12 Cara Mempertahankan Hubungan Pacaran yang Hampir Putus

cara mempertahankan hubungan ldr

Dalam menjalin suatu hubungan seperti pacaran. Hal yang paling sulit ialah bagaimana cara mempertahankan hubungan tersebut. Memang awal menjalani hubungan pacaran tentu sangat menyenangkan. Seakan dunia ini serasa milik berdua.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kisah suka dan duka akan selalu mengiringi hubungan Anda dan pacar Anda. Terkadang timbul kesalahpahaman yang mana bisa mengakibatkan perselisihan dan pertengkaran.

Oleh sebab itu, jangan biarkan kesalahpaham tersebut melanda hubungan yang sudah kalian jalin. Akan sangat disayangkan jika hubungan yang sudah berjalan bertahun tahun, pada akhirnya harus berakhir dengan perpisahan.

Lalu bagaimana cara menjaga hubungan yang hampir putus?

Tentunya Anda harus mencari solusi dan cara mempertahankan hubungan agar apa yang di komitmenkan dari awal bisa terealisasikan sampai menuju pernikahan yang Anda dan pasangan impikan.

Berikut cara mempertahankan hubungan dengan pasangan yang hampir putus agar tetap langgeng.

1. Perbaiki Komunikasi Kalian

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga hubungan pacaran agar bisa sampai menikah ialah memperbaiki komunikasi. Hal seperti ini biasanya dialami oleh pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh.

Keterbatasan waktu untuk bertemu secara langsung ditambah intensitas komunikasi yang kurang bisa membuat pasangan Anda merasa bosan dengan keadaan seperti ini terus.

Lalu bagaimana solusinya?

Ya, Anda harus bisa memperbaiki komunikasi dengannya. Memang kendalanya Anda tidak bisa bertemu secara langsung. Sehingga hanya bisa mengandalkan handphone untuk berkomunikasi.

Namun Anda patut bersyukur, perkembangan teknologi yang kian maju tentu semakin membantu Anda untuk lebih mudah berkomunikasi. Bandingkan dengan orang jaman dulu yang hanya bisa kirim-terima surat. Itu pun datangnya bisa berminggu-minggu.

Meskipun Anda tidak bisa menyentuh secara fisik, setidaknya Anda bisa saling bertatap muka dengan video call. Hal ini tentunya memberikan sedikit rasa puas bisa melihat mimik wajah masing-masing.

Selain itu, Anda berdua harus saling mengerti kesibukan masing masing. Karena terkadang ada orang yang tidak mau tau, meskipun pacarnya sedang sibuk tapi tetap harus menghubunginya setiap saat.

Semisal Anda bekerja di luar pulau, berikan pengertian padanya. Katakan bahwa Anda bekerja jauh-jauh untuk mengumpulkan uang demi masa depan Anda berdua. Dengan begitu dia akan merasa sangat senang mendengarnya.

Untuk lebih lengkapnya tentang menjalani hubungan LDR, baca 17 tips ampuh pacaran jarah jauh biar awet dan tidak mudah bosan

2. Tunjukkan Perhatian Padanya

berikan dia perhatianHal lain yang membuat seorang kekasih minta putus ialah kurangnya mendapat perhatian. Mungkin saja ini sedang dialami oleh pasangan Anda saat ini.

Kurangnya perhatian dan kasih sayang kadang bisa menjadi penyebab pasangan perselingkuhan. Jangankan Anda yang statusnya masih pacaran. Mereka yang sudah berkeluarga saja sering terjadi kasus perselingkuhan akibat kurangnya perhatian dari salah satu pasangan.

Entah kenapa kejadian semacam ini banyak dialami wanita. Dan parahnya, pria pasangannya tidak menyadari akan hal itu. Mungkin karena sibuk dengan pekerjaannya atau sedang asyik dengan dunianya sendiri.

Pada akhirnya kurang mendapat perhatian kadangkala membuat pasangan sering marah-marah tidak jelas, tiba-tiba suka curigaan dan bertingkah aneh lainnya.

Jika Anda mau mengerti, sebenarnya dia melakukan hal tersebut karena ingin mencari perhatian dari Anda.

Oleh sebab itu, cobalah untuk menyadarinya. Jika Anda ingin mempertahankan dia, berikan perhatian lebih padanya.

Perhatian bukan hanya dengan mengirim chat singkat seperti “lagi apa”, “sudah makan belum”, “lagi kerja ya” dan pertanyaan lain yang cenderung garing dan membosankan.

Perhatian yang dia inginkan ialah Anda harus lebih peduli dengannya. Misalnya ketika dia punya masalah, setidaknya jadilah orang pertama yang siap membantunya. Kalaupun Anda tidak bisa membantu, setidaknya jadilah pendengar yang baik saat dia ingin curhat tentang masalahnya.

Atau Anda bisa bertanya tentang hal-hal yang ia sukai saat ini. Disamping itu, cobalah untuk nyambung saat dia membicarakan apa yang ia suka. Walaupun dalam hati Anda tidak menyukainya.

Di samping itu, jangan pelit memberi dia pujian dengan sedikit kata-kata romantis. Sedikit saja pujian yang keluar dari mulut Anda, tentu akan membuatnya merasa bahagia dan berarti.

Baca juga : 10 Ciri-ciri pasangan selingkuh

3. Sesekali Berikan Dia Kejutan Kecil

Berpacaran tentu akan membosankan jika tidak ada variasi sama sekali. Misalnya gaya pacaran Anda hanya ngobrol lewat chat, ketemuan, jalan-jalan, makan, kemudian kembali chat-chatan lagi.

Beberapa orang yang menjalin hubungan seperti ini terkadang mengalami kebosanan. Karena hanya begitu-begitu saja.

Untuk itu, cobalah sesekali berikan ia kejutan agar hubungan kalian lebih hidup. Memberikan kejutan tidak harus menunggu saat ulang tahunnya bukan. Contohnya Anda datang tepat saat malam ulang tahunnya dengan membawa kue ulang tahun.

Atau Anda tiba-tiba datang terus memberikan sekuntum bunga padanya. Memang sih para wanita sangat suka dengan bunga, apalagi kalau yang di kasih bunga bank.. hehehehe

Maksud saya daripada memberi bunga yang mana kurang bermanfaat karena setelah layu nantinya juga akan dibuang. Lebih baik jika Anda memberikan kejutan yang bermanfaat untuknya.

Sebagai contoh, ketika pasangan Anda sibuk bekerja dan tidak sempat makan siang, Anda bisa memberi kejutan dengan memesankan makanan untuknya.

Suprise lain yang bisa Anda kasihkan ke dia ialah membelikan barang yang ia butuhkan sebelum dia sempat membeli.

Misalnya dia mengeluh karena mouse komputernya rusak sehingga dia tidak bisa kerja. Nah Anda bisa tuh membelikan mouse untuknya. Dengan begitu dia akan merasa bahwa Anda selalu memperhatikannya.

4. Coba Ubah Kebiasaan Lama

Mungkin ada yang salah dengan kebiasaan Anda yang membuatnya berubah sikap terhadap Anda. Entah itu karena Anda sering ngaret, jarang nepati janji, gampang emosian, kasar, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, cobalah untuk instropeksi diri terlebih dahulu. Ingat-ingat apa yang dia tidak suka dengan kebiasaan buruk Anda.

Jika Anda sudah menemukannya, segera ubah kebiasaan lama tersebut. Siapa tau dengan perubahan sikap Anda, dia juga akan kembali bersikap seperti semula dan hubungan kalian akan baik-baik saja.

5. Bersikaplah Terbuka Satu Sama Lain

Cara mempertahankan hubungan berikutnya ialah mencoba untuk bersikap terbuka satu sama lain.

Jika selama ini Anda lebih sering bersikap tertutup padanya, sementara dia sudah berusaha terbuka, berarti Anda bersikap tidak adil.

Apa salahnya dia tau tentang kehidupan Anda secara mendetail. Entah itu tentang pekerjaan, orang tua, tempat tinggal, dan lain-lain. Toh, jika memang Anda berjodoh dengannya, suatu saat dia akan tahu semuanya.

Jadi, jangan tutupi apapun selagi hal itu masih wajar. Karena gaya pacaran sehat adalah mereka yang mau terbuka satu sama lainnya.

6. Berikan Dia Kepastian

Namanya orang pacaran tentu butuh yang namanya kepastian. Ketika Anda sampai saat ini tidak bisa memberikan gambaran yang jelas tentang arah hubungan kalian, jangan kaget jika pacar Anda kecewa dan mungkin saja minta putus.

Dia mungkin berpikir bahwa Anda hanya mempermainkannya. Karena ketika dia serius bertanya, Anda tidak bisa memberikan kepastian. Sementara dia tidak ingin hanya menjalin hubungan tidak serius.

Oleh sebab itu, berikanlah dia kepastian tentang hubungan yang kalian jalani. Jika alasan Anda karena orang tua belum merestui. Ya, Anda harus bisa meyakinkan orang tua Anda bahwa pasangan yang Anda pilih adalah yang terbaik bagi Anda. Ini adalah bagian dari cara memperjuangkan cinta.

7. Terimalah Kekurangan Masing-Masing

Cara agar pacaran langgeng ialah harus bisa menerima kekurangan masing-masing. Sebaliknya, jika salah satu diantara Anda berdua ada yang tidak mau menerima kekurangan pasangan, maka hubungan kalian tidak akan bertahan lama.

Cara menerima kekurangan dari pasangan Anda sangatlah mudah. Semisal Anda menganggap bahwa masih banyak cewek yang lebih cantik daripada pacar Anda. Untuk menyikapi itu, lihatlah kelebihan lain darinya.

Contohnya dia bertubuh tinggi dan langsing. Serta memiliki kepribadian baik dan tidak matre. Percuma punya cewek cantik tapi suka morotin pacar. Benar gak?

Intinya, cara mempertahankan hubungan itu jangan hanya mencari-cari kekurangannya tapi perbanyaklah melihat kelebihan yang ada padanya.

8. Hargai Privasi Masing-Masing

Jangan beranggapan bahwa ketika Anda menjadikan dia kekasih, berarti Anda bisa mengatur dia seenaknya. Kalian belumlah menjadi sepasang suami istri. Jadi untuk saat ini hargailah privasi masing-masing.

Karena bagaimanapun, baik Anda atau pun pasangan pasti masih memiliki rahasia yang tidak ingin diketahui walaupun oleh pacarnya sendiri.

Oleh sebab itu, diskusikan pada pasangan tentang batasan-batasan apa yang mesti di patuhi dalam jalinan kasih kalian.

Contoh kecilnya saja tentang akun media sosial. Jika pacar Anda tidak mau memberitahukan paswordnya pada Anda, sebaiknya Anda jangan memaksa. Karena itu masih dalam lingkup privasinya.

Atau Anda tidak suka jika dia mengungkit-ungkit masa lalu Anda dengan mantan. Sebaiknya bilang secara halus padanya bahwa Anda tidak begitu suka membicarakan masa lalu. Anggap saja masa lalu itu untuk di kenang dan jika perlu dilupakan.

Dengan saling menghargai privasi masing-masing, entah itu tentang pekerjaan, keuangan, barang pribadi dan lain lain. Tentunya hubungan kalian akan lebih sehat dan harmonis.

9. Jangan Mau Menang Sendiri Ketika Terjadi Pertengkaran

Pertengkaran dengan pasangan adalah hal yang wajar. Kata orang itu dianggap sebagai bumbu pemanis dalam suatu hubungan.

Namun ketika Anda bersikap arogan atau maunya menang sendiri, tidak mau disalahkan, merasa paling benar dan memaksa pasangan yang harus mengalah saat sedang terjadi pertengkaran.

Maka, hubungan tersebut mungkin tidak akan bisa bertahan lama. Siapa yang kuat menghadapi sikap Anda yang seperti itu.

Timbulnya pertengkaran bagi orang yang berpacaran sebenarnya bisa membuat ikatan cinta itu semakin kuat loh. Tapi hal itu terjadi jika masing masing dari Anda mau menyadari kesalahan dan saling mengalah satu sama lain.

Oleh sebab itu, jadikan pertengkaran sebagai cara mempertahankan hubungan agar lebih kuat dan langgeng hingga bisa menuju pernikahan bukan perpisahan.

10. Ingatkan Momen Romantis Kalian

menjaga hubungan pacaranKetika Anda merasa hubungan dengan pacar sulit dipertahankan karena terlalu banyaknya masalah. Gunakan cara mempertahankan hubungan yang bisa membuatnya mengenang indahnya jalinan cinta kalian.

Coba ingatkan kembali momen-momen romantis kalian berdua. Mulailah dari pertama kali kalian bertemu. Bagaimana cara Anda mengajak dia berkenalan. Selanjutnya ajak dia mengingat saat-saat kalian PDKT atau ketika kencan pertama.

Ketika dia mulai hanyut dengan momen romantis kalian, katakan bahwa Anda masih sangat mencintainya dan tidak ingin berpisah darinya. Jika dia memang masih memiliki perasaan sayang pada Anda, tentu dia juga tidak mau putus dari Anda.

11. Ajak ke Tempat yang Belum Pernah di Kunjungi

Setelah berhasil meyakinkan dia bahwa Anda masih mencintainya sepenuh hati. Ada baiknya Anda rencanakan untuk mengajaknya jalan-jalan. Kalian pasti butuh refreshing setelah banyak masalah yang menimpa hubungan kalian.

Ajaklah dia ke tempat menarik yang dia suka. Usahakah carilah tempat yang belum pernah di kunjungi. Mungkin Anda pernah mendengar dia pengen ke pantai atau ke tempat top shefie misalnya. Anda bisa mengajaknya kesana tanpa memberitahunya agar dia surprise.

12. Evaluasi Hubungan dan Buat Komitmen Baru

Langkah terakhir dalam upaya menjaga hubungan agar tetap langgeng dan bisa bertahan sampai nikah, sebaiknya Anda ajak ia ngobrol serius. Usahakan obrolan ini saat suasana hati Anda dan dia sedang tenang dan tidak ada masalah yang mengganggu.

Ajak dia untuk mengevaluasi hubungan kalian sampai saat ini. Cobalah untuk bersikap terbuka dengan mengeluarkan unek-unek diantara kalian. Misalnya apa yang Anda tidak suka dari dia. Begitu juga sebaliknya.

Selanjutnya, buatlah komitmen baru untuk hubungan yang lebih serius. Dengan begitu dia akan lebih yakin kepada Anda.

Melakukan PDKT sampai bisa mendapatkan cintanya sebenarnya mudah bukan. Yang sulit tentu saja cara mempertahankan hubungan pacaran sampai menikah. Jika Anda bisa melewatinya, pada akhirnya akan menjadi sesuatu yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *