12 Tips Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis Selamanya

ilustrasi tips rumah tangga bahagia selamanyaMengarungi bahtera rumah tangga memang bukan perkara mudah. Anda harus melewati banyak liku-liku kehidupan. Rasa cemburu, perselisihan dan pertengkaran adalah bumbu-bumbu kurang sedap yang akan terus mengiringi sepanjang perjalanan rumah tangga anda. Sehingga butuh tips rumah tangga bahagia agar jalinan cinta anda tetap awet dan harmonis selamanya.

Dalam perjalanan berumah tangga, adakalanya baik suami maupun istri berada pada titik bosan dan membutuhan sesuatu yang baru yakni perasaan bahagia seperti saat awal pernikahan. Hal inilah yang terkadang membuat beberapa pasangan akhirnya melakukan perselingkuhan.

Tentu anda tidak ingin sampai terjadi hal seperti itu bukan. Lebih baik antisipasi sejak dini akar-akar permasalahan yang dapat mengganggu kebahagiaan dalam rumah tangga anda.

Berikut 12 tips rumah tangga bahagia dan harmonis selamanya yang bisa anda lakukan mulai dari sekarang.

1. Jaga komunikasi dengan baik

Bisa dibilang komunikasi adalah jantungnya suatu hubungan dalam rumah tangga. Ketika anda tidak bisa membangun komunikasi dengan baik, maka jangan salahkan siapapun jika rumah tangga anda tidak akan bahagia. Tentu akan sering timbul kesalahpahaman, ketidakcocokkan, percekcokan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, cobalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan. Jika selama ini komunikasi anda terasa dingin dan tidak berkesan, perbaikilah mulai dari sekarang. Mulailah bangun dengan percakapan ringan dan santai. Sisipi dengan candaan agar suasana tidak terasa garing.

Komunikasi yang baik juga bukan soal percakapan sehari-hari saja. Contoh lain yang bisa anda praktekkan antara lain jika suami mau berangkat kerja biasakan untuk bilang pada istri. Jangan malah nyelonong boy .saja tanpa pamit.

Begitu juga dengan istri. Ketika anda sudah melangkahkan kaki keluar dari rumah untuk pergi keluar. Mintalah ijin terlebih dahulu pada suami. Jika suami masih berada dikantor, telepon dia dan katakan anda mau pergi kemana. Agar dia tidak kebingungan mencari anda jika dia pulang lebih dulu.

2. Menjaga kepercayaan

ilustrasi tips untuk bahagiakan rumah tanggaTips rumah tangga bahagia yang kedua adalah menjaga kepercayaan masing-masing. Jika anda dan pasangan bisa saling percaya, maka kalian sudah memiliki pondasi kuat yang sulit diruntuhkan meskipun diterjang masalah yang berat sekalipun.

Namun, jika tingkat kepercayaan anda dan pasangan lemah. Pernikahan yang anda bangun cepat atau lambat akan hancur. Apalagi jika anda hanya mengandalkan firasat atau prasangka yang tidak-tidak. Ini kebanyakan dialami oleh seorang istri yang mana terlalu takut suaminya menyeleweng dengan wanita lain. Banyak kejadian dimana rumah tangga berantakan akibat istri yang menuduh suami berselingkuh hanya berlandaskan pikiran negatif dan prasangka buruk.

Akan tetapi, jangan juga terlalu menaruh kepercayaan lebih kepada pasangan karena terkadang kepercayaan yang dikasih oleh salah satu pasangan dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik. Contohnya melakukan perselingkuhan.

Baca juga: 10 Ciri Ciri Pasangan Selingkuh Yang Harus Anda Tahu

3. Saling menjaga perkataan

Setiap manusia tentu memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang emosional, penyabar, mudah memaafkan atau gampang sakit hati. Semua sudah menjadi garis takdir yang bisa dirubah oleh diri sendiri. Sama halnya dengan pernikahan yang mana menyatukan dua insan dalam dua sifat yang berbeda.

Makanya jangan kaget ketika melihat istri terkadang marah hanya karena anda mengucapkan sesuatu yang anda fikir sebenarnya kata-kata biasa. Begitu juga suami yang terkadang tidak terima ketika istri terlalu cerewet dan suka ngomel sendiri.

Tips rumah tangga bahagia selanjutnya yakni menjaga setiap perkataan anda pada pasangan. Misalnya saja saat suami suasana hatinya sedang tidak enak karena kecapekan dengan pekerjaan kantor, anda sebagai istri jangan terlalu cerewet ketika dia belum menyelesaikan tugas rumah.

Begitu juga saat istri sedang dalam masa menstruasi biasanya gampang emosian. Suami jangan mengucapkan kata-kata yang dapat menyinggung hatinya. Saling menjaga perkataan masing-masing tentunya dapat menambah keharmonisan dalam rumah tangga anda.

4. Berusaha saling mengalah

Tips rumah tangga bahagia yang keempat yaitu saling mengalah satu sama lain. Jangan ada yang sukanya menang sendiri. Anda berdua bukan lagi anak-anak yang suka mempertahankan keegoisan masing-masing. Mengalahlah untuk segala hal. Terutama dalam mendidik anak maupun urusan rumah.

Sebagai contoh saat salah satu dari pasangan sedang dalam kondisi mempertahankan argumen. Maka pasangan yang lain bersikap mengalah agar tidak terjadi pertengkaran. Ingat bahwa salah satu pemicu pertengkaran yang paling sering terjadi akibat tidak saling mengalah.

Nah, ketika salah satu dari anda sudah mengalah, secara otomatis pasangan akan meredakan emosinya. Setelah pikiran jernih, barulah anda dan pasangan membahas permasalahan agar dapat mengambil keputusan terbaik bagi anda berdua.

Baca juga : 10 Masalah Dalam Rumah Tangga Dan Penyelesaiannya

5. Selesaikan masalah dengan cepat

Masalah demi masalah akan terus melanda rumah tangga anda. Hal ini wajar terjadi karena manusia hidup tentunya akan selalu diberi cobaan dari Tuhan. Dan nyatanya masalah dalam rumah tangga itu bermacam-macam. Mulai dari masalah ekonomi, masalah hubungan suami istri, hubungan dengan anak dan lain-lain.

Hendaknya setiap masalah yang datang harus bisa diselesaikan dengan cepat. Jangan biarkan berlarut-larut yang mana malah bisa menimbulkan masalah baru yang lebih serius. Utamakan untuk menyelesaikan masalah secara bersama agar masalah tersebut bisa selesai dengan baik.

Sebagai contoh saat suami kena PHK dari perusahaan tempat dia bekerja. Sebagai seorang istri anda harus tetap menemani dan berusaha memberikan solusi pada suami. Bukan malah marah-marah dan menyalahkan suami. Lebih baik jika anda ajak suami berdiskusi dan tanyakan padanya apakah mau melamar kerja ditempat lain atau coba usaha sendiri.

Baca juga : 14 Masalah Dalam Rumah Tangga Dan Penyelesaiannya Bagi Yang Baru Menikah

6. Jaga kualitas hubungan intim

Sudah umum terjadi jika hasrat seksual dalam pernikahan terkadang mengalami penurunan. Hal ini wajar terjadi mengingat mereka sudah menikah bertahun-tahun. Faktor inilah yang membuat beberapa orang akhirnya mencari tempat lain untuk melampiaskan hasrat mereka.

Oleh sebab itu, jangan biarkan hal ini terjadi pada anda maupun pasangan. Jagalah hubungan intim di ranjang dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Cobalah inovasi atau gaya baru agar tidak mudah bosan.

7. Luangkan waktu bersama

ilustrasi tips menjaga rumah tangga bahagiaTips rumah tangga bahagia selanjutnya adalah luangkan waktu bersama keluarga. Jangan melulu hanya memikirkan pekerjaan. Sebisa mungkin luangkan waktu anda setiap hari untuk keluarga walaupun hanya satu jam jika memang anda adalah seorang karyawan yang sibuk.

Pada hari libur, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk keluarga. Suami bisa membantu membereskan rumah atau melakukan aktivitas seru bersama keluarga. Jika merasa bosan dirumah, sekali-kali ajak keluarga jalan-jalan ke taman atau tempat hiburan.

Saat hari-hari biasa misalnya anda sedang di kantor. Luangkan waktu untuk menelepon istri dan anak anda. Cara-cara seperti ini akan membuat keluarga anda semakin harmonis.

Baca juga : 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bagi Pasangan Baru

8. Jangan suka membandingkan

Jangan pernah sekalipun membandingkan pasangan dengan orang lain karena pasti akan menyinggung perasaannya. Apalagi jika yang dibandingkan adalah mantan. Seperti apapun keadaan pasangan, andalah yang memilih sendiri sebagai pendamping hidup anda sendiri.

Sebagai contoh anda membandingkan istri dengan tetangga yang lebih cantik. Mungkin anda melihat tetangga anda lebih cantik tapi anda sendiri belum tahu dalamnya seperti apa. Bisa saja dia cantik karena banyak menghabiskan uang suami untuk pergi ke salon. Sementara istri anda sama sekali tidak pernah anda kasih uang untuk berias diri.

Begitu juga dengan istri. Ketika anda membandingkan pasangan dengan suami teman anda yang kaya dan suka membelikan barang-barang mewah untuk istrinya. Tapi siapa tahu suami teman anda itu ternyata suka selingkuh atau malah punya banyak simpanan. Sementara suami anda meskipun penghasilannya pas-pasan tapi termasuk tipe orang yang setia.

9. Menghargai pasangan

Jika anda ingin dihargai maka hargailah orang lain terlebih dulu. Semboyan ini juga berlaku dalam membina hubungan rumah tangga. Saling menghargai menjadi dasar penting untuk membangun rumah tangga bahagia.

Menghargai disini bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti istri yang harus tunduk dan patuh dengan suami. Jangan suka menjelekkan suami dihadapan orang lain. Jagalah kehormatan suami sebaik mungkin. Sementara sebagai suami, anda harus menjaga pandangan dari wanita lain. Tunjukkan pada istri bahwa dia adalah wanita tercantik di mata anda.

Selain itu, hargai setiap pendapat atau keputusan pasangan. Misalnya saat istri sudah capek bekerja sebagai seorang karyawan dan memutuskan resign dari perusahaan. Hargailah keputusannya jika dia memang itu yang terbaik. Tapi setidaknya persiapkan secara matang sampai dia punya mampu untuk merintis usaha sendiri.

10. Saling memberi maaf

Saling memaafkan kesalahan menjadi tips rumah tangga bahagia berikutnya. Ini salah satu sikap yang harus dijaga oleh pasangan agar keluarga anda terhindar dari pertengkaran yang tidak perlu.

Contohnya saja saat suami anda telat pulang  sementara diitelepon tidak aktif. Saat tiba dirumah anda marah-marah kepada suami anda. Padahal suami anda sudah menjelaskan bahwa dia terkena macet dan handponenya lowbat. Seharusnya anda memaafkannya. Apalagi kesalahannya karena suatu keadaan.

11. Saling mengingatkan

Saling menyalahkan adalah sikap buruk yang tidak boleh dipertahankan dalam kehidupan berumah tangga. Sedikit saja kesalahan yang dilakukan salah satu pasangan bisa menjadi pertengkaran hebat. Padahal akan lebih baik jika sebagai pasangan anda malah mengingatkan bukannya menyalahkan.

Sebagai contoh suami perlu mengingatkan istri agar tidak terbiasa boros dalam pengeluaran. Utamakan menyisihkan uang terlebih dahulu saat gajian agar punya tabungan. Istri juga berhak ketika mengingatkan anda untuk tidak terlalu banyak merokok. Karena bagaimanapun merokok tidak baik untuk kesehatan.

Saling mengingatkan dan menasehati satu sama lain adalah suatu keharusan dalam hidup berumah tangga. Ketika ini berjalan dengan baik, maka akan tercipta keluarga yang bahagia.

12. Buat pasangan senang

Banyak cara untuk menyenangkan pasangan anda. Apalagi membuat pasangan senang, anda akan mendapat pahala dari Tuhan.

Salah satunya dengan memberikan sebuah kejutan. Misalnya saat istri berulang tahun, anda bisa membelikan kado yang dia inginkan. Jadikan istri sebagai ratu sehari misalnya dengan membereskan semua kerjaan dia mulai dari memasak, mencuci dan berberes rumah. Cara ini setidaknya akan membuat isri merasa bahagia hidup bersama anda.

Cara istri untuk membuat suami senang pun bermacam-macam. Misalnya dengan memijit suami saat dia merasa kecapean atau memasakkan makanan favoritnya. Yang terpenting selalu membuat pasangan senang tentu semakin menambah keharmonisan rumah tangga anda.

Pernikahan memang sesuatu yang indah jika didalamnya terdapat kebahagiaan. Beberapa tips rumah tangga bahagia diatas bisa anda praktekan agar keluarga kecil anda bisa menjadi keluarga yang langgeng dan selalu harmonis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...