13 Tips Sukses memulai Usaha Konter Pulsa Kecil Untuk Pemula

usaha konter pulsa suksesSaat ini ada banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan. Baik itu yang menggunakan modal kecil maupun modal yang besar. Jika Anda mencari salah satu bisnis yang menjanjikan dan tidak ada matinya. Maka Anda bisa memilih usaha konter pulsa.

Kenapa harus bisnis konter pulsa?

Karena kita tahu sendiri bahwa hampir semua orang sekarang menggunakan handphone untuk keperluan sehari-hari. Bahkan tak jarang satu orang bisa memiliki 2-3 handphone. Selain itu, untuk 1 buah HP, ada yang memiliki 2 SIM card. Sementara alat elektronik yang satu ini membutuhkan pulsa dan kouta internet untuk dapat beroperasi.

Saya tahu memang penjual pulsa sudah banyak berjejer di pinggir jalan. Rasanya untuk membuka konter pulsa di jaman sekarang ini sudah terlambat. Namun, sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis seperti usaha konter pulsa.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, silahkan simak 13 tips sukses memulai usaha konter pulsa untuk pemula.

1. Mulailah dengan Berjualan Pulsa Dahulu

Sebagai langkah awal dalam rencana Anda untuk membuka sebuah gerai pulsa, sebaiknya mulailah dengan berjualan pulsa terlebih dahulu. Sembari melakukan perencanaan usaha yang matang demi kesuksesan Anda untuk membuka konter pulsa.

Toh, untuk memulai jualan pulsa tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah HP dan mengisi saldo pulsa. Setelah itu, Anda bisa langsung berjualan.

Keuntungan jika Anda berjualan pulsa terlebih dahulu sebelum membuka konter pulsa ialah Anda bisa mendapatkan pelanggan. Sehingga ketika Anda buka konter pulsa nanti, Anda tidak kebingungan meskipun belum ada pembeli yang datang di kios pulsa Anda.

Disamping itu, Anda juga sudah menguasai ilmu bagaimana cara jualan pulsa sehingga saat buka konter pulsa nanti, Anda sudah lancar dalam melayani pembeli.

2. Pilih Distributor Pulsa yang Terpercaya

Nah, untuk mulai berjualan pulsa, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih distributor pulsa. Pilihlah distributor pulsa elektrik yang terpercaya dan berkualitas agar Anda lancar dalam menjalankan bisnis ini.

Hindari memilih distributor atau agen pulsa yang sering mengalami gangguan seperti saldo pulsa masuknya telat atau pelayanannya kurang memuaskan. Meskipun mereka menawarkan harga yang cukup murah.

Percuma Anda memiliki agen pulsa murah namun sering lambat merespon pesanan Anda. Pulsa yang Anda pesan tidak masuk-masuk, Anda mengirim pulsa ke konsumen sering gangguan dan lain sebagainya. Jika itu terjadi tentu tidak bagus untuk perkembangan bisnis pulsa Anda.

Baca juga : 13 Faktor penyebab kegagalan usaha dan cara mudah mengatasinya

3. Menetapkan Harga Jual yang Sesuai

jualan pulsa di malam hariSetelah Anda mendapatkan supplier atau agen pulsa untuk mengisi saldo pulsa Anda. Langkah selanjutnya ialah mulai menawarkan usaha pulsa Anda ke keluarga, tetangga dan teman-teman Anda.

Tetapkan harga jual yang sesuai dengan pasaran harga pulsa saat ini. Atau Anda bisa melihat dari harga kulakan Anda dari agen kemudian hitung berapa keuntungan yang ingin Anda ambil dari setiap transaksi pembelian pulsa.

Sebaiknya jangan jual harga pulsa terlalu murah. Meskipun bisa membuat bisnis pulsa Anda laris manis, tetapi Anda mungkin tidak bisa mengambil banyak keuntungan. Jangan sampai Anda malah merugi akibat penetapan harga yang terlalu murah.

Begitu juga sebaliknya, jangan memasang harga terlalu mahal. Karena jika Anda melakukannya, maka para pelanggan akan malas membeli ditempat Anda. Oleh sebab itu, juallah pulsa sesuai harga rata-rata di pasaran. Dengan begitu Anda bisa memperoleh keuntungan yang bisa Anda jadikan untuk mengembangkan usaha konter pulsa.

4. Hindari Konsumen Berhutang

Jika modal yang Anda miliki terbatas, sebaiknya jangan biarkan konsumen berhutang. Karena Anda masih dalam tahap memulai bisnis. Kalau modal awal Anda sudah banyak di hutang, bagaimana Anda melakukan perputaran modal untuk bisnis.

Tapi terkadang ada kalanya keluarga atau teman ngebon pulsa, Anda tentu merasa tidak tega jika tidak melayaninya. Tidak masalah Anda memberikan hutang kepada mereka dengan catatan memberikan batas limit pembayaran.

Misalnya awal bulan harus sudah bayar. Dengan begitu Anda bisa memutar modal untuk membeli saldo pulsa kembali.

Keempat poin yang saya tulis ini saya ambil dari artikel saya sebelumnya yaitu cara jualan pulsa untuk pemula. Saya tulis kembali agar Anda mengetahui bagaimana sih cara jualan pulsa yang bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

Untuk poin selanjutnya, saya akan membahas cara memulai membuka usaha konter pulsa mulai dari pemilihan lokasi berjualan hingga modal yang Anda butuhkan.

6. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Sebenarnya dimanapun Anda berjualan, bisnis pulsa pasti akan laku. Itulah sebabnya jualan pulsa bisa dilakukan dimana saja tanpa memerlukan tempat usaha. Karena seperti yang saya sebutkan diatas bahwa hampir semua orang membutuhkan pulsa.

Namun jika Anda ingin menjaring konsumen yang lebih banyak. Maka Anda harus memiliki tempat khusus untuk berjualan yakni membuka konter pulsa.

Membuka konter pulsa juga bisa dilakukan dimana saja. Termasuk di rumah Anda sendiri. Akan tetapi, jika rumah Anda jauh dari keramaian, kemungkinan dapat banyak pelanggan pastinya akan sulit.

Solusinya Anda mesti menyewa tempat untuk buka kios pulsa. Carilah lokasi usaha yang strategis agar banyak orang mudah menjangkau konter pulsa Anda. Lokasi usaha yang cocok untuk berjualan pulsa tentunya di pinggir jalan yang ramai lalu-lalang kendaraan.

Nah, jika Anda bingung menentukan lokasi untuk membuka konter pulsa, silahkan anda baca 13 tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis Anda.

Ketika Anda bisa memperoleh lokasi yang tepat, diharapkan omset penjualan pulsa Anda bisa meningkat berkali-kali lipat.

7. Sewa Tempat dan Beli Peralatan

Untuk mendapatkan lokasi yang strategis tentunya Anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa tempat. Anda bisa menyewa kios kecil yang sudah jadi.

Ukuran standar kios jualan pulsa biasanya memiliki luas 2 x 2 meter atau 3 x 3 meter. Untuk kios yang memiliki luas 3 x 3 meter harga sewanya bervariasi. Tergantung daerah dan juga tingkat keramaiannya. Setidaknya Anda harus menyiapkan dana untuk satu tahun sewa tempat.

Akan lebih ringan jika Anda bisa mendapatkan harga sewa per bulan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal hanya untuk sewa tempat usaha.

Selain sewa tempat, Anda juga perlu menyiapkan modal untuk membeli segala peralatan berjualan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya handphone bekas, meja etalase, kursi, rak untuk aksesoris, banner dan lain sebagainya.

8. Menjual Kartu Perdana dan Voucher Internet

Kalau hanya jualan pulsa, Anda tidak membutuhkan konter. Cukup jualan pakai handphone saja. Karena Anda ingin membuka konter pulsa, tentu tidak lengkap jika tidak menjual kartu perdana dan voucher internet.

Namun jangan juga terlalu banyak menjual kartu perdana dikarenakan produk yang satu ini memiliki masa aktif tertentu. Anda bisa menyediakan 5 buah kartu perdana per operator.

Utamakan membeli kartu perdana operator ternama seperti Telkomsel, Indosat, XL, Three dan Axis. Usahakan kulakan kartu yang memiliki masa aktifnya cukup lama sehingga kesempatan untuk terjual lebih besar.

Begitu juga dengan voucher internet. Belilah voucher internet yang banyak dicari pelanggan seperti Three, Indosat dan XL. Sediakan voucher lengkap sesuai dengan produk yang ditawarkan operator tersebut. Karena para pelanggan ada yang mencari internet kouta kecil maupun yang besar.

Simak juga : 14 Bisnis tanpa modal untung besar yang bisa Anda coba

9. Lengkapi dengan Aksesoris Handphone

Nah, agar konter pulsa Anda lebih lengkap, Anda juga bisa sekalian menjual aksesoris handphone. Untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa kulakan di agen aksesoris HP yang menjual secara grosiran.

Namun Anda harus memperhitungkan secara matang jika modal yang Anda miliki terbatas. Karena tidak banyak konsumen yang membeli aksesoris di konter pulsa. Mereka tentu lebih memilih membeli di tempat khusus jualan aksesoris.

Anda bisa memulai jualan aksesoris jika jualan pulsa dan kartu perdana Anda sudah mulai lancar dan banyak pelanggan. Sehingga sedikit keuntungan tersebut sebagian bisa dibelikan aksesoris untuk menambah jualan Anda.

10. Analisa Modal Usaha Konter Pulsa

usaha pendamping konter pulsaUntuk perhitungan atau analisa modal membuka kios pulsa sebenarnya tidak menentu. Tergantung model kios seperti apa yang ingin Anda buka. Jika Anda ingin buka konter pulsa yang lengkap dengan segala aksesoris handphone dan lain sebagainya, tentu modal yang Anda butuhkan lumayan besar.

Berikut rincian modal yang dibutuhkan untuk membuka konter pulsa mulai dari sewa tempat sampai bisa berjualan.

  • Sewa tempat usaha per tahun @ Rp 5.000.000
  • Dekorasi tempat @ Rp 2.000.000
  • Handphone bekas @ Rp 300.000
  • Meja etalase @ Rp 800.000
  • 4 Kursi plastik @ Rp 200.000
  • 10 Kursi pajangan kartu perdana @ Rp 150.000
  • SIM micro cutter @ Rp 50.000
  • Papan jual pulsa LED @ Rp 140.000
  • Banner 3×1 @ Rp 60.000
  • Isi saldo All Operator @ Rp 2.000.000
  • Kulakan kartu perdana dan paket kouta internet @ Rp 2.000.000
  • Kulakan akseoris @ Rp 500.000

Total modal awal Rp 13.200.000

Untuk keuntungan usaha konter pulsa tergantung seberapa ramai konter pulsa Anda. Jika Penjualan pulsa elektrik, kartu perdana dan paket kouta cukup lancar dan perputaran modalnya cepat, omset yang didapatkan pastinya lebih besar.

Teman saya yang membuka gerai pulsa didaerah saya mengatakan ia bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 4 – 5 juta perbulannya. Namun hal itu bisa tercapai setelah usahanya berjalan dengan lancar dan banyak pembeli.

Bahkan ia sampai bisa memperkerjakan 2 karyawan untuk bisa saling bergantian berjualan pulsa. Ia juga menjual bensin eceran, gas elpiji, dan rokok untuk menambah pemasukan.

Baca juga : 8 Strategi pemasaran untuk usaha kecil paling efektif

11. Cara Promosi Usaha Konter Pulsa

Agar Anda bisa mendapatkan omset seperti yang saya sebutkan diatas. Maka Anda harus melakukan promosi agar konter pulsa Anda cepat dikenal orang. Cara promosi konter pulsa sebenarnya tidak terlalu sulit.

Yang paling pertama tentu saja dekorasi tempat jualan Anda minimal benar-benar terlihat seperti konter pulsa pada umumnya. Usahakan dari jauh pun kelihatan sehingga pelanggan akan condong membeli pulsa di tempat Anda.

Pasang papan jual pulsa LED yang cukup besar agar terlihat saat malam hari. Begitu juga papan daftar harga kouta internet, tempatkan didepan kios Anda sehingga pelanggan tertarik membeli kouta internet ditempat Anda.

Yang lebih penting lagi, pelayanan Anda terhadap konsumen. Berikan pelayanan yang memuaskan agar mereka merasa nyaman membeli pulsa ditempat Anda.

12. Resiko dan Tantangan Buka Konter Pulsa

Setiap bisnis apapun, pasti memiliki resiko yang harus Anda hadapi. Tidak terkecuali bisnis konter pulsa. Meskipun dibilang usaha yang tidak ada matinya, bisnis konter pulsa tetap memiliki resiko kerugian.

Beberapa resiko yang harus Anda hadapi diantaranya :

Saingan Bisnis Sudah Banyak

Konter pulsa mulai menjamur sejak tahun 2005. Tidak mengherankan hampir di setiap jalan baik di kota maupun di desa ada yang buka konter pulsa. Bahkan banyak orang yang berjualan pulsa hanya bermodalkan handphone.

Banyaknya saingan ini tentu membuat kesempatan Anda mendapatkan banyak pelanggan cukup sulit. Anda harus berbagi konsumen dengan konter pulsa yang lain. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anda.

Simak juga : 8 Cara mengatasi rasa takut memulai usaha sendiri

Kartu Perdana dan Voucher Internet Habis Masa Berlakunya

Menjual kartu perdana dan voucher internet juga memiliki resiko habis masa berlakunya. Hal ini bisa di antisipasi dengan kulakan kartu perdana yang memiliki masa tenggang cukup lama.

Anda juga tidak perlu menjual terlalu banyak. Cukup jual kartu perdana dan voucher internet sesuai kebutuhan saja agar perputaran modal Anda tidak macet.

Harganya Flat

Standar harga pulsa hampir di semua tempat sama. Anda tidak bisa menjual terlalu mahal karena bisa membuat pelanggan lebih memilih membeli di konter lain.

Akibatnya Anda tentu akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis Anda. Padahal Anda pasti ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Solusinya Anda bisa menambah usaha pendamping konter pulsa.

Contohnya menyediakan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti PDAM, tagihan listrik, token listrik, voucher game dan lain-lain. Tidak masalah jika Anda menjual barang-barang seperti bensin eceran, rokok, gas elpiji atau produk lainnya untuk menambah pendapatan Anda.

13. Sabar dan Pantang Menyerah

Poin terakhir ini menjadi hal harus Anda miliki dalam menjalankan bisnis apapun. Apalagi jualan pulsa yang notabene Anda memang memiliki banyak kompetitor. Anda harus sabar jika memang di awal memulai usaha ini tidak banyak yang datang membeli pulsa.

Bagaimanapun juga konsumen mungkin sudah memiliki tempat langganan lain. Tapi lamban laut pembeli pasti akan datang juga. Jika pelayanan dan harga yang Anda tawarkan cukup terjangkau, saya yakin akan banyak yang menjadi langganan di konter Anda.

Usaha konter pulsa memang menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Yang terpenting Anda mesti sabar menunggu jika ingin konter pulsa Anda ramai pelanggan. Cobalah tips-tips diatas agar Anda sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *