11 Cara Mendapat Uang dengan Menjadi Penulis Lepas Online

ilustrasi menjadi penulis lepas pemulaApakah Anda memiliki hobi menulis? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan modal keahlian Anda tersebut. Tidak perlu berpikir terlalu jauh untuk menjadi penulis novel, buku dan lain sebagainya. Karena butuh waktu dan perjuangan panjang untuk bisa mencapai tingkatan seperti itu. Saat ini Anda bisa menjadi penulis lepas untuk mendapatkan uang dari internet.

Tidaklah sulit untuk memulai usaha menjadi penulis lepas online. Karena Anda bisa menjalankannya dimanapun baik itu di rumah atau ditempat lain. Selain itu Anda juga tidak akan terikat waktu, jadi Anda bebas mau menulis kapanpun. Jika Anda lagi malas menulis, maka Anda tidak perlu mengambil order dari klien.

Menjadi penulis artikel lepas lebih mudah dibandingkan Anda membuat blog pribadi. Karena Anda akan langsung mendapat uang ketika menerima orderan dari pelanggan. Berbeda dengan blog yang butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Yang menarik, penghasilan menjadi seorang penulis lepas cukup besar. Artikel bahasa Indonesia rata-rata dihargai Rp 3.000 per 100 kata. Semakin panjang artikel yang dibuat, maka harganya akan semakin mahal. Untuk artikel 500 kata bisa dihargai Rp10.000 – Rp 15.000 per artikel.

Bayangkan jika Anda mendapat pesanan 30 artikel dengan panjang 500 kata. Anda bisa mendapatkan Rp 450.000. Itu hanya untuk pesanan satu orang. Bagaimana jika Anda mendapat 10 pesanan dalam waktu yang sama. Tentu penghasilan Anda akan sangat besar.

Baiklah, langsung saja sekarang kita bahas cara mendapat uang di internet dengan menjadi penulis lepas, simak ulasannya dibawah ini.

1. Mulailah dengan Banyak Membaca

Untuk menjadi penulis artikel yang handal, Anda harus memulainya dengan banyak-banyak membaca. Karena dengan membaca, Anda akan menemukan banyak ide yang bisa di tuangkan dalam tulisan Anda.

Dengan ide yang terus mengalir dari kebiasaan membaca, maka akan mudah bagi Anda untuk menulis berbagai macam kategori tulisan seperti tutorial, gaya hidup, bisnis, pengembangan diri dan lain-lain.

Bagaimanapun Anda harus bisa menulis dalam berbagai macam kategori. Karena Anda pasti akan mendapat pesanan berbeda-beda dari setiap orang yang ingin menggunakan jasa Anda.

Jadi, jangan malas untuk membaca ya. Karena dengan membaca Anda akan mendapatkan banyak ide untuk menulis artikel.

Simak juga : 12 Kebiasaan orang sukses yang wajib Anda tiru

2. Asah Kemampuan Menulis Anda

asah kemampuan menulisDengan membaca saja tidak akan cukup membuat Anda menjadi penulis yang handal. Untuk itu, Anda harus mulai mengasah kemampuan Anda dalam menulis.

Dengan rajin menulis, Anda juga akan menemukan gaya tulisan Anda sendiri. Sehingga tulisan Anda lebih terkesan human friendly. Artikel seperti inilah yang paling banyak diminati para blogger yang mencari penulis lepas karena nyaman dibaca oleh pembaca.

Semakin sering Anda menulis, maka kecepatan menulis Anda akan semakin meningkat. Saya sendiri hanya butuh waktu 1 jam untuk menulis 500 kata yang berkualitas. Sehingga kalau untuk menyelesaikan 30 artikel saja mungkin Anda hanya butuh waktu maksimal 5 hari saja.

3. Jangan Pernah Copy Paste Tulisan Orang Lain

Hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menjadi penulis lepas pemula adalah menjaga keaslian tulisan Anda. Jangan pernah sekalipun Anda copy paste tulisan milik orang lain. Meskipun cara ini cukup singkat, namun tidak akan ada yang mau membeli tulisan Anda nantinya.

Lebih baik tulis sendiri sehingga Anda akan menemukan gaya tulisan Anda sendiri. Kalaupun Anda tidak terlalu mengerti artikel yang akan dibuat, lebih baik Anda menulis ulang artikel orang lain. Hal ini lebih baik karena tulisan Anda akan lolos copyscape.

Baca juga : 10 kerja sampingan online yang menjanjikan

4. Pahami Dasar Dasar SEO

Dalam rangka menjadi seorang penulis freelancer, sebagian besar pelanggan Anda nantinya adalah para blogger.

Kenapa para blogger membutuhkan jasa penulisan artikel?

Karena seiring dengan berkembang blog dan telah menghasilkan, pemilik blog pastinya harus selalu rutin update artikel. Jika mereka tidak mampu menulis sendiri, maka mereka akan membeli artikel pada penyedia jasa penulisan artikel.

Kebanyakan pemilik blog pastinya menginginkan tulisan yang memiliki optimasi SEO (seach engine optimization). SEO sendiri sangat dibutuhkan sebuah blog untuk bersaing di situs pencarian seperti Google dan Bing.

Anda tidak perlu mempelajari teknik-teknik SEO yang rumit. Cukup pahami saja dasar-dasarnya seperti riset kata kunci, optimasi on page lain-lain.

5. Buatlah Blog Pribadi

Meskipun Anda tidak punya keinginan membuat blog, Anda tetap membutuhkan blog sebagai media untuk mempromosikan jasa penulisan artikel Anda. Bagaimana orang akan tertarik dengan jasa Anda jika mereka tidak tahu apapun tentang Anda.

Untuk itu, buatlah blog khusus yang menampung hasil tulisan Anda sendiri. Buatlah beberapa artikel sebagai contoh supaya pelanggan yakin bahwa tulisan Anda memang berkualitas.

Disamping itu, blog juga bisa digunakan untuk memperkenalkan diri Anda kepada konsumen, menetapkan harga artikel dan masih banyak yang lainnya.

Simak juga : cara mendapatkan uang dari blog

6. Promosikan Jasa Menulis Anda

Setelah Anda membuat blog, langkah selanjutnya adalah mempromosikan jasa penulisan artikel Anda kepada orang lain. Hal ini perlu dilakukan karena blog Anda butuh waktu untuk bisa masuk halaman satu Google. Sementara para pengunjung tentu tidak akan terlalu banyak mencari ke halaman berikutnya hanya untuk pesan artikel.

Untuk itu, cara tercepat untuk dapat menghasilkan uang dari tulisan Anda adalah dengan mempromosikannya ke tempat yang tepat. Beberapa situs yang banyak terdapat orang mencari jasa tulis artikel diantaranya

  • Grup Facebook yang membahas seputar blogging
  • Ads.id  (merupakan sebuah komunitas publisher Indonesia)
  • OLX
  • Forum jual beli Kaskus

7. Mendaftar di Situs Kerja Freelance

lowongan penulis online di sribulancerSelain mempromosikannya di media sosial dan forum/komunitas, Anda juga bisa mendaftarkan jasa Anda ke situs penyedia lapangan kerja online untuk semakin menapakkan langkah Anda menjadi penulis lepas.

Di situs penyedia jasa tersebut, Anda hanya perlu membuat portofolio jualan. Buatlah semenarik mungkin agar para pelanggan mau menggunakan jasa Anda. Tulis secara detail mulai dari profil, kontak personel dan keunggulan jasa penulisan artikel yang Anda tawarkan.

Akan lebih bagus jika Anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Karena artikel bahasa Inggris harganya bisa 2 kali lipat dibandingkan artikel bahasa Indonesia.

Beberapa situs penyedia jasa freelance untuk penulisan artikel diantaranya :

Baca lebih lanjut tentang 11 daftar situs lowongan kerja freelance terbaik

8. Menjadi Penulis Lepas di Situs Besar

Untuk menancapkan kaki Anda agar menjadi seorang penulis artikel yang handal. Anda bisa mencoba menulis di situs-situs besar seperti detik.com dan kompasiana. Banyak para penulis yang mengawali karier mereka dari sana.

Bahkan ada beberapa situs yang berani membayar mahal tulisan Anda jika memang berkualitas dan layak tampil di situs mereka. Selain untuk menambah penghasilan, juga sebagai pembuktian bahwa Anda memang bisa menjadi penulis online yang berkualitas.

Beberapa situs besar yang bisa Anda coba diantaranya

Setelah berhasil menjadi penulis di situs-situs tersebut, Anda bisa memasukkannya ke portofolio Anda sehingga pelanggan menjadi lebih yakin untuk menggunakan jasa Anda.

Baca juga : 15 peluang bisnis online dengan modal kecil

9. Minta Testimoni Pada Pelanggan

Testimoni adalah suatu hal yang cukup penting dalam mengembangkan jasa penulisan artikel Anda. Dengan meminta testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa Anda, secara tidak langsung akan memancing calon pelanggan yang ingin menggunakan jasa penulisan Anda.

Apalagi jika yang memberikan testimoni merupakan pemilik situs besar yang cukup terkenal. Dengan menampilkan di blog Anda, secara otomatis akan menjadi strategi promosi yang efektif untuk menarik banyak pelanggan.

10 Tepati Waktu

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, hal terpenting yang harus Anda pedomani adalah waktu. Usahakan untuk menepati waktu ketika Anda menerima orderan dari konsumen.

Jangan memberikan janji jika memang Anda tidak mampu menyelesaikannya. Jika Anda terpaksa telat karena ada hal-hal tak terduga, maka Anda bisa memberitahukan kepada pelanggan Anda.

11. Membangun Sebuah Tim

Nah, ketika jasa penulisan artikel Anda semakin dikenal orang, mau tidak mau Anda akan mendapat banyak permintaan dari pelanggan. Hal ini tentu akan membuat Anda kerepotan jika harus menerima banyak orderan dalam waktu yang sama.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengajak orang lain untuk membangun jaringan usaha dengan membentuk sebuah tim dalam mengembangkan usaha Anda. Misalnya saja jika Anda adalah seorang mahasiswa, ajak teman-teman yang memiliki hobi yang sama dengan Anda.

Dengan begitu, Anda tidak akan kerepotan lagi jika menerima orderan dalam jumlah yang banyak

Menjadi penulis lepas memang cukup menjanjikan karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Hanya saja Anda harus berjuang keras untuk bisa mendapat kepercayaan pelanggan. Jika Anda bisa menggaet 10 saja pelanggan, Anda akan terus mendapat orderan secara rutin. Jika Anda berminat dengan bisnis online yang satu ini, cobalah cara menjadi penulis artikel online diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *