11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha untuk Bisnis Anda

11 cara mudah mencari modal usahaModal adalah salah satu pondasi utama ketika Anda memutuskan untuk merintis usaha sendiri dari nol. Tanpa modal, mimpi Anda untuk membangun sebuah bisnis akan sulit terwujud. Begitu juga ketika Anda kekurangan modal, bisa-bisa bisnis yang sedang Anda jalankan akan terhenti ditengah jalan. Oleh sebab itu, hitunglah secara terperinci modal yang Anda butuhkan ketika akan membangun sebuah usaha. Jika merasa kurang, sebaiknya segeralah mencari modal usaha untuk menopang bisnis Anda tersebut.

Besar kecilnya modal yang Anda perlukan pun bervariasi. Tergantung bisnis apa yang ingin Anda bangun. Jangan sampai Anda salah langkah dalam mendapatkan modal untuk usaha Anda. Jika memungkinkan, hindari mencari modal usaha dengan sistem pinjaman.

Karena tentunya akan memberatkan Anda secara finansial kecuali jika memang usaha Anda termasuk dalam skala besar dan memang membutuhkan dana yang besar pula. Namun, jika memang terpaksa demi kelancaran bisnis mau gimana lagi.

Nah, berikut ini 11 cara termudah dan tercepat mencari modal usaha untuk bisnis Anda

1. Mengumpulkan Modal dengan Menabung

Cari modal yang paling mudah dan aman adalah dengan menabung. Cara ini cocok bagi Anda yang masih bekerja sebagai pegawai/karyawan namun memiliki rencana untuk berhenti bekerja dan beralih profesi menjadi wirausahawan atau hanya sekedar untuk bisnis sampingan.

Cara ini minim resiko karena Anda tidak akan sampai berhutang saat sedang mulai membuka usaha. Namun kekurangannya Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan modal yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda mesti belajar hidup hemat dan pintar-pintar mengatur keuangan agar modal cepat terkumpul.

Tapi tidak masalah kalau Anda belum terburu-buru untuk membuka usaha. Sebaiknya Anda pilih cara menabung deposito saja agar bunga yang Anda dapatkan nantinya lebih besar. Apalagi jika jangka waktu menabung yang Anda pilih lebih lama. Misalnya 12 bulan atau 24 bulan. 

Sebagai contoh Anda ingin membuka usaha laundry kiloan dengan taksiran modal 30 juta. Dengan gaji 4 juta rupiah per bulan Anda mampu menabung secara konsisten 1,5 juta rupiah. Maka untuk mencapai modal yang Anda inginkan Anda membutuhkan waktu 20 bulan untuk dapat membangun usaha laundry tersebut.

Baca juga : 12 tips menabung meskipun gaji Anda pas-pasan

2. Jual Aset Pribadi

Menjual aset pribadi menjadi langkah instan untuk mendapatkan modal usaha jika Anda ingin terhindar dari hutang. Memang terasa menyakitkan ketika barang-barang berharga yang susah payah Anda kumpulkan harus dijual.

Namun itu semua demi membuka usaha yang Anda impikan. Anggap saja Anda menjual sementara barang-barang tersebut. Nanti ketika bisnis Anda berkembang dan meraih kesuksesan, Anda bisa mengumpulkan aset-aset Anda kembali.

Jika kebutuhan modal Anda besar. menjual aset berupa properti, emas atau kendaraan menjadi pilihan paling tepat untuk Anda.

Namun, jika Anda hanya buka usaha dengan modal kecil, sebisa mungkin juallah aset lain seperti perabotan atau alat elektronik yang sudah jarang dipakai namun masih memiliki nilai jual. Anda bisa menawarkannya pada teman-teman atau menjualnya via media sosial atau situs jual beli online.

Rekomendasi Artikel : 

6 tahapan membuat perencanaan usaha agar cepat berkembang

3. Menggadaiakan Aset Pribadi

Rasanya tentu sayang untuk menjual aset berharga yang sudah Anda kumpulkan sekian lama. Sementara Anda sangat butuh modal usaha untuk membangun bisnis.

Lalu solusinya bagaimana untuk mencari modal usaha?

Anda tak perlu bingung. Anda masih bisa mendapatkan modal tanpa harus menjual aset berharga. Caranya dengan menitipkan aset Anda seperti emas ke lembaga pegadaian.

Menggadaikan barang di tempat pegadaian tidaklah terlalu rumit. Seperti emas misalnya, Anda tinggal datang membawa emas yang akan Anda gadaikan. Lengkapi juga dengan data diri berupa KTP untuk mempermudah proses transaksinya.

Bagaimana soal bunganya?

Jangan khawatir, bunga di pegadaian relatif lebih kecil dibandingkan meminjam di bank. Hanya saja, Anda cuma bisa mendapatkan besaran yang tidak lebih dari harga barang yang Anda gadaikan.

Jika sewaktu-waktu ingin menebus barang Anda, prosesnya juga tidak terlalu ribet. Begitu juga ketika Anda merasa belum mampu menebusnya hingga jatuh tempo. Anda tinggal memperpanjang waktu gadainya saja.

Baca juga : 8 cara mengatasi rasa takut memulai usaha sendiri dari nol

4. Meminjam ke Bank dengan Jaminan

mencari modal usaha dengan pinjam di bank

Sebenarnya cara mencari modal yang satu ini tidak saya sarankan. Karena logikanya begini, Bisnis yang Anda bangun belum tahu apakah akan sukses dan meraih profit. Namun Anda sudah dibebani dengan kewajiban mengangsur di bank setiap bulannya.

Maka dari itu, pertimbangan masak-masak sebelum memutuskan untuk pinjam di bank. Yakinkan bahwa usaha yang akan Anda jalankan bisa menutupi angsuran.

Mengenai pinjaman modal di bank, Anda bisa mengajukan kredit konsumtif dengan jaminan yang Anda miliki seperti sertifikat rumah, surat-surat kendaraan dan lain-lain. Namun, jika Anda sudah memiliki usaha yang berjalan lebih dari dua tahun, Anda bisa mengajukan kredit usaha semisal KUR.

Baca juga : tantangan memulai usaha sendiri dan cara mudah mengatasinya

5. Pinjam Pada Orang Terdekat

Jika Anda cari pinjaman tanpa jaminan, pilihan yang paling realistis adalah meminjam ke keluarga terdekat yang sudah sukses. Beberapa teman terdekat Anda juga bisa menjadi alternatif ketika tidak ada keluarga yang bisa di pinjami.

Akan tetapi, Anda harus ingat meskipun Anda pinjam pada keluarga atau pun teman, yang namanya hutang tetap harus dibayar. Sehingga Anda harus menepati waktu dalam membayarnya sesuai janji yang telah disepakati. Jangan sampai kepercayaan yang diberikan Anda rusak dengan menunda membayar utang.

Baca juga : 11 cara melunasi hutang dengan cepat dan aman

6. Kredit Tanpa Agunan

Pinjam pada orang terdekat tidak ada yang punya. Mau pinjam ke bank juga tidak ada aset yang bisa dijadikan jaminan. Kemana lagi Anda harus mencari modal usaha untuk mengembangkan bisnis Anda?

Sebenarnya bank juga menfasilitasi pinjaman tanpa jaminan yang biasa disebut KTA atau kredit tanpa agunan. Meskipun sekilas kelihatannya bank begitu baik meminjamkan uang tanpa jaminan apapun, namun Anda harus tahu bahwa bunga KTA lebih tinggi dan tenornya lebih singkat dibandingkan Anda pinjam dengan jaminan.

Sehingga langkah yang satu ini lebih cocok bagi Anda yang sudah memiliki bisnis. Anda hanya memerlukan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih besar.

Baca juga : 7 tips pengelolaan keuangan usaha agar cepat berkembang

7. Mencari Modal Usaha Via Online

mencari modal usaha cukup dengan laptop dan koneksi internet

Sudah mentok pinjam kesana-kesini tidak juga dapat? Coba buka laptop dan aktifkan internet Anda. Nyatanya Anda bisa mendapatkan modal hanya dengan laptop dan koneksi internet loh.

Cara mengumpulkan modal via online biasa disebut crowdfunding. Sistem ini hampir mirip-mirip Anda mencari sponsor atau investor untuk bisnis Anda. Anda bisa mempromosikan jenis usaha Anda lewat sebuah situs crowdfunding.

Beberapa situs crowdfunding di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan menurut finansialku.com antara lain:

  • Kitabisa.com
  • Wujudkan.com
  • Modalku.co.id
  • Gandengtangan.org
  • Mekar.id

Setelah menawarkan kepada situs-situs diatas, Anda tinggal menunggu sampai para pengunjung tertarik dan berminat untuk menjadi penyokong dana untuk usaha Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan imbalan kepada mereka dalam bentuk sesuai yang sudah Anda jelaskan di situs tersebut.

Simak juga : 26 rekomendasi usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

8. Dapatkan Modal dari Investor

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mencari investor untuk modal usaha Anda. Memang bukan pekerjaan mudah untuk mendapatkan investor yang mau menyokong bisnis Anda.

Para investor akan melihat seberapa bagus bisnis yang Anda bangun serta mempertimbangkan untung dan ruginya. Jika di mata mereka bisnis Anda menarik dan memiliki prospek bagus, mereka tidak akan segan untuk menggelontorkan dananya.

Oleh sebab itu, susunlah proposal usaha Anda dengan baik dan terperinci sebelum diajukan kepada para investor. Sehingga apa yang Anda harapkan dari mereka bisa tercapai.

Untuk menemukan para investor, Anda tinggal rajinlah untuk mengikuti seminar-seminar tentang kewirasusahawan. Disana ada banyak terdapat investor. Siapa tahu salah satu diantara mereka akan menjadi investormu kelak.

Mendatangi seminar juga bisa sekalian Anda manfaatkan untuk membangun jaringan bisnis Anda. Disamping Anda bisa mendapatkan modal dari investor. Anda juga bisa sekalian berkenalan dengan peserta seminar lainnya. Siapa tahu kedepannya mereka dapat membantu memajukan bisnis Anda.

Rekomendasi Artikel :

5 strategi jitu membangun jaringan bisnis paling efektif

9. Bekerja Sama dengan Rekan/Teman

Jika Anda berencana buka usaha dengan modal kecil. Cara yang cukup mudah untuk mendapatkan tambahan modal adalah mengajak teman atau rekan kerja sama membangun bisnis yang Anda rencanakan.

Apalagi jika mereka memiliki minat yang sama dengan bisnis yang ingin Anda jalankan. Anda tinggal menjelaskan secara terperinci apa yang menjadi rencana bisnis Anda. Jika tertarik, teman Anda tentu akan senang hati bekerja sama dengan Anda.

Tawarkan kepadanya apakah ingin membangun bisnis sama-sama atau hanya sebagai penyokong modal saja dan cukup menerima profit bersihnya.

Baca juga : 7 peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi

10. Modal dari Dana Hibah

Mencari modal usaha memang susah-susah gampang. Tapi tahukah Anda ada cara mendapatkan modal secara gratis loh yakni dengan memanfaatkan program dana hibah. Program ini biasanya diadakan oleh instansi pemerintah, perusahaan BUMN atau lembaga/yayasan hibah. Sehingga program berupa bantuan ini tidak setiap saat ada.

Untuk mendapatkan dana ini, para pemberi bantuan biasanya mengadakan kompetisi yang cukup menarik. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengikutinya dan siapa tahu Anda orang yang beruntung mendapatkan dana hibah sebagai modal usaha.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengikuti program ini. Salah-salah bukan Anda mendapatkan modal untuk usaha malah menjadi korban penipuan karena harus menyetor uang muka terlebih dahulu.

11. Modal dari konsumen

Mendapatkan modal dari konsumen bukanlah hal yang mustahil. Contohnya jika Anda bergerak dalam bisnis kuliner seperti usaha catering rumahan atau menerima orderan kue kering. Anda bisa meminta DP terlebih dahulu kepada konsumen yang memesan pada Anda. Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan. Setelah pesanan selesai dan diterima, konsumen tinggal membayar kekurangannya.

Mencari modal usaha memang bukan perkara mudah. Beberapa cara diatas setidaknya bisa Anda pilih salah satu ketika Anda benar-benar membutuhkan modal untuk membangun bisnis. Yang terpenting, berusahalah agar bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang dan meraih kesuksesan. Sehingga modal yang Anda kumpulkan tidak hilang secara cuma-cuma.

One Response to 11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha untuk Bisnis Anda

  1. farida aryana berkata:

    selamat sore buat bapak ibu investor. saya beranikan perkenalkan diri saya seorang jasa cuci helm, sepatu, tasdi kota saya kab gianyar. sy yg pertama kali pd thn 2005.yg buka usaha ini. masyarakat banyak puas karena benar2 super bersih spt helem baru.begitu jg sepatu,tas, bpk dan ibubisa cek kebenaran nya disini. sy sedih open helem sy rusak mau beli tdk ada dana. pake hairdryer alat nya cepet panas dan rusak. di kolom ini sy berharap ada bpk investor yg rezki nya berlebih mau membantu dana pd sy usaha kecil ini hati kecil ini penuh harapan pd bpk ibu yg rezki nya berlimpah sudi kira nya..terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *