12 Tips Menabung Meskipun Dengan Gaji Pas-Pasan

13 tips menabung meskipun dengan gaji kecilMembicarakan tentang menabung bukanlah hal yang asing lagi. Sejak kecil, kita pasti diajari orang tua untuk terbiasa dalam menabung. Tips menabung yang diajarkan pun dengan berbagai macam cara seperti menabung dicelengan, menyimpannya di lipatan baju, diselipkan dihalaman buku sampai membayar iuaran tabungan wajib sekolah. Semua itu dilakukan demi kebaikan kita agar tidak terbiasa hidup boros.

Namun, saat kita sudah dewasa dan telah bekerja, ajaran orang tua kita dalam menabung untuk masa depan seolah sirna. Entah kenapa rasanya berat sekali membiasakan diri menyisihkan penghasilan untuk dijadikan tabungan. Padahal banyak sekali manfaat menabung yang bisa kita peroleh kedepannya seperti biaya menikah, pendidikan anak, berinvestasi atau mengembangkan usaha sendiri.

Selalu saja ada alasan untuk menunda-nunda atau malah tidak menabung sama sekali. Merasa gaji masih pas-pasan sehingga untuk menutupi kebutuhan sehari-hari pun belum cukup. Belum lagi jika ada pengeluaran tak terduga yang mana malah terkadang harus berhutang sana-sini.

Jika hal ini dibiarkan terus-terusan, sampai kapanpun anda tidak akan bisa menabung. Sebelum anda menyesal dikemudian hari, meskipun dengan gaji pas-pasan, sebaiknya segeralah cari tips menabung yang cocok sebagai usaha anda untuk menggapai masa depan yang lebih baik.

Berikut ini 12 tips menabung yang ampuh meskipun dengan gaji pas-pasan.

1. Utamakan Langsung Menabung Saat Gajian

Hal pertama yang mesti anda anda utamakan setelah menerima gaji adalah menabung. Jangan anda berfikir dulu tentang keperluan lain seperti belanja baju baru atau nonton bioskop. Setelah anda menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk tabungan, barulah anda berfikir bagaimana membagi sisa gaji untuk menutupi setiap pos kebutuhan anda selama satu bulan kedepan.

Jangan anda malah bertindak sebaliknya. Ketika anda menunggu sampai sisa uang gaji untuk pengeluaran satu bulan, maka anda tidak akan bisa menabung karena belum tentu ada uang sisa diakhir bulan. Kalau ada pun pasti tidak banyak.

2. Tentukan Besaran Tabungan Secara Konsisten

tips menabung dengan tentukan besaran tabungan

Anggaplah anda sudah bisa langsung menyisihkan uang untuk tabungan setelah gajian, misalnya bulan Januari anda menabung satu juta, bulan Februari tabungan anda 600 ribu dan pada bulan Maret anda hanya mampu menabung 300 ribu saja. Ketidak konsisten anda seperti ini bisa membuat tabungan anda semakin kecil tiap bulannya bahkan malah tidak menabung sama sekali.

Sebaiknya, tentukan dari awal jumlah uang yang akan anda simpan secara konsisten. Lebih baik anda menabung uang 500 ribu secara konsisten daripada dengan cara yang saya sebutkan diatas. Hal ini untuk mengontrol pengeluaran serta sebagai acuan bahwa dalam setahun anda pasti memiliki simpanan sebanyak 6 juta dari hasil nabung 500ribu/bulannya. Hal ini berlaku juga untuk tahun-tahun berikutnya, syukur-syukur bisa nambah jumlah tabungan.

Baca : 11 Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat Dan Aman

3. Buat Rekening Khusus untuk Tabungan

Tips menabung selanjutnya adalah memisahkan uang tabungan dan uang untuk keperluan sehari-hari dengan cara menabung di bank. Buatlah rekening khusus untuk tabungan sehingga anda tidak salah menggunakan dana tabungan untuk menutupi kebutuhan lain yang tak terduga.

Jika perlu saat pembuatan rekening dibank, anda tidak usah membuat ATM agar anda tidak gatal untuk segera mengambil uang tersebut. Begitu juga saat anda gajian, sebaiknya langsung transfer ke rekening tersebut sehingga anda tidak perlu repot-repot datang ke bank yang mana malah dapat membuat anda tergoda untuk mengambil uang tabungan anda.

4. Usahakan Berhemat dan Menabung Setiap Hari

Langkah anda sudah aman dengan menabung uang dibank. Setidaknya, dalam jangka waktu satu tahun anda dapat menikmati hasilnya. Sisa uang gaji anda bisa anda pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika ada uang lebih, anda bisa pergunakan untuk jalan-jalan ke mall, makan diluar atau untuk membeli baju baru. Namun, alangkah bijaknya jika anda menerapkan cara hidup hemat. Berfikirlah untuk bisa menabung setiap harinya meskipun anda sudah ada tabungan tiap bulan.

Caranya bagaimana? Dengan cara menabung di celengan. Anda bisa menentukan sendiri besaran uang yang akan dimasukkan celengan. Misalnya saja 5.000 rupiah per/harinya. Anggaplah anda puasa beli gorengan atau jajanan lain agar dapat menabung setiap harinya. Jika dihitung-hitung, dengan menabung lima ribu per hari, maka anda akan memiliki tambahan tabungan 5.000 x 365 hari = 1.825.000/tahun. Cukuplah untuk membeli gadget baru.

Baca juga : Pengen Kaya? Mulailah Dengan Tinggalkan 11 Kebiasaan Buruk Ini

5. Lakukan Perencanaan Keuangan yang Baik

Jika anda ingin bisa menabung setiap bulannya meskipun dengan gaji kecil, sebaiknya mulai sekarang belajarlah untuk mengatur dan melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Perencanaan yang matang bisa anda lakukan dengan memakai buku catatan khusus yang berguna sebagai kontrol anda dalam mengatur lalu lintas keuangan anda. Selalu prioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan yang nyatanya malah bisa menghabiskan uang gaji anda.

Baca juga : 6 Penyebab Masalah Keuangan Keluarga yang Sering Anda Alami

6. Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Apa yang dimaksud dana darurat? Seperti namanya, dana darurat adalah dana yang digunakan untuk keadaan yang sangat darurat. Berapa besaran dana darurat yang mesti anda miliki? Sebaiknya paling sedikit anda harus memiliki dana darurat sebesar 6 kali gaji anda selama ini.

Kejadian tak terduga seperti sakit yang mengharuskan rawat inap pastinya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Contoh lain ketika kendaraan anda mengalami kerusakan yang mewajibkan anda membeli spare part yang mahal. Masakan anda harus bongkar tabungan. Jika anda memiliki dana darurat, maka masalah anda akan teratasi sehingga tidak akan mengganggu tabungan anda.

7. Bawalah Uang Pas Saat Bepergian

tips menabung dengan membawa uang pas (2)

Mungkin anda menganggapnya seperti seorang pelajar saja membawa uang pas saat mereka pergi sekolah. Tapi ketahuilah bahwa tips menabung yang satu ini kenyataannya sangat efisien loh, untuk mengurangi pengeluaran anda. Anda bisa memulainya dengan membawa uang seperlunya saja. Misalkan kebutuhan anda untuk berangkat kerja cukup dengan 30 ribu rupiah. Konsistenlah untuk bawa uang dalam jumlah yang sama setiap harinya.

Selain keuangan anda lebih terkontrol, hal ini untuk mengantisipasi agar anda tidak terlalu sering bolak-balik ke ATM hanya untuk mengambil uang untuk pengeluaran yang tidak pada tempatnya. Yang pastinya akan membuat anda lebih boros.

8. Perketat Pengeluaran dan Usahakan Tambah Pemasukan

Seandainya anda punya harapan untuk memiliki jumlah tabungan yang banyak setiap tahunnya, hal yang wajib anda lalukan adalah memperketat pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan. Sebisa mungkin atur pengeluaran anda supaya tidak membengkak. Jika perlu catatlah secara terperinci pengeluaran anda setiap harinya agar anda tahu pos pengeluaran apa yang mesti anda kurangi bahkan dihilangkan.

Disamping itu, berusahalah untuk menambah pemasukan selain gaji. Carilah usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Jika anda terkendala soal modal, coba cari-cari usaha tanpa modal seperti menjualkan barang-barang orang atau istilah kerennya agen. Jika anda tidak mau repot, anda bisa nyambi menjadi dropship dan berjualan lewat internet untuk menambah pemasukan anda.

Baca juga : 14 Ide Peluang Usaha Modal 1 Juta Untung Berlipat Ganda

9. Gunakan Metode Amplop

Tips menabung berikutnya adalah dengan metode amplop. Yang dimaksud dengan metode amplop adalah membagi setiap kebutuhan apapun kedalam masing-masing amplop yang sudah anda beri nama. Kebutuhan yang biasa diisi dalam amplop antara lain uang dapur, uang transportasi, tagihan listrik, pulsa, uang saku dan lain-lain. Anda dilarang mengambil uang dipos lain ketika anda kekurangan uang untuk belanja dapur karena uang yang anda isikan dalam amplop tersebut harus sudah anda perkirakan cukup untuk satu bulan.

Bagi sebagian orang, sebenarnya cara ini cukup ribet. Namun, jika anda sudah terbiasa, metode amplop menjadi cara berhemat yang bisa membuat anda konsisten menabung setiap bulan. Bahkan saat diakhir bulan, biasanya ada saja satu atau dua pos kebutuhan yang masih tersisa sehingga anda menambah tabungan anda.

10. Menabung dalam Bentuk Emas

Menabung dalam bentuk emas sebenarnya lebih menguntungkan jika anda berniat menyimpan uang untuk jangka waktu lama. Dibandingkan anda menabung dibank yang mana selalu ada saja alasan untuk segera menggunakan uang tabungan yang tersimpan direkening anda tersebut.

Apalagi sekarang menabung emas semakin mudah. Anda bisa menggunakan jasa pengadaian untuk menabungkan uang anda dalam bentuk emas. Anda pun tidak perlu repot-repot menyimpan emas didalam rumah jika takut hilang karena pengadaian dengan senang hati menyimpan emas anda.

Keuntungan lain yang bisa anda peroleh adalah harga emas kian tahun pasti mengalami kenaikan. Sehingga jika anda memiliki rencana menabung untuk jangka waktu yang lama. Uang anda akan semakin bertambah mengikuti pasaran harga emas pada tahun-tahun mendatang. Sementara jika anda menyimpan direkening, tabungan anda mungkin hanya bertambah sekian rupiah saja.

11. Investasikan Tabungan Anda

Setelah anda merasa tabungan anda lumayan terkumpul banyak. Sebaiknya segera rencanakan untuk menginvestasikannya. Mengapa demikian? Agar tabungan anda bisa semakin bertambah dengan adanya perputaran uang. Namun, anda sebaiknya berhati-hati dalam memilih investasi. Karena sekarang ini banyak produk investasi illegal yang mana malah bisa merugikan anda.

Carilah investasi terbaik yang aman tanpa resiko besar seperti diposito, reksadana, emas batangan atau membeli property. Investasi seperti bursa saham memang menjanjikan keuntungan yang banyak, namun jika anda tidak mengerti sebaiknya jangan terjun ke dunia saham karena dapat merugikan keuangan anda.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

12. Disiplin dalam Menabung

Semua tips menabung dengan metode apapun rasanya percuma jika anda tidak memiliki sikap disiplin dalam menabung. Oleh karenanya, tanamkan jiwa disiplin yang tinggi untuk menabung demi masa depan anda dan keluarga.

Bayangkan bahwa anda memiliki banyak impian dimasa mendatang seperti memiliki rumah, punya mobil, menyekolahkan anak dan hidup enak saat sudah tua nanti. Hal ini akan memotivasi anda agar tetap menabung secara konsisten apapun yang terjadi.

Memang tidak mudah untuk membiasakan diri menabung karena penghasilan anda pas-pasan. Namun, jika anda mau berusaha, Tuhan YME pasti akan membantu anda. Cobalah tips menabung diatas agar apa yang menjadi harapan anda dimasa depan bisa tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...