12 Cara Jualan di Instagram untuk Pemula Agar Cepat Laris

ilustrasi cara jualan di instagram

Cara Jualan di Instagram – Saat ini media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter tidak hanya digunakan untuk update status, berbagi informasi, upload foto dan video atau mencari teman baru. Mereka yang memiliki jiwa bisnis melihat banyak peluang untuk meraup pundi-pundi uang disana. Salah satunya dengan berjualan produk di Instagram.

Kenapa harus jualan di Instagram?

Karena negara kita saat ini menempati urutan 4 di dunia yang menggunakan aplikasi Instagram. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta orang lebih, tentunya Instagram memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Sehingga jika Anda memiliki sebuah produk yang mau dijual, Anda berkesempatan mendapat banyak pembeli disana.

Sudah banyak orang yang sukses dan menjadi orang kaya dari berjualan di Instagram. Salah satunya adalah Berto Saksono Jati, pemilik Bloopendorse dan Bakso Kemon.

Hanya saja dalam prakteknya, cara jualan di Instagram tidak semudah yang dibayangkan. Anda tidak bisa asal upload foto kemudian akan langsung dapat pembeli. Butuh strategi dan cara yang tepat ketika memutuskan jualan online di Instagram.

Oleh sebab itu, jika sampai saat ini Anda hanya memakai Instagram untuk berfoto ria dan berkomentar. maka Anda telah melewatkan kesempatan mendapatkan penghasilan dari Instagram. Jika Anda sudah ingin memulai dan tidak tahu caranya Anda bisa menggunakan cara jualan online di bawah ini untuk mulai mendapatkan pembeli dari Instagram

Berikut ini 12 cara jualan di Instagram untuk produk apapun agar cepat laris.

1. Tentukan Produknya

Jika Anda sudah memiliki produk yang akan dijual, Anda bisa melewati poin pertama ini. Lain halnya jika Anda masih bingung mau jualan apa di Instagram namun panya keinginan untuk bisa berjualan di Instagram . Maka Anda bisa membaca tips pertama dalam menentukan produk yang akan dijual.

Sebenarnya di Instagram Anda bisa berjualan apapun. Akan lebih bagus jika Anda menjual produk yang memang Anda suaki. Misalnya Anda suka dengan dunia fashion, maka Anda bisa jualan baju online. Jika Anda memiliki minat dengan aksesoris handphone,maka anda bisa berjualan costum case. Begitu juga jika Anda suka kuliner, Anda bisa jualan makanan di Instagram.

Hanya saja ada fakta menarik yang bisa Anda simpulkan bahwa lebih dari 60% pengguna Instagram adalah perempuan. Disamping itu, 90% pengguna Instagram di Indonesia berusia 17-34 tahun. Jadi jika Anda ingin laris jualan di Instagram, akan lebih baik jika Anda menyediakan produk yang dikhususkan untuk perempuan untuk rentang usia tersebut.

Untuk mendapatkan produk yang akan dijual. Anda bisa menjadi reseller atau dropship dari supplier yang banyak tersebar di internet. Ada banyak supplier yang siap menjadi partner bisnis Anda baik itu produk fashion, kosmetik, aksesoris, elektronik dan lains sebagainya.

Dengan menjadi dropship, maka Anda tidak perlu repot-repot membuat produk sendiri maupun mengemas barang. Anda bisa lebih fokus untuk jualan online di Instagram.

Baca lebih lanjut tentang cara memulai bisnis dropship

2. Tentukan Target Audience

Seperti yang saya bilang, Anda tidak bisa asal jualan di Instagram. Dari awal, Anda harus menentukan target audience terlebih dahulu. Hal inilah yang sering menjadi kesalahan para pebisnis pemula di Instagram. Mereka tidak memiliki target audience yang jelas sehingga meskipun barang yang dijual berkualitas dan harganya murah. Tidak ada orang yang berminat untuk membelinya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target audience Anda. Karena nantinya akan berhubungan dalam hal mencari followers. Untuk itu, tentukan dari awal kepada siapa Anda akan berjualan. Apakah untuk perempuan ataukah laki-laki, berapa usianya dan lain lain sebagainya.

Sebisa mungkin Anda mengerti tentang target audience Anda sehingga Anda bisa menyediakan produk yang benar-benar mereka inginkan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menjual produk Anda.

Jika Anda masih pemula, Anda bisa menarget wanita di rentang usia 24 – 34 tahun, Karena biasanya pada usia ini, mereka sudah memiliki penghasilan entah itu dari suami atau bekerja sendiri. Kalau bisa jangan menarget anak sekolah karena daya beli mereka masih rendah. Hal ini tentu akan membuat angka penjualan Anda kecil

3. Mulailah Buat Akun Khusus Jualan

membuat akun bisnis di InstagramSetelah menentukan produk dan target audience, cara jualan di Instagram berikutnya ialah segera membuat akun di Instagram. Sebaiknya Anda membuat akun baru meskipun saat ini Anda telah memiliki akun Instagram pribadi. Karena jika niat Anda untuk jualan, maka Anda juga harus membuat akun khusus untuk jualan di Instagram.

Nama akun tersebut haruslah berhubungan dengan produk yang Anda jual. Maksudnya Anda harus menggunakan kata kunci tertarget sesuai produk. Misalnya Anda ingin jualan jilbab, maka Anda bisa menggunakan nama akun @jilbabmurah, @jilbabserba20000 atau @annajibab_store.

Nama akun yang Anda buat bisa menyesuaikan dengan produk yang Anda jual. Memberikan nama akun yang spesifik sesuai produk akan membuat akun Anda mudah dicari oleh para followers yang sedang berniat membeli produk di Instagram.

Agar lebih terlihat profesional dan mudah mendapat kepercayaan pembeli, akan lebih bagus jika Anda menggunakan akun bisnis. Walaupun sebenarnya akun personal juga bisa untuk jualan.

Hanya saja akun bisnis memiliki keunggulan karena tersedia beberapa fitur yang dapat membantu Anda untuk mengelola jualan Anda di Instagram. Salah satunya Anda bisa melihat berapa banyak followers yang mengunjungi akun jualan Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih mudah menganalisa minat konsumen terhadap produk yang Anda jual.

Untuk membuat akun bisnis di Instagram, sebaiknya Anda harus sudah memiliki halaman fanpage Facebook. Hal ini karena fanpage Facebook dibutuhkan ketika Anda ingin membuat akun bisnis di Instagram.

Cara membuat akun bisnis di Instagram sendiri sangatlah mudah. Anda tinggal pilih menu setting lalu pilih menu “Switch to Business Account”. Kemudian Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada pada aplikasi tersebut.

Simak juga : 9 Cara dapat uang dari Facebook

4. Mulai Cari Follower Tertarget

cara mencari followerSetelah akun Anda jadi, cara jualan di Instagram selanjutnya adalah mulai mencari follower sebanyak mungkin. Tapi Anda juga tidak boleh asal-asalan dalam menfollow audience. Pilihlah audience yang sesuai dengan produk yang akan Anda jual. Misalnya jika Anda menjual gamis, maka Anda harus menfollow orang yang memiliki minat dengan produk tersebut.

Tujuannya agar Anda memiliki follower tertarget. Percuma Anda memiliki 100 ribu follower namun 90 persen ternyata tidak memiliki minat sama sekali dengan produk yang Anda jual. Sebaliknya, meskipun Anda memiliki follower sedikit namun hampir semuanya tertarik dengan produk Anda, kesempatan untuk mendapat banyak pembeli terbuka lebar.

Bagaimana cara mendapatkan follower yang tertarget?

Cara paling mudah untuk mendapatkan follower tertarget ialah dengan mencari akun jualan yang sama dengan produk yang Anda jual, pilihlah yang banyak followersnya. Dari situ Anda bisa menfollow mereka. Anda juga bisa menjelajahi akun komunitas yang berkaitan dengan produk Anda. Disana Anda akan menemukan banyak orang yang memiliki minat terhadap produk yang Anda jual.

Tapi Anda harus hati-hati karena jika Anda terlalu banyak menfollow orang, pihak Instagram bisa saja memblokir akun Anda. Untuk itu, paling maksimal Anda hanya bisa menfollow 40 orang dalam satu jam. Lakukanlah secara konsisten sampai Anda mendapat banyak followers.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam mencari followers adalah tidak semua akun akan memberikan follow balik atau follback. Untuk itu Anda harus bisa memberikan konten yang menarik agar mereka mau memberikan follow balik ke akun Anda.

jika Anda ingin lebih cepat mendapatkan follower, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti “Ratagram” aplikasi ini bisa melakukan follow unfollow secara otomatis. Bahkan bisa disetting untuk posting secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu memegang akun Anda selama seharian untuk mefollow orang dan posting jualan, namun aplikasi ini tidak gratis, Anda bisa mengecek harganya di ratagram.com

5. Upload Foto Produk

Jika Anda ingin mendapatkan follower tertarget, konten yang Anda sajikan pun harus menarik perhatian mereka. Oleh karena itu, saat akun Instagram Anda masih dalam keadaan tergembok, ini menjadi kesempatan Anda untuk mengupload foto produk. Lebih banyak lebih bagus sehingga pengunjung tertarik untuk menjelajahi postingan Anda.

Anda bisa mengupload 40 foto sekaligus. Untuk setiap foto yang Anda upload, jangann lupa sertakan caption tulisan seputar informasi tentang foto tersebut. Misalnya saja Anda mengupload foto baju anak, Anda bisa menulis harga, merk, ukuran, jenis bahan, dan lain sebagainya.

Gunakan kata-kata yang singkat, padat dan jelas. Karena dari caption singkat inilah Anda harus melakukan promosi yang menarik. Di samping itu, perhatikan juga waktu untuk mengupload foto di Instagram. Lakukanlan saat istirahat di siang hari, sore dan malam hari. Karena diwaktu inilah biasanya orang-orang banyak buka Instagram.

Baca juga : 15 Peluang bisnis online terbaru

6. Maksimalkan dalam Penggunaan Foto

Instagram adalah media sosial yang mengutamakan foto dan video singkat dibandingkan tulisan. Jadi, Anda harus bisa memaksimalkan penggunaan foto untuk menarik perhatian konsumen. Kalau perlu dengan melihat fotonya saja orang tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Apalagi saat ini Instagram tidak akan menampilkan postingan Anda ke seluruh followers. Hanya 10% saja yang dipilih berdasarkan tingkat interaksi. Jika 10% followers tersebut tidak banyak memberikan interaksi dalam 1 jam, maka kemungkinan besar postingan Anda tidak dapat menjangkau 90% sisanya

Oleh sebab itu, dalam berjualan online di Instagram, Anda harus bisa menampilkan foto yang menarik sebelum di upload di Instagram. Menggunakan kamera yang bagus pun belum cukup untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Anda mesti poles dengan mengeditnya menggunakan aplikasi edit foto yang ada di handphone atau laptop Anda. Agar lebih menarik perhatian, Anda bisa menambahkan tulisan di foto tersebut. Buatlah tulisan singkat yang menarik yang bertujuan membuat orang terpancing untuk kepo jualan Anda.

Hal ini harus Anda lakukan karena jika foto Anda kurang menarik, tentunya followers akan memilih scrolling dan melewati postingan Anda.

7. Gunakan Hastag yang Berkaitan dengan Produk

Hastag memiliki peran penting dalam sebuah postingan di Instagram. Karena dapat membantu seseorang menemukan informasi yang berkaitan dengan postingan yang Anda buat. Maka jangan heran, jika Anda menemukan hastag untuk setiap postingan yang dilakukan sesorang di Instagram.

Penggunaan hastag ini sangat membantu Anda. Oleh karena itu, ketika Anda mengupload foto dan memberikan caption teks, jangan lupa untuk menulis hastag yang sesuai dengan produk jualan Anda.

Akan tetapi, dalam penggunaan hastag ini jangan berlebihan, setidaknya Anda bisa menggunakan 5-10 hastag untuk setiap postingan Anda. Sebaiknya jangan gunakan hastag di kolom komentar karena itu bisa di anggap spam oleh pihak Instagram.

Simak juga : 15 Situs jual beli online terbaik di Indonesia

8. Memberi Tag dan Share Konten

Agar Instagram Anda makin dikenal dan mendapat banyak follower. Anda bisa melakukan tag dan share kepada pelanggan maupun orang yang belum membeli produk Anda.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup 4-5 orang saja agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Anda bisa memilih pelanggan atau mereka yang merupakan calon pelanggan Anda. Lakukanlah secara rutin namun sebisa mungkin carilah orang lain lagi dan jangan tag orang yang sama.

9. Lakukan Promosi yang Tepat

cara promosi di InstagramIngat bahwa Anda sekarang sedang berjualan online di Instagram. Jika Anda ingin mendapatkan banyak pembeli, maka Anda perlu melakukan strategi promosi yang tepat. Lagipula tidak hanya Anda saja yang jualan di Instagram. Mereka tentunya juga melakukan promosi untuk bisa menarik minat konsumen.

Bagaimana cara promosi produk di Instagram?

Ada banyak cara membuat konsumen tertarik membeli produk di online shop Anda. Salah satunya dengan memberikan diskon untuk produk yang Anda jual. Cara ini cukup efektif apalagi jika diskon yang Anda berikan gila-gilaan.

Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan diskon untuk menambah follower loh. Misalnya dengan mengadakan kuis dengan hadiah diskon besar untuk orang yang mau mentag teman mereka dari follower Anda.

Baca lebih lanjut tentang cara promosi produk paling efektif

10. Upload Testimoni dari Pembeli dan Bukti Pengiriman

Jika Anda sudah berhasil menjual beberapa produk secara online, ada baiknya Anda memposting testimoni dari orang yang pernah membeli produk Anda tersebut. Cara ini sangat efektif untuk mengingkatkan kepercayaan konsumen pada toko online Instagram Anda.

Biasanya testimoni ini didapat dari percakapan Anda dengan pembeli baik lewat SMS, Whatshapp, Line atau aplikasi chating lainnya. Kalau perlu mintalah testimoni tentang kualitas produk setelah barang sudah sampai ke konsumen.

Selain testimoni, Anda juga bisa mengupload bukti pengiriman atau resi agar calon pembeli Anda yakin bahwa barang yang dipesan akan sampai ke tujuan.

11. Melakukan Endorse

Agar jualan Anda semakin laris, ada baiknya Anda melakukan endorse atau paid promote dengan mengajak kerjasama para selegram yang memiliki banyak follower. Cara promosi yang satu ini mirip seperti iklan di TV dimana pemilik produk akan menyewa artis yang terkenal agar produknya semakin dikenal banyak orang.

Dengan jumlah follower yang mencapai ratusan ribu, tentunya akun jualan Anda juga berkesempatan mendapatkan tambahan follower dari selegram yang Anda jadikan endorse.

Memang melakukan endorse memerlukan modal lebih untuk membayar mereka. Namun nantinya Anda sendiri yang akan menikmati hasilnya.

Cara menguhubungi selegram sangatlah mudah. Biasanya mereka mencantumkan nomor telepon di profil mereka. Untuk harganya sendiri bervairasi, tergantung permintaan dari para selegram tersebut.

12. Gunakan Instagram Ads

Sebelum Anda menggunakan cara jualan di Instagram yang satu ini, Anda harus sudah bisa menghasilkan penjualan dengan cara diatas. jika sudah Anda bisa menggunakan Instagram Ads.

Di instagram ads, Anda membayar Instagram untuk mempromosikan produk Anda ke sebanyak mungkin orang tertarget. Anda bisa memilih kepada siapa iklan Anda akan Anda tampilkan. Baik itu laki-laki atau perempuan, umur berapa, kesukaanya apa, hingga tinggalnya dimana. Anda bisa memilihnya secara rinci.

Karena cara ini membutuhkan modal uang dan ilmu, Anda harus mempelajarinya juga, Anda bisa belajar cara ini dengan mencari tutorial Instagram Ads di grup Facebook atau mengikuti kursus jualan online di Instagram yang ada di Internet. Salah satunya pasukanalona.co.id

Hal terpenting untuk berjualan di Instagram adalah memiliki banyak follower tertarget, barang yang sesuai kebutuhan target, jika barang yang Anda jual bisa menyelesaikan masalah atau kebutuhan follower Anda, maka jualan Anda akan laris. Itulah cara jualan di Instagram untuk pemula hingga bisa laris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *