15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

ilustrasi peluang bisnis online modal kecilSekarang ini membahas tentang peluang bisnis online adalah hal yang lumrah. Karena semakin kesini pengguna internet didunia terus mengalami peningkatan. Indonesia sendiri menduduki peringkat 6 dunia untuk jumlah pengguna internet terbanyak.

Lebih dari 50% dari 262 juta penduduk Indonesia sudah terhubung dengan jaringan internet. Dan kebanyakan dari mereka sudah memanfaatkan internet sebagai media untuk berbisnis, berbelanja dan memesan alat transportasi.

Lalu siapa saja yang punya peluang dalam menjalankan bisnis online? jawabannya adalah semua orang bisa menjalankannya asalkan terhubung dengan koneksi internet. Mulai dari pelajar, karyawan, ibu rumah tangga bahkan pengangguran bisa mendapatkan uang dari internet. Yang terpenting mereka pintar membaca peluang bisnis online tersebut. Bisnis online bukan hanya akan menambah penghasilan, namun bisa membuat anda jadi jutawan.

Anda tidak perlu takut mencoba. Apalagi jika alasan anda gaptek teknologi. Tahunya hanya buka video di youtube, posting status atau foto di facebook dan lain-lain. Menjadi seorang pebisnis online tidak harus pintar komputer. Handphone yang anda gunakan saat ini pun bisa digunakan untuk mengeruk pundi-pundi rupiah.

Berikut 15 peluang bisnis online terbaru dengan modal kecil namun memberikan keuntungan besar

1. Menjadi Blogger Profesional

ilustrasi bisnis online tanpa modalBisnis online bukan hanya membicarakan tentang jual beli barang secara online. Bisnis secara online yang juga sangat menjanjikan dan terus mengalami peningkatan adalah dibidang informasi. Anda bisa merasakan sendiri. Dulu jika tidak ingin ketinggalan berita, maka anda harus beli koran, mendengarkan siaran radio atau menonton berita di televisi.

Sekarang hanya dengan modal gadget dan koneksi internet, anda sudah bisa baca berita terbaru dari koran-koran berbasis online seperti Tempo.co, Sindonews.com, Tribunnews.com, Kompas.com, Republika.com dan lain-lain.

Selain media ternama tersebut, anda juga bisa mencari informasi seputar apa yang sedang anda cari dari blog-blog milik orang lain. Dengan hanya mengetikkan kata kunci yang anda cari, maka akan muncul informasi yang bisa anda baca secara gratis.

Namun, tahukah anda bahwa kenyataannya mereka mendapat bayaran dari membagikan informasi tersebut? Ya, memang bukan anda yang akan membayarnya. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet dengan membagikan artikel untuk orang lain. Mereka inilah yang disebut dengan blogger.

Menjadi seorang blogger sebenarnya cukup mudah. Bisa dikatakan bahwa blogger merupakan peluang bisnis online tanpa modal. Modal anda hanyalah menulis artikel secara rutin di blog pribadi anda. Jika blog anda sudah banyak pengunjung, maka anda bisa monetize dan anda akan mendapatkan bayaran dari hasil jerih payah anda.

Para blogger biasanya mendapatkan penghasilan dari program PCC (pay per click), menjual produk, space iklan, afiliasi dan lain-lain. Penghasilannya masing-masing orang pun bervariasi. Ada yang bisa menghasilkan 1 juta per bulan namun ada juga yang bisa menghasilkan ratusan juta per bulan. Seperti Eka Lesmana, pria asal semarang yang tidak tamat SMP ini terkenal sebagai publisher Google adsense dengan pendapatan 10.000 US $ per bulannya atau sekitar Rp 130 juta. Sangat fantastis bukan.

Dua platform yang populer digunakan blogger Indonesia yaitu: 

  • blogger.com.  Jika ingin memulainya secara gratis, maka memanfaatkan platfrom ini. Dengan akun Gmail anda bisa membuat blog di situs milik google ini. Situs ini memang sengaja dibuat oleh google untuk menfasilitasi mereka yang ingin berkarya dengan tulisan.
  • Namun, jika ingin lebih terlihat profesional. Anda bisa menggunakan platform wordpress self hosted dengan biaya yang cukup terjangkau. Modal Rp. 400 ribu – Rp 1.000.000 sudah bisa untuk menyewa domain dan hosting.

Jika anda ingin cepat menghasilkan uang, sering-seringlah update artikel minimal 1 per hari. Saya sendiri bisa menghasilkan uang dari blog matahidup.com ini setelah berjuang selama 1,5 tahun dengan mengikuti program Google adsense. Bisa dibilang saya cukup lambat dibandingkan blogger-blogger lain. Hehehe…

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

2. Menjadi Penulis Lepas/Freelance

Anda punya hobi menulis tapi tidak mau di repotkan dengan mengurus blog yang menyita waktu. Jangan khawatir, masih ada peluang bisnis online lain yang bisa di jalankan dari hobi anda yakni menjadi penulis lepas.

Saat ini menjadi penulis lepas atau freelance cukup digemari oleh beberapa kalangan. Jika anda adalah seorang pekerja kantoran, bisnis ini bisa jadi pekerjaan sampingan anda. Coba anda bayangkan, menulis saja dibayar. Enak banget kan.

Bagaimana cara agar tulisan anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah?

Anda bisa menulis untuk situs-situs yang memang menerima jasa penulisan artikel. Beberapa situs yang cocok untuk para penulis lepas diantaranya :

situs-situs diatas berani membayar tinggi jika memang tulisan anda menarik dan berbobot. Selain situs-situs diatas, beberapa blog yang sudah punya nama besar dan ramai pengunjung juga banyak yang menggunakan jasa penulis lepas. Salah satunya Klikmania.net

Jika anda berminat menekuni bisnis ini, belajarlah untuk mebuat konten yang menarik. Pelajari teknik SEO (search engine optimization) dengan baik karena para costumer anda memang mencari artikel yang berkualitas SEO.

Untuk langkah awal, anda bisa menggunakan media sosial sebagai ajang promosi. Bergabunglah di grup yang memang membahas tentang blog. Disana banyak para blogger yang membutuhkan jasa penulis lepas. Masalah harga bisa tentukan sendiri dengan klien anda.

Untuk artikel bahasa Indonesia berkisar antara Rp 7.000 – Rp 80.000 tergantung panjang pendek artikel. Sementara artikel bahasa inggris tentunya memiliki tarif yang lebih mahal yang bisa mencapai 3 hingga 4 kali lipat.

Agar pelanggan anda semakin banyak, ada baiknya anda buat website/blog sendiri dengan tema menerima jasa penulisan artikel. Berikan review atau contoh tulisan terbaik anda. Hal ini agar membuat para pelanggan yakin dengan kualitas anda. Sehingga tanpa pikir panjang mereka akan mengajak anda bekerja sama.

3. Buka Toko Online

Anda punya produk sendiri? Jika ya, Juallah produk tersebut secara online agar omset anda menjadi berkali-kali lipat.

Bagaimana caranya? Dengan membuka toko online tentunya. Berbeda dengan berjualan di pasar online atau media sosial, mempunyai toko online akan membuat bisnis anda terkesan profesional karena bisnis anda akan berdiri sendiri. Bahkan anda bisa mempekerjakan orang lain sebagai dropship untuk membantu memasarkan produk anda.

Jangan merasa pesimis karena gaptek soal dunia internet, maka belajarlah mulai dari sekarang. Sangat disayangkan jika produknya berkualitas, namun hanya dijual dalam lingkup kecil. Dengan membuka toko online, maka jangkauan pasar akan lebih luas mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Semua orang akan mengenal produk anda tentunya.

Jika merasa ribet dengan segala macam desain toko online, sewalah jasa pendesain website toko online profesional. Tidak butuh waktu lama bagi mereka membuatkan toko online untuk anda.

Lalu bagaimana jika anda tidak punya produk untuk di jual? Masih bisakah buka toko online?

Jangan khawatir, masih banyak cara yang bisa anda tempuh untuk berjualan lewat internet. Anda tinggal tentukan produk apa yang ingin dijual. Cari penyedia barang (supplier) yang sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu buatlah toko online. Menjual suatu produk adalah cara tercepat menghasilkan uang lewat internet.

4. Jualan di Marketplace

ilustrasi bisnis online terbaikBagaimana jika anda belum punya modal untuk membuat toko online? Masih ada cara menghasilkan uang dari internet dengan metode seperti toko online. Salah satu peluang bisnis online modal kecil yang patut anda coba adalah berjualan di marketplace.

Di negara kita tercinta ini sudah banyak bermunculan pasar online yang siap membawa anda menjadi jutawan. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Untuk bisa berjualan di marketplace diatas, anda tinggal mendaftar dan mengisi profil secara lengkap selanjutnya buat toko. Langkah-langkahnya tentu berbeda di masing-masing situs namun pada intinya tetap sama yakni membuka toko.

Di marketplace, anda bisa menjual produk sendiri. Selain bertransaksi dengan konsumen, berarti anda harus mengurus pengiriman barang sendiri. Sementara jika anda menjual produk dari supplier, anda tinggal fokus menjual produk. Pilihlah produk yang sekiranya sesuai dengan passion anda. Untuk masalah pengiriman sudah dikerjakan oleh pihak supplier terkecuali jika anda sudah stok barang sendiri.

5. Jualan di Media Sosial

Kebanyakan orang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk berbagi, berinteraksi dengan pengguna lain, menyimpan foto maupun video. padahal jika dimanfaatkan dengan benar, media sosial bisa menjadi peluang bisnis online yang sangat menguntungkan. Terutama Facebook dan Instagram. ‘

Bukan rahasia umum lagi jika Facebook sekarang telah berkembang menjadi medsos yang bisa digunakan untuk jual beli barang dalam bentuk apapun. Mulai dagangan yang bernilai recehan sampai jutaan rupiah.

Barang apa yang bisa anda jual? Sangat banyak. Bahkan barang bekas yang sudah tidak terpakai namun masih bisa di gunakan juga laku dijual di Facebook. Misalnya anda punya handphone rusak, jangan buang dulu. Coba cari grup jual beli HP di Facebook, disana anda akan menemukan orang yang mau membeli HP anda. Tentu dengan harga miring karena kondisi HP sudah rusak.

Terlebih jika anda punya produk sendiri untuk dijual. Sebagai contoh anda punya usaha makanan ringan kecil-kecilan yang biasa anda jual di beberapa toko didaerah anda. Cobalah tawarkan makanan tersebut di Facebook, gunakan kemasan yang menarik agar orang tertarik membeli produk anda. Siapa tahu omset penjualan anda lebih meningkat.

Bagaimana jika anda tidak punya produk untuk dijual? Perlakuannya hampir sama seperti jualan di toko online maupun marketplace. Carilah supplier terpercaya agar anda bisa berjualan. Namun tidak semua barang bisa laku keras jika dijual di Facebook dan Instagram. Berbeda dengan marketplace yang mana orang mengunjungi situs tersebut karena memang berniat untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan.

Berjualan di Facebook atau Instagram bisa diperanggapkan seperti mall. Anda sedang jalan-jalan terus melihat barang yang menarik. Apa yang anda pikirkan? Jika punya uang pasti akan membelinya. Jika memang belum punya, mungkin anda akan bertanya-tanya terlebih dahulu. Kemudian setelah punya uang, anda akan datang kembali untuk membeli.

Lalu barang seperti apa yang sekiranya laku dijual di Facebook?

beberapa produk yang cukup laris antara lain :

  • Busana wanita terbaru
  • Kerudung
  • Kaos distro
  • Jaket pria dan wanita
  • Baju bayi
  • Baju anak
  • Tas
  • Sepatu dan Sandal
  • Aksesoris
  • Souvenir
  • Costum case
  • Makanan ringan
  • Kue

Selain Facebook, Instagram juga merupakan merupakan media sosial terbaik yang bisa anda gunakan untuk berjualan. Produk-produk yang laku di Instagram juga hampir mirip dengan Facebook. Karena media sosial ini fokus pada fotografi dan video, ada cara lain untuk mendapatkan uang selain berjualan yaitu menjadi endorse atau biasa dikenal dengan selegram.

Mereka adalah orang-orang yang dibayar untuk mempromosikan produk orang lain. Namun untuk menjadi seorang selegram tentu tidak mudah. Anda harus sudah cukup populer di Instagram dan punya follower.

Baca juga : 8 Cara Mudah Dapat Uang Dari Instagram Untuk Pemula

6. Menjadi Dropship

Jangan anda anggap remeh peluang bisnis online sebagai seorang dropship. Walaupun tidak mempunyai stock barang, kenyataannya seorang dropshipper bisa menghasilkan puluhan juta rupiah per bulan loh. Kok bisa?

Menjadi seorang dropship berarti anda terjun di dunia jual beli secara online tanpa memiliki produk dan modal sama sekali. maksudnya dropship bertugas menjualkan barang milik penyedia barang (supplier) kepada konsumen. Dropship bisa mengambil keuntungan sendiri atas barang yang mereka jual.

Sebagai contoh supplier menetapkan harga tas Rp. 40.000. Anda bisa menjual kepada konsumen dengan harga sesuai keinginan anda misalnya Rp. 80.000. Jika bisa menjual 10 buah perhari, maka dalam satu bulan anda bisa mendapat omset sebesar Rp. (40.000 x 10) x 30 hari = Rp. 12.000.000. Sangat menggiurkan bukan.

Contoh diatas hanya hitung-hitungan kasar saja. Pada dasarnya butuh usaha ekstra untuk bisa menjaring banyak konsumen. Namun anda tidak perlu pesimis. Jangan pernah takut untuk mencoba. Anda bisa menjadi dropship di marketplace, toko online maupun media sosial.

Baca juga : 10 Langkah Strategis Merintis Usaha Sendiri dari Nol Bermodal Kecil

7. Buka Kursus Online

ilustrasi peluang bisnis online untuk mahasiswaAnda adalah seorang guru honorer? Mungkin penghasilan anda sebagai guru kurang memuaskan? Jika ya, bagaimana kalau anda buka peluang bisnis online dari keahlian anda tersebut? Di luar negeri buka kursus online sudah sangat populer dan jamak dilakukan. Di Indonesia sendiri sudah mulai cukup berkembang. Anda bisa punya lebih banyak murid ketimbang buka kursus secara offline.

Selain itu proses belajarnya lebih mudah. Buatlah materi belajar dengan tulisan atau rekaman video. Jadi, anda tetap membutuhkan sebuah website sebagai wadah untuk menampung materi belajar anda. Materi bisa di unggah tiga hari atau seminggu sekali karena anda membuka layanan kursus.

8. Jasa Desain Grafis

Peluang bisnis online lain yang sedang populer di Indonesia adalah jasa desain grafis. Banyak orang mendulang ratusan bahkan ribuan dollar dari usaha sampingan sebagai desain grafis. Jika anda bukan orang yang mahir mendesain gambar lewat komputer, belajarlah tutorial yang ada di youtube tentang bagaimana cara menggunakan photoshop atau Corel.

Karena masih pemula, anda bisa menjual karya anda dibeberapa situs-situs yang memang mewadahi orang-orang yang ingin menjual desain grafis seperti 99disegns (luar negeri) dan Sribu (dalam negeri)

Misalnya seperti di 99disegn, disana anda bisa ikut kompetisi desain grafis dengan hadiah mulai dari ratusan hingga ribuan dollar tergantung klien yang memesannya. Semua anggota yang terdaftar di situs tersebut bisa ikut berkompetisi sampai salah satu diantaranya menjadi pemenang.

Jangan merasa takut kalah bersaing karena para peserta lain juga kebanyakan pemula seperti anda. Bagi yang sudah ahli dan sering menang kompetisi dan memiliki banyak pengalaman, mereka sudah jarang mengikuti kompetisi karena sudah sibuk membuat desain grafis untuk klien yang memesan secara langsung.

Baca juga : 14 Ide Usaha Modal 1 Juta Yang Menjanjikan Untung Berlipat Ganda

9. Menjual Foto di Internet

Anda seorang yang hobi fotografi dan suka menjelajah untuk memotret segala hal? Daripada foto-foto anda tersebut hanya disimpan di laptop, bagaimana jika anda menjual foto tersebut di internet. Siapa tahu banyak yang minat terhadap karya anda.

Peluang bisnis online dengan menjual foto cukup besar loh. Hal ini mengingat tidak sembarang orang bisa menggunakan foto di internet secara cuma-cuma. Apalagi jika digunakan untuk keperluan komersil. Mereka harus membeli lisensi foto tersebut.

kebanyakan dari mereka yang sering membeli foto adalah para pemilik situs yang digunakan untuk melengkapi artikel mereka. Situs-situs yang bisa anda kunjungi sebagai situs penyedia jual beli foto antara lain Shutter Stock dan iStockPhoto.

Anda bisa mencontoh foto yang ada di galeri kedua situs diatas sebagai bahan atau inspirasi dalam memotret sebuah obyek sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

10. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi bisa menjadi alternatif peluang bisnis online lainnya untuk anda jika tidak berkenan menggunakan jasa periklanan di website dan malas untuk mengurus toko online. Bisnis ini memang belum terlalu populer khususnya di indonesia. Namun, diluar negeri, afiliasi sudah cukup populer dijalankan dan menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

Cara kerja bisnis ini cukup simpel. Terlebih dahulu anda harus punya blog dengan pengunjung yang cukup banyak. Selanjutnya anda mendaftar ke pihak yang membutuhkan jasa afiliasi. Setelah anda diterima, mereka akan memberikan sebuah kode yang harus anda sematkan di blog. Anda akan mendapat komisi jika ada orang yang membeli produk dari kode yang ada di blog anda.

DiIndonesia sendiri sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan program afiliasi antara lain :

Ratakan.com dengan komisi hingga 75%
AsianBrian.com dengan komisi hingga 25%
Nusantara Host.co.id dengan komisi hingga 70%
lazada.co.id dengan komisi hingga 10%
blibli.com dengan komisi hingga 20%
pegipegi.com dengan komisi hingga 75%

11. Menjual Ebook

ilustrasi bisnis online untuk pemulaAnda suka menulis baik itu fiksi atau nonfiksi misalnya cerpen, novel, tips keuangan, tips bisnis, tutorial dan lain-lain. Tentu anda ingin bisa mendapatkan penghasilan dengan karya anda tersebut. Umumnya mereka yang berkarya dalam bentuk tulisan berharap tulisannya diterima penerbit sehingga bisa dijual dalam bentuk buku.

Akan tetapi, untuk bisa diterima oleh para penerbit tentu butuh perjuangan keras karena harus bersaing dengan banyak orang. Solusinya, juallah tulisan anda dalam bentuk ebook atau buku digital.

Anda bisa memasarkan karya anda melalui beberapa situs seperti nulisbuku.com untuk Indonesia dan kdp.amazon.com. Jika anda ingin menjualnya secara mandiri. Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah membuat website. Anda bisa memulainya dengan menulis blog terlebih dahulu. Setelah blog anda ramai pengunjung, di sinilah saatnya anda mulai memperkenalkan ebook anda.

Strategi awalnya bisa dengan memberikan ebook gratis terlebih dahulu. Setelah banyak peminat, barulah anda menjual ebook secara komersil. Usahakan jika blog yang anda bahas tentang keuangan maka ebook yang akan anda jual juga membahas hal yang sama.

12. Menjadi Youtuber

Peluang bisnis online lain yang sedang booming dan banyak dibicarakan banyak orang adalah menjadi seorang youtuber. Mereka adalah orang-orang yang bekerja dengan cara membuat konten video yang menarik untuk diunggah disitus berbagi youtube.

Berapa penghasilan yang diterima seorang youtuber? Beragam tergantung seberapa banyak orang menonton video yang mereka buat. Cara mendapatkan bayarannya pun hampir sama seperti blog yakni menggunakan iklan Google adsense. Semakin banyak view maka kesempatan meraih puluhan ribu dollar semakin besar.

Video yang paling laris untuk mendapatkan penghasilan dari youtube antara lain

  • Video Vlog
  • Video tentang Prank
  • Video Parodi
  • Video tentang game
  • Video anak
  • Video tutorial
  • Video memasak
  • Video aneh, menarik dan lucu
  • Video alam dan wisata

Jika anda berminat menjadi seorang youtuber, anda tinggal kunjungi situs youtube.com dan daftarkan akun anda. Setelah itu unggahlah video anda secara rutin agar banyak yang menonton video anda.

Anda tidak terlalu butuh banyak modal untuk memulai bisnis ini. Yang terpenting buatlah video yang menarik dan bisa disukai banyak orang. Jika anda termasuk orang yang pintar ngomong dan sangat percaya diri buatlah video vlog seperti anak presiden kita sekarang, Kaesang dan komedian ternama Raditya Dika.

Jika anda orangnya suka jahil dan bikin kejutan, maka tidak ada salahnya bikin video prank. Lain halnya jika anda jago bermain video game. Anda bisa mengupload video tentang keahlian anda tersebut. Yang terpenting dalam pembuatan video di youtube, harus original sehingga anda akan mudah diterima sebagai publiser Google adsense.

13. Menjual Plugin dan Templete Blog

Plugin maupun templete blog adalah salah satu alat untuk menunjang kesuksesan anda dalam mengembangkan sebuah website. plugin bisa membuat kinerja blog anda lebih optimal sementara templete yang bagus akan membuat blog anda lebih seo friendly dan disukai para pengunjung

Baik plugin dan tema blog memang ada yang gratisan. Namun, anda tentu tidak akan terlalu puas dengan kinerja yang tidak berbayar. Oleh sebab itu, ini bisa menjadi peluang bisnis online modal kecil yang menguntungkan.

14. Jasa Web Development

Peluang bisnis online terbaru yang semakin meningkat akhir-akhir ini adalah jasa pembuatan website atau istilah kerennya Web Development.

Mengapa bisnis ini begitu menjanjikan? karena semakin banyak orang yang ingin berbisnis via online namun mereka tidak tahu atau malas dalam membuat website. Sudah banyak perusahaan, lembaga dan instansi yang menggunakan jasa pembuatan website.

Selain itu, anda juga bisa menawarkan keahlian anda pada orang-orang yang ingin buka toko online. Mereka kebanyakan malas untuk mendesain website sehingga lebih memilih menyewa jasa Web Development.

Berapa penghasilan yang bisa anda peroleh? tergantung perjanjian antara anda dan konsumen. Biasanya dalam pembuatan web berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 200 juta.

Untuk mempermudah bertemu pelanggan, anda bisa masuk ke beberapa situs seperti upwork.com, projects.co.id atau sribulancer.com. Stategi promosi lain yang harus anda manfaatkan adalah media sosial dengan bergabung ke grup yang berhubungan dengan blog atau toko online

15. Jasa Konsultasi Online

Anda adalah seseorang yang ahli dalam bidang keuangan? atau anda adalah seorang pakar bisnis profesional? jika ya, sembari anda membuka jasa konsultasi secara offline, tidak ada salahnya mencoba mengembangkan usaha anda via online. Anda bisa menjadi seorang pakar konsultasi dunia maya.

Untuk menjalankan jasa konsultasi via online, anda bisa memanfaatkan teknologi masa kini dengan membuka website sendiri agar orang tahu dimana harus mencari anda. Selain itu, aktiflah di media sosial sebagai ajang promosi.

Dalam memberikan materi konsultasi pada klien, anda bisa memanfaatkan aplikasi telegram, whatsapp dan skype untuk video call agar cara berkonsultasi anda lebih dimengerti oleh para klien.

Masalah pendapatan tergantung anda sendiri yang menentukan tarifnya. Semakin banyak klien yang datang, maka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan besar semakin mudah.

Sebenarnya masih banyak bisnis online yang bisa anda jalankan sesuai minat dan keahlian anda. Seperti penerjemah online, makelar online, bisnis MLM online dan lain sebagainya. Dan kebanyakan bisnis yang dijalankan secara online tidak membutuhkan biaya yang besar dan bisa dikerjakan oleh pemula sekalipun. Cobalah 1 dari 15 peluang bisnis online diatas untuk menambah penghasilan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *