15 Cara Promosi Produk Paling Efektif dan Terbukti Berhasil

ilustrasi cara promosi produk yang efektifDalam dunia bisnis, tentu tidak hanya cukup membuat sebuah toko dan produk yang bagus saja. Karena memang untuk menjadi pebisnis yang sukses membutuhkan strategi khusus. Salah satunya yaitu bagaimana cara promosi produk yang efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Karena akan sangat disayangkan ketika Anda memiliki sebuah produk yang bagus. Tapi Anda tidak bisa memasarkan produk tersebut dengan baik. Sehingga butuh waktu lama bagi konsumen untuk mengetahui produk yang Anda miliki.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Anda harus menemukan solusi terbaik untuk membuat bisnis Anda maju yaitu dengan strategi pemasaran produk baru yang baik. Lantas bagaimana cara promosi produk yang efektif dan efisien?

Anda tidak perlu cemas, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mempromosikan produk yang efektif dan tentunya akan menambah presentase keuntungan bisnis Anda. Untuk itu simak pembahasan berikut ini dengan baik.

Cara Promosi Produk yang Efektif

Setiap orang memang memiliki cara pemasaran produk sendiri. Tapi bagi Anda yang masih bingung mencari strategi marketing yang cocok, berikut ini akan saya paparkan 15 cara promosi produk yang efektif dan terbukti berhasil.

1. Memilih Sasaran Pasar yang Tepat

target pasarKetika memutuskan untuk melakukan promosi produk, Anda harus membuat sebuah perencanaan agar pasar yang Anda pilih bisa tepat sasaran. Jangan sampai Anda asal-asalan dalam mempromosikan produk. Karena bisa menyebabkan penjualan produk Anda tidak sesuai dengan target yang Anda inginkan.

Penyebabnya tidak semua orang ingin membeli produk Anda. Sehingga akan sangat disayangkan jika anggaran yang Anda gunakan untuk promosi tidak tepat sasaran. Terlebih ketika Anda hanya memiliki anggaran yang terbatas.

Saya sarankan agar Anda lebih fokus pada target pasar di suatu komunitas atau kelompok tertentu saja yang sesuai dengan kebutuhan produk Anda.

Sebagai contoh ketika Anda memiliki produk kaos distro. Anda harus bisa memilih pasar yang tepat untuk mempromosikan produk Anda tersebut. Target market Anda harus disesuaikan mulai dari jenis kelamin, usia, wilayah penjualan, daya beli masyarakat dan lain sebagainya.

Ketika Anda telah menemukan sasaran pasar yang tepat. Maka presentasi penjualan produk juga semakin besar. Nah, setelah produk Anda sudah dikenal masyarakat. Maka Anda sudah bisa memperluas jangkauan dari sasaran pasar tersebut.

Baca juga : Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mudah Mengatasinya

2. Beriklan di Media Komunikasi

Sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang ini. Para pemilik produk yang memiliki anggaran besar biasanya mempromosikan produk lewat media komunikasi seperti koran, majalah, radio dan televisi. Cara promosi produk seperti ini terbukti efektif dan efisien bahkan sampai sekarang.

Bagi pengusaha kecil menengah, Anda tidak harus melirik media komunikasi seperti televisi yang mana biaya untuk promosi disana cukup besar. Tapi tidak ada salahnya mempromosikan produk baru Anda lewat media cetak seperti koran lokal didaerah Anda.

Contohnya saja jika Anda membuka usaha salon kecantikan. Dengan beriklan di koran, tentu orang lain yang sebelumnya tidak tahu tentu akan mengetahui jika didaerah tempatnya ada salon baru.

Memang beriklan di koran tidak lantas membuat salon Anda kebanjiran pelanggan. Tapi setidaknya memberikan rekomendasi bagi para pembaca bahwa ada salon yang bagus. Sehingga ketika mereka hendak pergi ke salon, mungkin akan terpikir untuk datang ke tempat Anda.

Begitu juga ketika Anda promosi di stasiun radio. Saya sendiri sering mendengar iklan di radio tentang tempat makan yang enak didaerah saya. Sehingga ketika memutuskan untuk makan bersama keluarga, saya pergi ke rumah makan tersebut atas rekomendasi dari sebuah stasiun radio.

Maka dari itu, bagi Anda yang bergerak dibidang kuliner terutama tempat makan, tidak ada salahnya mencoba beriklan di radio. Meskipun Anda harus membayar sedikit lebih mahal untuk biaya iklan di media komunikasi tersebut.

Akan tetapi hal itu akan berdampak pada kelangsungan bisnis Anda. Dimana mereka akan mulai mengenali produk apa yang Anda miliki dan pastinya akan membuat mereka penasaran untuk segera membelinya.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

3. Berpromosi di Media Sosial

berpromosi lewat media sosialDalam sepuluh tahun terakhir, dunia internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perubahan ini ternyata mempengaruhi dunia bisnis pada umumnya. Hampir semua pelaku bisnis menapaki internet sebagai media untuk memperbesar brand bisnis mereka.

Dengan kata lain, saat ini cara promosi online di media sosial merupakan cara paling efektif untuk memperkenalkan sebuah produk. Selain pengguna media sosial yang sangat banyak, tentu cara promosi produk di internet jauh lebih mudah.

Anda tidak perlu pergi kemana-mana, cukup dengan laptop atau smartphone yang terhubung dengan koneksi internet. Anda sudah bisa melakukan pemasaran online.

Namun meskipun terlihat sepele, melakukan promosi di media sosial tidak bisa dilakukan asal-asalan. Butuh strategi yang tepat agar promosi online yang Anda lakukan tepat sasaran dan sesuai dengan target market yang Anda bidik.

Ada banyak media sosial yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk berpromosi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Facebook

Facebook adalah jejaring media sosial terbesar didunia saat ini. Indonesia sendiri menjadi negara dengan jumlah pengguna terbanyak ke 4 dibawah India, USA dan Brasil dengan 130 juta pengguna. Jumlah tersebut tentu menjadi sebuah angka yang fantastis dan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Sehingga banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba memasarkan produk lewat facebook. Entah itu untuk menjual produk fisik maupun produk digital. Oleh karenanya, mulailah promosikan produk Anda di facebook.

Metode pemasaran di facebook bisa dilakukan dengan metode gratisan maupun berbayar. Untuk gratisan sendiri prosesnya sangat mudah. Anda tinggal mengupload foto yang dilengkapi dengan deskripsi tentang produk Anda ke beberapa grup atau komunitas yang sesuai dengan produk Anda.

Namun, jika Anda ingin menemukan konsumen yang benar-benar tertarget. Sebaiknya Anda menggunakan metode berbayar facebook ads. Memang Anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk beriklan. Namun, hasil yang akan Anda dapatkan nantinya juga akan lebih besar.

Baca juga : 9 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Paling Menguntungkan

Instagram

Selain Facebook, media sosial lain yang cocok untuk berpromosi adalah instagram. Banyak cara menghasilkan uang dari instagram mulai dari jualan produk, menjadi endorse, dan tentu saja mempromosikan produk sendiri.

Instagram sendiri adalah sebuah media sosial yang fokus pada gambar atau foto. Namun saat ini video pendek juga sudah mulai banyak di unggah di instagram. Sehingga jika ingin mempromosikan barang dagangan di Instagram, Anda bisa mengunggah foto produk yang menarik minat konsumen. Jangan lupa untuk memberikan hastag populer agar lebih mudah ditemukan konsumen.

Disamping itu, Anda bisa menggunakan jasa selegram untuk memperkenalkan produk Anda. Selegram sendiri hampir mirip seperti model untuk sebuah produk. Mereka memiliki jumlah pengikut atau follower yang sangat banyak sehingga produk Anda akan lebih mudah dikenal banyak orang.

Twitter

Sejak diperkenalkan pada tahun 2006, Twitter menjadi salah satu primadona media sosial. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna twitter yang mencapai jutaan orang. Penggunanya pun tidak main-main, mulai dari pejabat, artis dan tokoh-tokoh penting dan masyarakat pada umumnya.

Melihat dari animo masyarakat dalam menggunakan twitter. tentu menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk. Sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan media sosial yang satu ini.

Youtube

Siapa tidak kenal youtube. Media sosial berbasis video ini sangat populer dikalangan anak-anak hingga orang tua. Tak heran jika youtube sekarang menjadi media yang tepat untuk mempromosikan sebuah produk.

Mungkin Anda berpendapat bahwa menghasilkan uang dari youtube hanya dari iklan Google Adsense saja. Padahal tidak demikian, saat ini sudah banyak para youtuber yang mendapat tawaran untuk mempromosikan produk tertentu lewat channel mereka.

Hal inilah yang harus Anda manfaatkan. Kepopuleran seorang youtuber yang memiliki banyak subscriber tentu akan memudahkan Anda dalam memperkenalkan produk pada konsumen.

Baca juga : Begini Cara Jadi Youtuber yang Sukses dan Terkenal

4. Menawarkan Diskon Khusus

memberikan diskon khususCara promosi produk dengan menawarkan diskon masih menjadi cara efektif untuk meningkatkan presentasi penjualan sebuah produk. Diskon biasanya di berlakukan pada hari-hari khusus seperti hari raya keagamaan,awal dan akhir tahun, perayaan khusus dan lain-lain. Ada juga yang menawarkan diskon saat sebuah toko sedang launching pertama.

Namun jangan asal-asalan dalam memberikan diskon. Karena jika Anda tidak memperhitungkan dengan matang, efeknya malah bisa merugikan bisnis Anda. Padahal tujuan diskon sendiri adalah untuk meningkatkan penjualan meskipun dengan sedikit keuntungan.

Agar penerapan diskonnya sukses, Anda harus melakukan strategi marketing yang tepat. Misalnya dengan harga minus 1. Maksudnya Anda bisa memainkan diskon dengan mempengaruhi psikologi pelanggan.

Sebagai contoh ketika Anda pergi ke toko baju. Anda pasti pernah melihat sebuah harga Rp 499.000. Otak pembeli tentu akan condong berfikir harga tersebut Rp 400.000an bukan Rp 500.000. Apalagi kalau barang tersebut menarik perhatiannya. Tanpa pikir panjang mereka akan membeli produk tersebut. Apalagi kalau ada embel-embel diskon 10 % – 20 %.

Bagi Anda yang bergerak di bisnis online. Anda bisa memanfaatkan email marketing. Meskipun saat ini email marketing sudah mulai ditinggalkan. Namun email marketing sendiri memiliki peranan yang cukup besar dalam sebuah bisnis. Jika Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan baik, tentu akan berdampak besar pada kemajuan bisnis Anda.

Contoh mudahnya yaitu Anda menawarkan sebuah diskon khusus bagi 10 Subscriber pertama dari email. Dengan begitu jumlah email subscriber juga akan semakin banyak, sehingga akan banyak orang yang bisa melihat produk apa yang Anda jual.

Baca juga : 15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

5. Menjadi Sponsor Event

Cara promosi produk yang efektif selanjutnya yaitu menjadi sponsor dalam sebuah acara kegiatan maupun event yang masih berkaitan dengan bisnis Anda. Di Indonesia ada banyak acara-acara yang sering diadakan oleh perusahaan, kampus, sekolah atau pun instansi pemerintah.

Mereka tentunya membutuhkan sponsor untuk mendukung kegiatan tersebut. Keuntungan Anda disini tentu saja brand bisnis Anda akan dikenal orang. Apalagi jika Anda mau menyediakan doorprize untuk acara tersebut. Jikalau memang produk Anda memberikan manfaat pagi penggunanya, mereka tentu akan mencarinya.

Anda juga bisa sekalian membuka stand untuk berjualan di acara tersebut dengan menerapkan diskon atau promosi beli 2 gratis 1 untuk menarik minat konsumen. Keuntungan lainnya dari sponsor event ialah MC yang tentunya akan menyebutkan sponsor untuk acara tersebut. Sehingga bisnis Anda makin dikenal orang.

Oleh sebab itu, manfaatkan sebuah event sebagai sarana untuk promosi produk. Pilihlah event yang mungkin akan berdampak besar bagi bisnis Anda.

Contoh mudahnya yaitu ketika Anda menjual sebuah produk yang berhubungan dengan kesehatan. Maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi salah satu sponsor dalam setiap event atau kegiatan kesehatan yang berlangsung.

6. Mengadakan Sebuah Kontes

Walaupun cara promosi produk ini bisa dibilang sebagai cara lama, tapi nyatanya masih efektif untuk memasarkan sebuah produk. Karena memang dengan adanya sebuah kontes, tentunya akan banyak sekali partisipan yang bersuara untuk produk Anda.

Contoh cara promosi produk dari sebuah kontes misalnya dengan mengadakan ajang lomba menulis dengan tema memperkenalkan produk Anda. Berikan gambaran tentang contoh artikel promosi produk seperti apa yang Anda inginkan.

Tawarkan hadiah menarik bagi para pemenang agar banyak orang yang berpartisipasi dalam lomba dan ingin mendapatkan hadiah tersebut.

Menariknya dari mengadakan kontes ini yaitu bagi siapa yang tidak menang pun akan tetap mempromosikan produk Anda. sehingga hal tersebut menjadi keuntungan untuk bisnis Anda.

Baca juga : Mengenal Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat dan Contohnya

7. Menggunakan Jasa Endorse

Sudah bukan hal baru lagi jika saat ini banyak pebisnis yang menggunakan jasa endorse untuk meningkatkan brand bisnis mereka. Karena memang hal ini sudah banyak terbukti dapat meningkatkan angka jumlah penjualan.

Biasanya hal ini jika Anda ingin mempromosikan produk di media sosial seperti Instagram. Anda bisa menggunakan jasa endorse dari artis tanah air. Meskipun tarifnya tentu sangat mahal. Akan tetapi, peluang produk Anda dikenal banyak orang makin terbuka lebar.

Bagi Anda yang tidak memiliki anggaran lebih untuk menggunakan jasa endorse dari artis. Anda bisa menggunakan jasa selegram yang memasang tarif yang tidak begitu tinggi namun memiliki jumlah follower banyak

Bagi seorang selegram, tawaran endorse tentu menjadi keuntungan tersendiri guna penghasilan tambahan. Maka dari itu menggunakan jasa endorse merupakan pilihan yang tepat untuk mempromosikan sebuah produk agar dikenal orang dengan cepat.

8. Bekerja sama dengan Blogger

bekerja sama dengan bloggerCara selanjutnya dalam mempromosikan sebuah produk yaitu Anda bisa menjalin kerjasama dengan Blogger. Dalam hal ini Anda bisa meminta bantuan para blogger yang masih berkaitan dengan topik bisnis Anda agar mau mereview produk dan mempostingnya di blog mereka.

Selain itu Anda juga bisa memasang sebuah iklan mandiri di laman blog tersebut. Semakin banyak pengunjung blog yang berelasi dengan Anda, maka akan semakin besar pula angka penjualan yang bisa Anda dapatkan. Untuk masalah harga iklan, Anda bisa menawar langsung blogger yang bersangkutan melalui email atau kontak.

Atau Anda bisa bekerja sama blogger untuk mempromosikan produk Anda dengan sistem afiliasi. Dimana Anda memberikan sejumlah komisi dari setiap penjualan yang berasal dari link dari blog yang Anda ajak kerja sama.

Jika Anda tidak memiliki website resmi terkait produk Anda. Anda bisa bekerja sama dengan Ratakan.com dimana situs tersebut mewadahi setiap orang yang ingin melakukan kerja sama afiliasi.

9. Memasang Iklan di Goggle Ads

Saat ini dunia internet sudah menjadi ladang bisnis yang sangat luas. Sayang jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Memasang iklan di Google menjadi strategi paling efektif untuk mempromosikan produk Anda.

Salah satu cara promosi produk di Google yaitu dengan memanfaatkan layanan Google yang sangat populer untuk beriklan adalah Google Ads. Banyak orang berpendapat bahwa beriklan di Google Ads lebih meningkatkan penjualan dibandingkan beriklan di media sosial.

Hal ini wajar mengingat orang yang sedang mencari informasi lewat internet biasanya berkiblat ke Google. Sementara Google akan menempatkan iklan dari Google Ads di posisi yang tepat dan tertarget. Sehingga wajar jika penjualan akan meningkat jika beriklan disana.

Belum lagi iklan Anda akan ditampilkan di banyak blog yang menjadi publisher iklan Google. Ketika iklan Anda di tempatkan di blog besar yang bertrafik tinggi. Kesempatan produk Anda dikenal banyak orang akan semakin terbuka.

Baca juga : 7 Tips Jitu Pengelolaan Keuangan Usaha Agar Cepat Berkembang

10. Membuat Website untuk Bisnis Anda

Bagi pelaku bisnis, memiliki sebuah website menjadi sebuah langkah yang mesti dilakukan. Website menjadi tempat yang sangat efektif untuk mempromosikan produk Anda pada konsumen. Sehingga Anda bisa menekan biaya promosi ketimbang hanya beriklan di blog milik orang lain.

Anda bisa menulis artikel tentang berbagai hal yang berkaitan dengan produk Anda. Misalnya mengulas tentang apa saja produk yang Anda miliki berikut manfaat dan kelebihan produk Anda.

Namun, tentu tidak mudah untuk membangun website karena Anda mesti bersaing dengan website lain yang sudah lama eksis. Apalagi jika Anda tidak tahu bagaimana cara membuat website Anda bisa nangkring di posisi atas.

Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan jasa web developer untuk membantu Anda dalam membantu Anda membuat website yang baik di mata situs pencairan seperti Google. Dengan begitu kesempatan untuk berpromosi lewat website menjadi lebih mudah.

11. Mengadakan Program Give Away

Cara yang satu ini sudah menjadi rahasia umum dalam mempromosikan produk secara langsung dan terbilang sangat efektif. Dengan cara mengadakan give away setiap kali mengeluarkan produk baru. Tentu jumlah pengunjung yang melihat produk Anda juga akan semakin banyak.

Biarkan mereka mencoba produk Anda terlebih dahulu baru Anda minta tanggapan mereka. Nah dalam hal Anda bisa mewajibkan mereka untuk mengikuti media sosial dan mempromosikan produk Anda di masing-masing media sosial. Sediakan hadiah yang menarik untuk pemenang.

Baca juga : 10 Contoh Usaha Modal 5 juta Paling Menguntungkan

12. Memberikan Bonus Bagi Orang yang Merekomendasikan Produk Anda

memebrikan bonusCara promosi produk selanjutnya yaitu memberikan sebuah bonus bagi mereka yang telah merekomendasikan produk Anda. Cara ini sangat efektif mengingat konsumen akan percaya ketika ada keluarga atau teman sendiri yang merekomendasikan sebuah produk tertentu.

Terlebih bagi Anda yang baru mulai dalam dunia bisnis, hal ini sangat membantu sekali dalam kemajuan bisnis Anda. Selain itu, biaya anggarannya pun tidak akan terlalu besar.

Ketika ada orang yang berhasil merekomendasikan produk Anda dan meningkatkan penjualan. Maka Anda bisa memberikan bonus pada mereka. Dengan begitu, mereka akan semakin bersemangat untuk berpromosi pada yang lain.

13. Memberikan Gratis Ongkir

Bagi Anda yang sedang berpromosi secara online. Salah satu cara promosi produk yang terbukti berhasil adalah menggratiskan ongkos kirim untuk pembelian barang. Promosi gratis ongkir tentu saja akan menarik banyak calon konsumen untuk membeli ditempat Anda.

Sebagai contoh jika Anda jualan baju online. Anda bisa memasang promosi beli baju lebih dari dua gratis ongkos kirim. Selain membuat konsumen mulai melirik produk Anda. Ketika terjadi transaksi penjualan. Anda akan mendapat banyak keuntungan.

Salah satunya tentu saja tingkat penjualan Anda menjadi lebih tinggi. Karena konsumen yang sebenarnya hanya ingin membeli satu barang, akhirnya mengambil dua karena tertarik gratis ongkir.

Baca juga : Cara Sukses Memulai Usaha Catering Rumahan dengan Modal Kecil

14. Promosi Beli 2 Gratis 1

Tujuan dari cara yang satu ini hampir mirip dengan cara gratis ongkir dimana Anda ingin meningkatkan penjualan produk. Coba Anda perhatikan ketika sedang jalan-jalan ke mall. Pasti Anda akan menemukan toko contohnya matahari mall yang mana akan menawarkan promosi beli 2 gratis 1.

Orang yang sebelumnya tidak berniat membeli pada akhirnya tertarik akibat promosi tersebut. Namun Anda harus memperhitungkan dengan cermat agar Anda tetap mendapat keuntungan sesuai yang ditargetkan dari awal.

15. Memberikan Hadiah atau Souvenir Secara Gratisan

Promosi ini tergolong sangat mudah dijalankan dan memberikan dampak besar untuk bisnis Anda. Contohnya saja saat Anda membeli smartphone dengan harga 3 juta.

Conter yang satu menawarkan smartphone tersebut disertai bonus berupa tongsis dan costum case. Sementara conter yang kedua tidak memberikan hadiah sama sekali. Kira-kira Anda pilih yang mana?

Saya rasa hampir semua orang pasti memilih membeli di conter yang pertama. Memberikan sebuah hadiah berupa merchandice tentunya akan mempengaruhi ketertarikan seseorang dalam membeli sebuah produk.

Oleh sebab itu, jangan Anda merasa berat dalam memberikan sebuah hadiah. Toh hadiah tersebut tidak memakan biaya banyak. Bahkan Anda bisa memberikan hadiah yang di labeli brand bisnis Anda sehingga tanpa Anda minta pun, para pelanggan Anda akan mempromosikan produk Anda kepada orang lain.

Beberapa souvenir yang biasa dijadikan bonus untuk pelanggan diantaranya gantungan kunci, kaos, gelas cantik, kalender dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara promosi produk yang efektif dan sudah terbukti mampu meningkatkan angka penjualan. Semoga informasi yang sudah saya sajikan diatas bisa membantu dan bermanfaat untuk bisnis Anda kedepannya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *