11 Tips Ampuh Membangun Bisnis dari Nol Hingga Sukses

membangun bisnis sendiri dari nol

Memiliki bisnis yang sukses tentu menjadi dambaan setiap pelaku usaha. Namun nyatanya membangun bisnis dari nol hingga bisa sukses itu bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan dan proses yang panjang agar bisa meraihnya. Hal inilah yang terkadang membuat sebagian pebisnis tidak sabaran. Sehingga menggunakan cara instan untuk mendapatkannya.

Padahal cara-cara instan biasanya tidak akan bertahan lama. Malah terkadang bisa membuat bisnis lebih cepat bangkrut. Ujung-ujungnya harus memulai lagi dari awal.

Oleh karena itu, dalam merintis usaha sendiri dari nol. Tidak hanya dibutuhkan sekedar niat saja. Anda juga perlu mempelajari manajemen bisnis yang benar agar tahu langkah-langkah terbaik untuk dapat meraih kesuksesan.

Nah, berikut ini 11 tips membangun bisnis dari nol hingga bisa sukses.

1. Sesuaikan dengan Minat dan Passion Anda

Jika Anda ingin membangun bisnis yang suksesnya bisa tahan lama. Hal pertama yang harus Anda lakukan di awal ialah memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat atau passion Anda. Ketika Anda memiliki kecintaan pada bisnis yang Anda pilih. Maka Anda akan senang dalam menjalankannya.

Apakah itu harus?

Sebenarnya tidak juga. Buktinya banyak kok pengusaha yang bisa sukses tanpa menyesuaikan dengan passion mereka.

Namun untuk seorang pemula, memilih bisnis yang disesuaikan dengan passion akan memudahkan Anda untuk menjalankannya. Karena Anda benar-benar menyukainya.

Contohnya jika Anda sangat suka membuat aneka macam kue rumahan, tentu akan lebih pas jika Anda membuka usaha kue rumahan bukan. Dimana Anda sudah memiliki kecintaan, keahlian dan minat tentang kue. Jadi pasti akan mudah menjalankannya.

2. Pintar Melihat Peluang Bisnis

Memilih bisnis yang sesuai dengan passion saja sebenarnya tidak cukup. Karena jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis sukses, Anda harus pintar melihat peluang yang ada.

Anda bisa mencontoh Nadiem Makarim, pendiri PT Gojek Indonesia. Awal mula ia memiliki ide untuk mendirikan Go-Jek ialah karena ia melihat permasalahan tukang ojek yang lebih sering mangkal karena harus bergiliran untuk mendapat penumpang.

Sehingga terpikir olehnya bagaimana cara mempertemukan penumpang dengan tukang ojek tanpa harus mangkal di suatu tempat. Dan terbukti, animo masyarakat begitu tinggi sejak peluncuran aplikasi GO-JEK. Dan sampai saat ini sudah lebih dari 10 ribu orang yang tergabung sebagai pengendara Go-jek.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa ketika seseorang bisa menemukan peluang bisnis yang potensial, kemungkinan untuk sukses sangatlah besar. Jadi, berlatihlah untuk melihat peluang yang ada.

Semisal Anda tinggal dilingkungan yang padat penduduk dan kebanyakan dari mereka adalah pekerja kantoran. Anda bisa coba buka usaha laundry kiloan. Biasanya para karyawan akan lebih senang menitipkan cuciannya di jasa laundry ketimbang mencuci sendiri.

3. Mencari Tahu Tentang Seluk Beluk Bisnis yang Akan Dijalankan

mempelajari tentang bisnisKetika Anda sudah mengetahui bisnis yang akan dijalankan. Langkah selanjutnya dalam membangun bisnis Anda adalah segera mencari tahu semua hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Anda harus mempelajarinya betul-betul mulai dari ilmu dasar tentang bisnis, bagaimana cara menjalankannya dan tips agar bisa sukses.

Misalnya Anda ingin buka warung kopi, Anda harus mengetahui berapa besar biaya sewa untuk tempat usaha Anda, biaya untuk merenovasi tempat, peralatan yang harus dibeli dan lain sebagainya.

4. Lakukan Riset Pasar

Kunci sukses dalam membangun bisnis dari nol adalah melakukan riset pasar yang benar. Hal inilah yang terkadang diabaikan oleh sebagian pengusaha. Meskipun memiliki produk yang murah dan berkualiatas tapi kenyataannya tidak laku di pasaran.

Penyebabnya bisa jadi karena ketertarikan konsumen sangat sedikit, sudah banyak saingannya atau lokasi usaha yang kurang strategis.

Disinilah pentingnya Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis Anda. Beberapa hal yang harus Anda riset misalnya perilaku konsumen. Apakah produk yang Anda jual bisa membuaat mereka tertarik atau tidak.

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan lokasi tempat usaha Anda. Usahakan pilih lokasi usaha yang strategis karena hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda kedepannya.

Perhatikan juga kompetitor sejenis di sekitar tempat usaha Anda. Jika sudah terlalu banyak saingan, lebih baik Anda mencari tempat lain. Terkecuali jika Anda merasa yakin mampu bersaing dengan mereka.

5. Meningkatkan Kemampuan

Pengusaha yang ingin sukses adalah mereka yang mau terus belajar dan meningkatkan kemampuannya. Jika terpaksa harus belajar kepada mentor yang sudah ahli, sebaiknya Anda lakukan yang terpenting Anda memiliki dasar ilmu yang cukup.

Anda juga perlu banyak membaca buku atau mencari tips sukses berbisnis di internet. Anda bisa belajar dari kisah pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol.

Membaca kisah inspiratif pengusaha yang sudah sukses akan memotivasi diri Anda untuk meraih kesuksesan yang sama.

Simak juga : 13 Faktor penyebab kegagalan usaha dan cara mengatasinya

6. Lakukan Perencanaan Bisnis yang Matang

membuat perencanaan bisnis yang matangSetelah Anda memiliki bekal ilmu dan keahlian yang cukup dalam membangun bisnis Anda. Segera lakukan perencanaan usaha secara mendalam. Perencanaan yang matang akan membuat bisnis Anda setidaknya bisa berjalan sesuai dengan jalur yang benar.

Anda harus membuat rencana mulai dari konsep bisnis yang akan dijalankan, berapa perkiraan modal yang dibutuhkan, apa saja yang mesti dibelanjakan dan lain sebagainya.

Memiliki perencanaan usaha atau business plan yang baik akan memudahkan Anda dalam memulai usaha Anda meskipun dari nol. Anda jadi bisa tahu kebutuhan apa saja yang perlu di beli. Sehingga jika Anda kekurangan modal usaha, Anda bisa mencari modal usaha untuk menutupinya.

Disamping itu, Anda juga akan memiliki tujuan usaha yang jelas, misalnya jika Anda bergerak di bidang usaha waralaba makanan. Mungkin di tahun pertama Anda rencanakan mendapatkan omset Rp 50 juta. Kemudian di tahun kedua bertambah 2 kali lipat. Semua itu bisa terwujud jika Anda memiliki perencanaan bisnis yang jelas.

Jika Anda belum mengerti tentang tahapan membuat businnes plan, silahkan baca 6 tahapan membuat perencanaan usaha untuk mengembangkan bisnis Anda.

7. Persiapan Modal

Sebagus apapun perencanaan bisnis yang Anda buat, jika Anda tidak memiliki modal yang cukup maka akan sama saja. Karena bagaimanapun, modal adalah bagian yang terpisahkan dalam bisnis. Meskipun bisnis yang Anda jalankan hanya membutuhkan modal kecil.

Contohnya saja Anda ingin memulai usaha modal 10 juta, tapi modal yang Anda miliki hanya separuhnya. Tentu Anda akan keteteran di awal merintis usaha Anda tersebut.

Untuk itu dalam membuat perencanaan bisnis juga harus memperhatikan modal Anda. Jika memang Anda hanya mengandalkan modal yang Anda punya saat ini, maka lebih baik Anda buat perencanaan mendekati bujet Anda.

Berbeda jika Anda bisa mencari modal usaha lain seperti mengajukan KUR di bank atau mendapat suntikan dana dari investor. Pasti akan lebih memudahkan Anda dalam berbisnis.

8. Segera Action

Ilmu sudah ada, keahlian sudah punya, perencanaan bisnis sudah dibuat dan modal pun sudah siap. Langkah selanjutnya ialah segera action. Jangan Anda tunda-tunda yang mana malah bisa membuat Anda tidak jadi memulainya.

Ada banyak orang yang memiliki ide cemerlang namun tidak pernah merealisasikannya. Alasan mereka biasanya karena terkendala modal atau takut untuk memulai usaha sendiri dari nol.

Alhasil, ide yang seharusnya bisa memberikan pundi-pundi uang jika di realisasikan dengan benar, malah hanya sekedar numpang di kepala dan menjadi angan-angan saja. Jadi, segera action ya…

9. Lakukan Evaluasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Jangan kaget jika Anda mendapati bisnis Anda sepi konsumen. Atau jangan heran juga ketika baru dibuka, banyak konsumen yang antusias sampai Anda kehabisan stok produk, namun di bulan berikutnya tiba-tiba sepi.

Dalam dunia bisnis, hal seperti itu biasa terjadi. Kalaupun bisnis Anda belum berkembang sesuai keinginan, Anda jangan lantas menyerah. Karena ini memang menjadi tantangan dalam memulai usaha sendiri yang harus Anda hadapi.

Jika Anda mau belajar dan tidak malu bertanya kepada pebisnis lain terkait kekurangan Anda, maka setidaknya Anda sudah melakukan langkah yang tepat untuk perkembangan usaha Anda.

10. Mulai Kembangkan Bisnis Anda

Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, maka kembangkanlah bisnis Anda tersebut. Memang Anda harus memiliki ambisi yang benar-benar kuat dalam menjalankan sebuah bisnis.

Dimulai dari melakukan strategi pemasaran yang efektif sehingga produk Anda bisa terjual secara tepat. Melakukan promosi baik secara offline maupun online dan lain sebagainya.

Jika Anda membutuhkan tenaga kerja karyawan, usahakan cari yang memang berkualitas. Memiliki keterampilan dan semangat kerja tinggi. Sehingga mereka benar-benar bisa membantu untuk memajukan bisnis Anda.

11. Tekun dan Jangan Mudah Menyerah

Dalam membangun bisnis dari nol, Anda harus tekun dan pantang menyerah. Jangan malas-malasan dan mudah menyerah saat produk Anda tidak laku.

Nikmati saja prosesnya, jikalau memang sudah menerapkan tips bisnis yang benar, saya rasa hanya tinggal menunggu waktu saja bisnis Anda akan sukses kedepannya.

Merintis bisnis sendiri dari nol memang bukan perkara mudah. Kelihatannya mudah namun ternyata cukup sulit. Yang penting Anda mau belajar . Cobalah 11 tips membangun bisnis dari nol diatas hingga anda bisa meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *