12 Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Terlengkap 2019

aplikasi pembayaran online terlengkap dan terbaik

Pembayaran tagihan dan cicilan sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Tidak seperti dulu dimana Anda harus datang langsung ke tempat pembayaran untuk membayar tagihan. Contohnya membayar tagihan listrik, Anda harus datang ke kantor PLN . Begitu juga jika Anda ingin membayar tagihan cicilan kartu kredit, Anda harus ke ATM atau ke Bank. Namun semua itu telah teratasi dengan adanya aplikasi pembayaran online.

Dengan adanya aplikasi pembayaran digital ini, Anda bisa melakukan pembayaran apapun sambil duduk-duduk santai dirumah. Baik itu untuk membayar cicilan, tagihan, pesan makanan, membeli barang secara online dan lain sebagainya.

Lalu apa saja aplikasi pembayaran online yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan?

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pembayaran yang akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi secara online. Tapi saya sudah merangkum 12 aplikasi terbaik yang bisa Anda pilih karena kemudahan dalam mengoperasikannya.

Berikut 12 aplikasi pembayaran online terbaik dan terlengkap menurut matahidup.com.

1. OVO

aplikasi pembayaran OVOAplikasi pembayaran pertama yang dapat Anda coba adalah OVO. Aplikasi ini telah bekerja sama dengan Grab sehingga Anda dapat melakukan pembayaran non tunai ketika menggunakan transportasi online ini.

Disamping itu, OVO juga telah bekerja sama dengan ratusan merchant yang siap memanjakan Anda untuk mendapatkan promo dan cashback menarik. Tidak tanggung-tanggung chasback dalam bentuk OVO cash tersebut bisa sampai 60%.

Beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan OVO diantaranya Hypermart, Matahari Departement Store, Ramayana, A&W, Cinemax, Tokopedia, Foodmart dan masih banyak yang lainnya.

Saya sendiri saat ini menggunakan aplikasi pembayaran OVO. Saat saya belanja baju di Matahari Departement Store promo chasback waktu itu 50%. Casback dalam bentuk poin yang saya dapat dari belanja Rp 500 ribuan bisa mencapai Rp 200 ribuan lebih. Sangat menyenangkan bukan.

Untuk top up saldo OVO sangat mudah. Anda bisa mengisi OVO cash lewat kasir merchant yang telah bekerja sama. Bisa juga lewat driver Grab, mobile bangking atau pun lewat Alfamart.

Simak juga : 8 Aplikasi pengatur keuangan pribadi di Android

2. Go-Pay

layanan dompet digital Go-PayJika Grab punya OVO, maka Go-Jek memiliki Go-Pay. Dengan memiliki saldo Go-Pay, Anda bisa melakukan pembayaran non tunai ketika menggunakan jasa transportasi online Go-Jek baik itu Go-Ride, Go-Car serta memesan makanan dan minuman yang menjadi rekanan Go-Pay. Biasanya tarif akan lebih murah ketimbang membayar secara tunai.

Beberapa produk dan fitur Go-Pay diantaranya

a. Go-Pulsa. Dimana Anda bisa membeli pulsa seperti Telkomsel, XL, Indonsat, Tri dan lain-lain.

b. Go Bills. Fitur ini memudahkan Anda untuk membayar tagihan seperti BPJS, PDAM, tagihan listrik dan token listrik.

c. Transfer Go-Pay. Anda bisa melakukan transaksi kepada pengguna Go-Pay lainnya.

d. Tarik Tunai Go-Pay. Saldo Go-Pay juga bisa ditarik secara tunai lewat rekening bank Anda. Namun untuk bisa melakukannya, akun Go-Pay Anda harus upgrade dengan menyertakan foto KTP dan foto diri.

Pengisian saldo Go-Pay bisa dilakukan melalui driver Go-Jek, lewat ATM, M bangking, Alfamart dan Digibank.

3. DANA

aplikasi pembayaran DanaDana merupakan aplikasi pembayaran online yang tergolong masih baru. Namun sudah di gunakan lebih dari 5 juta pengguna di Indonesia. Hal ini juga mungkin karena gencarnya promosi yang dilakukan DANA.

Lalu apa saja yang bisa dibayar oleh DANA dan apa saja kelebihannya?

Anda bisa membayar tagihan seperti BPJS, Listrik, PDAM dan cicilan melalui aplikasi ini. Selain itu, Anda bisa membeli pulsa dengan harga yang sangat murah.

Kelebihan lain yang menonjol dari DANA adalah kemudahan dalam membayar via bank. Anda bisa mentransfer uang ke banyak bank atau membayar pembelian barang online dengan sangat mudah menggunakan aplikasi ini.

Dan satu lagi, ini bisa dijadikan dompet elektronik Anda. Mungkin sekarang belum terasa, namun di masa depan Anda tidak perlu membawa uang kemana-mana, karena Anda bisa membayar semua tagihan dan belanja menggunakan aplikasi pembayaran DANA.

Baca juga : 10 Cara mengatur keuangan rumah tangga bagi yang baru nikah

4. Paytren

aplikasi pembayaran digital paytrenPaytren adalah aplikasi yang sangat terkenal dan sudah di download oleh lebih dari 1 juta orang. Pendiri sekaligus pemilik aplikasi pembayaran ini adalah Ustad Yusuf Mansur. Meskipun pernah mengalami beberapa kali masalah, namun Paytren tetap bisa bangkit hingga sekarang.

Paytren memberikan banyak kemudahan bagi Anda untuk melakukan banyak pembayaran seperti iuran BPJS, tagihan PDAM, tagihan listrik, tagihan telepon, cicilan dan lain-lain. Selain itu Anda bisa melakukan transfer ke bank lain dalam negeri maupun luar negeri menggunakan Paytren, cukup canggih bukan?

Selain itu, paytren juga bisa digunakan sebagai dompet elektronik sama seperti DANA. Dimana Anda bisa membayar belanjaan Anda menggunakan barcode tanpa menggunakan uang fisik. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan di outlet yang mendukung pembayaran Paytren.

Tidak hanya untuk keperluan pribadi, Paytren juga bisa digunakan sebagai bisnis sampingan. Dengan membayar sejumlah Rp 350 ribu, Anda akan mendapatkan lisensi dan ID Mitra Paytren seumur hidup. ID mitra Paytren ini juga  dapat diwariskan.

Selanjutnya ketika Anda berhasil mengajak orang untuk bergabung dengan bisnis Paytren, Anda akan mendapat bonus sponsor Rp 75.000. Selain itu, Anda juga bisa menjual berbagai macam pembayaran seperti pulsa, token listrik, tagihan dan lain-lain. Dan setiap transaksi berhasil Anda akan mendapatkan cashback.

Bagi mitra yang berprestasi, akan berkesempatan mendapatkan reward diantaranya handphone, motor, mobil, tour, haji, rumah dan lain-lain. Sangat menarik bukan.

5. Kudo

aplikasi jualan pulsa online kudoKudo adalah aplikasi pembayaran online untuk membayar tagihan Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menjual jasa pembayaran kepada orang lain.

Tujuan utama Kudo sendiri adalah untuk membantu para pemilik kios atau toko kelontong untuk bisa berjualan pulsa dan membayar tagihan tanpa perlu membayar biaya pendaftaran.

Ada banyak tagihan yang bisa dibayar menggunakan aplikasi ini, mulai dari PBJS, PDAM, telepon rumah, tagihan listrik dan lain-lain. Anda juga bisa mentransfer dana kepada orang lain menggunakan aplikasi ini. Sehingga itu akan memudahkan Anda membayar belanja online Anda.

Namun aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan, seperti terkadang terdapat kendala dan Anda harus menghubungi CS untuk menyelesaikannya.

Simak juga : 12 Tips menabung meskipun gaji pas-pasan

6. T-Cash

T-Cash Wallet merupakan layanan uang elektronik milik Telkomsel yang dapat membantu Anda untuk melakukan berbagai macam pembayaran online. Ada banyak merchant yang telah bekerja sama dengan T-Cash sehingga akan memudahkan Anda bertransaksi meskipun tidak membawa uang tunai. Disamping itu, Anda akan mendapatkan banyak promo menarik dari mereka.

Untuk dapat menggunakan T-Cash, Anda bisa melakukan verifikasi data di Grapari Telkomsel terdekat dengan membawa kartu identitas diri.

7. Mandiri E-Cash

Bagi yang memiliki rekening bank Mandiri, Anda bisa menggunakan aplikasi Mandiri E-Cash untuk kebutuhan online Anda. Anda juga tetap dapat menggunakan aplikasi ini meskipun bukan nasabah bank Mandiri.

Mandiri E-Cash dapat digunakan untuk transfer ke sesama rekening Mandiri maupun rekening bank lain. Disamping itu, Anda juga bisa membeli pulsa, token listrik, belanja online dan sebagainya.

Untuk pengisian saldo, Anda bisa mengisi lewat ATM Mandiri, Mandiri Clickpay, SMS Mandiri maupun dari bank lain dengan transfer ke rekening Mandiri dengan nomor rekening tujuan 80+ nomor HP yang Anda daftarkan.

Baca juga : 4 Investasi menguntungkan dengan modal kecil

8. Sakuku

aplikasi pembayaran online gsakukuJika bank Mandiri memiliki aplikasi Mandiri E-Cash. Maka bank BCA memiliki Sakuku dimana untuk mendaftar cukup menggunakan nomor HP yang Anda pakai.

Menggunakan aplikasi ini juga tidak akan dipungut biaya bulanan. Sementara Anda bisa menikmati berbagai fitur dan fasilitas yang cukup lengkap dalam melakukan pembayaran secara online.

Beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan di Sakuku hampir sama dengan Mandiri E-Cash. Selain bisa transfer sesama bank BCA dan bank lain. Juga untuk membeli keperluan online Anda

9. Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu startup ecommerce terbesar di Indonesia. Di situs ini, Anda bisa membeli berbagai macam barang mulai dari fashion, alat olahraga, alat kesehatan dan lain-lain.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadikan Tokopedia untuk melakukan transaksi pembayaran online seperti membeli pulsa, bayar tagihan listrik, PDAM, iuran BPJS, cicilan kartu kredit dan lain-lain.

Transaksi di Tokopedia prosesnya sangat cepat dan nyaris tak pernah mengalami kendala. Selama 1-2 tahun terakhir, saya juga menggunakan Tokopedia sebagai sarana pembayaran dan pembelian online.

Metode pembayarannya pun beragam, mulai dari e-banking hingga pembayaran melalui indomaret. Mungkin ketika pertama kali menggunakannya, Anda akan sedikit bingung. Namun jika sudah terbiasa, menggunakan aplikasi ini sebagai sarana pembayaran tagihan akan sangat terasa kemudahannya.

Simak juga : 15 Situs jual beli online terbaik dan terpercaya di Indonesia

10. Bukapak

Sama seperti Tokopedia, selain sebagai marketplace barang. Bukalapak juga menyediakan layanan pembayaran secara online baik melalui aplikasi “bukapalak” atau “mitra bukalapak”.

Karena di buat oleh perusahaan yang sudah besar, maka jangan ditanya lagi soal fitur lengkapnya dan terpercayaannya. Kepercayaan ini sudah dibuktikan dengan puluhan juta pengguna yang menginstal aplikasi ini di handphone mereka.

Bukalapak memiliki banyak fitur pembayaran yang nyaris sama dengan Tokopedia, seperti pembayaran BPJS, PDAM, pulsa pasca bayar, listrik, pembelian tiket pesawat, kereta api dan lain-lain.

Metode pembayarannya pun lengkap, Anda tinggal pilih sesuai dengan metode yang paling nyaman untuk Anda.

11. Doku Wallet

dompet digital dokuDoku Wallet merupakan salah satu Payment Gateway Indonesia yang banyak digunakan saat ini. Doku Wallet memberi solusi berbelanja online bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit atau PayPal.

Tidak hanya untuk belanja online, Anda juga dapat berbelanja offline tanpa uang tunai di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan Doku Wallet. Beberapa diantaranya Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Hypermart, DANDAN, Century dan lain-lain.

12. Bebas Bayar

Aplikasi Bebas Bayar cukup ringan digunakan untuk handphone Anda. Dengan ukuran hanya 25 MB, bisa di eksekusi handphone android dengan mudah. Aplikasi ini sudah di pakai oleh 500 ribu orang. Ini adalah sebagai bukti bahwa banyak orang yang percaya dengan aplikasi bebas bayar ini.

Sama seperti aplikasi yang lain, Anda bisa membayar banyak macam tagihan menggunakan aplikasi ini, mulai dari tagihan listrik, tagihan PDAM, telepon, pulsa pasca bayar dll.

Selain itu, Anda juga bisa membeli pulsa dengan menggunakan aplikasi ini.

Penutup

Sebelum Anda menginstall aplikasi diatas sebaiknya Anda melihat review aplikasi pembayaran online tersebut di playstore atau applestore agar Anda tahu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi pembayar tagihan online tersebut. Jika harus memilih mungkin yang terbaik adalah OVO, karena saya sendiri telah merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *