13 Peluang Usaha Minuman Kekinian yang Beromset Jutaan

peluang usaha minuman kemasan modal kecil

Peluang usaha minuman adalah salah satu ide bisnis yang sangat menjanjikan bersama dengan usaha makanan. Kita tahu sendiri bahwa Indonesia di kenal sebagai negara yang memiliki cuaca cukup panas. Apalagi jika musim kemarau tiba. Banyak orang yang akan berburu minuman segar untuk melepas dahaga.

Semakin bertambahnya tahun, usaha minuman juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kalau dulu mungkin orang hanya mengenal minuman dari bahan kopi, teh, susu, coklat dan buah-buahan.

Namun sekarang ini banyak sekali jenis minuman yang beredar di pasaran. Dan minuman tersebut bahan dasarnya juga tidak jauh dari minuman diatas. Malah ada yang menggabungkannya sehingga dapat menciptakan minuman dengan cita rasa yang tinggi. Seperti contohnya teh tarik yang merupakan perpaduan antara teh dan susu

Prospek Usaha Minuman

Bisnis minuman merupakan salah satu usaha yang tidak akan pernah mati. Karena semua orang membutuhkannya. Meskipun begitu, jika Anda ingin usaha Anda laris manis dan menghasilkan omset jutaan. Anda harus memiliki inovasi dan kreativitas agar bisa bersaing dengan pebisnis minuman yang sudah mapan.

Ada dua cara membuka usaha minuman yang biasa dilakukan pelaku bisnis ini. Dua diantaranya adalah

Bergabung dengan Usaha Waralaba Minuman

Saking larisnya minuman yang dijual, sekarang ini bermunculan bisnis waralaba minuman dengan berbagai merek. Bergabung dengan salah satu bisnis waralaba memang menguntungkan karena produknya sudah di kenal luas dan memiliki penggemarnya sendiri.

Hanya dengan menyiapkan modal yang dibutuhkan untuk menjadi mitra franchise minuman. Anda akan langsung bisa berjualan. Anda jadi tidak perlu melakukan promosi kesana kemari karena memulai bisnis waralaba sudah pasti ada pelanggannya. Jadi tugas Anda hanya fokus berjualan saja.

Hanya saja ada sejumlah kerugian ketika Anda memutuskan bergabung menjadi mitra waralaba. Beberapa kerugian tersebut diantaranya :

  • Anda terikat dengan aturan dari pemilik waralaba
  • Aturan tersebut membuat Anda sulit berinovasi sendiri
  • Harus mengambil bahan baku dari pemilik waralaba
  • Omset yang didapat tergantung reputasi brand
  • Usaha waralaba bersifat musiman dan jarang bertahan lama
  • Anda harus memberikan sejumlah royalty atau fee kepada pemilik waralaba

Meskipun ada sejumlah kerugian, memilih menjadi mitra waralaba tetap akan memberikan Anda banyak keuntungan. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mau direpotkan dengan segala hal yang berhubungan dengan promosi dan pemasaran.

Baca lebih lanjut tentang 4 usaha waralaba minuman kekinian bermodal kecil

Membuka Usaha Minuman Sendiri

Bagaimana dengan membuka usaha minuman dan menciptakan brand sendiri?

Untuk mengawalinya memang tidak mudah. Apalagi jika minuman yang Anda jual tergolong baru dan belum banyak dikenal orang. Tentu Anda harus melakukan promosi produk agar pelanggan mengenal bisnis minuman Anda.

Meskipun begitu, membuka usaha minuman sendiri tentu akan lebih bebas karena Anda tidak terikat dengan siapapun. Keuntungan yang Anda dapat nantinya juga akan Anda nikmati sendiri.

Jika Anda bisa berinovasi dengan baik mulai dari menciptakan jenis minuman kekinian yang enak dan membuat kemasan yang menarik, maka tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan setia.

Nah, berikut ini 13 jenis usaha minuman yang bisa Anda jalankan. Kalau Anda menjalankannya dengan serius meskipun dengan modal kecil, maka kesuksesan akan bisa Anda dapatkan.

1. Buka Usaha Jus Buah

buka usaha jus buahJus buah adalah jenis minuman alami yang dibuat dari buah-buahan dengan cara di blender. Buah-buahan yang sering dijadikan jus diantaranya sirsak, alpukat, apel, buah naga, sawo, jeruk, melon dan lain-lain.

Meskipun terkesan biasa saja dan sudah banyak yang menjalankan bisnis minuman yang satu ini. Buka usaha jus buah tetap saja menjanjikan. Alasannya karena pangsa pasarnya sangat luas.

Banyak orang menyukai minuman yang satu ini karena selain rasanya enak. Juga sangat baik untuk kesehatan. Apalagi untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Jus buah menjadi menu diet yang wajib di konsumsi.

Menjalankan bisnis jus buah sangatlah mudah. Modalnya pun tidak terlalu besar. Peralatan utama yang dibutuhkan hanyalah blender, mesin cup sealer, etalase tempat buah dan buah-buahan sebagai bahan baku utama. Biasanya pebisnis jus buah akan menambahkan coklat, susu kental manis dan gula agar rasanya lebih nikmat.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini, silahkan simak tips memulai usaha jus buah yang sukses 

2. Bisnis Minuman Cup Bubble Drink

bisnis minuman bubble drinkBubble drink adalah minuman teh segar asal Taiwan yang biasanya di lengkapi dengan taburan mutiara hitam atau topping lainnya. Minuman yang dibuat dari perpaduan bahan-bahan seperti teh, gula, susu, es dan mutiara berbentuk bola-bola hitam ini sangat laris sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Banyak brand waralaba yang menjual minuman ini. Contohnya saja seperti I-Cup Bubble Tea, Bubble Boom , Mr & Mrs Boba dan masih banyak yang lain. Kalau ingin mudah berjualan bubble drink, Anda bisa bergabung menjadi salah satu mitra mereka.

Tapi akan lebih baik jika Anda membuat brand Anda sendiri. Kalau diteliti, cara pembuatan bubble drink sangatlah mudah. Anda bisa mengecek resepnya disini.

Kunci sukses dari jualan bubble drink terletak pada variasi rasa dan bentuk kemasan yang menarik. Jika Anda bisa memenuhinya. Saya rasa Anda akan mampu bersaing dengan penjual bubble drink yang sudah mapan sekalipun.

3. Bisnis Cappucino Cincau

Selain bubble tea, salah satu minuman yang sedang ngetrend saat ini adalah cappucino cincau. Minuman ini sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Perpaduan antara cappucino dan cincau ternyata memberikan cita rasa yang istimewa sehingga membuatnya banyak memiliki penggemar.

Menjalankan bisnis es cappucino cincau sebenarnya sangatlah mudah. Apalagi bahan dasarnya seperti bubuk cappuccino, susu, gula, cincau dan es sangat mudah ditemukan di pasar maupun supermarket.

Anda tinggal belajar bagaimana cara membuat resep cappucino cincau yang enak dan variatif sehingga konsumen suka dengan minuman buatan Anda.

Agar bisa bersaing dengan pebisnis cappucino cincau yang lain, buatlah gerobak atau booth dengan desain yang menarik. Bikin juga banner yang mewakilkan brand bisnis Anda sendiri. Dengan tampilan booth yang kekinian, saya rasa akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli es cappucino cincau Anda.

Apalagi jika es cappucino cincau ternyata memang enak, bisa saja mereka menjadi pelanggan setia Anda nantinya.

Baca juga : 7 ide bisnis modal kecil yang tidak ada matinya dan pasti laris

4. Usaha Warung Kopi Sederhana

Kopi adalah minuman yang sangat digemari di Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia sangat suka nongkrong di warung kopi. Entah itu untuk sekedar melepas penat karena seharian bekerja atau berkumpul bersama teman-teman.

Tak heran Anda akan mudah menemukan kedai kopi baik itu di perkotaan maupun di desa. Meskipun berbagai bisnis minuman modern hadir silih berganti, tetap saja peluang usaha warung kopi tradisional tidak pernah mati.

Nah, ini bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan untuk Anda dengan membuka bisnis warung kopi sederhana. Banyaknya penggemar kopi menjadi kesempatan Anda untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis ini.

Modal untuk membuka usaha minuman warung kopi mungkin cukup besar. Apalagi jika Anda harus menyewa tempat usaha. Namun, saya rasa modal yang Anda investasikan akan cepat balik. Yang terpenting Anda harus bisa memilih tempat usaha yang strategis.

Beberapa tempat strategis untuk membuka warung kopi antara lain :

  • Pasar tradisional
  • Dekat perkantoran
  • Dekat pabrik
  • Dekat kampus atau sekolah
  • Terminal
  • Di pinggir jalan yang ramai

Baca lebih lanjut tentang rahasia sukses usaha warung kopi sederhana

5. Buka Café Kopi

bisnis cafe kopiDi era modern ini, warung kopi banyak beralih menjadi warung berkonsep café kopi. Hal ini untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas. Kalau yang nongkrong di warung kopi biasanya para bapak-bapak, café bisa menjangkau lebih banyak konsumen terutama anak muda baik pria dan wanita.

Memang modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha café kopi butuh biaya yang cukup besar. Lebih besar daripada warung kopi sederhana. Apalagi jika Anda memilih tempat yang biaya sewanya cukup tinggi.

Namun semua itu akan tergantikan dengan kehadiran para konsumen. Disamping itu, harga kopi atau minuman di café biasanya lebih mahal dibandingkan kopi di warkop. Sehingga kemungkinan balik modal akan lebih cepat.

Agar pelanggan banyak berdatangan, buatlah konsep café yang menarik dan nyaman untuk nongkrong. Pasanglah wifi dengan kecepatan tinggi karena salah satu alasan banyak orang ingin nongkrong di café agar mereka bisa menikmati internet gratis.

Untuk lebih jelasnya tentang bisnis café, silahkan simak 10 tips memulai usaha café dengan modal kecil

6. Jualan Es Teh

Selain kopi, teh juga menjadi minuman yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Kalau dulu teh hanya disajikan dalam bentuk teh panas dan es teh original. Sekarang Anda bisa menemukan teh dengan berbagai varian rasa buah-buahan.

Hal inilah yang menjadikan teh banyak dijadikan sebagai bisnis waralaba oleh sejumlah pengusaha yang melihat peluang besar dari bisnis es teh ini. Nah, Anda bisa meniru konsep bisnis waralaba teh yang sudah banyak beredar seperti waralaba Teh Poci atau Your Tea.

Buatlah booth atau gerobak teh yang bisa menarik perhatian konsumen. Lengkapi dengan banner di sekeliling booth agar terlihat bagus dan mencolok. Untuk pembuatan teh aneka rasa buah, resepnya bisa Anda lihat di internet. Salah satunya bisa Anda kunjungi situs aneka resep makanan dan minuman yakni cookpad.com.

7. Jualan Es Kelapa Muda

Usaha minuman segar lainnya yang banyak di serbu konsumen adalah es kelapa muda. Usaha rumahan modal kecil yang satu ini mungkin terkesan biasa saja karena sudah banyak yang menjalankannya. Namun karena es buah kelapa memiliki banyak penggemar, tentunya akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan banyak konsumen.

Agar bisnis Anda laris, cobalah buka usaha di tempat yang mana belum banyak orang berjualan kelapa. Hal ini untuk mengurangi tingkat persaingan bisnis. Buatlah gerobak yang menarik dengan memasang banner di sekeliling gerobak. Cara ini terbukti bisa menarik minat konsumen.

Usaha minuman kepala muda akan sangat laris terutama saat musim kemarau tiba. Sehingga Anda bisa menjual lebih banyak kelapa muda pada musim ini.

Disamping itu, pada momen tertentu seperti bulan Ramadhan, es kelapa muda menjadi salah satu minuman yang paling banyak diburu konsumen. Jadi Anda akan meraup banyak keuntungan pada bulan puasa.

Simak juga : 9 ide jualan di bulan Ramadhan

8. Jualan Es Tebu

Selain kelapa muda, minuman alami lainnya yang cukup banyak digemari adalah es tebu. Bahan baku utama untuk pembuatan gula ini memang sangat segar apalagi kalau di minum pas cuaca sedang panas-panasnya.

Jualan es tebu sangat cocok bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan. Keuntungan yang didapat bisa dua kali lipat dari modal Anda untuk membeli bahan baku tebu.

Menjalankan bisnis ini pun tidak begitu rumit. Yang terpenting Anda berjualan di pinggir jalan yang ramai lalu lalang kendaraan. Akan lebih bagus jika daerah tempat tinggal Anda cuacanya cukup panas. Sehingga akan banyak orang yang mampir untuk membeli es tebu buatan Anda.

9. Jualan Es Coklat

usaha minuman unik es coklatCoklat adalah jenis buah-buahan yang dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang enak. Selain sebagai variasi rasa untuk beberapa jenis minuman, nyatanya es coklat juga cukup banyak diminati oleh para konsumen.

Terbukti dengan banyaknya bisnis franchise minuman es coklat yang beredar di pasaran. Namun kalau Anda memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, Anda bisa berjualan es coklat secara mandiri.

Hal ini tentu lebih bagus karena keuntungan Anda nikmati sendiri. Berbeda jika Anda bergabung dengan bisnis franchise yang mana Anda harus memberikan sejumlah royalty sesuai perjanjian yang sudah disepakati.

10. Bisnis Teh Tarik

Teh tarik adalah minuman hasil perpaduan antara susu dan teh. Cara pembuatannya yakni dengan menuangkannya berkali-kali pada dua cangkir sampai menimbulkan busa dan temperaturnya mendingin.

Teh ini berasal dari negeri tetangga Malaysia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir cukup populer di Indonesia. Namun usaha minuman teh tarik ini belum begitu banyak baik di lakoni para pebisnis. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda.

Baca juga : 10 cara mudah melihat peluang usaha baru disekitar kita

11. Buka Depot Air Minum

Kita tahu sendiri bahwa air putih merupakan minuman yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Tidak hanya itu, berbagai macam minuman yang beredar sekarang ini juga membutuhkan air putih sebagai bahan dasarnya.

Anda juga bisa menemukan minuman air putih kemasan dalam berbagai merek baik di warung kecil maupun di supermarket. Untuk tingkat keluarga, biasanya mereka akan memesan galon air minum karena harganya lebih mahal dan isinya tentu lebih banyak.

Nah, jika Anda memiliki modal diatas 30an juta rupiah, Anda bisa mencoba usaha depot air minum isi ulang. Bisnis rumahan  ini sangatlah menjanjikan terutama untuk daerah-daerah yang kekurangan air minum yang layak.

Banyak keluarga yang mengandalkan air hujan untuk kebutuhan minum mereka. Akan susah jika musim kemarau sudah tiba. Pada akhirnya terpaksa mereka harus membeli galon air minum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kalau harus membeli galon air minum yang bermerek tentu harganya lebih mahal. Makanya banyak diantara mereka yang membeli galon air minum dari pengusaha galon rumahan. Apalagi membeli galon air minum bisa langsung dantar dirumah. Hal inilah yang menjadikan bisnis depot air minum sangatlah menjanjikan

Untuk lebih jelasnya, coba simak cara memulai bisnis depot air minum isi ulang

12. Usaha Minuman Es Jeruk

Es jeruk adalah minuman segar yang sangat digandrungi oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyaknya penjaja minuman ini membuktikan bahwa menjalankan bisnis kecil-kecilan minuman es jeruk memiliki prospek yang cukup bagus.

Lagipula untuk memulai usaha ini tidak membutuhkan modal besar. Cara pembuatan es jeruk pun sangat mudah dengan peralatan yang cukup sederhana. Anda tinggal memeras jeruk kemudian ditambah gula, air dan es, maka es jeruk sudah jadi.

Usaha es jeruk akan laris jika Anda berjualan ditempat-tempat keramaian seperti contohnya di pinggir jalan atau tempat wisata. Disamping itu, Anda harus menyediakan bahan baku jeruk peras yang kualitasnya bagus agar minuman Anda terasa enak dan alami.

13. Usaha Minuman Es Sanghai, Es Teler dan Es Campur

buka usaha es telerBisnis minuman yang terakhir adalah jualan es sanghai, es teler dan es campur. Ketiga minuman yang berbahan dasar es, susu dan campuran buah-buahan ini juga memiliki fansnya sendiri. Dan yang menarik, Anda bisa menjual ketiga jenis minuman tersebut secara bersamaan.

Meskipun nama ketiganya berbeda, sebenarnya pembuatannya hampir sama. Hanya bahan-bahannya saja yang sedikit berbeda. Dengan menjual ketiga minuman ini sekaligus, tentu Anda akan dapat menyasar tiga konsumen sekaligus.

Simak juga : 11 tips membangun bisnis dari nol hingga sukses

Tips Sukses Usaha Minuman

Pahami Kondisi Pasar

Sebelum Anda memulai bisnis minuman kemasan atau minuman lainnya, pahami dulu kondisi pasar. Lakukanlah riset pasar kecil-kecilan mulai dari minat konsumen, tingkat persaingan dan minuman apa yang cocok di jual didaerah Anda.

Seperti contohnya jualan es kelapa. Kalau tempat Anda cuacanya dingin, meskipun pesaingnya sedikit, belum tentu banyak pembelinya karena orang biasa minum es kelapa karena cuaca sedang panas.

Baca lebih lanjut tentang cara memulai riset pasar yang benar

Ciptakan Minuman yang Unik dan Berbeda

Persaingan dalam bisnis kuliner seperti makanan dan minuman sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus bisa membuat usaha minuman unik dan berbeda dari yang lain.

Kalau Anda hanya mengcopy pengusaha lain tanpa memodifikasi sama sekali, tentunya Anda akan sulit untuk bersaing dengan mereka yang sudah mapan. Setidaknya ciptakan rasa minuman yang unik dan lain dari yang lain. Dengan begitu konsumen akan tertarik membeli minuman di tempat Anda.

Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha menjadi salah satu faktor krusial yang menentukan laris tidaknya usaha minuman Anda. Carilah lokasi usaha yang strategis sehingga banyak orang yang melihat tempat jualan Anda.

Tidak masalah kalau terpaksa harus sewa tempat usaha. Karena jika memang lokasinya sangat strategis, pada akhirnya pasti akan banyak konsumen yang datang dan menjadi langganan Anda.

Baca lebih lanjut tentang cara memilih lokasi usaha yang strategis

Konsep Usaha yang Menarik

Konsep usaha juga menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Karena jika konsep Anda sama dengan pebisnis lainnya, tentu konsumen sudah biasa melihatnya.

Untuk itu, buatlah konsep yang menarik untuk bisnis Anda. Salah satunya jika Anda berjualan dengan menggunakan gerobak. Anda bisa mendesain gerobak agar terlihat cantik dan menarik. Hal ini terbukti bisa meningkatkan jumlah konsumen Anda nantinya.

Lakukan Promosi yang Benar

Setiap usaha pasti butuh promosi untuk meningkatkan penjualan. Tidak terkecuali dengan bisnis minuman. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatshap dan Twitter untuk mempromosikan produk minuman Anda.

Disamping promosi online, Anda juga bisa melakukan promosi offline. Cara promosi produk secara offline bisa dengan cara memasang banner di sejumlah tempat yang menuju ke warung minum Anda. Atau Anda bisa menyebarkan brosur agar konsumen mengetahui bahwa ada minuman unik yang dijual.

Itulah 13 usaha minuman kekinian yang sedang ngetrend dan menjanjikan untuk dijalankan. Cobalah salah sat diantaranya yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Kalau Anda serius dan bisa berinovasi dengan kreatif, saya rasa Anda akan sukses menjadi pebisnis minuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *