17 Cara Terbaik Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini

mendidik anak perempuan usia 3 tahunBagi Anda yang sudah memiliki anak, baik itu laki-laki maupun perempuan hendaknya patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini mengingat banyak orang yang sudah lama menikah, tapi tak kunjung dikaruniai seorang anak. Tugas Anda sekarang tinggal mendidik anak perempuan maupun laki-laki tersebut agar tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.

Di artikel sebelumnya, saya menulis bagaimana cara mendidik anak laki-laki yang benar. Nah, sekarang saya akan membahas cara mendidik anak perempuan sejak usia dini. Karena memiliki anak perempuan bukan perkara mudah. Jika Anda mendidik dengan cara yang salah. Maka akan berakibat buruk terhadap perkembangannya saat dewasa kelak.

Berikut ini saya rangkumkan 17 cara terbaik mendidik anak perempuan sejak dini agar dia tumbuh menjadi wanita yang berhati lemah lembut dan sayang terhadap keluarga.

1. Tanamkan Keimanan dan Ketakwaan Padanya

Menanamkan keimanan dan ketakwaan adalah hal wajib yang harus Anda berikan kepada anak-anak, baik itu laki-laki maupun perempuan. Sebaiknya Anda mulai mengajarkan konsep tauhid kepadanya sejak kecil. Beritahu dia siapa Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Saat anak masih kecil adalah masa dimana dia selalu ingin tahu tentang segala hal. Di sinilah peran Anda untuk menyampaikan bahwa kita sebagai manusia harus beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akan lebih baik jika Anda langsung memberikan contoh secara langsung padanya. Misalnya saat mau makan, ajari anak untuk berdoa terlebih dahulu. Karena kebiasaan yang dilakukan sejak kecil akan terus tertanam di pikirannya sampai dewasa kelak.

Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya untuk ikut beribadah bersama. Bagi Anda yang beragama islam, belikanlah dia mukena. Ketika Anda memakainya untuk sholat, anak perempuan Anda juga akan tertarik dan ikut memakainya.

Dasar keimanan dan ketakwaan anak akan terbentuk dengan kuat jika Anda terus memberikan contoh terbaik kepadanya. Oleh sebab itu, teruslah ajak anak untuk selalu mengenal siapa Tuhannya dan bagaimana cara beribadah kepadanya.

2. Bekali Anak Ilmu Agama dan Membaca Al-Qur’an

Mendidik anak perempuan dalam islam harus di biasakan sejak kecil. Salah satunya dengan memberikan bekal yang cukup tentang ilmu agama. Jangan menunggu kalau sudah baligh. Karena pada usia tersebut anak sudah pintar mengelak jika disuruh mengaji. Kenalkan Al-Qur’an kepadanya sejak masih balita.

Misalnya saja pada usia 2 tahun lebih dimana dia sudah mulai pintar berbicara, Anda bisa mengajarkan huruf-huruf arab dengan metode menghafal. Anda bisa mengucapkan terlebih dahulu dan dia akan menirukannya. Selanjutnya pada usia 3 tahun mulailah mengajarkan Iqra padanya. Tunjukkan mana huruf yang biasa dia hafalkan.

Anda juga bisa mendaftarkannya ke TPA terdekat pada usia 4 tahun. Hal ini untuk lebih mengenalkan dia tentang ilmu agama terlebih dahulu sebelum dia kenal dengan pendidikan formal. Seyogyanya Anda harus bisa mengarahkan anak untuk lancar membaca Al-Qur’an bahkan sebelum dia beranjak remaja.

Sebagai orang tua, Anda harus membekali dia agama yang kuat sejak kecil. Selalu ingatkan dia untuk tidak lupa beribadah kepada Tuhan. Sehingga saat dia menikah nanti, dia juga akan melakukan hal yang sama untuk anak-anaknya.

Baca juga : 7 Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat pada Usia 4 Tahun

3. Ajari Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Di jaman sekarang ini banyak anak yang berani melawan orang tuanya sendiri. Malah saya pernah menonton berita di TV seorang anak yang tega melaporkan ibunya sendiri ke polisi hanya karena masalah harta. Sangat miris dan tentu Anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan.

Oleh sebab itu, dalam mendidik anak perempuan, selalu ajarkan padanya untuk berbakti kepada orang tua. Anda bisa memberikan contoh dengan cara bagaimana Anda memperlakukan orang tua Anda sendiri. Saat dia melihat Anda bersikap lembut dan sangat menyayangi kakek dan neneknya, dia juga akan bersikap sama pada Anda.

4. Ajari Anak Pentingnya Menutup Aurat

Keutamaan anak perempuan adalah menutup aurat. Jangan biarkan anak Anda mengumbar aurat pada laki-laki yang bukan muhrimnya. Karena perbuatan tersebut adalah dosa besar dan bisa menimbulkan maksiat.

Oleh karena itu, ajari anak cara menutup aurat sejak dini. Akan lebih baik jika Anda memberi contoh untuk diri Anda terlebih dahulu. Ketika anak selalu melihat ibunya berpakaian tertutup dan berhijab. Maka, anak juga akan mengikutinya. Hal ini mengingat bahwa anak perempuan kebanyakan mengidolakan ibunya sendiri.

5. Ajarkan Anak Pentingnya Menjaga Harga Diri

Pergaulan anak jaman sekarang sering lepas kontrol. Banyak sekali pasangan muda-mudi yang belum nikah berani bermesraan di tempat keramaian. Tak heran jika banyak kasus wanita hamil di luar nikah. Anda tentu tidak ingin hal seperti ini menimpa anak perempuan Anda kan.

Anda sebagai orang tua sebisa mungkin selalu menjaga anak dalam pergaulan. Batasi pergaulannya jika memang lebih mengarah kepada hal yang negatif. Ajarkan pada anak tentang pentingnya menjaga harga dirinya di depan para lelaki. Bagaimana cara yang baik bergaul dengan laki-laki yang bukan muhrimnya.

Agar saat dewasa nanti, anak perempuan Anda tidak mudah di perdaya oleh lelaki hidung belang yang cuma mau mengumbar nafsu belaka. Dia akan lebih mengutamakan memilih pria yang bertanggung jawab yang berani langsung mengajak menikah.

Baca juga : 12 Tips Rumah Tangga Bahagia dan Harmonis Selamanya

6. Ajarkan Anak Cara Bergaul yang Baik

ilustrasi mendidik anak perempuan 5 tahunMendidik anak perempuan juga perlu memperhatikan bagaimana cara dia bergaul. Jangan sampai anak tumbuh menjadi pribadi yang arogan dan selalu menang sendiri ketika berkumpul dengan teman-temannya.

Berilah contoh tentang cara bergaul yang baik kepada sesama perempuan ataupun pada laki-laki. Misalnya saja saat masih kecil biasa anak-anak sering berebut mainan. Terkadang sampai ada salah satu yang menangis. Saat itulah Anda harus nasehati dia. Katakan bahwa lebih baik mengalah dan memberikan mainan itu pada temannya. Takuti dia kalau berbuat seperti itu nanti tidak punya teman.

Mengajarkan sikap mengalah bukan berarti dia kalah. Hal ini untuk menumbuhkan jiwa solidaritas yang nantinya akan berguna untuk pergaulannya kelak.

7. Ajari Anak Perempuan untuk Mandiri

Mendidik anak agar mandiri harus Anda lakukan sejak dini. Hal ini akan berguna saat dia dewasa kelak. Apalagi jika dia sudah berkeluarga. Dia akan bisa menangani semua masalah tanpa harus melibatkan orang tua maupun mertuanya.

Cara mengajar anak agar mandiri bisa di mulai dengan membuatkan kamar tersendiri untuknya sejak usia 7 tahun. Selain itu, ajari dia bagaimana cara manjaga kebersihan seperti mandi sendiri sejak kecil, mencuci dan melipat baju sendiri, serta membiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga : 11 Tips Jitu Merangsang Kecerdasan Anak Sejak Usia Dini

8. Didik Anak Perempuan Menjadi Anak yang Rajin

Terlalu memanjakan anak akan berdampak tidak baik saat dia dewasa. Dia akan tumbuh jadi anak yang suka merengek dan malas. Apalagi jika sejak kecil, Anda selalu memenuhi kemauannya tanpa mengajarkan bagaimana cara berusaha.

Oleh sebab itu, ajarkan anak untuk terbiasa hidup rajin. Hal ini akan membahagiakan suaminya kelak. Bayangkan jika anak Anda tumbuh jadi wanita yang pemalas. Bisa jadi rumahnya akan seperti kapal pecah karena dia malas untuk bersih-bersih apalagi memasak.

Selalu nasehati dia bahwa menjadi anak perempuan itu harus rajin. Karena tidak menutup kemungkinan dia akan tinggal bersama mertuanya. Bagaimana dia akan bisa di sayang mertua jika dia selalu malas melakukan pekerjaan rumah.

Baca juga : 16 Tips Mendidik Anak Agar Anda Menjadi Ayah yang Hebat

9. Biasakan Anak untuk Membantu Orang Tua

Seorang perempuan sejatinya akan selalu berurusan dengan hal-hal yang berhubungan dengan rumah tangga seperti memasak, mencuci, menyapu dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Disinilah Anda sebagai seorang ibu harus mendidik anak perempuan agar mau membantu pekerjaan Anda di rumah.

Sejak kecil ajari dia bagaimana cara membersihkan kamarnya sendiri. Ajari juga untuk membersihkan rumah agar saat dia sudah menikah akan terbiasa dengan sendirinya.

Namun, jangan melupakan juga untuk tetap memberikan pendidikan terbaik padanya. Meskipun nantinya dia akan ikut suami, pendidikan terbaik yang Anda berikan akan berguna untuk mendidik anak-anaknya kelak juga membantu dalam menyelesaikan masalah keluarga Anda.

10. Ajarkan Anak Tentang Pentingnya Saling Menyayangi

mendidik anak perempuan usia 10 tahunMengajarkan anak untuk saling menyayangi antar sesama saudara adalah kewajiban. Jangan biarkan anak-anak Anda bertengkar hanya gara-gara masalah yang sepele. Apalagi anak perempuan kedepannya juga akan menjadi ibu bagi anak-anaknya. Ajari anak untuk tidak berbuat hal-hal yang kasar. Apalagi sampai melakukan kekerasan fisik padanya. Karena hanya akan menyakiti hati secara psikologis dan tidak baik untuk perkembangannya.

11. Ajari Anak Perempuan Cara Mengatur Keuangan

Dalam mendidik anak perempuan, sebaiknya sejak kecil ajari dia bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik. Hal ini sebagai bekal untuknya saat sudah menikah. Jangan sampai dia maupun suaminya punya banyak hutang yang tentu akan membebani hidupnya.

Bagaimana caranya? Ajari dia menabung sejak kecil. Misalnya saja dengan menabung sisa uang jajannya. Katakan pada anak perempuan Anda untuk tidak boros dalam membelanjakan uangnya.

Cara lain yang bisa Anda ajarkan diantaranya dengan memberikan kepercayaan padanya untuk mengatur uang jajan sendiri. Seperti memberikan uang jajan selama satu minggu. Biarkan dia mengaturnya sendiri dan perhatikan apakah dia bisa menghemat uang tersebut untuk ditabung.

Dengan kebiasaan seperti ini sedari kecil. Dia akan mengaplikasikannya saat sudah berumah tangga. Karena bagaimana pun keuangan rumah tangga tergantung bagaimana seorang istri bisa mengaturnya dengan baik.

Baca juga : Inilah Pentingnya Anda Harus Punya Perencanaan Keuangan

12. Didik Anak Bersikap Sopan Santun yang Baik

Anda juga harus mendidik anak untuk bersikap sopan baik kepada orang yang lebih tua maupun yang lebih muda sekalipun. Hal ini untuk menghindari agar anak perempuan Anda tidak bersikap kurang ajar terhadap orang lain.

Caranya pun sangat banyak. Mulai dari bagaimana sikap duduk yang baik, menyapa orang yang lebih tua dan bagaimana cara bertutur kata yang sopan pada orang lain.

Apalagi jika Anda orang Jawa. Ajari dia bahasa jawa agar bisa membedakan mana bahasa Jawa halus dan kasar. Sehingga dia bisa memilah-milah saat berbicara kepada orang yang lebih tua maupun teman sebayanya.

13. Mengajari Anak Memasak

Akan sangat memalukan jika seorang wanita tidak memasak. Dan kenyataannya di jaman sekarang ini sangat banyak wanita yang tidak pernah menyentuh dapur. Entah karena dia mungkin orang kaya atau dari kecil tidak diajari memasak. Padahal kodrat wanita adalah bisa melayani suami. Salah satunya dengan memasakkan makanan untuk suami dan anak-anaknya.

Oleh sebab itu, ajari anak memasak sejak dini. Turunkan semua hal yang Anda bisa terkait memasak. Sehingga tiba saat dia menikah, sudah punya bekal yang cukup untuk bisa membahagiakan suami dan mertuanya.

Wanita yang pintar memasak cenderung di sayangi oleh suami. Apalagi jika masakannya enak, tentu suami akan selalu memilih makan masakan Anda ketimbang jajan di luar. Hal ini juga untuk menghindari perselingkuhan dalam rumah tangga yang mana salah satu penyebabnya ketidak mampuan istri dalam mengurus rumah.

Baca juga : 14 Masalah Dalam Rumah Tangga Dan Penyelesaiannya

14. Mengajari Anak Memiliki Rasa Peduli

mendidik anak perempuan 4 tahunMendidik anak perempuan untuk memiliki rasa peduli sangat penting. Agar kedepannya dia tumbuh menjadi pribadi yang selalu peduli pada orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Misalnya saja saat dia melihat halaman rumah yang kotor, dia akan berinisiatif untuk membersihkannya tanpa kita harus menyuruhnya.

Begitupun hubungannya dengan saudara. Rasa peduli yang Anda tanamkan sejak kecil akan membuatnya ringan tangan dalam membantu saudaranya ketika menghadapi persoalan. Dan saat dewasa kelak, dia akan juga akan menjadi orang pertama yang menawarkan bantuan saat Anda tertimpa masalah.

15. Ajari Anak untuk Menghargai Orang Lain

Saling menghargai antara sesama manusia menjadi menu selanjutnya dalam memberikan pendidikan adab kesopanan kepada anak. Apalagi anak Anda perempuan yang mana harus bisa menghargai orang lain agar di pandang sebagai wanita yang terhormat. Karena biasanya wanita suka mengedepankan perasaan di bandingkan logika. Sehingga saat sedang terjadi cekcok atau pertengkaran suka tidak bisa mengontrol emosi.

16. Ajarkan Anak Pentingnya Menjaga Perkataan

Selain menghargai orang lain, ajari juga pentingnya menjaga setiap tutur katanya. Anak perempuan harus bersikap lemah lembut dan jangan sampai keluar kata-kata kasar yang akan menyakiti hati orang lain.

Sehingga saat dewasa nanti, meskipun dia akan lebih sering menemui orang yang suka mengeluarkan kata-kata kasar dan kotor. Dia tidak akan mudah terpengaruh apalagi sampai ikut-ikutan berkata seperti itu karena hanya akan merendahkan dirinya sendiri di mata orang lain.

17. Ajarkan Disiplin Pada Anak Perempuan

Poin terakhir dalam mendidik anak perempuan adalah mengajarkan disiplin padanya sejak masih kecil. Hal ini sangat berguna saat dia sudah mulai dewasa agar bisa mengurus dirinya sendiri. Misalnya ketika dia harus kuliah atau bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga. Sikap disiplin akan berperan dalam meraih kesuksesan karirnya.

Mendidik anak perempuan memang tidaklah mudah. Namun, dengan mengajarkannya sejak usia dini. Dia akan terbiasa dengan sendirinya. Praktikkanlah semua hal diatas agar anak gadis Anda tumbuh menjadi wanita yang dewasa, mandiri dan sayang pada keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *