11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

Tips ampuh agar bisa bangun pagi

Sekarang ini, sangat sedikit orang yang biasa bangun pagi lebih awal. Rasa kantuk yang masih melanda serta dinginnya udara di pagi hari membuat banyak orang malas bangun pagi dan lebih memilih menarik selimut untuk melanjutkan tidurnya.

Selain itu, era perubahan jaman yang semakin maju membuat orang makin sulit bangun pagi. Faktor penyebabnya beragam. Mulai dari tuntutan pekerjaan, pengaruh dunia malam atau mengalami gejala insomnia.

Berita baiknya, postingan ini mungkin dapat membantu masalah Anda supaya mudah bangun pagi meskipun malamnya Anda bergadang. Berikut 11 tips ampuh agar bisa bangun pagi lebih awal yang dapat Anda coba mulai dari sekarang.

1. Ketahui Manfaat Bangun Lebih Pagi

Mungkin Anda belum mengetahui seberapa besar manfaat bangun pagi. Menurut manfaat.co.id, beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh adalah sebagai berikut :

  • Tubuh lebih segar.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Kerja otak lebih maksimal.
  • Meningkatkan daya ingat.
  • Menyehatkan organ dalam seperti paru-paru dan jantung.
  • Terhindar dari penyakit kuning.
  • Menjadikan kulit awet muda.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Mencegah Rakhtitis.
  • Meningkatkan produktivitas.
  • Dapat menurunkan kolesterol.
  • Meningkatkan vitalitas tubuh.
  • Menyambut rezeki dari Tuhan YME.

Bisa Anda lihat, nyatanya begitu banyak manfaat bangun pagi yang bisa Anda dapatkan. Dengan mengetahui manfaat bangun pagi diatas. setidaknya akan meningkatkan motivasi diri Anda agar bisa bangun pagi lebih awal.

2. Kurangi Aktivitas Malam

Anda sering bergadang? Jika ya, mungkin ini salah satu penyebab Anda susah bangun pagi. Durasi tidur yang baik adalah sekitar 7-8 jam. Jika Anda tidak bisa memenuhinya, jangan heran meskipun Anda bisa bangun pagi, Anda akan tetap merasa mengantuk dan kelelahan.

Disamping itu, banyak penyakit yang timbul akibat sering beraktivitas malam seperti insomnia, penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker, gangguan fungsi saraf dan stress. Oleh sebab itu, jangan biasakan diri untuk beraktivitas malam terus-menerus. Tidur dengan durasi waktu yang cukup seharusnya bisa membuat Anda bangun pagi lebih awal.

Baca juga : 16 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Mulai di Lupakan Banyak Orang

3. Lakukan Aktivitas Fisik di Sore Hari

Biar Anda cepat tidur malam, cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah beraktifitas fisik di sore hari. Anda bisa berolahraga jogging, senam aerobik, gym dan bersepeda. Olahraga berkelompok seperti voli, sepak bola dan basketpun bisa menjadi alternatif lain.

Setelah melakukan aktifitas fisik, secara otomatis tubuh Anda akan terasa lelah dan membutuhkan istirahat. Dengan demikian, Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Pada akhirnya Anda bisa bangun pagi lebih awal setelah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Baca juga : Perlu Anda Ketahui! 14 Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

4. Kurangi Makan Berat Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur bisa menyebabkan Anda susah bangun pagi. Hal ini terjadi karena tubuh yang seharusnya istirahat masih harus bekerja untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi. Apalagi jika makanan yang Anda konsumsi tergolong berat. Tentu butuh waktu lama untuk memprosesnya. Jika sudah demikian, tidur Anda tidak nyenyak dan Anda sulit untuk bangun pagi.

Tubuh butuh waktu sekitar 3-5 jam untuk mencerna makanan. Jadi, sebaiknya makanlah minimal 3 jam sebelum Anda tidur. Selain menghindari penyakit akibat mengkonsumsi makanan sebelum tidur. Tidur Anda akan lebih berkualitas dan bangun dalam keadaan bugar.

5. Lupakan Alat-Alat Elektronik

Ini mungkin menjadi perbedaan orang dulu dan sekarang. Jaman dulu, peralatan elektronik tidak secanggih sekarang. Hal ini membuat orang tidak banyak melakukan aktiifitas di malam hari. Selepas Isya, jalanan sudah sepi dan orang memilih untuk tidur awal agar besok bisa fit beraktifitas.

Beda halnya dengan jaman sekarang. Penggunaan alat-alat elektronik terkadang membuat orang lupa waktu. Contoh saja Smartphone, beberapa orang betah berlama-lama menggunakan ponsel pintar ini. Fitur-fitur lengkap dan menarik yang tersaji membuat orang rela menghabiskan waktu menggunakannya dimalam hari.

Maka dari itu, jika Anda ingin tidur nyenyak dan bisa bangun pagi. Sebaiknya tinggalkan alat-alat elektronik menjelang waktu tidur Anda. Usahakan kamar Anda bersih dari alat elektronik seperti handphone, televisi maupun laptop. Dengan demikian, tidak ada sesuatu yang dapat mengganggu waktu tidur Anda.

6. Letakkan Alarm di Tempat yang Sulit di Jangkau

agar bisa bangun pagiMemasang alarm memang menjadi yang biasa dilakukan agar bisa bangun tidur lebih awal. Namun, terkadang banyak orang salah dalam menggunakannya. Mereka meletakkan alarm dekat dengan telinga dengan harapan bisa langsung bangun ketika alarm berbunyi.

Memang betul, Bunyi nyaring alarm dapat membangunkan Anda. Akan tetapi, karena Anda masih mengantuk, akhirnya Anda bangun hanya untuk mematikan alarm dan melanjutkan tidur. Begitu Anda bangun kesiangan, Anda menyalahkan alarm yang sudah rela membangunkan Anda dipagi buta.

Cara efektif menggunakan alarm adalah meletakkannya ditempat yang sulit Anda jangkau. Jangan khawatir jika Anda takut tidak dapat mendengar bunyinya. Setel alarm pada volume paling keras dan bunyikan setiap 5 menit sekali. Secara reflek Anda pasti akan beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarm yang mengganggu pendengaran Anda.

7. Buat Jadwal Kesibukan di Pagi Hari

Karena tidak ada kesibukan setelah shalat subuh, biasanya orang segera menarik selimut untuk melanjutkan tidurnya. Lalu, bagaimana jika sudah malas shalat subuh? Tentu mereka juga akan malas untuk bangun pagi.

Jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda. Buatlah jadwal kesibukan di pagi hari agar Anda bisa bangun pagi. Misalnya Anda ada tugas kantor yang harus dikerjakan. Daripada Anda lembur di malam hari, lebih baik Anda tidur awal agar bisa mengerjakannya dipagi hari.

Beberapa orang sukses seperti Tim Cook, CEO Apple, terbiasa bangun pagi untuk mengecek email perusahaannya. Sementara Sergio Marchionne, CEO Fiat dan Chrysler, sudah bangun pukul 03.30 untuk memantau perkembangan pasar eropa. Lain lagi pendapat Indra Nooyi, CEO PepsiCo. Beliau percaya bahwa bangun pagi dapat membawa keberuntungan.

Kesibukan dipagi hari yang bisa Anda buat misalnya berolahraga, membersihkan rumah, membuat sarapan dan menyiapkan segala sesuatu sebelum berangkat bekerja.

8. Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak ada salahnya Anda minum 1-2 gelas air putih menjelang waktu tidur maupun setelah bangun. Selain berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, minum air putih sebelum tidur dapat mendorong Anda untuk merasa ingin buang air kecil dipagi hari.

Hal ini tentu membuat Anda terpaksa bangun dari tempat tidur untuk segera ke kamar mandi. Sementara minum air putih sesudah tidur berfungsi menghilangkan rasa kantuk dan mengganti cairan tubuh yang hilang saat Anda terlelap tidur.

Baca juga : 10 Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari Yang Menakjubkan

9. Matikan Lampu Menjelang Tidur

Para ahli kesehatan menyarankan untuk membiasakan diri tidur dalam keadaan gelap. Hal ini agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dalam keadaan gelap, otak juga akan beristirahat. Berbeda jika Anda tidur saat lampu masih menyala, otak terpaksa masih harus bekerja untuk merespon cahaya lampu yang menembus mata meskipun dalam Anda dalam keadaan terpejam.

Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu kamar Anda. Dalam keadaan gelap, mata akan sakit jika terus terbuka. Dengan begitu, Anda bisa lekas tidur agar bisa bangun pagi lebih awal.

10. Tidur Pada Posisi Miring ke Kanan

Posisi orang tidur beragam, ada yang terlentang, tengkurap, miring ke kiri dan ke kanan. Namun, posisi tidur yang paling baik adalah miring kekanan.

Dari data yang dihimpun doktersehat.com, tidur pada posisi miring ke kanan memiliki dampak positif dari segi kesehatan. Beberapa diantaranya meringankan beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan waktu penyerapan gizi dan menjaga kesehatan paru-paru.

Selain itu, menurut ajaran agama islam, tidur pada posisi miring ke kanan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karenanya, agar tidur Anda nyenyak dan berkualitas, posisikan tubuh Anda miring ke kanan ketika tidur supaya Anda bisa bangun lebih awal.

11. Jangan Lupa Berdoa

Sebelum tidur, jangan lupa untuk berdoa. Segala aktifitas apapun yang diawali dengan doa tentu akan dilancarkan dan diberikan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Berdoalah supaya Anda bisa tidur nyenyak dan bisa bangun pagi lebih awal. Disamping itu, dengan berdoa, Tuhan akan menjaga Anda selama tidur. Sehingga Anda bisa terhindar dari mimpi buruk.

Kebiasaan rutin bangun pagi setiap hari memang tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh kesadaran dan niat yang teguh agar Anda mampu melakukannya. Anda bisa mencoba beberapa tips-tips diatas agar bisa bangun pagi lebih awal setiap hari.

2 Responses to 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

  1. dandi gustiawan berkata:

    terimakasih… sangaat bermanfaat
    🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *