13 Tips Mudah Jualan Baju Online Murah Untuk Pemula

ilustrasi tips jualan online dengan mudahDi era digital sekarang ini, jualan baju online sudah lumrah dilakukan oleh banyak kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga, karyawan sampai pelajar pun sudah banyak yang memanfaatkan internet sebagai media untuk berjualan.

Apalagi jualan secara online nyatanya mempunyai pasar lebih luas. Selain itu anda juga tidak butuh banyak modal karena jika anda tidak bisa menyetok barang, maka anda masih bisa menjualkan barang milik orang lain.

Sebelum kita lanjut tips mudah berjualan didunia maya, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kekurangan jualan baju secara online.

Keunggulan jualan baju online

  • Biaya sewa tidak mahal bahkan gratis

Sebenarnya berjualan secara online dalam bentuk apapun tidak membutuhkan biaya sewa. Tergantung dimana anda ingin berjualan. Jika anda berjualan di marketplace atau media sosial maka anda tidak perlu membayar sewa apapun karena disana memang tempat gratis untuk berjualan.

Lain halnya jika anda berjualan dengan media toko online yang mana anda harus menyewa domain dan hosting sebagai lapak untuk berjualan. Biaya sewanya tidak mahal berada di kisaran 2 juta rupiah kebawah tergantung paket apa yang anda pilih.

  • Bisa menjual barang lebih murah

Sudah bukan rahasia umum jika konsumen sekarang memilih beli secara online karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga di toko biasa. Apalagi untuk daerah diluar kota-kota besar di pulau jawa seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya yang notabene adalah pusat grosir baju di Indonesia.

  • Jangkauan pasar lebih luas

Seperti yang saya sebut diatas, jualan baju online memiliki jangkauan pasar lebih luas. Anda bisa menjaring konsumen bukan hanya di wilayah anda saja. Tidak seperti jika anda membuka toko baju biasa. Anda bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan bisa sampai ke mancanegara.

  • Tidak butuh modal besar

bisnis baju online tidak butuh modal besar. Hanya kepintaran dan kesabaran dalam melayani pelanggan secara online serta stok barang yang selalu ready. Namun banyak kok yang sudah jadi jutawan hanya dengan menjadi seorang dropshiper yang mana tidak membutuhkan modal sama sekali.

  • Bisa buka dimana saja

Berbeda dengan toko nyata yang harus buka di satu tempat, jualan baju online bisa anda lakukan dimana saja yang penting masih ada koneksi internet. Sehingga anda bisa tetap bekerja bagi yang berstatus karyawan, memasak dan membereskan rumah bagi ibu rumah tangga dan di waktu senggang bagi para pelajar.

  • Keuntungan tinggi

Stok yang selalu ready dan konsumen yang banyak adalah jaminan untuk meraih omset yang tinggi. keuntungan anda jualan baju online bisa 2 hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan jualan secara offline. Apalagi jika anda sudah punya toko online sendiri.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

Kekurangan jualan baju online

  • Saingannya sudah banyak

Tidak hanya didunia nyata saja yang banyak saingan, berdagang online juga banyak saingan. Bahkan saingan anda juga dari Sabang sampai Merauke. Jadi jika anda ingin jualan anda laris maka harus bisa bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang yang juga berjualan via online

  • Harus paham teknik marketing

Untuk bisa bersaing dengan yang lainnya, anda harus sedikit memahami teknik marketing secara online. Ada banyak tutorial dan tips-tips berjualan online yang tersebar secara gratis di google yang bisa ada baca dan praktekkan.

Namun jika anda ingin cepat mengerti step by step jago jualan online, maka anda harus belajar dari ahlinya. Ada banyak kok yang buka jasa kursus online yang bisa anda ikuti dengan harga yang relatif terjangkau seperti pasukanalona.com. Disana anda akan diajari cara jualan di marketplace, media sosial dan toko online lengkap dengan tips dan triknya.

  • Rawan penipuan

Konsumen yang anda layani berasal dari berbagai daerah dengan kebutuhan dan tujuan yang berbeda-beda. hal inilah yang harus anda waspadai. Penipuan sudah menjadi hal wajar jika membicarakan bisnis online baik itu dilakukan oleh penjual atau pun pembeli.

  • Sabar menghadapi pelanggan

Berbeda dengan toko biasa, anda bisa langsung melihat barangnya sehingga bisa menilai kualitas dari barang tersebut. Pakaian yang dijual online hanya mengandalkan foto-foto yang anda pajang. Sehingga terkadang pelanggan suka banyak pertimbangan.

Hal ini membuat mereka banyak bertanya pada penjual. Kadang ada karakter pembeli yang tidak banyak tanya langsung order. Ada yang hanya bertanya saja dan ada pula yang bertanya tapi belinya baru bulan depan.

Karakter pembeli semacam inilah yang harus membuat anda sabar dalam menghadapinya. Entah beli atau tidak anda harus meninggalkan kesan positif pada mereka.

Setelah anda mengetahui keunggulan dan kekurangan jualan pakaian secara online. Anda sekarang sedikit punya gambaran dalam menjalankannya bukan.

Berikut 13 tips mudah jualan baju online yang bisa anda coba mulai dari sekarang

1. Tentukan target konsumen

tips sukses jualan baju onlineDalam berjualan online, apapun bentuknya anda harus menentukan target konsumen terlebih dahulu. Target yang saya maksud disini adalah dari segi jenis kelamin, usia, kebutuhan dan minat konsumen.

Mengapa saya katakan demikian? karena hal ini berhubungan dengan produk apa yang akan anda jual. Selain itu cara ini akan memudahkan anda ketika berjualan di media sosial yang mana disana banyak sekali grup yang bisa dijadikan ajang mempromosikan dagangan anda.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

2. Produk yang akan dijual

Setelah mendapat target konsumen yang pas, kini giliran anda menentukan produk yang akan dijual. Produk pakaian bermacam-macam mulai dari pakaian anak, wanita, pria dewasa, remaja dan lain-lain. Anda tentu tidak mungkin menjual berbagai macam model pakaian secara keseluruhan.

Lebih baik fokus untuk menjual satu jenis saja misalnya baju bayi. Disini target konsumennya jelas. Bapak/ibu (kebanyakan sih ibu-ibunya) yang punya anak bayi, umur berkisar 20-35 tahun yang membutuhkan beberapa baju dan perlengkapan untuk bayi mereka.

Jika anda masih bingung menentukan produk yang anda jual, saya merekomendasikan beberapa jenis baju yang cukup laris dijual secara online antara lain:

  • baju distro
  • pakaian bayi dan kelengkapannya
  • pakaian anak perempuan
  • model pakaian wanita
  • busana muslim
  • pakaian olahraga
  • kerudung
  • sendal dan sepatu

Dari beberapa jenis pakaian diatas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Karena anda masih pemula, fokuslah untuk jualan baju online dari salah satu jenis produk tersebut. Usahakan untuk menjual baju yang sesuai dengan passion anda agar anda lebih mudah memahami dan menguasainya.

3. Ikut trend terkini

Jualan baju online harus bisa fleksibel terhadap apa yang sedang ngetrend saat ini. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk selalu mengikuti model model baju terbaru yang sedang menarik dan paling dicari.

Mengapa demikian? Karena orang-orang yang berselancar didunia maya kebanyakan mencari sesuatu yang beda. Ketika mereka tidak bisa menemukan di toko biasa maka mereka akan browsing di internet mencari apa yang mereka mau.

Ketika sudah menemukan produk yang cocok sesuai dengan keinginan, tanpa pikir panjang mereka akan membelinya. Kebanyakan yang sering ngetrend sih busana wanita. Misalnya saja seperti gamis panjang sedang trend di tahun ini, bisa jadi tahun 2019 nanti sudah sepi peminat.

Untuk itu, selalu ikuti model baju yang sedang hot karena berjualan pakaian secara online mengandalkan efek musiman.

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

4. Cari supplier terbaik

Ini berlaku bagi anda yang tidak punya produk sendiri namun tetap ingin berjualan baju secara online. Lain cerita jika anda adalah seorang produsen baju yang ingin menjual baju anda lewat media online. Anda tidak perlu repot-repot mencari penyetok barang.

Untuk mendapat supplier yang bagus, anda bisa mencarinya didaerah anda masing-masing. Misalnya anda tinggal di Jakarta, cobalah ke grosiran baju pasar tanah abang. Temui pemiliknya dan sampaikan maksud anda bahwa ingin menjualkan pakaiannya secara online. Jika mereka berkenan, anda tinggal meminjam produk pakaian yang ingin anda jual.

Foto barang-barang tersebut dari berbagai sisi agar pelanggan bisa menilainya lebih jelas. Jika anda punya uang lebih, gunakan jasa model untuk produk pakaian tersebut. sehingga produk anda terlihat lebih profesional.

Lalu bagaimana jika didaerah anda tidak ada grosir pakaian yang bisa anda jadikan supplier? jangan khawatir masih banyak jaman menuju Roma. Anda tinggal browsing di google. banyak kok distributor baju murah yang menggunakan jasa reseller dan dropshiper untuk memasarkan produk mereka. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa situs yang bisa anda coba antara lain:

supplier.id
frozenshop.com
dusdusan.com

Untuk meyakinkan bahwa situs diatas menjual barang dengan kualitas dan pelayanan yang bagus. Anda bisa mencoba belanja terlebih dahulu untuk membuktikan kualitas produk mereka.

5. Berjualan di marketplace

Oleh karena anda masih pemula, ada baiknya anda berjualan di beberapa marketplace besar yang sudah ada seperti Lazada, Tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain.

Untuk buka toko di beberapa situs diatas tidak dibutuhkan biaya alias gratis. Anda tinggal masuk ke websitenya, daftar akun lalu buat toko online sendiri. Untuk nama toko sebisa mungkin menyesuaikan dengan barang yang anda jual agar lebih mudah dikenal orang. Misalnya anda jualan baju gamis maka nama tokonya masih ada kata gamis. Begitu pun dengan produk lain.

Setelah toko anda jadi segeralah upload foto-foto produk yang akan anda jual. Jika anda menjual barang sendiri maka anda juga yang akan mengirim paketnya saat costumer membeli di toko anda. berbeda jika anda jual barang supplier. Mereka yang akan mengirim barangnya secara langsung namun tetap atas nama anda.

6. Berjualan di media sosial

ilustrasi tips jualan baju online di facebookJika anda ingin mengembangkan jualan anda lebih luas sebaiknya anda berjualan baju online lewat media sosial seperti facebook dan instagram. Kedua media sosial ini selain digunakan untuk tempat berbagi juga bisa anda manfaatkan untuk berjualan. Sama seperti berjualan di market place, Facebook dan Instagram juga tidak mengenakan biaya sepersen pun untuk mereka yang ingin menjual dagangannya.

Cara dagangnya pun cukup sederhana. Seperti di facebook yang mana anda tinggal upload foto dagangan terus tulis deskripsi dari barang tersebut maka jika ada konsumen yang berminat akan menghubungi anda lewat komentar dan inbox.

Namun untuk dapat sukses berjualan di facebook tidak mudah. Karena anda masih baru dan belum punya pelanggan tetap, Anda harus aktif disana agar dagangan anda dikenal orang. Salah satunya membagikannya di grup yang berhubungan dengan produk anda.

Jika anda punya sedikit modal, gunakan facebook ads untuk mempromosikan dagangan baju anda. Facebook ads berguna untuk menarget orang-orang yang memang mencari produk yang anda jual mulai dari jenis kelamin, usia dan minat konsumen.

baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

7. Berjualan lewat aplikasi chat

Aplikasi chat seperti Whatsapp, Line dan BBM juga merupakan tempat bagus untuk bisnis online. Namun untuk memulai bisnis menggunakan ini, lebih mudah jika anda sudah punya pelanggan dan sudah dikenal banyak orang.

Misalnya saja anda sudah mulai dikenal difacebook, anda bisa menggiring konsumen untuk chat via whatsapp agar lebih mudah dalam menarik minat mereka. Disini juga cocok untuk media transaksi jika konsumen sudah berniat membeli produk yang anda tawarkan.

Agar pelanggan anda tidak hanya sekali belanja terus hilang. Buatlah grup yang mana berisi konsumen yang sudah membeli produk anda. Siapa tahu mereka tertarik dengan produk anda yang lain.

8. Buka toko online

Jika anda punya modal lebih dan mengerti tentang teknik marketing online, akan lebih bagus jika anda membuka toko online. Berbeda dengan media sosial yang tidak memiliki tempat khusus untuk berjualan, toko online membuat anda terlihat profesional karena memiliki nama toko dan lapak milik anda sendiri.

Akan tetapi, membuka toko online tentu perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli hosting dan domain. Selain itu anda juga perlu templete premium agar lebih seo friendly. Jika anda tidak mau repot-repot mendesain toko online sendiri, sewalah jasa desain website agar tampilan website anda ciamik dan bikin konsumen betah berlama-lama mengunjungi toko anda.

Setelah toko online anda siap, saatnya anda upload foto-foto produk anda. Lengkapi dengan diskripsi mulai dari harga, ukuran, warna dan jenis kain agar pelanggan tidak banyak bertanya-tanya.

9. Belajar teknik marketing

ilustrasi bisnis online dengan strategi marketingBukan hanya di dunia nyata, berjualan didunia maya juga butuh teknik marketing. Akan percuma jika produk anda yang berkualitas namun tidak banyak diketahui orang.

Seperti toko online, untuk menjaring konsumen gunakan strategi pemasaran produk yang efektif. Manfaatkanlah fitur media sosial seperti facebook ads dan instagram ads. Dengan modal yang sedikit namun anda bisa mendapat pengunjung yang tertarget.

Penting juga untuk belajar tentang teknik SEO (search Engine Optimization) agar konsumen mudah menemukan toko online anda lewat situs pencarian seperti google, yahoo dan bing.

10. Selalu jaga kualitas barang

Kerugian membeli secara online adalah kita tidak bisa mengecek kualitas barang secara langsung. kita hanya melihat dari foto-foto yang dipajang.

Oleh karena itu, agar pelanggan anda tidak kapok membeli produk anda. Selalu jaga kualitas barang. Foto yang anda pajang beserta deskripsinya harus sesuai dengan kenyataan sebenarnya.

Hal ini untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap anda. jangan sampai mereka kecewa karena barang yang datang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

11. Pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik juga faktor penting untuk mendapatkan kesuksesan dalam jualan baju online. Hal ini bisa dilihat dari cara anda berkomunikasi dengan konsumen. mereka adalah raja yang mana anda harus melayaninya dengan baik.

Sebagai contoh tentang pengiriman barang. Jika anda menjanjikan 1 hari barang sampai, maka sebisa mungkin anda harus bisa menepatinya. Gunakan jasa pengiriman yang sanggup memenuhi permintaan tersebut.

Selain itu ketika ada pelanggan yang komplain karena barang yang diterima cacat, maka anda harus segera mengatasinya dengan mengganti barang tersebut setelah konsumen mengembalikan barang yang cacat.

12. Pintar mengelola keuangan

ilustrasi jualan secara onlineDalam bisnis apapun, keuangan menjadi penentu dalam meraih keberhasilan. Tak terkecuali dengan pebisnis online. Jika anda tidak pintar mengelola keuangan dengan baik, maka anda akan mengalami kegagalan.

Sebagai contoh anda bisa menjual beberapa produk dengan keuntungan yang lumayan. Namun karena anda punya keperluan lain, maka uang tersebut anda gunakan bahkan berikut dengan modalnya. Jika dilakukan terus menerus modal akan habis dan anda tidak bisa stok barang sendiri.

Bagaimana jika anda berjualan dengan sistem dropship? Kan tidak perlu modal dan stok barang? Memang benar tapi apakah anda akan terus menghabiskan profit anda tanpa punya rencana untuk memperbesar usaha anda.

Pengelolan usaha yang baik bisa anda mulai dari modal awal, peralatan pendukung usaha, biaya promosi, biaya operasional dan lain-lain. Setelah anda memiliki omset yang cukup besar, gunakan keuntungan tersebut untuk memperlebar sayap anda misalnya dengan menjual produk lain agar omset anda semakin tinggi.

Baca juga : 11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha Untuk Bisnis Anda

13. Tekun dan sabar

Tekun dan sabar adalah kunci sukses dalam menjalani sebuah bisnis. Tekun disini berarti anda harus berusaha semaksimal mungkin dalam menjualkan produk anda.

Semisal anda buka toko online, berusahalah membuat desain toko lebih menarik dari yang lain. Belajar juga SEO dengan benar agar website anda nangkring di posisi paling atas sehingga akan mudah dalam menggaet konsumen.

Anda juga harus sabar. Berbeda dengan toko baju biasa yang hari ini dibuka mungkin bisa langsung dapat pembeli. Jualan baju online membutuhkan waktu untuk bisa menarik pelanggan. Disinilah anda harus tetap sabar menunggu.

Begitu pun saat anda sudah banyak pembeli. Sabar dan ramahlah dalam menghadapi setiap pertanyaan pembeli baik lewat kolom komentar atau inbox. Kesabaran anda tentu akan membuahkan hasil yang maksimal.

Jualan baju online memang salah satu pilihan bisnis yang tepat untuk semua kalangan. Ikuti tips-tips di atas agar usaha baru anda ini bisa mendapat omset sesuai yang anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...