14 Cara Mendidik Anak Laki-Laki yang Benar Sejak Usia Dini

mendidik anak laki-laki usia 5 tahunMempunyai seorang anak adalah anugrah terbesar yang harus anda syukuri. Sebagai orang tua, anda harus menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Dikaruniai anak perempuan atau laki-laki sama saja. Hanya saja mereka memiliki karakter dan kodrat masing-masing. Sehingga ada sedikit perbedaan dalam hal mendidik anak laki-laki ataupun perempuan.

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana tips mendidik anak laki-laki agar kelak dia bisa menjadi pria yang mandiri, gentleman, sayang pada keluarga dan bertanggung jawab. Seyogyanya anda mulai mengajarkan hal yang baik sejak dia masih kecil.

Berikut ini 14 cara mendidik anak laki-laki yang benar sejak usia dini yang bisa anda praktekkan mulai dari sekarang.

1. Ajarkan untuk Menunjukkan Rasa Sayang

Pada dasarnya anak laki-laki punya rasa sayang yang kuat. Entah itu terhadap orang tua atau saudara. Namun kebanyakan dari mereka sulit untuk menunjukkan atau mengungkapkan rasa sayang tersebut. Alasannya mungkin karena dia malu dibilang anak mama oleh teman-temannya. Hal inilah yang terkadang membuat anak laki-laki kadang suka bersikap cuek.

Anda sebagai orang tua harus memberikan pengertian bahwa menunjukkan kasih sayang bukanlah hal yang buruk. Malah laki-laki yang tidak malu menunjukkan rasa cintanya pada keluarga terutama saudara perempuan adalah laki-laki yang keren dan patut di contoh.

2. Ajak Bermain Bersama

Jika anda ingin dekat dengan anak, anda harus memasuki dunianya. Dan yang ada di pikiran anak-anak hanyalah bermain. Meskipun anda sibuk dengan urusan pekerjaan, cobalah sempatkan sedikit waktu anda untuk bisa bermain bersama anak-anak.

Sebisa mungkin anda bisa bermain bersama mereka setiap hari. Hal ini penting untuk menjaga keberadaan anda di mata mereka. Selain itu, dia akan selalu merasa memiliki keluarga yang bahagia dengan kehadiran anda. Buat mereka serasa kehilangan anda jika sehari saja anda tidak mengajaknya bermain. Selama bermain dengan mereka, anda bisa sekalian menyusupi beberapa nasihat atau ajaran yang baik untuk mereka.

3. Jadilah Ayah yang Pantas Diidolakan

Jika ingin anak laki-laki anda menjadi pria yang matang, maka anda harus bisa memberikan contoh padanya. Jadilah idola bagi mereka karena figure seorang ayah adalah panutan bagi anak-anak baik laki-laki maupun perempuan.

Jangan pernah tunjukan sikap buruk seperti marah, membentak, mengucapkan sumpah serapah atau mencaci karena otak anak akan merekamnya. Dan mereka pandai meniru apa yang anda katakan.

Oleh sebab itu, jadilah ayah yang hebat yang pantas dijadikan idola oleh anak-laki-lai anda.

4. Jadilah Ibu yang Baik

mendidik anak laki-laki usia 2 tahunIbu adalah orang yang paling dekat dengan anak. Dan kebanyakan anak laki-laki lebih dekat dengan ibunya. Oleh karenanya, berusahalah jadi ibu yang baik. Berikan dia asupan gizi yang cukup untuk merangsang kecerdasan anak.

Jangan terlampau sering memarahi anak jika dia berbuat salah. Banyak anak yang sering menyebut ibu mereka cerewet. Lebih baik nasihati dia secara halus agar dia lebih nurut daripada anda terus memarahinya yang mana malah membuat dia makin bandel.

5. Ajari Menghormati Orang Lain

Jika anak laki-laki tidak diajarkan sopan santun sejak dini, gedhenya dia bisa menjadi anak yang kurang ajar. Dalam mendidik anak laki-laki, anda harus memberikan contoh dan pengertin bagaimana cara menghormati orang lain. Terutama pada mereka yang lebih tua.

Anda bisa memulai mengajari dia cara memanggil kakak perempuannya, bagaimana cara menyapa tetangga disekitar dan lain sebagainya.

6. Menjadi Penasihat yang Baik

Anak laki-laki terkadang bersikap arogan dan sukanya menang sendiri. Apalagi jika teman mainnya anak perempuan. Peran anda disini adalah memberikan nasihat kepadanya. Katakan bahwa bersikap seperti itu bukanlah tindakan yang terpuji.

7. Ajarkan Anak Bahwa Kejujuran Itu Penting

Saat anak melakukan kesalahan, ada diantara mereka yang berusaha menyembunyikan kesalahannya. Hal ini dilakukan agar dia tidak dimarahi. Jika anda mendapati kejadian seperti ini, cobalah untuk memberikan pengertian padanya. Ajarkan dia untuk berkata jujur. Soal kesalahan yang dia buat anda tidak terlalu mempermasalahkannya asalkan dia mau berkata jujur.

8. Jangan Bersikap Terlalu Keras.

anak laki-laki nakalAnak laki-laki nakal itu biasa. Dia memang selalu ingin menang sendiri apalagi jika sudah bermain bersama saudara atau teman-temannya. Adakalanya dia membuat temannya menangis dan anda sebagai orang tua merasa marah atas kenakalannya.

Sebaiknya anda tidak lantas memarahi atau bersikap keras padanya. Naishati dia sambil mengingatkan bahwa apa yang dia lakukan tidak baik. Bilang bahwa dia nanti tidak akan punya teman jika suka bikin temannya menangis.

Baca juga : 7 Cara Jitu Memilih Asuransi Pendidikan Anak Secara Tepat

9. Mendidik Anak untuk Menjadi Pemimpin

Laki-laki saat dewasa kelak akan menjadi seorang pemimpin. Khususnya didalam keluarganya sendiri. Maka dari itu, tanamkan jiwa seorang pemimpin sejak dini. Hal ini perlu anda lakukan untuk menumbuhkan sikap tegas dan pemberani sejak dari kecil.

10. Mengajari Anak Supaya Menjadi Pria yang Bertanggung Jawab

Pria harus menjadi orang yang punya rasa tanggung jawab karena suatu saat akan memiliki dan memimpin keluarganya sendiri. Jika dari kecil dia terus dimanja dan tidak diajarkan sikap tanggung jawab, bagaimana dia akan bertanggung jawab pada keluarganya.

Oleh karena itu, ajari dia bagaimana cara bertanggung jawab sejak kecil. Misalnya jika dia punya adik perempuan, cobalah berikan dia tanggung jawab untuk menjaga adiknya saat anda pergi bersama istri. Jika dia belum bisa melakukannya dengan baik, maka kewajiban anda untuk menasehati dia betapa pentingnya rasa tanggung jawab.

11. Ajari Anak dengan Mulai Membaca Al-quran

Mengenalkan Al-quran sejak usia masih kecil adalah tindakan yang tepat. Mulailah dengan mengajarkan membaca Al-quran karena jika dari kecil sudah senang membacanya, maka saat besar nanti dia juga akan senang mempelajari dan memahami apa saja isi dan kandungan dalam Al-quran.

Dengan demikian, dia akan lebih bisa menjauhkan diri dan hatinya dari hal-hal buruk yang tidak seharusnya dia lakukan.

12. Tanamkan Aqidah dan Tauhid Padanya

Sejak kecil anak harus sudah mendapat aqidah dan anda punya kewajiban untuk menyampaikannya. Kenalkan dia tentang siapa yang menciptakan dunia ini. Selain itu tanamkan tauhid padanya. Ajak dia untuk ikut beribadah bersama anda dan berikan pengertian tentang pentingnya beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

13. Ajari Anak Cara Bersyukur

Mendidik anak laki-laki bisa anda lakukan dengan cara sederhana seperti bersyukur kepada Allah SWT. Hal ini penting diajarkan agar anak terbiasa mensyukuri nikmat yang diberikan Allah padanya.

Sebagai contoh ketika anak anda mengeluh karena sepedanya sudah jelek sementara temannya punya sepeda baru. Anda bisa bilang padanya bahwa dia patutnya bersyukur masih memiliki sepeda. Bandingkan dengan anak-anak lain yang belum bisa punya sepeda.

14. Ajak Anak Berdialog dan Berdiskusi

Terkadang sebagai orang tua hanya mau menuntut anak supaya nurut dengan apa yang anda katakan tanpa memperdulikan apa maunya dia. Kebiasaan seperti ini malah bia membuat anak tumbuh menjadi orang yang suka membangkang.

Mestinya anda harus sering-sering berkomunikasi dengannya. Ajak dia berdialog dan berdiskusi tentang berbagai hal. Hargai pendapatnya tentang sesuatu yang ada dipikirannya. Jika memang dimata anda pendapat itu salah, coba beri pengertian tentang akibat buruk yang akan dia terima jika melakukan hal yang seharusnya tidak boleh dia lakukan.

Mendidik anak laki-laki memang tidak mudah. Butuh kesabaran dan rasa sayang lebih agar anak laki-laki anda kelak tumbuh menjadi pria yang bisa bertanggung jawab untuk diri sendiri maupun keluarganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...