11 Daftar Situs Lowongan Kerja Freelance Terbaik dan Terpercaya

daftar situs lowongan kerja freelance terbaru

Situs Lowongan Kerja Freelance – Meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, banyak orang merasa bahwa gaji yang mereka terima masih kurang. Hal inilah yang membuat mereka berusaha mencari kerja sampingan demi memenuhi kebutuhan. Salah satunya dengan cara mencari lowongan kerja online.

Untungnya di jaman sekarang dunia internet sudah berkembang pesat dibandingkan 20 tahun yang lalu. Sehingga Anda akan mudah menemukan situs lowongan kerja online yang terpercaya dan benar-benar bisa membantu Anda untuk mendapat penghasilan tambahan.

Yang menyenangkan dari kerja freelance ialah Anda bisa melakukannya dimanapun. Yang penting ada koneksi internet. Modal yang dibutuhkan pun nyaris tidak ada. Kecuali peralatan kerja seperti laptop/komputer dan smartphone.

Akan tetapi, Anda harus memiliki keahlian tertentu untuk bisa bekerja secara online. Misalnya jago menulis, pintar desain grafis, editing foto, pemprograman komputer atau memiliki kemampuan bahasa asing. Karena setiap lowongan freelance online membutuhkan salah satu dari kemampuan tersebut.

Nah jika Anda yakin sudah memilikinya, maka Anda bisa mendaftar di situs lowongan kerja freelance yang banyak tersebar di internet. Soal bayaran Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda melakoninya dengan tekun, bisa jadi penghasilan dari kerja online malah bisa melebihi gaji Anda sekarang.

Berikut 11 daftar situs lowongan kerja freelance terbaik yang bisa Anda jadikan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

1. Freelancer Indonesia

freelancer indonesia

gambar via freelancer

Freelancer Indonesia adalah situs freelance yang sudah banyak dikenal oleh para pekerja freelance. Situs ini merupakan versi Indonesia dari situs Freelance.com yang merupakan sebuah start up asal Australia.

Freelancer membantu para pebisnis yang sedang membutuhkan pekerja lepas untuk menyelesaikan proyek mereka. Ada banyak kategori lowongan kerja di situs ini seperti situs web, IT, penulisan konten, desain, penerjemahan, marketing, entri data dan lain-lain.

Oleh sebab itu, ketika Anda mendaftar sebagai pekerja disana, sebaiknya isi data secara nyata sesuai bidang yang Anda kuasai. Hal ini dikarenakan proyek yang akan ditampilkan disesuaikan dengan keahlian Anda.

Dari sebuah proyek yang ditawarkan, Anda akan melihat nama dan deskripsi proyek, deadline, keahlian yang dibutuhkan, berapa banyak orang yang melamar dan bayaran yang akan di terima..

Yang menarik adalah Anda dapat menawar bayaran untuk pekerjaan yang Anda pilih. Disamping itu, ada banyak kontes yang bisa  diikuti bersama para pekerja freelance lainnya. Pemenangnya akan dipilih secara langsung oleh klien.

Untuk pembayaran, freelancer membayar menggunakan kartu kredit dan Paypal, untuk itu pastikan Anda memiliki salah satu system pembayaran tersebut.

Simak juga : 15 Jenis peluang bisnis online terbaru dengan modal kecil

2. Fastwork

situs lowongan kerja online fastwork

gambar via fastwork

Fastwork merupakan platform freelancing terbesar di Asia Tenggara. Situs ini menjembatani antar para pengusaha UKM dan bisnis start up dengan para pekerja freelance. Dan sejak Agustus 2018, Fastwork telah merambah ke Indonesia.

Ada banyak kategori pekerjaan yang bisa Anda pilih. Mulai dari web development, penerjemahan, SEO, penulisan konten, desain, fotografi dan masih banyak yang lain. Pemberi kerja dan pengguna tidak akan dikenakan biaya tambahan dalam menggunakan fasilitas Fastwork.

Akan tetapi untuk setiap pekerjaan yang sudah Anda selesaian, Anda akan mendapat bayaran 83% dari total bayaran sebagai biaya layanan. Pihak Fastwork akan langsung mentransfer ke rekening bank yang Anda daftarkan.

3. Sribulancer

lowongan freelancer online di sribulancer

gambar via sribulancer

Sribulancer hampir mirip dengan Freelancer Indonesia. Hanya saja Sribulancer terkesan lebih Indonesia banget. Hal tersebut bisa Anda lihat dari jenis pekerjaan, klien dan juga metode pembayarannya.

Kalau Freelancer menggunakan kartu kredit dan PayPal, Sribulancer menerapkan sistem transfer bank. Hal ini tentu memudahkan klien, karena sebagian besar orang Indonesia masih mengandalkan rekening bank dibandingkan kartu kredit.

Kategori pekerjaan yang ada di situs ini diantaranya pengembangan website, aplikasi mobile, penulisan, desain, entri data, marketing online, penerjemahan dan konsultasi hukum.

Saat mendaftar, pastikan rekening yang Anda masukkan aktif karena Anda akan menerima pembayaran via transfer bank. Anda akan dikenakan potongan 10 % dari total penawaran yang Anda dapatkan. Disamping itu, biaya transaksi pengiriman pendapatan akan ditanggung oleh Anda selaku freelancer.

Baca juga : 20 Jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil

4. Upwork

kerja freelance online di upwork

gambar via upwork

Upwork sering dibilang sebagai situs freelance terbaik karena mereka benar-bena menyediakan layanan yang berkualitas tinggi. Situs lowongan kerja freelance ini berbasis cloud dan memiliki jumlah klien dan pekerja freelancer terbesar. Banyak project yang bisa Anda pilih karena ada sekitar 70 kategori di Upwork.

Di Upword, Anda bisa memilih pekerjaan sesuai dengan keterampilan Anda. Disamping itu, Anda akan dengan mudah mendapa pekerjaan karena user interface yang mudah dinafigasi. Anda juga tidak perlu takut mendapat klien palsu. Sebab Upword mempunyai fitus khusus untuk mendeteksinya.

Pembayaran biasa akan dibayar mingguan. Hal ini disesuaikan dengan waktu yang dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pendapatan dari total pembayaran Anda akan dipotong sebagai komisi atau biaya layanan situs ini.

5. Fiverr

bekerja freelance di fiverr

gambar via fiverr

Fiverr adalah website freelancer yang didirikan tahun 2009. Jika Anda mencari lowongan kerja freelance sabtu minggu yang mudah dijalankan, maka sangat tepat jika memilih situs ini. Ada banyak pekerjaan remeh temeh yang bisa Anda tawarkan, salah satunya jasa badut untuk acara.

Namun jika Anda memiliki keahlian tertentu seperti menulis, desain, arsitek atau fotografi. Anda juga bisa menawarkannya disana. Sistem pembayaran menggunakan PayPal karena Anda dibayar menggunakan dollar.

Bekerja di Fiverr bisa dikatakan micro job karena bayarannya sekitar $5. Belum lagi Anda akan dipotong biaya layanan sebesar 20%. Sehingga pendapatan bersih menjadi $4 setelah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda.

Simak juga : 10 Cara meningkatkan semangat kerja – Apapun profesi Anda

6. iWriter

menjadi penulis lepas di iwriter

gambar via iWriter

Situs lowongan kerja online lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah iWriter. Situs freelance yang satu ini focus mempertemukan penulis dengan klien yang membutuhkan jasa tulis.

Yang menyenangkan bekerja di iWriter adalah Anda bisa mulai kerja sesuai level yang sudah ada. Kemudian menawarkan hasil tulisan Anda kepada pembeli. Tulisan tersebut nantinya akan di beli oleh klien dengan harga sesuai kesepakatan.

Untuk Anda yang masih pemula dan berada di level standar, tentunya tarif untuk artikel Anda masih murah, mulai dari 1.4 dollar per 150 kata. Namun ketika Anda sudah mencapai level elite plus, per 150 kata akan dibayar mulai dari 13 dollar.

7. Crowdsource

kerja part time di clowdsource

gambar via clowdsource

Crowdsourse merupakan website freelancer yang cukup banyak diminta oleh para pekerja freelance. Alasannya kompensasi yang didapat akan lebih besar jika pekerjaan Anda dinilai baik. Disamping itu, Anda akan mendapat prioritas untuk mengerjakan proyek lebih banyak.

Namun untuk mendapatkan pekerjaan disana, Anda akan di training terlebih dahulu. Jika lolos seleksi, Anda akan langsung mendapat pekerjaan tersebut. Crowdsourse cocok untuk Anda yang memiliki keahlian seperti penulisan konten, multimedia, penerbit dan editing.

Baca juga : 7 Cara meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja

8. 99designs

lowongan kerja desain grafis di 99designs

gambar via 99designs

99designs cocok untuk Anda yang memiliki keahlian desain grafis. Menjadi pekerja lepas disana membuat Anda berpotensi untuk mendapatkan penghasilan ratusan dollar.

Situs ini sering mengadakan kontes pembuatan logo dan desain untuk para pekerja freelance. Dimana hadiah yang ditawarkan sangat besar.

Bahkan jika Anda sering memenangi kontes, Anda berkesempatan untuk mengerjakan proyek langsung dari klien. Sehingga Anda akan langsung dibayar tanpa mengikuti kontes.

9. Sribu

kerja online di sribu

gambar via sribu

Sribu adalah situs khusus desain grafis asal Indonesia. Situs ini merupakan cabang dari Sribulancer. Sama dengan 99designs, Sribu juga sering mengadakan kontes untuk para pendesain grafis. Hadiah untuk setiap kontes tentu berbeda beda.

Pemberi proyek nanti akan memilih secara langsung hasil desain para peserta kontes. Ada ragam desain yang terdapat di Sribu, beberapa diantaranya desain website, logo, aplikasi mobile dan lain-lain.

Simak juga : 7 Peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi

10. Projects

kerja sampingan online di projects

gambar via projects

Projects merupakan situs freelance yang cukup populer di Indonesia. Selain menyediakan jasa untuk mendapatkan pekerjaan, situs tersebut juga menyediakan layanan jual beli terutama untuk produk digital.

Menurut beberapa sumber, Projects lebih mudah digunakan. Jika Anda bisa membuat bid yang menarik kepada klien, maka kesempatan untuk mendapat klien tentu lebih besar.

Projects juga menyediakan program Affiliate Referral untuk mendapatkan income pasif. Ketika Anda berhasil mempromosikan URL yang disediakan situs ini kepada orang lain, maka Anda akan mendapatkan sejumlah komisi setelah transaksi selesai. Besaran komisi tersebut sekitar 10 – 20 persen.

11. Guru

Guru bisa menjadi situs alternatif lowongan kerja part time bagi Anda yang memiliki keahlian dibidang dunia bisnis maupun teknik.

Situs ini memiliki jaringan yang sangat luas yakni mencapai 1,5 juta indivitu dan instansi di bidang industri kreatif, proyek bisnis, tekonologi, pembuatan game dan lain-lain.

Menjadi pekerja freelancer sangatlah menyenangkan karena Anda bebas bekerja dimana saja. Disamping itu, jika tekun melakukannya. Penghasilan yang didapat bahkan bisa melebihi gaji pekerja kantoran. Cobalah 11situs lowongan kerja online diatas yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *