Mengejutkan! 12 Jenis Hobi yang Menghasilkan Uang Banyak

hobi yang menghasilkan uang banyakSudah sejak lama jika hobi seseorang bisa mengantarkannya menjadi orang kaya dan sukses. Salah satu hobi yang menghasilkan uang diantaranya hobi dari berbagai macam olahraga. Contohnya sepak bola, dimana mereka yang menjadi pemain sepak bola profesional, menggantungkan hidupnya dari hobinya tersebut.

Dijaman yang semakin maju ini, hampir semua hobi bisa menghasilkan uang. Namun, jika hobi tersebut membutuhkan sebuah keterampilan yang mumpuni. Contohnya para atlet olahraga profesional. Tentu tidak cukup hanya sekedar hobi saja. Tapi butuh ketekunan dan kerja keras agar hobinya tersebut bisa mengantarkan mereka menjadi orang yang sukses.

Bagi Anda yang tidak gemar olahraga, Anda tidak perlu khawatir. Karena masih banyak hobi yang menghasilkan uang bahkan dari kehidupan sehari-hari saja. Tanpa Anda sadari, sebenarnya hobi yang Anda yang terlihat sepelr ternyata jika dilakukan dengan benar malah bisa menjadi hobi yang menghasilkan rupiah.

Kalau tidak percaya, baca terus artikel ini sampai selesai. Siapa tahu salah satu diantaranya merupakan hobi yang sering Anda lakukan selama ini.

Berikut ini hobi yang menghasilkan uang banyak dan bagaimana cara memulainya berdasarkan hobi tersebut.

1. Hobi Menggambar

hobi menggambar yang menghasilkan uangJika Anda memiliki hobi menggambar, entah itu menggambar anime, kartun, doodle atau gambar abstrak. Anda bisa menghasilkan uang dari kemampuan Anda tersebut.

Namun sebelum menjual gambar Anda, sebaiknya asah terus skill Anda agar menghasilkan gambar yang baik. Terutama belajarlah untuk mendesain gambar lewat komputer. Karena banyak cara menghasilkan uang dari internet hanya dari menggambar.

Bagaimana caranya hobi menggambar bisa menghasilkan uang?

Caranya adalah dengan menjual desain website, logo, icon, desain kaos, gambar digital untuk website, lukisan, dan lain-lain.

Namun untuk saat ini, yang paling bisa menghasilkan banyak uang adalah desain dan logo. Jika Anda suka menggambar, Anda harus bisa membuat desain dan logo yang bagus di komputer.

Lalu cara menjualnya bagaimana?

Anda bisa mendaftarkan diri Anda ke fiverr.com untuk menjual jasa pembuatan desain dan logo. Untuk 1 logo rata-rata Anda bisa menjualnya sebesar 15 dolar, atau sekitar Rp 230.000, cukup lumayan bukan. Apabila logo Anda sangat bagus, maka Anda bisa menjualnya lebih mahal lagi.

Atau Anda juga bisa ikut kontes desain grafis di 99disegns.com, Di situs tersebut sering diadakan kontes menggambar lewat komputer untuk pembuatan logo sebuah perusahaan atau produk tertentu.

Untuk hadiahnya bervariasi, Anda bisa mendapat hadiah uang sebesar $299 hingga $1.200. Sangat besar bukan, Jika Anda sudah banyak memenangi kontes, Anda malah bisa langsung dihubungi klien untuk membuat desain logo untuk perusahaan atau produk mereka.

Baca juga : 7 Peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi

2. Hobi Bermain Game

Orang yang bermain game terus menerus hingga lupa waktu biasanya dipandang rendah oleh orang lain. Karena menganggap bahwa hobi ini tidak berguna dan membuang-buang waktu..

Jika Anda hanya bermain game dan tidak menghasilkan apapun, maka yang mereka katakan benar “ANDA HANYA MEMBUANG WAKTU”.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang dari bermain game?

Cara pertama adalah menjadi konten kreator di Youtube.

Tahukah Anda bahwa sekarang pengguna Youtube semakin banyak. Hal ini tentu bisa menjadi ladang penghasilan bagi Anda yang menyukai game. Lihat saja gamer profesional seperti Dyland Pros, Jess No Limit, Kimi Hime dan Miawaug. Mereka semua bisa mendapatkan kekayaan dari bermain game dan menguploadnya di Youtube.

Bahkan Jess No Limit bisa membeli mobil sport di umurnya yang masih muda. Itu semua berkat hobinya bermain game.

Anda bisa mengikuti jejaknya. Namun sebelum itu, asah kemampuan main game Anda. Kalau perlu ikuti turnamen game online yang diadakan baik untuk skala daerah atau nasional. Sehingga Anda makin dikenal oleh gamer-gamer yang lain.

Selanjutnya, Setiap kali Anda bermain game. Usahakan untuk merekam permainan Anda dan berikan komentar-komentar yang lucu sehingga orang yang melihat permainan Anda bisa terhibur. Setelah itu upload secara berkala ke Youtube.

Apabila Anda sudah rutin upload setiap hari, maka lama-kelamaan subscriber Anda akan bertambah. Anda bisa memonetize channel Youtube Anda dengan Google Adsense. Anda juga bisa menjual peralatan gaming melalui deskripsi di setiap video Anda.

Rekomendasi Artikel : 

15 Jenis peluang bisnis online terbaru dengan modal kecil

3. Hobi Memasak

hobi memasak menghasilkan uangKalau hobi yang satu ini sudah jelas masuk kategori hobi yang menghasilkan uang banyak. Kalau untuk yang kelas atas, Anda bisa menjadi koki terkenal seperti chef Juna.

Namun, kita tidak perlu membahas yang terlalu tinggi. Kita bahas saja untuk keseharian kita saja. Tapi sebelum itu, saya mau Tanya. Anda hobi memasak apa?

Karena ada banyak sekali jenis hobi memasak. Seperti memasak makanan sehari-hari, membuat kue rumahan, membuat jajanan tradisional dan modern.

Jika Anda hobi memasak makanan sehari hari seperti lauk pauk dan lain sebagainya, Anda bisa membuka warung makan atau merintis usaha catering rumahan.

Jika Anda hobi memasak berbagai macam kue, Anda bisa memulai usaha kue rumahan dengan menitipkan kue Anda ke toko orang, membuka toko kue sendiri atau menjualnya lewat media sosial.

Selain itu, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuat channel Youtube. Anda bisa merekam semua proses memasak Anda setiap hari yang diupload ke Youtube.

Disana Anda juga bisa berbagi resep masakan atau tips memasak yang enak. Ketika banyak yang menonton, maka tidak butuh waktu lama Anda akan segera mendapatkan hasilnya.

Simak juga : Cara sukses memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil

4. Hobi Koleksi Mainan

Mungkin agak jarang dari Anda yang koleksi mainan. Seperti kartu yu-gi-oh atau action figure

Koleksi mainan yang paling menguntungkan adalah action figure. Action figure adalah patung miniatur dari tokoh film atau anime.

Tahukah Anda jika action figure limited edition harganya akan terus naik?

Apabila Anda suka membeli action figure limited edition. Anda bisa membelinya ketika baru keluar dan menjualnya dengan harga tinggi ketika barangnya sudah habis,

Cara strategi pemasaran biasanya lewat online dengan memanfaatkan channel Youtube, Instagram, marketplace dan komunitas pecinta mainan.

Anda bisa melihat tokoh pengoleksi mainan Indonesia bernama Frans Sanjaya. Dia sangat hobi mengoleksi action figure. Membuat video Youtube tentang unboxing action figure juga membuka toko online di Instagram-nya.

5. Hobi Menulis

hobi menulis yang menghasilkan uangMeskipun banyak orang berpikir bahwa orang Indonesia malas membaca, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Masih ada banyak orang Indonesia yang suka membaca. Entah itu membaca tutorial, cerita, informasi, atau berita.

Jika Anda hobi menulis, Anda bisa mendapatkan uang dari hobi menulis Anda.

Kalau dulu mendapatkan uang dari menulis harus menjadi penulis profesional yang membuat karya sendiri. Kemudian jika ada penerbit yang berminat, maka buku Anda akan diterbitkan. Lihat saja para penulis terkenal di Indonesia seperti Raditya Dika, Tere Liye atau Andrea Hirata. Mereka mendapatkan penghidupan dari buku mereka.

Namun sekarang mendapatkan uang dari menulis tidak harus menerbitkan buku. Ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari tulisan Anda. Terutama lewat internet.

Anda bisa membuat buku elektronik atau ebook dan menjualnya via internet. Baik memasarkan lewat marketplace, media sosial atau situs jual beli buku digital seperti ratakan.com.

Jika Anda tidak mampu membuat ebook, Anda bisa menjadi penulis lepas untuk menulis review produk, deskripsi produk atau artikel di blog orang lain. Atau Anda bisa membuat blog sendiri dan mulai mendapatkan uang dari blog pribadi Anda.

Bagaimana cara dapat uang dari blog, silahkan baca cara mudah menghasilkan uang dari blog untuk pemula.

6. Hobi Membuat Video

Jika Anda suka mengabadikan kehidupan Anda dalam bentuk video, maka kini saatnya Anda menjadikan hobi Anda ini untuk mendapatkan uang.

Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa membuat video dan menguploadnya ke jejaring video Youtube bisa menghasilkan uang. Namun, tentu saja video yang Anda buat haruslah menarik dan disukai banyak orang.

Jika Anda pintar mengedit video, Anda bisa membuat komplikasi video pendek. Namun, usahakan Anda membuat video sendiri dengan tema sesuai kehidupan Anda.

Sudah banyak orang sukses dan terkenal hanya dengan mengunggah video tentang keseharian mereka. Seperti Atta Halilintar dan yang terbaru Baim Wong. Mungkin wajar video mereka banyak yang ditonton karena memang dari awal mereka sudah terkenal.

Tapi jika Anda melihat channel Waton Guyon dengan pemeran utama Pak Ndul, kenyataannya Anda juga bisa mendapatkan jutaan rupiah meskipun awalnya tidak terkenal.

Oleh sebab itu, daripada video Anda cuma tersimpan di memori HP atau laptop. Kenapa tidak Anda unggah di Youtube. Siapa tahu Anda bisa terkenal dan dapat banyak uang dari sana.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak begini cara jadi youtuber yang sukses dan terkenal

7. Hobi Memotret / Fotografi

Anda mungkin sangat suka memotret apa yang Anda lihat bagus untuk dipotret. Mereka yang memiliki jiwa seni tinggi, sebuah cangkir diatas meja pun akan menjadi bagus ketika di potret oleh mereka.

Jika Anda memang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang ini. Tidak ada salahnya Anda menjadi seorang fotografer profesional. Anda bisa membuka jasa foto preweding, pernikahan dan sekaligus membuka studio foto.

Jika Anda belum memiliki modal untuk membukanya, Anda bisa menjual hasil jepretan Anda via internet. Ada banyak situs-situs yang mau membeli foto Anda. Beberapa diantaranya fotolia.com, shutterstock.com, iStockphoto.com dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya situs-situs diatas menawarkan bagi hasil untuk setiap foto yang berhasil dibeli oleh pengunjung situs tersebut.

Baca juga : 11 Cara mudah mencari modal usaha untuk bisnis Anda

8. Hobi Berfoto

Hobi yang menghasilkan uang banyak tidak hanya bagi Anda yang suka memotret. Anda yang suka dijadikan objek potret pun bisa menghasilkan uang.

Contoh yang paling nyata tentu saja para model. Mereka adalah orang-orang yang dibayar mahal dengan jadi objek foto. Namun, mungkin terlalu jauh jika Anda memikirkan hal tersebut. Karena menjadi model butuh kerja keras.

Dengan perkembangan internet yang semakin maju ini, ternyata memberi berkah tersendiri bagi Anda yang hobi foto. Anda bisa menjadi endorse produk tertentu di media sosial yang Anda miliki.

Apalagi jika Anda memiliki banyak pengikut di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Terutama Instagram dimana situs ini memang mengedepankan unggahan foto dan video pendek.

Ketika pengikut atau follower Anda banyak, tanpa menawarkan diri pun, para pemilik produk akan mengajak Anda menjadi endorse untuk produk mereka.

Rekomendasi Artikel : 

8 Cara mendapatkan uang dari Instagram untuk pemula

9. Hobi Jalan-Jalan / Traveling

hobi traveling menghasilkan uangKalau dulu, hobi jalan-jalan atau traveling kebanyakan menghabiskan waktu dan uang. Tapi sekarang, hobi traveling juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah loh.

Kalau Anda pintar membaca peluang, salah satu cara menghasilkan uang dari hobi jalan-jalan adalah dengan menjadi pemandu wisata untuk beberapa tempat yang sering Anda kunjungi.

Disamping itu, Anda juga bisa memotret pemandangan, kultur atau budaya setempat kemudian Anda jual fotonya tersebut secara online.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadi travel blogger dengan menulis apa yang Anda ketahui tentang destinasi wisata yang pernah Anda kunjungi.

10. Hobi Makan

Siapa bilang hobi makan hanya menghabiskan uang. Dij aman sekarang, mereka yang hobi mencicipi berbagai macam kuliner ternyata bisa mendapatkan uang dari hobinya tersebut.

Tentu saja cara menghasilkan uang dari hobi Anda ini ialah lewat internet. Salah satunya Anda bisa mengulas pengalaman makan Anda di blog pribadi Anda.

Atau jika Anda berani merekam saat Anda makan, Anda bisa mengunggahnya di Youtube. Sehingga ketika banyak orang yang nonton, Anda bisa mendapatkan uang dari Google Adsense.

Tak jarang, beberapa restoran bahkan akan menawari Anda untuk bekerja sama. Mereka akan membayar jika Anda mau mengulas makanan dari restoran mereka.Simak juga : 8 Cara mengatasi rasa takut memulai usaha sendiri dari nol

11. Hobi Memelihara Hewan

Kalau hobi memelihara hewan memang sudah menjadi hobi yang menghasilkan uang dari dulu. Contoh paling sederhana saja memelihara ayam di kampung. Anda bisa menghasilkan uang dari menjual telur, anak ayam atau ayam yang sudah dewasa.

Tapi di jaman sekarang, memelihara kucing juga bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan loh. Tentu saja jika kucing yang Anda pelihara memiliki harga jual tinggi. Beberapa diantaranya seperti kucing persia, kucing angora, kucing bengal dan ras kucing mahal lainnya.

Selain kucing, hobi memelihara burung kicau juga sangat menjanjikan. Burung yang sudah jadi, biasanya memiliki harga jual yang sangat tinggi. Beberapa burung kicau seperti love bird, murai batu, kacer dan cucak rowo bahkan bisa di ternakkan. Sehingga anda mengembang biakkan serta mendapatkan tambahan hasil dari beternak burung kicau.

Budidaya ikan juga memiliki potensi yang cukup besar. Jadi bagi anda yang gemar memelihara ikan. Tidak ada salahnya ternak ikan lele atau ikan nila untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Rekomendasi Artikel :

Peluang usaha ternak modal kecil paling menguntungkan

12. Hobi Berkebun

Bisanya berkebun atau bercocok tanam memang sering dijadikan sebagai sebuah pekerjaan. Namun terkadang ada orang yang menjadikannya sebagai hobi. Mereka yang hobi berkebun biasanya melakukannya di halaman rumahnya yang kosong. Sekedar untuk mengisi waktu.

Tapi apa salahnya mengisi waktu luang Anda untuk menghasilkan uang dari hobi Anda berkebun. Contohnya saja jika Anda sekarang sedang menyukai menanam sayuran dengan cara hidroponik.

Yang perlu Anda tau, tanaman hasil hidroponik sangat disukai orang-orang kota yang sedang menerapkan gaya hidup sehat. Dimana tidak ada campuran bahan kimia dalam konsumsi sayuran mereka.

Anda bisa memperbanyak tanaman hidroponik Anda dan mulai menjualnya. Baik itu lewat offline maupun online. Misalnya Anda menjualnya di grup jual beli tanaman hidroponik di Facebook. Dengan begitu hobi berkebun Anda pun bisa menghasilkan uang.

Kesimpulan :

Setelah Anda membaca artikel diatas, apakah sekarang ada pikiran menjadikan hobi Anda untuk mendapatkan uang. Jika ya, mulailah dari sekarang sebelum terlambat. Karena hobi yang menghasilkan uang tentu akan lebih terasa menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *