16 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat yang Mulai di Lupakan Banyak Orang

ilustrasi gaya hidup sehat via pixabayMenerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah. Apalagi dengan perkembangan jaman yang membuat orang beralih ke gaya hidup yang lebih modern. Banyak hal yang membuat orang mulai melupakan pola hidup sehat yang seharusnya senantiasa dijaga.

Setiap orang di dunia ini jika ditanya pasti ingin selalu sehat. Sehingga bisa melakukan aktivitas keseharian seperti biasanya. Namun, daya tahan tubuh setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang langsung jatuh sakit ketika sudah kelelahan dalam bekerja. Ada juga yang tetap sehat meskipun hanya tidur 4 jam sehari.

Akan tetapi, kebiasaan yang mereka anggap benar tersebut tanpa mereka sadari merupakan gaya hidup tidak sehat yang dapat menimbulkan banyak penyakit. Mulai dari penyakit jantung, diabetes, paru-paru, stroke, kanker dan lain sebagainya.

Jangan anda baru menyesal setelah terkena penyakit karena tidak menerapkan gaya hidup sehat sejak sekarang. Karena tidak ada satu orang pun didunia ini yang mau menggantikan sakit anda meski dibayar mahal sekalipun.

Berikut 16 gaya hidup sehat yang sudah mulai dilupakan banyak orang.

1. Bangun Lebih Pagi

Gaya hidup sehat yang pertama ialah bangun lebih pagi. Sangat banyak manfaat bangun pagi bagi kesehatan. Hal inilah yang sudah sering dilupakan banyak orang. Entah itu karena sudah biasa bangun siang atau memang karena tidur terlalu malam yang mengakibatkan susah untuk bangun lebih awal.

Waktu bangun pagi yang baik ialah jam 4 pagi atau saat memasuki waktu subuh dimana udara masih sangat segar. Sehingga membuat peredaran darah anda menjadi lebih lancar.

Selain itu, anda bisa lebih santai menyiapkan segala sesuatu sebelum berangkat kerja. Berbeda jika anda bangun terlalu siang. Anda akan merasa diburu oleh waktu. Sehingga merasa waktu pagi itu sangat pendek.

Dari segi kesehatan, bangun lebih pagi bisa menyehatkan jantung dan paru-paru anda. Disamping itu, sistem kekebalan tubuh meningkat dan juga membuat fungsi otak lebih maksimal karena udara segar yang anda hirup di pagi hari.

Baca juga : 11 Tips Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

2. Mengawali Hari dengan Olahraga

ilustrasi gaya hidup bersih dan sehat via pixabayAgar bangun pagi lebih bermanfaat, ada baiknya anda melakukan olahraga terlebih dahulu sebelum mandi. Olahraga yang rutin dilakukan setiap hari, terutama di pagi hari tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Olahraga di pagi hari tidak perlu yang terlalu berat. Apalagi jika anda adalah karyawan kantoran. Aktivitas olahraga yang terlalu berat di pagi hari bisa membuat anda kelelahan saat bekerja. Cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti senam pagi atau jogging santai. yang terpenting tubuh anda bergerak sehingga otot yang kendur setelah tidur bisa kencang kembali.

Selain menyehatkan jantung dan paru-paru, olahraga di pagi hari juga baik untuk menjaga kulit anda agar tidak mudah keriput. Disamping itu, udara dingin yang menyejukkan di pagi hari juga akan membuat anda terlihat lebih awet muda. Untuk lebih jelasnya, berikut 14 manfaat lari pagi yang menakjubkan yang perlu anda ketahui.

3. Jangan Lupa untuk Sarapan

Sarapan menjadi gaya hidup sehat berikutnya yang harus anda biasakan. Sarapan bisa membuat anda lebih kuat dalam menjalankan segala aktivitas. Sama halnya seperti kendaraan dimana bahan bakar berfungsi sebagai energi. Apalagi setelah anda tidur semalaman tentu membuat perut kosong.

Namun, sarapan di pagi hari sudah mulai ditinggalkan sebagian orang dengan berbagai alasan. Ada yang tidak biasa sarapan sejak kecil, takut terasa BAB ditengah jalan, takut mengantuk saat bekerja, tidak sempat atau ada yang takut menjadi gemuk.

Padahal sarapan pagi baik untuk kesehatan. Bagi anda yang merasa bahwa sarapan bisa membuat gemuk ialah persepsi yang salah. Kenyataannya sarapan malah bisa menurunkan berat badan. Karena dengan sarapan, perut tidak akan terasa lapar saat menjelang siang sehingga anda tidak akan makan siang secara berlebihan.

Bagi anda yang tidak biasa makan di pagi hari. menu sarapan tidak harus mengkonsumsi makanan berat yang mengenyangkan. Anda bisa memilih makanan ringan tapi menyehatkan misalnya seperti roti, ubi rebus, telur, buah dan tumis sayur.

4. Berjemur di Pagi Hari

Berjemur merupakan salah satu gaya hidup sehat alami yang mulai dilupakan. Padahal paparan sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang karena kaya akan vitamin D. Cara yang sederhana dan tergolong murah seperti ini saja orang malas melakukannya.

Mungkin kebanyakan orang yang masih melakukannya adalah para petani yang bekerja di sawah. Sementara anda yang bekerja di kantoran sudah mulai melupakan akan pentingnya mendapat paparan sinar matahari di pagi hari.

Oleh sebab itu, sempatkanlah sedikit waktu anda untuk berjemur di pagi hari. Semisal anda orang yang cukup sibuk karena harus berangkat ke kantor setiap pagi. Manfaatkan waktu libur untuk berjemur di waktu pagi sembari melakukan aktivitas olahraga. Bukan malah tidur pulas sampai siang.

5. Masak Makanan Sendiri

Kesehatan anda hanya diri anda sendiri yang tahu. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang di masak sendiri. Karena asupan gizi yang masuk ke tubuh bisa anda atur sesuai keinginan anda.

Berbeda jika anda sering makan diluar yang mana kebanyakan tidak mengandung gizi yang seimbang. Cara hidup sehat yang satu ini sekaligus juga bisa anda terapkan pada keluarga. Anda bisa mengajarkan pada anak bahwa makanan dirumah jauh lebih sehat dibandingkan jajanan diluar.

Disamping menyehatkan tubuh, masak sendiri juga menjadi salah satu cara hidup hemat bagi anda yang penghasilan pas-pasan. Bayangkan jika anda terus makan diluar. Uang Rp 50 ribu mana cukup untuk satu orang makan tiga kali sehari. Namun, jika digunakan untuk membeli bahan masakan, tentu uang sebesar itu bisa untuk makan satu keluarga.

6. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

ilustrasi pola makan yang sehat via pixabayMakanan seperti buah dan sayur sudah mulai jarang dikonsumsi oleh sebagian orang. padahal dua jenis makanan tersebut sangat kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi keduanya secara rutin, maka tubuh anda akan lebih segar dan jarang terkena penyakit.

Namun, gaya hidup masa kini membuat orang mulai mengabaikannya. Mereka lebih memilih makanan yang terasa enak di mulut tapi tidak tahu bahwa makanan tersebut bisa menjadi sumber penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri makan buah dan sayur lebih banyak. Inilah salah satu pentingnya anda masak makanan sendiri dibandingkan beli diluar. Anda bisa menyajikan menu makanan vegetarian untuk keluarga agar terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat.

7. Mengurangi Makan Junkfood

Junkfood ialah makanan olahan sepat saji. Dan ketika mengkonsumsi terlalu banyak maka akan membahayakan tubuh anda. Memang kita akui bahwa junkfood seperti burger, ayam goreng crispy, sandwich, ayam nugget, kentang goreng dan gorengan sangat enak saat di santap. Namun, makanan-makanan diatas mengandung kadar kalori tinggi dari lemak yang sangat buruk untuk kesehatan.

Oleh karena itu, kurangi makan junkfood mulai dari sekarang. Mengkonsumsi junkfood secara berlebihan bisa meningkatkan resiko obesitas karena asupan kalori yang tinggi.

Jika tidak dipergunakan untuk melakukan aktivitas berat seperti olahraga kardio yang bisa membakar kalori. Maka kalori tersebut akan berubah menjadi lemak yang tersimpan di tubuh anda. Tentunya lama-kelamaan lemak tersebut akan membuat tubuh anda menjadi gemuk.

8. Olahraga yang Teratur

Olahraga ringan di pagi hari saja sebenarnya tidak cukup. Anda perlu menambahnya dengan melakukan olahraga teratur minimal 30 menit sehari. Ini adalah bagian dari gaya hidup sehat yang paling banyak ditinggalkan orang. Padahal mereka tahu bahwa tubuh sebenarnya membutuhkan aktivitas fisik seperti olahraga agar senantiasa selalu sehat.

Orang jarang berolahraga masalahnya bukan karena tidak ada waktu. Namun lebih kepada rasa malas karena mungkin memang tidak biasa berolahraga. Sehingga untuk sekedar jogging saja rasanya sudah malas.

Tapi perlu anda garis bawahi bahwa rasa malas itu datang saat akan mengawalinya saja. Saat anda sudah terbiasa dan badan terasa enak setelah berolahraga, maka anda akan merasa ketagihan. Tidak melakukan olahraga sehari saja rasanya ada yang kurang.

Banyak cara untuk bisa menikmati olahraga misalnya dengan melakukan aktivitas olahraga berkelompok seperti sepak bola, volly, basket atau bulu tangkis. Selain itu, anda bisa memilih naik turun tangga di kantor untuk sekedar melakukan aktifitas fisik ketimbang hanya menggunakan lift.

Atau anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat berangkat kerja jika jaraknya tidak terlalu jauh. Setidaknya upayakan untuk berolahraga minimal 30 menit sehari bagaimanapun caranya.

9. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari

Mencukupi kebutuhan dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari sangat penting jika ingin hidup sehat. Tapi banyak orang yang sudah mengabaikannya. Mereka lebih memilih minuman manis seperti teh atau kopi untuk menghilangkan dahaga.

Padahal, air putih lebih penting untuk tubuh. Apalagi ketika baru bangun tidur. Setidaknya anda minum segelas air putih terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman yang lain.

Hal ini dikarenakan tubuh akan kaget jika langsung menerima makanan setelah bangun tidur. Sementara dengan langsung minum air putih, setidaknya membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan jika membiasakan diri minum air putih mnimal 8 gelas per hari. Diantaranya mencegah dehidrasi, meningkatkan metabolisme tubuh, memperlancar buang air besar dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya coba anda baca 10 manfaat minum air putih yang sangat menakjubkan.

10. Gosok Gigi Secara Teratur Terutama Sebelum Tidur

Dalam menjalani gaya hidup sehat, seringkali orang mengabaikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jangankan melakukannya setelah makan, gosok gigi sebelum tidur saja jarang dilakukan.

Umumnya orang rutin gosok gigi hanya di pagi hari saat mau berangkat bekerja. Mereka baru mulai menyadari pentingnya gosok gigi saat merasa bau nafas sudah tidak sedap atau terserang sakit gigi.

Sangat disayangkan mengingat kesehatan mulut sangat penting untuk menghindari resiko penyakit seperti kanker mulut. Bagaimanapun juga mulut adalah tempat bersarangnya bakteri yang paling mudah untuk berkembang biak.

Jika anda tidak rajin menggosok gigi, maka bisa saja bakteri tersebut menjadi sumber penyakit yang akan menggerogoti anda nantinya.

Maka dari itu, terapkan pola hidup sehat dengan menggosok gigi secara rutin minimal 3 hari sekali. Selain itu, anda bisa mengimbanginya dengan berkumur agar mulut anda terjaga dari bakteri yang tidak baik untuk kesehatan.

11. Cukupkan Tidur maksimal 8 Jam Perhari

ilustrasi cara menjalani hidup sehat via pixabayBanyak orang yang menganggap bahwa tidur tidak harus 8 jam sehari. Bahkan mereka membuktikannya dengan hanya tidur 2-4 jam masih mampu untuk menjalankan aktivitas seharian. Akan tetapi, jika dilakukan secara terus menerus tentu tidak baik untuk kesehatan. Badan akan terasa lebih cepat lelah dibandingkan orang yang cukup tidur.

Durasi waktu yang baik untuk tidur minimal 6-8 jam sehari. menurut informasi dari National Sleep Foundation di Amerika Serikat, waktu tidur yang berlangsung antara 6-8 jam masih tergolong oke, namun yang paling ideal ialah 7 jam.

Kurang tidur jelas tidak baik untuk kesehatan karena bisa membuat anda cepat lelah, mudah lupa, meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Namun bukan berarti tidur lebih dari 8 jam baik dilakukan. Justru kelebihan tidur juga membahayakan kesehatan anda karena bisa meningkatkan resiko obesitas, mudah sakit kepala, merusak otak dan memicu penyakit punggung kronis.

Jadi, lebih baik cukupkan tidur anda mulai dari sekarang. Minimal anda tidur selama 6 jam sampai 8 jam sehari agar sel-sel tubuh yang telah mati bisa tergantikan saat anda sedang tertidur.

12. Jangan Tidur Larut Malam

Selain durasi waktu tidur yang cukup, anda perlu untuk memperbaiki waktu tidur jika ingin menerapkan gaya hidup sehat. Tidur dengan durasi waktu 6-8 jam sehari bukan berarti anda bisa melakukannya saat larut malam. Misalnya dari jam 2 malam sampai jam 10 pagi. Memang durasinya 8 jam. Namun, penerapan waktu tidurnya yang salah.

Bagaimanapun tidur terlalu malam juga tidak baik dari segi kesehatan. Apalagi jika anda juga sering keluar malam. Udara di malam hari sangat buruk untuk tubuh anda karena bisa membuat anda mudah terserang penyakit.

Waktu ideal untuk tidur antara jam 9-10 malam. Untuk bisa membiasakannya, sebaiknya mulai dari sekarang hindari penggunaan handphone atau alat elektronik lainnya pada waktu tersebut. Lebih baik anda segera cuci muka dan gosok gigi lalu segera masuk kamar lebih cepat. Sehingga anda bisa cepat tidur agar bisa bangun lebih pagi.

13. Mulailah Berhenti Merokok

Semua orang sudah tahu bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Bahkan para perokok pun juga mengakuinya. Akan tetapi, kenikmatan menghisap tembakau mengalahkan segalanya hingga tidak mempedulikan kesehatan sendiri maupun orang-orang disekitar.

Ya, rokok bukan hanya merugikan bagi para perokok saja. Mereka yang tidak sengaja menghisap asap rokok juga bakal terkena imbasnya. Sehingga bagi anda yang sudah memiliki istri dan anak. merokok di dekat mereka sama halnya memberikan racun dalam jangka waktu yang lama.

Bohong jika anda mengatakan sudah menerapkan gaya hidup sehat namun masih tetap merokok. Memang sangat berat untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Apalagi jika anda sudah bertahun-tahun merokok. Semua tergantung pada diri anda sendiri. Jika ingin hidup sehat, maka berhentilah merokok.

Padahal berhenti merokok juga sangat menyehatkan secara finansial. Bayangkan jika dalam sehari anda menghabiskan 2 bungkus rokok dengan harga per bungkus Rp 20.000. Dalam sebulan anda sudah membakar uang sebanyak Rp 20.000 x 2 bungkus x 30 hari = Rp 1.200.000. Jika dihitung dalam setahun anda menghabiskan Rp 1.200.000 x 12 bulan = Rp 14.400.000. Wow… uang sebanyak itu bisa untuk membeli motor baru loh.

Artikel saya yang berjudul 17 cara untuk berhenti merokok total selamanya ini mungkin bisa menginspirasi anda untuk bisa berhenti merokok mulai dari sekarang. Pada awal-awal berhenti merokok, memang terasa berat sekali.

Bagi anda yang beragama Islam, momen seperti bulan ramadhan bisa menjadi waktu terbaik untuk mulai berhenti merokok. Saat pertama kali berpuasa tentu sangat berat. Rasa haus dan lapar serasa menerjang silih berganti.

Begitu pun keinginan untuk merokok, Jika anda mampu menahan rokok seharian penuh seperti saat berpuasa. Kenapa sekarang anda tidak bisa melakukannya. Semua tergantung pada niat anda sendiri. Apakah anda ingin memiliki keluarga yang sehat ataukah sebaliknya.

Baca juga : 21 Manfaat Berhenti Merokok Yang Luar Biasa Bagi Hidup Anda

14. Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Muncul

Menjalani pola hidup sehat bukan hanya soal bagaimana anda bisa menjaga tubuh dari berbagai makanan yang masuk ke mulut. Hal lain yang perlu anda lakukan ialah menghilangkan pikiran negatif yang sering muncul di benak anda.

Pikiran negatif bisa memberikan efek buruk. Terutama untuk kesehatan mental. Anda menjadi gampang cemas, pesimis dan tidak percaya diri dalam menghadapi apapun. Ujung-ujungnya anda bisa mengalami stres. Hal inilah yang bisa menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Agar pikiran negatif tidak menguasai diri anda. Mulai sekarang belajarlah mengendalikan pikiran negatif yang sering muncul. Salah satu caranya dengan menghindari bergaul dengan orang yang memberikan pengaruh negatif. Karena terkadang munculnya pikiran negatif bisa di akibatkan lingkungan yang buruk.

Seiring dengan hilangnya pikiran negatif, maka hidup anda akan lebih bahagia dan tentu saja membuat anda tidak mudah stres. Hal ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan anda.

Baca juga : 12 Tips Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Selalu Muncul

15. Memainkan Smartphone Terlalu Lama

Sekarang handphone bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi saja. Kemajuan teknologi mampu mengembangkan handphone menjadi sebuah ponsel cerdas atau smartphone. Fitur-fitur pada smartphone bisa menghipnotis orang untuk berlama-lama dalam memainkannya.

Bahkan orang-orang yang sudah terpengaruh gaya hidup modern, mungkin lebih memilih ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone. Hal ini menjadi ketergantungan yang bisa memberikan efek buruk. Apalagi dari sisi kesehatan.

Yang paling utama tentu saja kesehatan mata. Terlalu lama bermain smartphone bisa membuat penglihatan terganggu dan pandangan terasa kabur. Disamping itu, smartphone bisa membuat anda kecanduan sehingga bisa merusak otak serta mengurangi produktifitas. Bukan itu saja, dalam kehidupan bermasyarakat pun anda cenderung kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.

Jika melihat bahayanya menggunakan smartphone terlalu lama, sebaiknya anda membatasi diri mulai dari sekarang. Toh, bermain smartphone terlalu lama tidak akan membuat anda kenyang bukan.

16. Memeriksa Kondisi Kesehatan

Tips hidup sehat yang terakhir ialah dengan memeriksakan kondisi kesehatan anda. Terutama untuk anda yang sudah berumur 35 tahun keatas. Dimana pada usia tersebut sudah mulai datang penyakit yang tidak diduga-duga.

Jangan anda merasa bahwa kondisi anda yang selalu sehat membuat anda alpa untuk mengecek kondisi kesehatan. Siapa tahu ada penyakit yang menggerogoti tubuh anda sejak lama. Dengan mengetahui dari awal, seyogyanya anda bisa segera mengantisipasinya agar tidak semakin parah.

Beberapa gaya hidup sehat diatas harus diakui sudah banyak dilupakan oleh kita semua. Bahkan saya sendiri juga merasakannya. Oleh sebab itu, mari kita mulai terapkan gaya hidup sehat sekarang juga. Agar kita bisa diberikan hidup lebih lama sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *