12 Peluang Usaha Modal 500 Ribu Kebawah Bagi Para Pemula

usaha modal 500 ribuDalam memulai sebuah bisnis, kebanyakan orang cenderung memikirkan masalah modal. Mereka beranggapan bahwa jika ingin membuka usaha harus dengan modal yang besar. Hal ini membuat mereka mengurungkan niatnya dan menunggu sampai modalnya terkumpul. Padahal, dijaman sekarang ini, banyak peluang usaha dengan modal kecil yang cukup menjanjikan. Tak perlu sampai memikirkan angka jutaan karena masih ada usaha modal 500 ribu yang bisa anda coba sekarang juga.

Mungkin anda ragu, modal 500 ribu bisa buat apa? Jangan salah, dimasa sekarang ini. Meskipun ekonomi semakin sulit, Masyarakat cenderung lebih konsumtif. Oleh karenanya, anda harus jeli melihat peluang ini. Daripada uang 500 ribu anda habiskan cuma-cuma, mending dijadikan modal untuk buka usaha kecil-kecilan.

Jangan khawatir jika anda bingung pengen usaha apa. Artikel saya ini mungkin dapat membantu para pemula bisnis yang ingin membuka usaha modal 500 ribu dengan keuntungan yang menggiurkan.

Berikut 12 usaha modal 500 ribu yang bisa anda pilih sesuai dengan minat dan keahlian anda.

1. Jualan Pulsa

Sampai sekarang jualan pulsa adalah salah satu pilihan jenis usaha yang tidak ada matinya. Malah cenderung semakin berkembang. Memang saingan untuk bisnis ini sangat ketat namun anda tidak perlu risau. Anda tidak perlu buru-buru berfikir bahwa usaha jualan pulsa harus dengan membuka gerai counter yang pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Jualan pulsa sebenarnya adalah usaha paling mudah yang bisa anda kerjakan dimana saja. Selagi anda memiliki telepon seluler. Anda tinggal mendaftar ke agen pulsa terpercaya yang biasanya sudah bisa anda dapatkan hanya dengan modal 500 ribu.

Untuk target konsumen, anda bisa melayani kebutuhan pulsa kerabat terdekat, tetangga atau rekan sekantor. Sampaikan dari mulut ke mulut atau lewat pesan singkat bahwa anda sekarang berjualan pulsa.

Keuntungan dalam berjualan pulsa memang tidak banyak. Namun jika anda rutin mendapatkan pembeli setiap harinya ternyata keuntungannya lumayan loh. Makanya, kunci sukses bisnis satu ini terletak pada diri anda, jika anda bersikap ramah dan memiliki banyak teman, mereka tidak akan segan untuk membeli pulsa pada anda.

2. Menerima Pesanan Kue

Usaha modal 500 ribu berikutnya adalah menerima pesanan kue. Namun, perlu keahlian anda dalam membuat aneka macam kue kering maupun basah. Jadi, usaha ini sangat cocok bagi anda yang hobi membuat kue. Target konsumen anda adalah mereka yang suka memesan kue untuk acara arisan, ulang tahun, syukuran atau rapat. Jadi, anda hanya membuat kue saat ada pesanan dari pelanggan.

Uang 500 ribu bisa anda pergunakan untuk membeli peralatan pembuat kue seperti oven, Loyang kue, pengocok adonan, ayakan dan piping pag. Sementara untuk bahan-bahan kue bisa anda beli setelah menerima DP dari para pemesan kue anda.

Anda bisa menawarkan usaha anda dengan menyampaikannya kepada keluarga, tetangga dan teman-teman. Tidak ada salahnya untuk mempromosikannya lewat media sosial. Selain menerima pesanan kue, ada baiknya anda menitipkan jajanan kue anda ke beberapa warung didaerah tempat tinggal anda. Itung itung untuk menambah penghasilan dan sebagai ajang promosi. Siapa tau ada orang yang akhirnya memesan kue pada anda setelah membelinya diwarung tersebut.

Baca juga : 10 Jenis Usaha Di Bulan Ramadhan Dijamin Menguntungkan

3. Jualan Sosis, Nugget dan Pentol Kuah

Ini dia bisnis rumahan yang menjanjikan hanya dengan modal dibawah 500 ribu yang biasanya cocok untuk ibu rumah tangga. Alat peralatannya cukup sederhana yakni peralatan penggorengan yang pastinya sudah anda punyai. Daripada hanya nganggur dirumah mendingan coba jualan sosis, nugget atau pentol kuah.

Calon pembeli anda adalah tetangga diseputaran komplek yang kebanyakan anak-anak. Mereka sangat suka makanan seperti sosis dan nugget. Omset jualan ini cukup lumayan terutama pentol kuah yang hanya membutuhkan bahan dasar tepung kanji dan sedikit daging sapi atau ayam. Sementara anda bisa menjualnya 4000-5000 rupiah per porsinya.

4. Jualan Gorengan

usaha modal 500 ribu jualan gorengan murah meriah

Jika sudah membicarakan tentang kuliner Indonesia. Gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat yang murah meriah. Makanya di sepanjang jalan manapun, entah didesa atau dikota banyak bertebaran penjual gorengan yang menjual aneka macam gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, bakwan, risoles dan lain-lain.

Oleh sebab itu, jika anda mencari usaha modal 500 ribu yang bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Tidak ada salahnya anda mencoba usaha ini. Anda bisa buka usaha sendiri didepan rumah. Namun, jika ingin mendapat keuntungan lebih banyak. Sebaiknya berjualanlah ditempat yang ramai orang sehingga akan lebih banyak mendatangkan pembeli. Apalagi jika gorengan anda enak, pembeli tidak akan ragu untuk terus kembali untuk membeli gorengan ditempat anda. Jika anda ingin mendapatkan resep gorengan yang super enak, anda bisa mengeceknya di cookpad.com

5. Jualan Minuman Dingin

Selain gorengan, anda bisa sekalian berjualan minuman dingin. Modalnya tidak besar kok, anda tidak perlu sampai menyediakan kulkas segala. Cukup dengan membeli gabus yang diisi dengan es batu sudah bisa anda gunakan untuk menyajikan minuman dingin baik yang sudah kemasan atau yang anda buat sendiri.

6. Membuka Warung Kopi

Membuka warung kopi disini bukanlah sebuah kafe tempat tongkrong karena modal anda hanya 500 ribu. Cukup bukalah warung kopi kecil-kecilan berupa lesehan. Anda sendiri tahu, kopi menjadi minuman yang sudah seperti tradisi di Indonesia mulai dari kalangan atas sampai ke bawah. Bahkan sampai ada yang bilang bahwa “kalau belum ngopi rasanya kurang lengkap”.

Karena modal yang minim, untuk sementara peralatan seperti kompor, tempat rebus air, gelas, sendok dll bisa anda gunakan dulu yang ada dirumah. Sehingga modal bisa anda gunakan untuk membeli keperluan lain. Salah satunya spanduk untuk menunjukkan kepada para pembeli bahwa anda memang jualan kopi. Selain itu, lengkapi warung kopi anda dengan berbagai macam cemilan sebagai pelengkap orang-orang yang sedang menikmati kopi.

Baca juga : 7 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Usaha Agar Cepat Berkembang

7. Jualan Makanan di Pagi Hari

Apakah anda pintar memasak? Jika ya, jualan makanan dipagi hari menjadi usaha modal 500 ribu yang cocok untuk anda coba. Apalagi jika anda tinggal dikota yang mana kebanyakan para pekerja tidak sempat membuat sarapan dirumah dan memilih untuk membeli makanan di luar. Hal ini menjadi kesempatan bisnis yang cukup menggiurkan untuk anda.

Jika anda tidak cukup modal untuk menyewa tempat dipinggir jalan, anda masih bisa berjualan dirumah dengan memanfaatkan teras atau halaman rumah anda. Makanan yang dijual antara lain bubur ayam, nasi kuning, dan lontong sayur. Untuk membeli bahan seperti beras, ayam, sayur, dan lainnya bisa disesuaikan dengan bujet modal anda. Toh usaha anda masih baru jadi tidak perlu terburu-buru memasak dalam jumlah yang banyak.

Jika anda tidak pandai memasak namun tetap pengen jualan, anda bisa belajar memasak dengan mengambil resep disini.

8. Kerajinan Tangan dengan Barang Bekas

usaha modal 500 ribu dengan kerajinan tangan

sumber gambar via fatinia.com

Kita tinggalkan dulu tentang usaha kuliner. Bagi anda yang memiliki jiwa seni, ada usaha dengan modal 500 ribuan kebawah yakni dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Barang bekas yang bisa anda olah menjadi sumber penghasilan antara lain botol bekas, kardus, Koran, CD atau ban mobil yang bisa anda dapatkan dengan harga murah. Dengan ide kreatif ditambah jiwa seni anda, seharusnya tidak sulit untuk mengubah barang-barang bekas tersebut menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

9. Menjadi Blogger

Mencari uang bukan memulu harus dengan berjualan dan berinteraksi dengan banyak pembeli diluaran. Sekarang sudah banyak orang beralih untuk mencari uang lewat internet. Kebutuhan informasi di era yang sudah modern ini semakin tak terbendung. Ketika seseorang tidak bisa menemukan jawaban dari apa yang ia cari, pada akhirnya dia akan mencarinya di internet. Dengan mengetik kata kunci di pencarian google, dia akan langsung mendapatkan jawabannya dari beberapa situs yang ada dihalaman satu google.

Nyatanya situs yang memberikan informasi kepada anda ini juga mengharapkan mendapat upah dari hasil jerih payahnya menyajikan sebuah informasi. Mereka inilah yang disebut dengan blogger. Memang dia tidak mengharap bayaran dari anda yang memang niatnya hanya mencari informasi. Namun, tahukah anda bahwa blogger bisa menerima gaji puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulannya.

Jadi, jika anda hobi menulis, tidak ada salahnya anda menggeluti profesi ini. Kabar baiknya menjadi blogger tidak membutuhkan modal yang besar bahkan tanpa modal sekalipun anda sudah bisa membuat blog dengan memanfaatkan platform gratisan seperti blogger.com. Meskipun gratis, situs milik google ini tetap bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan loh. Buktinya, Linda ikeji sanggup menghasilkan milyaran rupiah hanya dengan menggunakan blog gratisan.

Namun, untuk menjadi lebih profesional, sebaiknya anda membuat blog yang sudah self-hosted yang mana bisa anda dapatkan dengan modal sekitar 500 ribuan. Dalam mengembangkan blog, anda bisa belajar dari banyak situs yang bertebaran diinternet. Beberapa situs yang saya rekomendasikan sebagai tempat belajar antara lain.

  • Blogodolar.com
  • Sugeng.id
  • Juragancipir.com
  • Panduanim.com
  • Klikmania.com
  • Strukturkode.com

Baca juga : Rahasia Menjadi Orang Kaya Dengan 12 Cara Sederhana

10. Menjadi Penulis Lepas

Jika anda merasa terlalu ribet untuk membangun dan mengelola sebuah blog. Anda tidak perlu khawatir, masih ada cara mendapatkan uang dari hobi menulis anda yaitu menjadi penulis lepas atau istilah kerennya freelancer. Saking banyaknya situs yang memberikan informasi kepada para pembaca online, hal ini menyebabkan mereka berlomba-lomba membuat dan memperbanyak artikel di situs masing-masing.

Kenyataannya menulis sendiri pasti membuat mereka keteteran. Sehingga mereka membayar orang lain untuk menuliskan artikel disitus mereka. Biasanya ini berlaku untuk situs-situs yang sudah besar sehingga mereka bisa fokus untuk lebih membangun blog.

Beberapa situs yang terbukti membayar artikel yang dibuat orang lain menurut peringkatblogger.com antara lain :

  • Babe.news
  • Jalantikus.com
  • Idntimes.com
  • Brilio.net
  • Uc News
  • Mojok.co
  • Basabasi.co

Dengan menjadi penulis lepas, modal usaha gratis sudah pasti, malah anda akan mendapat bayaran dari setiap artikel yang sudah diterima oleh situs-situs diatas.

11. Menjadi Seorang Dropship/Reseller

Usaha modal 500 ribu lainnya dari internet adalah menjadi dropship atau reseller. Apa itu dropship? Ialah orang yang menjualkan barang melalui metode jual beli online tanpa perlu stok barang ataupun proses pegiriman. Dalam system ini seorang dropship hanya memposting foto barang dari supplier yang bertindak sebagai pemasok barang.

Bisa dibilang dropship merupakan peluang usaha tanpa modal sama sekali. Karena anda tidak akan mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa mengambil keuntungan sendiri dengan cara memasang harga melebihi harga yang dipatok supplier. Misalnya supplier meminta harga 100 ribu untuk sebuah baju, anda bisa menjualnya dengan harga 50 ribu. Jika dalam sehari anda mampu menjual 10 baju, maka anda bisa mendapat penghasilan 500 ribu rupiah. Dalam sebulan anda bisa menghitung sendiri berapa pendapatan yang akan anda dapatkan.

Namun, untuk menjadi dropship yang sukses tidaklah mudah. Oleh sebab itu, meskipun usaha dropship nyaris tanpa modal, uang 500 ribu yang anda punyai bisa anda pakai untuk investasi ilmu. Banyak para master yang sudah sukses didunia online mau mengajarkan ilmu dengan harga yang bisa dibilang murah. Salah satunya Rico Huang dari pasukanalona.com.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

12. Driver Ojek Online

Masih bingung usaha apa dengan modal 500 ribu? Anda tidak pandai memasak sehingga malas jualan kuliner. Anda pun tidak memiliki bakat seni sehingga membuat kerajinan tangan rasanya tidak mungkin. Sementara untuk berkecimpung didunia online masih ragu dan gaptek. Apakah anda memiliki motor dan HP android? Jika ya, bagaimana dengan ojek online?

Usaha yang satu ini sedang ngetrend dalam 2 tahun terakhir. Tidak ada salahnya anda mencoba menjadi driver ojek online. Jika anda berminat, anda bisa mendaftarkan ke layanan ojek berbasis online seperti Go-jek, Grap atau Uber yang sudah memiliki nama besar dan kepercayaan dimata masyarakat Indonesia. Untuk syarat dan pendaftarannya dari ketiga layanan ojek tersebut bisa anda cek disini.

Untuk biaya pendaftaran tidak sampai menghabiskan modal anda. Palingan hanya 100-150 ribu untuk top up saldo. Sementara untuk helm dan jaket bisa anda cicil per/hari yang langsung dipotong dari hasil kerja anda ketika mendapat orderan.

Bagaimana untuk penghasilan? Jik anda bisa memenuhi target yang ditetapkan oleh perusahaan ojek online, misalnya 15 penumpang perhari, anda akan mendapatkan bonus yang lumayan besar. Bahkan beberapa teman saya mengatakan bisa meraup penghasilan 6 juta rupiah selama satu bulan.

Ternyata usaha modal 500 ribu tidak hanya memberikan keuntungan dalam jumlah recehn. Anda pun bisa menjadikan uang lima ratus ribu sebagai jalan untuk meraih kesuksesan. Yang terpenting dalam berbisnis bukanlah modal yang anda punya, namun lebih kepada bagaimana cara anda merintis usaha tersebut secara benar agar hasilnya juga bisa maksimal. Cobalah beberapa usaha modal 500 ribu diatas sesuai dengan minat dan hobi anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *