12 Cara Hidup Hemat Bagi Anda Yang Berpenghasilan Pas-Pasan

12 cara hidup hemat bagi yang berpenghasilan pas-pasanKebanyakan orang tua berharap anaknya bisa bekerja sebagai pegawai. Entah itu menjadi pegawai negeri maupun karyawan kantor. Mereka berfikir bahwa menjadi seorang pegawai akan lebih terjamin hidupnya secara finansial karena mendapat gaji tetap setiap bulannya. Akan tetapi hal tersebut percuma jika tidak diimbangi dengan cara hidup hemat meskipun gaji yang diterima diatas 10 juta sekalipun.

Mengapa demikian? Karena seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, para pelaku bisnis semakin gencar menciptakan berbagai produk agar menarik minat konsumen. Mereka berlomba-lomba membuat produk yang unik dan memberikan harga yang relatif terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah. Dengan harapan para konsumen bakal berbondong-bondong membeli produk mereka. Hal ini tentu membuat sebagian orang menjadi lebih konsumtif dan terkesan boros sehingga gaji yang diterima serasa tidak cukup untuk satu
bulan.

Oleh sebab itu, penting bagi anda yang menerima uang sebulan sekali untuk berhemat. Apalagi jika anda merasa bahwa gaji anda pas-pasan. Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan dengan baik. Jika tidak, maka anda akan mengalami kesulitan keuangan yang pada ujungnya membuat anda terlilit hutang entah itu pada keluarga, teman atau meminjam bank untuk menutupi kebutuhan hidup anda.

Nah, agar bisa merancang masa depan yang anda impikan, sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk menerapkan pola hidup hemat. Jangan khawatir jika anda tidak tahu caranya. Artikel ini akan membantu anda mengetahui bagaimana sih cara hidup hemat yang harus anda terapkan?

Berikut 12 cara hidup hemat bagi anda yang bergaji pas-pasan agar uang anda cukup untuk satu bulan bahkan bisa menabung ataupun berinvestasi.

1. Jalani Gaya Hidup Sederhana

Meskipun anda bergaji diatas 10 juta, jika anda cenderung bergaya hidup glamor dan tanpa perhitungan dalam menggunakan uang, maka jangan heran jika anda kehabisan uang saat akhir bulan. Beda halnya jika anda menerapkan gaya hidup sederhana. Gaji sebesar 2-3 juta pasti cukup bahkan lebih untuk satu bulan kedepan.

Oleh sebab itu, meskipun penghasilan anda pas-pasan, belajarlah untuk seefektif mungkin dalam menggunakannya. Misalnya dalam membeli barang agar selektif dan perhatikan tingkat kepentingan untuk kebutuhan anda. Menjalankan pola hidup sederhana menjadi cara hidup hemat terbaik untuk memenej dan menghemat pengeluaran anda sehingga anda akan terhindar dari hutang dan memiliki simpanan untuk masa depan.

Baca juga : Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

2. Pengeluaran Tidak Lebih dari Pendapatan

Bagaimana sih cara menghemat pengeluaran? Kenapa gaji saya kok tidak pernah cukup untuk sebulan? Pertanyaan ini sering muncul dibenak orang-orang yang sudah bekerja dan mendapatkan gaji setiap bulannya. Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa mencoba cara berikut.

Siapkan buku dan pulpen. Saat awal bulan anda menerima gaji catatlah setiap uang yang anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan seperti cicilan rumah, motor, belanja bulanan, belanja dapur dan lain sebagainya. Catatlah secara rinci bahkan saat anda mengeluarkan uang untuk parkir sekalipun.

Setelah sebulan berjalan, jumlahkan semua yang sudah anda keluarkan. Dari situ anda akan mengetahui kenapa gaji anda tidak cukup untuk selama satu bulan. Hal ini tentunya membuat anda harus berhutang untuk menutupi sisa hari diakhir bulan. Jika dibiarkan terus menerus, maka utang anda akan semakin menumpuk.

Oleh sebab itu, anda harus mengetahui konsep mengatur keuangan yang baik yakni pengeluaran tidak lebih dari pendapatan. Mengapa demikian? Jelas bahwa saat pengeluaran anda melebihi gaji yang anda terima, maka anda pasti akan mengalami defisit keuangan.

Solusinya, lihat kembali buku catatan pengeluaran anda. Silahkan coret kebutuhan yang menurut anda kurang penting dan cenderung hanya untuk memenuhi keinginan anda. Cara ini akan membantu anda untuk berhemat agar dapat mencukupi kebutuhan anda selama satu bulan.

Baca juga : 6 Penyebab Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Anda Alami

3. Belanja untuk Stok Satu Bulan

cara hidup hemat dengan belanja

Ada banyak cara hidup hemat yang bisa anda lakukan. Salah satunya dalam hal belanja untuk keperluan sehari-hari. Mengapa? Karena dengan belanja untuk stok satu bulan, anda tidak perlu bolak-balik pergi ke minimarket hanya untuk membeli kebutuhan kecil seperti perlengkapan mandi, makanan, maupun pampers anak yang sebenarnya bisa diperkirakan untuk satu bulan. Selain itu anda juga bisa menghemat uang parkir loh, karena anda hanya sebulan sekali belanja.

Nah, coba anda buktikan sendiri saat tiba anda menerima gaji. Catat barang-barang yang akan anda beli sebelum anda belanja mulai dari makanan pokok seperti beras dan bahan dapur, peralatan mandi dan mencuci, kebutuhan anda sekeluarga dan lain sebagainya. Usahakan jangan sampai ada yang tertinggal dan perkirakan cukup untuk satu bulan kedepan.

Cara ini tentunya membuat anda lebih hemat dari segi apapun. Belum lagi jika anda mendapatkan vocher belanja semisal belanja 200 ribu dapat minyak goreng atau pewangi pakaian. Hal ini akan menjadi bonus tambahan yang menyenangkan bukan.

Baca juga : Rahasia Menjadi Orang Kaya Dengan 12 Cara Sederhana

4. Belanja Ditempat yang Tepat

Salah satu cara menghemat uang belanja adalah pemilihan tempat belanja yang perlu anda perhatikan. Pilihlah tempat yang sesuai dengan bujet perekonomian anda. Misalnya saat anda belanja pakaian. Jika anda memaksakan diri belanja di mall atau butik yang cukup terkenal, maka jangan salahkan jika gaji anda habis hanya untuk membeli pakaian.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menyeleksi tempat belanja. Carilah tempat jual pakaian yang menawarkan barang dengan harga ekonomis namun tidak mengurangi kualitas pakaian itu sendiri. Anda juga bisa belanja di toko online yang notabene menawarkan produk yang tidak kalah dibandingkan baju di mall. Harganya pun cukup terjangkau.

Beberapa toko online yang cukup bagus secara kualitas dengan harga terjangkau menurut centerklik.com antara lain Blanja, Lazada, Bukalapak, OLX Indonesia, Bhineka, Zalora, Tokopedia dan Elevenia.

Contoh lain adalah saat anda belanja bahan-bahan masakan dapur untuk sehari-hari seperti sayur, ayam, ikan, tempe, tahu dan bumbu-bumbu dapur. Jangan anda biasakan membeli bahan-bahan tersebut ke tukang sayur keliling. Memang anda bisa menghemat waktu dan tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk berbelanja. Namun, jika anda memperhatikan lebih seksama. Sebenarnya belanja pada tukang sayur membuat keuangan anda lebih boros karena harganya tentu lebih mahal.

Jika kendala anda dikarenakan kesibukan dan letak pasar yang cukup jauh. Anda bisa memanfaatkan libur diakhir pekan untuk berbelanja di pasar tradisional. Belilah kebutuhan untuk satu minggu kedepan. Memilih tempat belanja yang tepat setidaknya dapat menghemat uang belanja anda sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain.

5. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Saya ingatkan lagi bahwa anda adalah orang yang memiliki penghasilan pas-pasan setiap bulannya. Ketika anda menjalani hidup dengan mengikuti keinginan dan hal-hal yang sedang trend, maka bisa dipastikan perekonomian anda akan kacau balau. Oleh karenanya, cara hidup hemat berikutnya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu daripada keinginan.

Buatlah daftar belanja yang memang wajib anda beli untuk kebutuhan satu bulan kedepan. Kesampingkan dulu hal-hal yang bersifat keinginan seperti menonton bioskop, membeli gadget baru, pakaian baru dan lain sebagainya.

Anda tentu tidak akan mati meskipun tidak setiap bulan nonton film baru dibioskop. Tapi apa anda mampu untuk tidak makan dalam satu bulan. Selain itu, dengan gaji anda yang pas-pasan. Sebaiknya anda jangan terlalu mengikuti trend yang sedang populer. Misalnya saja seperti membeli gadget. Hampir setiap bulan para produsen gadget akan meluncurkan produk mereka. Anda tidak perlu harus selalu gonta-ganti handphone baru yang pada akhirnya hanya akan membuat anda lebih boros. Padahal jika dipikir kembali, fitur dalam handphone keluaran 2016
dengan 2018 sekalipun hampir sama.

Baca juga : 7 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Usaha Agar Cepat Berkembang

6. Biasakan Membawa Bekal

Cara hidup hemat lain yang bisa anda terapkan adalah membiasakan diri membawa bekal saat bekerja. Kebiasaan ini tergolong kecil namun bisa mengantarkan anda menjadi pribadi yang memiliki prinsip hidup hemat. Coba anda hitung uang yang harus anda keluarkan untuk membeli makanan diluar yang tentunya memiliki harga minimal 3 kali lipat dibandingkan anda masak sendiri dirumah.

Sebagai contoh anda memiliki hari kerja 26 hari dalam satu bulan dengan rata-rata menghabiskan uang makan Rp. 15.000/porsi. Maka, dalam sebulan anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp.150.000 x 26 hari = Rp 390.000/bulan. Dalam setahun anda akan menghabiskan Rp 390.000 x 12 = Rp 4.680.000/tahun.

Bisa anda lihat sendiri. Jika anda membiasakan diri membawa bekal, maka anda bisa menghemat uang hampir lima juta rupiah setiap tahunnya. Jangan anda merasa gengsi karena membawa bekal dari rumah tidak akan menurunkan derajat anda dimata orang lain. Selain itu, bekal yang anda siapkan dari rumah tentu lebih terjamin kebersihan dan gizinya. Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Sedang Bekerja

7. Sisihkan untuk Investasi

Siapa bilang investasi hanya bisa dilakukan oleh orang kaya atau orang yang bergaji besar? Meskipun penghasilan anda pas-pasan, anda masih tetap bisa berinvestasi kok. Tentunya dengan syarat anda harus terlebih dahulu bisa mengatur keuangan dengan baik. Dengan berinvestasi, maka anda akan bisa memiliki aset untuk masa depan.

Jika anda sudah berfikir untuk melakukan investasi, lakukanlah mulai dari sekarang dimana anda masih produktif dan memiliki penghasilan tetap tiap bulan. Sayang jika anda buang-buang duit hanya untuk kesenangan sesaat tanpa memikirkan jauh kedepan.

Sekarang ini banyak sekali produk investasi yang bisa anda pilih. Mulai dari deposito di bank, investasi emas, tanah dan lain-lain. Namun, anda harus berhati-hati dalam menginvestasikan dana anda. Karena banyak produk investasi illegal yang bertebaran yang nantinya malah bisa merugikan anda.

Jika anda bingung, artikel saya yang berjudul 8 investasi terbaik yang akan buat anda kaya ini mungkin bisa membantu anda dalam memilih investasi yang cocok untuk keuangan anda.

8. Jangan Lupa Menabung

Sepertinya sebuah peribahasa yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya memang benar adanya. Sesuatu yang besar bisa dimulai dari kebiasaan yang kecil seperti menabung. Percuma jika anda sudah bekerja keras susah payah bertahun-tahun tapi tidak memiliki simpanan sama sekali hanya karna gaya hidup anda yang terlanjur boros.

Sebisa mungkin sisihkan 10% untuk ditabung saat anda mendapatkan gaji diawal bulan. Pilihlah tips menabung yang memudahkan anda dalam menyimpan uang. Misalnya saja menabung sendiri dirumah atau menyimpannya dalam bentuk buku tabungan di bank. Yang terpenting, anda harus disiplin dan rutin setiap bulan menyimpan hasil jerih payah anda tersebut agar terkumpul untuk kebutuhan kedepannya.

9. Jagalah Kesehatan

Memiliki tubuh sehat dan prima adalah salah satu cara hidup hemat terbaik yang mesti anda lakukan. Mengapa? Karena banyak orang bilang sehat itu mahal harganya. Coba anda pikirkan ketika anda terkena penyakit dan harus berobat ke dokter. Menggunakan jasa dokter pastinya tidak murah dan anda mesti mengeluarkan anggaran lebih untuk mengobati penyakit anda.

Apalagi anda juga harus menebus resep dari dokter yang tentunya bakal menguras keuangan anda. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka anda akan merasa bahwa gaji anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Oleh sebab itu, jagalah kesehatan anda dan keluarga. Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta diimbangi dengan olahraga yang teratur agar anda terhindar dari penyakit.

10. Simpan Uang Receh

cara hidup hemat dengan menabung receh

Siapa bilang uang receh itu tidak ada harganya. Meskipun nominalnya terbilang kecil, namun jika anda rajin mengumpulkannya, uang receh tersebut bisa menyelamatkan anda disaat anda sedang membutuhkan tambahan uang.

Jadi mulai dari sekarang, sebaiknya jangan anda biasakan mengamalkan recehan saat mendapat kembalian dari toko tempat anda belanja. Kumpulkan setiap recehan yang anda dapat dalam satu tempat seperti celengan atau toples. Setelah anda merasa bahwa uang receh yang anda kumpulkan penuh, anda bisa menukarnya dan anda akan mengetahui bahwa uang receh ternyata jika dikumpulkan bisa memiliki nominal yang cukup besar.

Kisah suami istri yang menabung selama lima tahun sampai terkumpul 60 juta ini mungkin bisamenginspirasi anda untuk lebih memperhatikan dan menyimpan uang receh anda.

11. Menggunakan Metode Amplop

metode amplop

Cara menghemat uang yang cukup sederhana dan sudah dilakukan oleh banyak orang adalah dengan menggunakan metode amplop. Yang dimaksud dengan metode amplop adalah membagi uang anda ke dalam beberapa amplop yang ditulis untuk kebutuhan seperti belanja dapur, uang pulsa, tagihan listrik, transportasi, uang saku anak dan lain sebagainya. Anda dilarang mengambil uang dari pos lain ketika anda merasa kekurangan dalam hal belanja dapur karena uang yang anda bagi harusnya sudah anda perkirakan cukup untuk satu bulan.

Bagi sebagaian orang, metode ini memang cukup ribet. Akan tetapi jika anda sudah terbiasa, maka anda dapat merasakan manfaat dari penggunaan amplop tersebut. Tentunya anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang karena uang sudah terbagi dalam beberapa pos. Hal ini dapat membiasakan anda untuk lebih berhemat dalam berbelanja.

12. Disiplin dan kendalikan diri

Semua cara hidup hemat diatas tidak ada artinya jika anda tidak menerapkannya secara konsisten. Perlu adanya sikap disiplin dan pengendalian diri dalam menggunakan uang gaji anda agar cukup dalam satu bulan. Sebisa mungkin jangan biarkan anda terlilit hutang yang nantinya bakal menambah beban hidup anda.

Kebiasaan berhemat pastinya akan bermanfaat besar dalam kehidupan anda dalam jangka panjang. Anda bisa memiliki tabungan dan investasi sebagai persiapan menghadapi masa depan dimana bisa anda gunakan untuk pendidikan anak, berwirasusaha ataupun dana pensiun.

Memang tidak mudah mengendalikan diri dalam menggunakan uang. Yang terpenting, penuhi terlebih dahulu kebutuhan primer anda baru sesekali penuhi apa yang menjadi keinginan anda. Cobalah untuk menerapkan 12 cara hidup hemat diatas agar masa depan anda terencana dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...