15 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

ilustrasi situs jual beli online

Sebelum internet berkembang seperti sekarang ini, jika kita ingin membeli sebuah barang, maka kita harus mendatangi tokonya secara langsung. Tapi saat ini kita bisa membeli barang bahkan tidak perlu keluar rumah. Hal ini karena semakin banyaknya situs jual beli online sebagai tempat untuk menjual dan membeli barang.

Tentu saja hal ini semakin memudahkan banyak orang. Berjualan dan juga berbelanja menjadi semakin mudah dengan adanya situs belanja online. Anda bisa menjual atau membeli barang-barang seperti pakaian, peralatan elektronik, mesin, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, lewat situs jual beli online, Anda juga bisa menawarkan barang tak bergerak seperti tanah atau properti.

Namun Anda harus berhati-hati ketika membeli barang secara online. Karena saking mudahnya, ada banyak orang yang menjadikan situs  online sebagai tempat berbuat kejahatan seperti penipuan, atau pun menjual barang palsu.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menggunakan online shop terpercaya agar transaksi online Anda semakin lancar.

Berikut ini 15 daftar situs jual beli online terbaik dan terpercaya di Indonesia :

1. Tokopedia

tokopedia.com

tokopedia.com

Tokopedia berdiri pada 6 Februari 2009. Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Anda bisa mengunjungi situsnya ini di tokopedia.com. Jumlah pengunjung bulanannya sekitar 168 juta orang.

Dengan slogan terbarunya “mulai aja dulu”, Anda akan mendapat banyak keuntungan jika belanja di situs jual beli online ini. Salah satunya adalah masalah keamanan. Sistem pembayaran di marketplace ini adalah sistem rekber (rekening bersama).

Jadi penjual hanya akan mendapatkan uang dari Anda jika transaksi berhasil. Jika transaksi gagal, maka uang Anda akan dikembalikan melalui saldo tokopedia.

Ada banyak kategori yang memudahkan Anda memilih barang yang ingin Anda beli, seperti fashion, peralatan elektronik, olahraga, perabotan rumah bahkan buku. Disamping itu, Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa, pambayaran tagihan kartu kredit, membeli tiket transportasi dan masih banyak yang lain.

Namun Anda harus berhati-hati jika berbelanja di tokopedia dan Anda diminta untuk transfer ke nomor rekening selain rekening tokopedia. Karena bisa jadi penjual berniat menipu Anda.

Kecuali jika yang Anda beli adalah barang digital seperti ebook atau aplikasi. biasanya pembayaran bisa langsung melalui rekening pribadi karena tidak adanya ongkos kirim yang harus dibayar.

Baca juga : 7 Jenis Usaha Waralaba Makanan yang Sangat Menguntungkan

2. Bukalapak

bukalapak.com

bukalapak.com

Bukalapak.com merupakan salah satu marketplace besar yang berdiri pada tanggal 10 Januari 2010 dan dimiliki oleh PT Bukalapak. Anda bisa mengunjungi situsnya di bukalapak.com.

Seperti model marketplace lainnya, bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen kepada konsumen sehingga membuka kesempatan bagi mereka untuk menjadi partner bisnis bukalapak. Sehingga bagi Anda yang ingin berjualan online seperti pakaian atau yang lainnya bisa membuka di bukalapak.

Dengan slogan “jual beli online mudah dan terpercaya”, bukapalak.com memang memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi online.Tak heran, jika jumlah pengunjungnya sendiri mencapai 116 juta orang per bulan.

Produk yang dijual di bukalapak hampir sama dengan marketpalece kebanyakan seperti produk elektronik, produk kesehatan, fashion, perlengkapan bayi, produk digital dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : 13 Tips Mudah Jualan Baju Online Murah Untuk Pemula

3. Shoppe

shoppe.co.id

shoppe.co.id

Shoppe adalah platform perdagangan elektronik yang pertama kali diluncurkan tahun 2015 di Singapura. Dibawah naungan SEA Group atau Garena. Shoppe telah memperluas jaringannya di negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Taiwan. DI Indonesia, Anda bisa mengunjungi situsnya di shoppe.co.id

Visitor atau pengunjung situs shoppe.co.id mencapai 67,7 juta orang per bulannya. Yang membuat Shoppe menjadi salah satu situs e-commerce yang sangat disukai para konsumen ialah sering memberikan promo dan diskon gila-gilaan.

Disamping itu, pengiriman barang lebih cepat sampai dan adanya fasilitas ongkos kirim gratis yang tentunya menjadi bonus bagi pelanggan. 

4. Lazada Indonesia

lazada.co.id

lazada.co.id

Lazada Indonesia berdiri pada tahun 2012. Salah satu tempat jual beli online terbaik ini sebenarnya bukan asli buatan orang Indonesia, Lazada adalah anak perusahaan dari Rocket Internet, sebuah perusahaan di Jerman. Namun di Indonesia, Lazada termasuk salah satu marketplace terpercaya yang aman digunakan.

Lazada juga beroperasi di Singapura, Vietnam, Malaysia, dan juga Filipina. Untuk sistem, lazada hampir mirip juga dengan Tokopedia yang menggunakan rekening bersama. Jumlah visitornya mencapai 58,2 juta per bulan.

Sehingga sangat disayangkan jika Anda memiliki sebuah produk, tapi tidak menjualnya di situs ini. Lazada juga memiliki kategori untuk pengelompokan barang yang dijual sama seperti toko online lainnya.

Yang dimiliki Lazada namun tidak dimiliki Tokopedia adalah sistem Affiliasi. Yaitu Anda bisa menjadi makelar di marketplace tersebut tanpa harus mengurusi customer. Anda hanya perlu mendatangkan orang ke Lazada dan jika ada penjualan, Anda akan mendapatkan komisi dari situ.

Baca juga : 15 Jenis Peluang Bisnis Online Terbaru Dengan Modal Kecil

5. Blibli

blibli.com

blibli.com

Blibli.com adalah sebuah marketplace milik PT Global Digital Niaga yang didirikan pada tahun 2010. Dengan slogan “big choices, big deals”, memungkinkan para pelanggan dapat berbelanja di situs ini kapan dan dimana saja.

Pengunjung bulanan situs blibli.com rata-rata mencapai 43 juta orang. Bisa dibilang, blibli.com adalah situs e-commerce yang mengusung konsep mall online. Jadi apa yang ada didalamnya, hampir mirip dengan mall-mall pada umumnya. Sehingga Anda akan lebih mudah menemukan produk yang Anda cari.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Baju Modal 1 Juta Untuk Pemula

6. JD.ID

JD.id

JD.id

JD.ID adalah marketplace yang tergolong baru di Indonesia yakni tahun 2015. Karena cara promosi yang gencar, saat ini JD.ID sudah sangat terkenal di Indonesia. Pengunjung JD.ID mencapai 16, 9 juta orang per bulan.

Kelebihan dari marketplace ini adalah mereka menjamin keaslian dari produk yang dijual. Jadi untuk Anda yang tidak suka barang KW atau barang palsu, Anda bisa membelinya di JD.ID.

Untuk sistem pembayaran sama dengan Tokopedia dan Lazada, yaitu menggunakan Rekening bersama untuk mengamankan transaksi Anda. Selain itu JD.ID juga menyediakan program affiliate marketing dimana para konsumen juga bisa mendapatkan komisi dengan menyebarkan link menuju situs JD.ID

7. Zalora Indonesia

zalora.co.id

zalora.co.id

Zalora Indonesia adalah marketplace online yang menyediakan produk fashion baik dari dalam maupun luar negeri. Didirikan pada tahun 2012 oleh Caherine Sutjahyo. Dengan slogan “ASIA’s online fashion destination”, Anda bisa menjelajahi situsnya untuk menemukan produk fashion terbaru dan berkualitas.

Saat ini pengunjung per bulannya sudah mencapai 5,5 juta orang. Anda bisa mengunjungi situsnya di Zalora.co.id. Kelebihan yang ditawarkan oleh salah satu marketplace ini adalah gratis ongkir bagi Anda yang sudah menjadi pelanggan Zalora.

Disamping itu, Anda juga bisa melakukan refund jika barang yang Anda terima tidak sesuai dengan keterangan yang tertera di website Zalora.co.id.

Baca juga : 7 Peluang Kerja dari Rumah yang Menjanjikan dan Berpenghasilan Tinggi

8. Elevenia

elevenia.co.id

elevenia.co.id

Situs jual beli online yang aman untuk berbelanja di internet selanjutnya adalah elevenia. Situs ini manawarkan berbagai produk untuk Anda yang ingin berbelanja online. Tercatat sampai saat ini, elevenia menawarkan 2 juta produk dari sekitar 16.000 seller yang mencakup produk seperti fashion, el ektronik, sport, beauty, makanan dan lain-lain.

Situs webnya sendiri yakni elevenia.co.id mendapat visitor 3,9 juta orang per bulannya. Elevenia didirikan pertama kali pada tangga 14 maret 2014. Pendirinya adalah PT XL Planet yang merupakan kerja sama antara PT XL Axiata dan SK Planet asal korea.

Kelebihan elevenia dibandingkan marketplace lain adalah adanya penawaran khusus setiap tanggal 11 yang bernama Elevenia Day. Dimana akan ada promo diskon 11 % untuk semua produk yang dijual di elevenia.

Selain itu, Elevenia juga menyediakan gratis voucher 1 juta hingga 3 juta untuk para pelanggan. Hal ini tentu akan semakin memanjakan para pelanggan untuk terus menggunakan elevenia sebagai tempat untuk berbelanja online.

Baca juga : Wajib di Coba! 7 Ide Usaha Tanpa Modal Untung Besar

9. Bhineka

bhineka.com

bhineka.com

Bhineka.com adalah salah satu situs e-commerce asli buatan orang Indonesia yang didirikan oleh Hendrik Tio pada tahun 1993. Bisa dibilang, situs ini merupakan pelopor toko online elektronik pertama di Indonesia.

Pengunjung bulanan di situs webnya mencapai 2,3 juta. Dengan tagline “Indonesia #1 webstore”. Bhineka memiliki visi untuk menjadi pemain di kandang sendiri. Menengok tahun berdirinya, wajar jika masyarakat Indonesia sudah sangat percaya dengan situs yang satu ini.

Meskipun tidak sebesar Bukalapak atau Tokopedia yang menyediakan produk untuk berbagai kebutuhan. Bhineka sampai saat ini tetap eksis menyediakan kebutuhan produk elektronik untuk masyarakat Indonesia.

Yang menarik dari Bhineka adalah promo seru yang ditawarkan pada pelanggan. Misalnya seperti harga rebutan pengunjung dimana konsumen akan berebut barang promo ini karena harganya yang murah dan ketersediaan barang sangat terbatas.

Yang lebih seru lagi adalah tawar online dimana Anda bisa belanja dan menawar barang di Bhineka. Anda bisa meminta diskon di kolom komentar.

10. Blanja.com

blanja.com

blanja.com

Blanja.com adalah marketplace online yang didirikan oleh PT Telkom Indonesia dan Ebay dibawah payung PT Metra Plasa. Didirikan pada tanggal 17 September 2012, blanja mengusung slogan “blanja tanpa batas” yang memungkinkan Anda untuk berbelanja berbagai macam produk eBay dan membayarnya lewat bank lokal seperti Mandiri, BRI, BCA, Mega, Niaga dan lain sebagainya.

Pengunjung situs Blanja.com sampai saat ini tercatat sekitar 2,1 juta orang per bulan. Dengan pengunjung sebanyak itu, bisa dibilang situs ini merupakan online marketplace yang aman dan dipercaya konsumen,

Blanja.com memiliki ribuan merchant yang menawarkan berbagai macam produk mulai dari gadget, fashion, elektronik, buku, video dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : 9 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Terbukti Menguntungkan

11. MatahariMall

mataharimall.com

mataharimall.com

Mataharimall merupakan marketplace asal Indonesia dan anak perusahaan dari Lippo Group. Sebuah perusahaan yang memiliki usaha retail seperti matahari department store, hypermart, books & Beyond, saluran TV beritasatu, dan TV berlangganan Big TV. Anda bisa mengunjungi situsnya di mataharimall.com

Situs jual beli online ini diluncurkan pertama kali pada tanggal 25 Februari 2015 oleh Lippo Group dengan menerapkan sistem “online to offline dan offline to online”. Yang mana Anda sebagai konsumen bisa membayar, mengambil atau mengembalikan produk yang Anda beli ke ratusan cabang matahari department store yang ada di kota-kota di Indonesia.

Meskipun merupakan situs e-commerce yang tergolong baru. Mataharimall cepat menarik minat pelanggan karena produk yang ditawarkan sudah dikenal oleh masyarakat sejak dulu. Sistem pembayarannya sendiri bisa menggunakan transfer antar bank, pakai kartu kredit atau COD (cash on delivery).

12. Jualo

jualo.com

jualo.com

Situs jual beli online terbaik berikutnya adalah jualo.com. Situs ini didirikan pada tahun 2014 oleh Chaim Fetter dan teman-temannya. Anda bisa melakukan jual-beli barang kepada sesama pengguna jualo. Sehingga Anda bisa membeli barang baru maupun bekas secara tawar menawar.

Dengan mengusung slogan “teman jual belimu”, jualo.com menjadi salah satu situs toko online terpercaya yang banyak dikunjungi oleh para konsumen yang ingin menjual maupun membeli barang baru maupun bekas. Kategori yang disediakan antara lain motor, mobil, properti, fashion, gadget, produk kesehatan dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan ada kategori jasa dan pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk menawarkan jasa atau pun pekerjaan pada pengunjung yang lain.

Agar transaksi berjalan dengan aman, pihak jualo.com menyediakan fasilitas rekening bersama untuk memudahkan proses pembayaran. Disamping itu, jualo juga melakukan kerjasama dengan perusahaan ekspedisi ternama agar proses pengiriman barang aman dan tepat pada waktunya.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

13. OLX Indonesia

olx.co.id

olx.co.id

OLX Indonesia adalah salah satu pasar online terbesar yang ada di Indonesia. Sebelumnya OLX bernama Tokobagus.com. Namun setelah bergabung dengan berniaga.com pada tahun 2015. Akhirnya berdirilah OLX (Online Exchange) Indonesia. Anda bisa mengunjungi situsnya di olx.co.id.

Hampir semua barang bisa dijual di OLX baik barang baru maupun bekas. Dengan slogan “cara tepat jual cepat”, OLX menjadi situs jual beli online yang mewadahi konsumen yang ingin menjual barang pribadi yang sudah tidak terpakai.

Dengan layanan iklan gratis, para pengunjung yang akan menjual atau membeli barang tidak akan dikenakan biaya sepersenpun. Selain itu, OLX juga bisa menjadi search engine di situs pencarian seperti Google. Sehingga ketika ada orang ingin mencari sebuah barang, bisa langsung menemukan iklan Anda di Google.

14. Forum Jual Beli Kaskus

kaskus.co.id

kaskus.co.id

Selain OLX, situs jual beli online yang memungkinkan penggunanya berinteraksi secara langsung kepada pengguna lain adalah Forum jual beli Kaskus atau disingkat FJB Kaskus.

Sebelum maraknya marketplace besar seperti Tokopedia atau Bukalapak hadir, dulu FJB Kaskus menjadi tempat paling populer untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Karena seringnya terjadi tindak penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. FJB Kaskus jadi kurang diminati.

Namun, saat ini kaskus telah banyak berbenah sehingga transaksi online di situs ini bisa berjalan dengan aman. Untuk metode pembayarannya sendiri, kaskus telah menyediakan fitur kaspay sebagai tempat pembayaran resmi situs ini.

Baca juga : 20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

15. Grup Facebook

Salah satu situs jual beli online terbaik dan populer di Indonesia terakhir adalah grup jual beli di facebook. Mengapa saya masukkan Grup facebook? Karena selain berfungsi untuk berinteraksi sesama anggota. Grup facebook juga di manfaatkan sebagai sarana untuk jual beli secara online.

Mungkin Anda sekarang juga ikut dalam salah satu grup jual beli juga. Memang salah satu cara mendapatkan uang dari facebook yaitu dengan berjualan lewat grup karena bisa langsung berinteraksi dengan pembeli, juga bisa saling tawar menawar harga. Disamping itu, Anda bisa membuat grup berdasarkan lokasi tempat tinggal. Sehingga dapat bertemu secara langsung untuk melihat barangnya.

Kekurangan di grup jual beli facebook adalah tidak adanya Kategori dan rawan terjadi penipuan. Sehingga grup jual beli di facebook sangat cocok untuk penjualan dan pembelian barang dalam lingkup dekat. Barang yang dijual bermacam-macam seperti HP, Motor, Mobil, bahkan hewan peliharaan seperti Kucing dan Burung.

Jika Anda berminat untuk membeli barang dari orang luar wilayah dan memang tidak bisa bertemu. Anda bisa menggunakan jasa rekening bersama agar transaksi aman. Jasa rekber yang bisa Anda gunakan adalah P-Store.com.

Itulah 15 situs jual beli online terbaik di Indonesia yang paling sering dikunjungi. Dengan mengetahuinya, Anda jadi tidak ragu untuk berjualan maupun membeli barang secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *