14 Ide Usaha Sampingan Yang Menguntungkan Menjelang Lebaran

usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaranBulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat muslim. Tidur saja bisa memperoleh pahala, apalagi jika anda melakukan aktifitas yang bermanfaat seperti tadarus Al-quran atau berbagi makanan untuk orang yang akan berbuka puasa. Selain itu, bulan ramadhan ternyata juga memberikan banyak keuntungan dalam sektor usaha. Hal ini bisa menjadi peluang bagi anda yang sedang mencari usaha sampingan yang menguntungkan.

Anda bisa melihat sendiri, biasanya diawal bulan ramadhan muncul berbagai macam pendagang dipinggir jalan yang umumnya menjual aneka macam makanan. Mereka yang memiliki jam kerja 6-8 jam sehari, ada juga yang memanfaatkan waktu senggang dengan mendadak beralih profesi menjadi pedagang pakaian, perlengkapan ibadah dan lain-lain. Hal ini menandakan bahwa membuka bisnis dibulan ramadhan ternyata memiliki omset yang menggiurkan. Apalagi menjelang lebaran yang mana banyak orang mencari berbagai perlengkapan untuk menyambut hari raya idul fitri.

Anda tidak perlu merasa takut bersaing atau dagangan anda tidak akan laku, karena kebutuhan masyarakat menjelang lebaran naik berkali-kali lipat dibanding hari-hari biasa. Anda tinggal berusaha dan tekun menjalankan aktifitas bisnis anda agar menjadi usaha sampingan yang menguntungkan

Nah, berikut 14 usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran yang bisa anda coba.

1. Jualan Busana Muslim

Peluang usaha menjelang lebaran yang pertama adalah jualan busana muslim. Boleh dibilang, bisnis busana muslim mengalami peningkatan berkali-kali lipat menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. Hal ini wajar terjadi sebab masyarakat dari golongan menengah kebawah sekalipun ingin tampil dengan busana muslim terbaru guna menyambut datangnya lebaran yang mana menjadi ajang berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Jika anda berminat untuk membuka usaha ini, sebaiknya mulailah dengan mempelajari bagaimana cara agar usaha ini bisa menguntungkan. Misalnya dengan memperhatikan kualitas barang dagangan dan tentunya pelayanan yang ramah terhadap konsumen. Jangan pasang harga terlalu mahal yang mana malah bisa membuat pelanggan anda kabur. Sebaiknya, berikan harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat sekitar anda. Untuk urusan modal berkisar antara 15-20 juta yang anda pergunakan untuk membeli busana muslim grosiran agar lebih murah namun mendapat barang yang banyak.

2. Jualan Perlengkapan Ibadah

Seperti yang saya sebut diatas, menjelang hari raya semua orang sibuk membeli berbagai macam kebutuhan termasuk perlengkapan ibadah seperti peci, sarung, mukena dan sajadah. Bagi kebanyakan orang, merayakan hari lebaran tidak pas rasanya jika barang yang mereka pakai tidak baru. Hal ini menjadikan usaha ini cukup menggiurkan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Modal yang perlu anda siapkan dalam menjalankan bisnis ini mulai dari 10-15 juta rupiah yang mana anda gunakan untuk kulakan barang dagangan anda. Agar pangsa pasar anda lebih luas, sebaiknya juallah alat perlengkapan ibadah ini dalam berbagai macam kualitas dan harga. Hal ini bertujuan untuk dapat menjangkau pembeli dari berbagai kalangan yang berduit maupun yang memiliki ekonomi standar sekalipun.

Baca juga : 7 Tips Jitu Memilih Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula

3. Jualan Pakaian untuk Lebaran

Selain busana muslim maupun perlengkapan ibadah yang bisa menaikkan omset sampai 100%. Jualan pakaian juga menjadi usaha sampingan yang menguntungkan menjelang hari raya. Coba anda perhatikan, pada pertengahan ramadhan baik di mall maupun toko fashion pasti menjadi tempat transaksi jual beli yang tidak pernah sepi dari siang sampai malam. Jika anda memiliki modal diatas 10 juta, usaha ini rasanya cocok untuk anda yang ingin mendapat keuntungan yang berlipat.

Jangan anda takut bersaing dengan mereka yang sudah mapan menjalankan bisnis ini. karena bagaimanapun juga tidak semua orang mampu menjangkau pakaian yang tersedia di mall atau toko-toko yang biasanya harganya mahal. Untuk itu, anda bisa mencari supplier pakaian yang bisa memberikan harga yang murah namun memiliki kualitas yang bagus.

Jika anda belum mendapat penyedia barang yang sesuai. Cobalah untuk mengunjungi beberapa situs grosir dibawah ini sebagai perbandingan mulai dari harga, kualitas maupun modelnya.

http://www.bisnisbajumu.com/
http://grosirbajuku.com/
http://www.jakartagrosir.com/

4. Jualan Baju Khusus Anak

jual baju anak menjelang lebaran

sumber gambar via bisnisborneo.com

Setiap orang tua tentu ingin anaknya tampil sempurna dalam segi fashion. Apalagi pas momen lebaran yang mana semuanya identik dengan hal yang baru. Sehingga jualan baju khusus anak menjadi peluang usaha yang menguntungkan karena anak-anak tentunya pasti ingin memakai baju baru saat lebaran.

Modal untuk membuka usaha ini pun tidak sebesar jika anda menjual pakaian untuk orang dewasa karena baju anak relatif lebih murah. Hal terpenting dalam menjalankan bisnis baju untuk anak adalah memperhatikan kualitas barang serta bagaimana trik anda untuk menarik pembeli. Salah satu contohnya dengan promosi jualan seperti beli dua gratis satu. Selain itu, usahakan untuk mengorder pakaian yang sedang banyak diminati oleh anak-anak sehingga barang anda akan cepat terjual.

5. Jualan Mainan untuk Anak-Anak

Sebenarnya usaha yang satu ini terdengar agak aneh. Akan tetapi jualan mainan anak-anak pada saat menjelang lebaran nyatanya cukup memberikan keuntungan yang menggiurkan loh. Hal ini terjadi mengingat biasanya pada saat lebaran, anak-anak mendadak dompetnya menjadi tebal karena mendapat banyak amplop tunjangan hari raya dari sanak saudara. Nah, jika sudah mendapat uang, kebanyakan anak menghabiskannya untuk membeli mainan. Hal ini menjadi keuntungan bagi anda jika memilih untuk membuka usaha jualan mainan.

Namun, untuk memulai usaha ini sebaiknya anda memperhatikan pangsa pasar. Pastikan bahwa tempat jualan anda memang ramai anak-anak sehingga anda dengan mudah dapat menjual dagangan anda. Begitu melihat pedagang mainan, anak-anak akan segera menyerbu dan membeli mainan yang mereka suka berapapun harganya selama uangnya cukup.

Baca juga : 10 Contoh Usaha Modal 5 juta Paling Menguntungkan

6. Jual Sepatu dan Sandal

Selain busana muslim dan baju untuk lebaran, produk fashion yang laku keras menjelang hari raya adalah jualan sandal dan sepatu. Hal ini wajar saja mengingat ketika orang sudah memakai baju dan celana baru, Rasanya kurang pantas jika sandalnya masih lama dan jelek. Maka dari itu, agar terlihat serasi, pastinya mereka juga akan melengkapinya dengan membeli alas kaki baru.

Nah, fakta ini bisa menjadi peluang anda untuk mencoba bisnis jualan sepatu dan sandal untuk lebaran. Dalam memulai bisnis ini memang membutuhkan dana lumayan besar. Jika anda harus membuka toko dan membeli estalase, kemungkinan modal yang anda butuhkan bisa mencapai 30 juta keatas.

Berarti tidak mungkin dong berjualan sepatu dan sandal jika modalnya hanya pas-pasan? jangan khawatir, anda masih bisa berjualan secara online dengan sistem reseller maupun dropship. Dengan semakin berkembangnya jaman membuat banyak orang malas berbelanja ke toko dan memilih belanja secara online. Inilah kesempatan baik yang harus anda manfaatkan. Anda bisa menawarkan dagangan anda di media sosial seperti facebook dan instagram yang mana memang menjadi basis tempat belanja online terbesar sehingga anda akan lebih mudah mendapat pembeli.

Namun, jika anda merasa ribet dan tidak tahu cara jualan online, maka jualanlah secara ofline meskipun dengan modal minim. Caranya anda bisa buka lapak dan jualan dipinggir jalan dengan perlengkapan sederhana. Yang perlu anda perhatikan dalam berjualan dipinggir jalan adalah barang dagangan anda harus bervariasi dan terjangkau untuk semua kalangan agar menjangkau masyarakat yang ekonominya masih standar.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

7. Bisnis Kue Lebaran

jualan kue lebaran

sumber gambar via suksesjuanto.wordpress.com

Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan menjelang datangnya hari raya? Jika ya, jualan kue kering bisa menjadi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan loh. Apa saja syarat untuk bisa berbisnis kue kering? Yang pasti anda harus punya modal dan tentunya anda pintar buat kue kering dengan aneka macam jenis. Jika anda tidak bisa membuatnya, anda bisa belajar di situs online seperti cookpad.com yang banyak menyajikan resep kue kering yang enak dan berkualitas.

Dana atau modal yang anda butuhkan dalam memulai usaha ini tergantung seberapa banyak bahan yang akan anda produksi. Selain untuk belanja bahan, anda juga perlu membeli toples untuk wadah kue serta cap merek agar dagangan anda terlihat profesional. Untuk modal awal, 2-3 juta cukuplah untuk membangun bisnis kue kering kecil-kecilan.

Untuk tempat jualan, anda mungkin tidak perlu membuka atau menyewa lapak jika memang kondisi keuangan anda tidak memadai. Sebagai langkah awal, anda bisa menitipkan barang dagangan anda ke toko kue di sekitar tempat tinggal anda dengan memberikan komisi untuk setiap dagangan yang dijual.

Media promosi lain yang bisa anda manfaatkan adalah dengan menjualnya lewat media sosial. Selain itu, anda juga bisa menawarkan dagangan anda lewat mulut ke mulut kepada kerabat, tetangga dan teman-teman anda.

8. Jualan Toples Kue

Jika anda kurang berminat bisnis kue lebaran, mungkin anda bisa memanfaatkan wadah atau toples sebagai barang yang bisa anda bisniskan. mengapa demikian? karena jika sudah berbicara tentang lebaran, pasti identik dengan banyaknya sajian makanan atau cemilan dalam berbagai macam sebagai jamuan untuk para tamu yang datang kerumah. Inilah peluang yang bisa anda ambil untuk memulai bisnis ini.

Anda bisa menyediakan toples yang unik dan menarik agar para konsumen tertarik membeli dagangan anda. Dalam memperdagangkan barang ini pun tidak terlalu sulit. Anda bisa menitipkan ke beberapa toko terdekat atau menjualnya sendiri dipinggir jalan. Jika anda malas keluar rumah, anda bisa berjualan lewat online mulai dari menawarkan lewat grup whatsapp dan telegram serta jejaring sosial facebook maupun instagram.

Keuntungan dalam bisnis toples adalah kondisi barang yang tidak gampang rusak dan tidak akan basi. Jika dagangan anda tidak habis, anda bisa simpan dan jual kembali tahun depan untuk meminimalisir kerugian.

9. Bisnis Parsel Lebaran

Satu lagi usaha sampingan yang menguntungkan menjelang hari raya adalah bisnis parsel lebaran. Anda pasti tahu bukan, bahwa saat lebaran banyak orang yang saling mengirimkan parsel lebaran untuk keluarga, patner kerja maupun teman-teman. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan menjual parsel khusus lebaran mengingat semakin meningkatnya permintaan parsel menjelang hari raya.

Namun, jika anda memilih bisnis ini, sebaiknya anda harus memiliki kreatifitas tinggi dalam merangkai parsel. Jenis parsel yang bisa anda buat antara lain parsel makanan atau parsel pakaian seperti parsel mukena dan sajadah. Lalu bagaimana cara membuat parsel yang bisa diminati konsumen? Situs theasianprent.com bisa menjadi tempat belajar anda untuk membuat parsel yang bisa menarik perhatian pembeli. Jika anda masih bingung, cobalah untuk menonton video berikut ini.


10. Jual Ketupat Menjelang Hari Raya

jualan ketupat jelang lebaranKetupat adalah makanan khas lebaran masyarakat Indonesia. Hampir setiap keluarga pasti membuat ketupat yang sudah menjadi tradisi atau kebiasaan muslim di Indonesia. Permasalahannya, banyak orang yang tidak sempat ataupun tidak bisa membuat ketupat. Hal inilah yang menjadi peluang anda untuk mencoba bisnis jualan ketupat lebaran.

Anda bisa membuat banyak ketupat dalam bentuk kecil dan besar. Biasanya orang mencari ketupat tiga hari menjelang lebaran. Anda tinggal menjualnya dipinggir jalan dan pasanglah harga yang terjangkau agar banyak yang membeli ketempat anda. Mengingat peminat ketupat cukup tinggi, anda bisa memproduksinya dalam jumlah banyak.

11. Bisnis Penjualan Tiket

Di Indonesia dikenal yang namanya mudik. Yakni orang yang pulang kekampung halaman setelah merantau keluar daerah untuk mencari nafkah. Momen lebaran adalah saat yang tepat untuk mudik agar bisa berkumpul dengan orang tua dan sanak keluarga.

Maka jangan heran mulai dari terminal, sasiun, pelabuhan dan bandara dipenuhi oleh para pemudik menjelang tibanya hari raya. Mereka ingin segera dapat menaiki sarana transportasi agar bisa segera cepat sampai kampung halaman.

Setelah lebaran selesai, beberapa tempat transportasi diatas ramai kembali oleh para pemudik yang akan kembali ketanah perantauan. Dengan fakta seperti ini, seharusnya bisa menjadi peluang bisnis bagi anda. Dengan jutaan orang yang sibuk mencari tiket untuk mudik, anda bisa mencoba peluang usaha jasa penjualan tiket baik untuk bis, travel, kapal, kereta api dan pesawat.

Anda tidak perlu menjadi agen tiket besar yang mana membutuhkan modal yang besar. Cukup menjadi sub agen atau orang yang menjualkan tiket dari agen dan anda akan menerima komisi. Seperti yang anda tahu, tiket transportasi menjelang lebaran pasti lebih mahal dibanding hari biasa. Terutama tiket pesawat yang bisa naik 3 kali lipat. Hal ini menjadikan bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Jika anda bisa mengantongi komisi 50 ribu sampai 100 ribu per tiket, maka bisa anda bayangkan sendiri berapa penghasilan yang akan anda dapatkan jika bisa menjual 50 tiket dalam kurun waktu sebelum dan sesudah lebaran.

baca juga : 8 Strategi Pemasaran Produk Baru Untuk Usaha Kecil Paling Efektif

12. Bisnis Oleh-Oleh Lebaran

Selain usaha dibidang jasa seperti jualan tiket. usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran lainnya adalah dengan memanfaatkan arus mudik lebaran yang sangat ramai. Anda bisa membuka usaha jualan oleh-oleh lebaran. Apalagi jika tempat lingkungan anda tinggal dekat dengan jalan arus mudik lebaran yang biasanya dari arah Jakarta ke Jawa.

Kenapa bisnis ini berpotensi meraih omset besar? Karena anda tahu sendiri lalu lintas arus mudik lebaran begitu padat. Disamping itu, rasanya gimana gitu kalau kita mudik tidak bawa oleh-oleh.

Atas dasar ini, rasanya jualan oleh-oleh menjadi ladang bisnis yang cukup menarik. Anda bisa menjual jenis oleh-oleh mulai dari makanan sampai dengan kerajinan tangan yang unik.

13. Jasa Rental Kendaraan

Anda punya kendaraan seperti mobil dan motor? Nah, daripada dianggurin karena anda tidak kemana-mana karena masih dalam suasana lebaran. Akan lebih baik jika kendaraan anda tersebut disewakan agar bisa mendapat pundi-pundi rupiah. Anda bisa merentalkan kendaraan kepada teman yang anda kenal atau tetangga yang memang sedang membutuhkan. Biasanya harga sewa kendaraan menjelang lebaran bisa naik dua kali lipat loh. kan, lumayan daripada cuma dianggurin dirumah.

Akan tetapi, meskipun bisnis ini merupakan usaha sampingan yang menguntungkan, saran saya jangan menyewakan kendaraan kepada sembarang orang. Anda harus mengenal betul orang yang menyewa kendaraan anda agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

14. Jasa Penyaluran ART Sementara

Jika anda mencari usaha sampingan yang menguntungkan saat lebaran bahkan tanpa modal. Ada satu usaha tanpa modal yang cocok bagi anda. Terutama yang tinggal dikota besar seperti Jakarta. Saat lebaran, Jakarta yang biasanya dipenuhi jutaan orang tiba-tiba berubah sepi karena ditinggal penduduknya. Mulai yang bekerja dikantoran sampai para pekerja rumah tangga. Mereka kebanyakan adalah para pendatang yang pada mudik.

Jika sudah demikian, para keluarga yang ditinggal para ART-nya tentu akan merasa kerepotan dalam mengurusi berbagai macam hal yang berkaitan dengan pekerjaan rumah seperti mencuci, menyetrika, memasak maupun bersih-bersih. Disinilah peluang bisnis yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa membuka jasa penyaluran ART sementara selama ART yang asli mudik.

Terkadang, ada juga yang hanya membutuhkan ART sementara untuk mengurusi rumah dikarenakan pemilik rumah sekeluarga sedang melaksanakan mudik. Biasanya tugas ART disini hanyalah membersihkan dan menjaga rumah selama keluarga tersebut pergi.

Itulah 14 usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran yang cukup menarik. Cobalah satu diantaranya untuk mengisi waktu ramadhan anda daripada hanya tidur malas-malasan sambil menunggu buka puasa. Lebih baik jualan, sudah dapat pahala sekaligus dapat tambahan rejeki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *