadi pengeluaran anda selama sebulan.

Mulailah untuk mencatat secara terperinci apa saja mulai dari belanja bulanan, tagihan listrik dan air, kebutuhan anak sekolah dll. Terkadang pengeluaran tak terduga seperti makan diluar, jalan-jalan ke mall dan berekreasi sering menjadi sumber pengeluaran tak terduga yang malah cenderung menghabiskan uang anda.

Ketika anda sudah menemukan sumber kebutuhan yang tidak terlalu penting, sebisa mungkin kurangi kebutuhan tersebut agar pengeluaran anda tidak terlalu boros.

6. Mulailah Belajar Hidup Hemat

Cara melunasi hutang yang paling baik adalah dengan menjalani hidup hemat. Hal ini penting dilakukan agar hutang anda cepat selesai. Sebagai contoh, jika anda makan direstoran 4 kali dalam sebulan, cobalah untuk sedikit berhemat dengan menguranginya menjadi 2 kali dalam sebulan. Belajar hidup hemat bukan saja bisa membuat anda cepat melunasi hutang. Anda juga sedang menerapkan gaya hidup sederhana yang malah bisa mengantarkan anda menjadi orang kaya.

Baca juga : 12 Cara Hidup Hemat Bagi Anda Yang Berpenghasilan Pas-Pasan

7. Bersikaplah Pintar dalam Membelanjakan Uang

Masih seputar pengeluaran, selama anda masih terlilit hutang. Anda wajib untuk mengendalikan diri dan pintar-pintar dalam membelanjakan uang anda. Contohnya saat anda sedang bekerja, ada baiknya mulai sekarang bawalah bekal makanan dari rumah. Selain lebih higienis, membawa bekal tentunya dapat mengurangi pengeluaran anda. Bayangkan jika sekali makan menghabiskan uang 15 ribu, maka anda dapat menghemat beberapa ratus ribu dalam sebulan. Selain itu kurangi nongkrong diwarung kopi yang biasanya sering menghabiskan kas keuangan anda.

8. Gunakan Sebagian Tabungan Anda

cara melunasi hutang dengan tabungan

Memiliki sejumlah tabungan nyatanya memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Salah satunya untuk membayar hutang anda. Memang sangat disayangkan ketika anda capai-capai ngumpulin uang untuk sebuah keperluan namun malah anda gunakan untuk membayar hutang.

Akan tetapi, hal ini lebih baik daripada anda harus berhutang lagi hanya untuk membayar hutang yang lain. Saran saya, sebaiknya jangan anda habiskan seluruh tabungan anda untuk membayar hutang karena tabungan bisa menjadi dana simpanan untuk kebutuhan yang tak terduga.

Baca juga : 12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

9. Mulailah Menambah Penghasilan Anda

Cara melunasi hutang yang paling tepat dan cepat adalah dengan menambah penghasilan anda. Namun, anda mungkin terkendala dengan waktu kerja yang super sibuk setiap harinya. Sehingga untuk mencari pekerjaan tambahan rasanya hampir tidak mungkin.

Jangan pesimis, dijaman yang semakin maju ini ada banyak cara untuk menghasilkan uang bahkan hanya dengan duduk manis dirumah saja. Anda bisa mendapatkan uang lewat internet seperti menjadi blogger, penulis lepas atau jualan online.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

10. Bersikap Disiplin untuk Membayar Hutang

Dalam tenggang waktu sebelum hutang anda lunas, berusahalah untuk melakukan segala sesuatunya dengan penuh komitmen dan disiplin yang tinggi. Komitmen disini berarti anda berusaha jangan sampai berhutang kembali sebelum hutang anda sekarang lunas. Disiplin berarti anda harus rutin dan tepat waktu membayar hutang sebelum jatuh tempo. Karena jika anda suka menunda membayar bisa merakibat tidak baik.

11. Perbanyak Doa Agar Hutang Cepat Lunas

cara terbebas dari hutang yang tidak boleh anda lupakan adalah memohon dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar anda diberikan kemudahan untuk membayar hutang. Berusaha itu wajib namun juga harus diimbangi dengan berdoa agar permasalahan hidup anda bisa cepat selesai. Jika anda tidak tahu doa agar hutang cepat lunas, anda bisa mengeceknya disini.

Memiliki hutang memang menjadi suatu hal yang sangat menyebalkan dalam hidup anda. Cobalah terapkan 11 cara melunasi hutang diatas jika anda ingin cepat terbebas dari hutang yang nyatanya sangat mengganggu hidup anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *