17 Tips Ampuh Pacaran Jarak Jauh Agar Awet Dan Tak Bosan

tips pacaran jarak jauh via pixabayMenjalani pacaran jarak jauh memang sebuah dilematis. Rasa rindu yang memuncak akibat jarang bertemu secara langsung menjadi bumbu cinta yang tak bisa dielakkan. Belum lagi pikiran-pikiran negatif yang sering muncul karena takut pasangan selingkuh atau sedang terjadi apa-apa.

Sudah sering terjadi pasangan yang melakukan pacaran jarak jauh pada akhirnya terpaksa menyudahi hubungan. Penyebabnya bermacam-macam seperti hadirnya orang ketiga, merasa ditekan oleh salah satu pasangan, tidak ada rasa saling percaya atau merasa bosan karena menjalani hubungan LDR (Long Distance Relationship).

Meskipun demikian, tetap ada pasangan yang awet dan langgeng menjalani hubungan jarak jauh bahkan bisa sampai ke pelaminan. Salah satunya yang terjadi pada Dzulfikar. Pria asal Batang, jawa tengah yang berhasil menikahi bule cantik asal asal italia. Awal perkenalan mereka terjadi melalui situs jejaring sosial Facebook. Karena merasa saling cocok akhirnya memutuskan untuk menikah.

Bagaimana mereka dapat menjalani hubungan jarak jauh yang langgeng dan harmonis? Berikut 17 tips ampuh pacaran jarak jauh agar tetap awet dan tidak mudah bosan.

1. Jalin Komunikasi dengan Baik

Inti dari hubungan jarak jauh agar tetap awet adalah komunikasi. yang baik. Karena jarak jauh yang memisahkan sehingga tidak bisa bertemu secara langsung. Iya kalau cuma antar kota yang bisa dijangkau dalam hitungan jam. Tapi kalau sudah antar pulau, jalan satu-satunya lewat komunikasi jarak jauh.

Beruntung anak jaman sekarang yang bisa komunikasi dengan mudah. Cukup dengan handphone sudah bisa berkirim pesan dan video call sehingga bisa saling bertatap muka dalam berkomunikasi.

Bayangkan dengan pacaran LDR jaman 90-an. Cara komunikasi paling murah dan efektif hanya lewat surat. Itupun memakan waktu berminggu-minggu. Beruntung jika salah satu atau keduanya punya telepon dirumah. Jadi masih bisa teleponan tiap hari.

Maka dari itu, dengan mudahnya komunikasi dijaman sekarang. Maksimalkanlah aplikasi-aplikasi yang ada di HP. bangun komunikasi dengan pasangan sebaik mungkin. Tapi jangan keseringan ya karena malah bisa membuat kalian cepat bosan.

2. Mencari Sumber Kebosanan

Salah satu faktor penyebab gagalnya menjalin hubungan jarak jauh adalah rasa bosan. Jika hal ini dibiarkan berkelanjutan maka bisa membuat anda dan pasangan bubaran. Oleh karena itu, ketika rasa bosan menghampiri. Cobalah untuk mencari tahu apa yang membuat anda atau pasangan merasa bosan menjalani hubungan ini.

Jika sudah menemukannya, segera cari solusi untuk mengatasinya. Misalnya ketika salah satu dari kalian bosan karena tiap hari video call sampai berjam-jam. Cobalah ganti suasana dengan komunikasi lewat chating atau telepon. Usir rasa bosan tersebut agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

3. Percaya Satu Sama Lain

Pacaran jarah jauh membutuhkan rasa percaya baik anda maupun pasangan. Jika salah satunya sudah tidak ada rasa percaya, maka tidak butuh waktu lama hubungan yang anda bina akan putus ditengah jalan.

Apalagi jika anda tipe orang yang gampang terhasut dengan isu-isu yang sebenarnya sumbernya belum akurat. Misalnya anda mendengar pacar anda jalan dengan wanita lain. Anda tentu merasa marah dan dikhianati. Pada akhirnya anda menelepon si dia sambil marah-marah. Iya kalau pasangan anda orang yang sabar terus mau mendengar ocehan anda. Tapi jika dia tidak terima malah bisa menimbulkan pertengkaran yang hebat.

Oleh sebab itu, klarifikasi atau cari tahu terlebih dahulu saat anda mendengar gosip tentang dia. Bisa saja yang jalan sama dia adalah saudara atau teman sekantornya. Percaya pada seseorang yang jauh disana memang sulit. Tapi jika anda juga tidak percaya maka akan menimbulkan rasa was-was yang pada akhirnya akan merugikan diri anda sendiri.

Baca juga : 12 Tips Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif yang Selalu Muncul

4. Jangan Cemburu Berlebihan

Cemburu itu perlu. Itu sebagai tanda bahwa anda benar-benar mencintainya. Tapi jika anda selalu cemburu berlebihan menjurus kearah curiga ini yang berbahaya. Sulit untuk mempertahankan hubungan jarak jauh jika anda bersikap demikian.

Bayangkan saja seandainya pasangan anda sedang nulis status di medsos terus dikomentari oleh cewek lain. Terus anda merasa cemburu dan menegur pasangan anda di bilik komentar tersebut. Tentunya hal ini akan membuat pasangan anda malu dan mungkin juga marah.

Jika anda sering melakukan hal seperti ini. Lama kelamaan dia akan merasa risih dan tidak nyaman menjalani hubungan dengan anda. Jadi, sebaiknya hindarilah rasa cemburu yang berlebihan. Jika sekiranya memang ada seseorang yang anda cemburui, cobalah untuk menanyakan langsung padanya. Jangan malah menyerang pasangan anda dimedia sosial.

5. Hindari Pikiran Negatif

Setiap orang pasti memiliki pikiran negatif. Apalagi bagi anda yang menjalani pacaran jarak jauh. Pertanyaan-pertanyaan seperti apakah dia serius dengan anda? Apakah disana dia tidak punya gebetan lain? Atau apakah dia selalu memikirkan anda? Hal-hal seperti ini tentu sering mampir dikepala anda.

Jika dibiarkan berlarut-larut tentunya akan membuat anda tidak akan pernah percaya padanya. Padahal belum tentu yang anda pikirkan adalah sebuah kenyataan. Oleh sebab itu, hindarilah pikiran negatif anda tentang dia. Hal ini untuk menghindari pertengkaran yang tidak perlu. Jangan sampai pikiran jelek anda ini membuat hubungan anda tidak awet.

Baca juga : 15 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda

6. Saling Mengerti Kendala LDR

Saling pengertian satu sama lain adalah suatu keharusan dalam menjalani suatu hubungan. Apalagi anda menjalani hubungan LDR. Mengertilah bahwa pasangan anda merantau jauh-jauh untuk bekal masa depan kalian berdua.

Kenali juga kendala yang biasa terjadi dalam hubungan LDR. Jangan anda sering memaksa pasangan untuk bertemu karena jika jaraknya terlalu jauh tentunya akan beban diongkos. Sementara pasangan anda bekerja jauh-jauh buat mengumpulkan uang demi masa depan anda berdua.

7. Bersikap Jujur dan Terbuka

Hubungan cinta jarak jauh butuh kejujuran dan saling keterbukaan satu sama lain. Tanpa keduanya hubungan anda hanya menunggu bom waktu untuk mencapai kata putus.

Jujur menjadi sebuah keharusan dalam membina sebuah hubungan. Apalagi jika kalian sudah merencanakan untuk segera menikah. Hal-hal yang selama ini ditutupi sebaiknya diutarakan pada pasangan agar tidak membuat kecewa salah satu pihak.

Baca juga : 6 Ciri-Ciri Pria Pembohong Yang Harus Anda Ketahui

8. Selalu Sabar

Tidak semua orang mampu menjalin hubungan jarak jauh. Selain komunikasi harus terjaga, kunci lain yang sangat berperan dalam menjalani hubungan seperti ini adalah kesabaran.

Sabar untuk tidak saling bersua dalam waktu lama, sabar menghadapi rasa bosan dan sabar menghadapi segala halang dan rintangan yang menghadang. Jika semua itu bisa dilewati dengan baik, maka impian untuk bersanding dipelaminan akan tercapai.

9. Berkomitmen Bersama

Dalam menjalani hubungan, komitmen menjadi hal penting yang harus dijaga. Terutama bagi seorang wanita yang rela menunggu anda jauh dari tempat tinggalnya. Jika anda seorang lelaki yang memang serius menginginkan dia, maka berkomitmenlah padanya. Jangan hanya mengumbar janji yang tak pasti.

Bicaralah dari hati ke hati. Katakan padanya bahwa meskipun jauh, anda tetap menyayanginya sepenuh hati. Anda sendiri juga harus berkomitmen pada diri sendiri. Yakinkan diri anda bahwa dia memang orang yang tepat untuk anda. Begitu juga sebaliknya.

Dengan saling berkomitmen, tentunya rasa cinta dan kasih sayang akan terjaga meskipun jarak memisahkan anda berdua.

10. Selalu Tunjukkan Rasa Sayang dan Perhatian

Pacaran jarak jauh seharusnya bukan menjadi hambatan bagi anda dan pasangan untuk saling menunjukkan kasih sayang. Baik anda maupun pasangan jangan saling menunggu untuk sekedar memberi perhatian. Walaupun hanya bisa dilakukan lewat telepon seluler.

Cara menunjukkan kasih sayang pun bermacam-macam. Usahakan untuk mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Misalnya dengan menulis status di medsos bahwa anda merindukannya, mengucapkan selamat pada saat hari ulang tahun atau saat pasangan promosi jabatan.

11. Kirim Hadiah Kecil

Jaman sekarang sudah sangat modern. Jadi meskipun anda menjalani hubungan LDR bukan menjadi penghalang untuk bersikap romantis. Romantis versi pacaran LDR bisa dengan mengirimkan hadiah kecil dihari-hari penting pasangan seandainya anda tidak bisa datang.

Sebagai contoh pasangan anda ulang tahun. Kirimlah boneka yang disertai surat berisi ungkapan sayang padanya. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman kilat agar kado dari anda tepat waktu. Cara seperti ini akan membuat hubungan kalian terlihat menyenangkan dan tidak membosankan.

12. Berikan Kejutan

Memberikan sebuah kejutan adalah cara yang cukup unik dalam suatu hubungan. Apalagi jika kejutan tersebut didapat dari orang yang dia sayangi. Namanya juga kejutan berarti anda memberikannya tidak harus disaat hari penting. Pada hari-hari biasa menjadi momen yang pas untuk memberikan kejutan padanya.

Kejutan yang bisa anda berikan pun bermacam-macam. Tak perlu yang mahal, cukup hadiah kecil yang dia sukai sudah pasti dapat menyenangkan pasangan anda. Apalagi jika kejutan tersebut adalah kehadiran anda secara mendadak.

Coba sesekali anda datang tanpa bilang padanya. Anda mungkin bisa berpura-pura membuat dia marah terlebih dahulu. Saat amarahnya memuncak, segeralah muncul dihadapannya. Surprise yang anda berikan tentu akan langsung menghilangkan amarahnya.

13. Jadwalkan untuk Bertemu Pasangan

Meskipun anda menjalani pacaran jarak jauh, Bukan berarti anda tidak bisa menemuinya sesekali waktu. Memang perlu pengeluaran lebih namun ini menjadi cara terbaik agar hubungan anda tetap awet dan tidak membosankan.

Buat jadwal rutin untuk bertemu pasangan. Jika memungkinkan jadwalkan satu minggu sekali setiap akhir pekan. Jika tidak mampu maka usahakan satu bulan sekali. Kalau masih belum memungkinkan, maka setidaknya 6 bulan atau 1 tahun sekali harus bisa saling bertemu.

14. Rencanakan Liburan Bersama

rencanakan liburan untuk pacaran jarak jauh via pixabayKarena minimnya kesempatan untuk bertemu secara langsung, Cobalah untuk merencanakan liburan saat anda dan psangan punya jadwal bertemu. Liburan tidak harus ketempat-tempat jauh yang membutuhkan waktu dan biaya banyak.

Carilah tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal anda. Beberapa lokasi yang tepat untuk ajang temu kangen bagi pasangan LDR menurut hipwee antara lain pantai, pegunungan, danau dan lain sebagainya.

Berlibur bersama tentunya akan membuat anda dan pasangan saling bernostalgia untuk melepas rindu setelah sekian lama bertemu. Selain itu bisa menjadi kenangan yang akan terus teringat saat anda sudah harus berjauh-jauhan lagi.

15. Jangan Terlalu Mengatur dan Mengekang

Satu hal lagi yang harus dihindari dalam menjalin hubungan pacaran jarak jauh adalah terlalu posesif atau mengekang pasangan anda. Ini biasa terjadi kebanyakan dilakukan oleh para wanita.

Pasangan mau berbuat ini dilarang, mau melakukan itu tidak boleh. Kadang ada yang dikit-dikit sms bentar-bentar telpon atau video call cuma untuk menanyakan hal sepele seperti ” lagi apa, sudah makan belum, udah mandi belum dll”. Cara-cara seperti ini hanya membuat pasangan merasa jenuh dan terkekang oleh anda.

Tinggalkan kebiasaan seperti ini jika anda memang sering melakukannya. Cukup hubungi dia disaat-saat yang penting. Jangan mengganggu pekerjaan atau kegiatan pasangan anda. Jika anda memang butuh mengobrol, carilah waktu yang pas saat dia sedang tidak sibuk bekerja.

Baca juga : Tak Harus Cantik! Ini Dia Tips Agar Disukai Pria Idaman

16. Bicarakan Hal-Hal Tentang Masa Depan

Komitmen, kepercayaan dan keyakinan dan kesabaran untuk terus bersama menjadi kunci dalam mempertahankah hubungan pacaran jarak jauh. Hal lain yang perlu anda dan pasangan lakukan berikutnya adalah membicarakan tentang masa depan.

Jangan pernah takut membicarakan impian untuk masa depan karena hubungan yang kalian jalani memang harus memiliki tujuan akhir. Selain itu, dengan membicarakan masa depan dari awal, akan banyak rencana yang bisa disusun dari sekarang. Misalnya kapan siap untuk menikah, dimana mau tinggal dan lain-lain.

17. Tetap Positif Menjalani Hubungan LDR

Tetaplah berfikir positif dalam menjalani hubungan LDR. Tepis semua pikiran negatif yang menghampiri anda. Percayalah bahwa dia menyayangi anda meskipun jarak memisahkan kalian berdua. Jadikan kejujuran dan kesetiaan sebagai pondasi untuk menopang hubungan kalian.

Pacaran jarak jauh memang memiliki banyak hambatan. Namun jika anda mampu menjalani beberapa tips diatas niscaya hubungan anda dan pasangan akan awet dan tidak membosankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *