20 Jajanan Buka Puasa Paling Laris Dijual saat Ramadhan

jajanan buka puasa via ayobandung.com

jajanan buka puasa via ayobandung.com

Jajanan Buka Puasa – Sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Bulan dimana orang-orang menjalankan ibadah puasa penuh selama satu bulan. Bulan Ramadhan juga merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para pengusaha kuliner. Karena biasanya omset yang didapatkan bisa naik 2 kali lipat dibandingkan bulan lainnya.

Anda bisa melihat dimana saat Ramadhan tiba, biasanya akan banyak stand-stand penjual makanan muncul di sepanjang jalan. Mereka menjual jajanan buka puasa yang biasa di sebut takjil.

Nah, bagi Anda yang pandai membuat berbagai macam jajanan atau pun minuman. Tidak ada salahnya Anda ikut berkecimpung meramaikan bisnis di bulan Ramadhan ini. Toh, modal yang dikeluarkan juga tidak besar.

Ibarat kata, sambil menyelam minum air. Selain Anda membuat takjil untuk keluarga dirumah, Anda bisa sekalian menjualnya. Itung-itung sebagai tambahan untuk merayakan lebaran.

Jika Anda malas untuk membuka stand sendiri, Anda bisa menitipkan jajanan buka puasa Anda ke penjual-penjual di pinggir jalan. Hampir merata takjil buka puasa yang mereka jual merupakan titipan orang lain. Mungkin ada sebagian yang di buat sendiri.

Biasanya pedagang jajanan akan mendapat komisi dari setiap makanan yang berhasil mereka jual. Misalnya Anda menjual kolak dengan harga Rp 5.000. Pedagang akan mendapat 5 % – 10% dari hasil penjualan tersebut. Tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak.

Lalu apa saja jajanan bulan puasa paling laris untuk dijual?

Sebenarnya hampir merata semua makanan laku dijual saat puasa. Terutama takjil yang mana sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa.

Berikut 20 aneka jajanan buka puasa yang paling laris dijual saat Ramadhan.

1. Kolak Pisang

Dari jaman dahulu hingga sekarang, kolak pisang selalu menjadi primadona saat bulan Ramadhan. Mungkin hampir setiap keluarga pernah menyantap jajanan buka puasa yang satu ini. Rasa-rasanya kolak pisang sudah menjadi makanan khas bulan Ramadhan di Indonesia.

Rasa dari kuah kolak pisang yang manis sangat segar untuk menghilangkan dahaga setelah seharian menahan haus. Buah pisangnya juga sangat lezat di santap sebelum Anda makan menu utama.

Didalam kolak pisang, terkadang ada yang ditambahi dengan ubi atau kolang-kaling. Agar rasanya semakin nikmat dan pas untuk mengganjal perut bagi mereka yang baru mau makan setelah selesai ibadah terawih.

2. Kurma

jualan kurma saat puasa

jualan kurma saat puasa

Bukan rahasia umum lagi jika buah kurma pasti laris di jual saat bulan puasa. Buah yang berasal dari Arab ini banyak dicari sebagai hidangan buka puasa maupun saat sahur. Tak heran, jika permintaan pasar untuk buah kurma naik berkali lipat saat Ramadhan.

Jika Anda sedang mencari usaha sampingan di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya menjajal bisnis jualan kurma. Beberapa jenis kurma yang banyak dicari diantaranya kurma safawi, kurma ajwa, kurma halawi dan lain-lain.

Rekomendasi Artikel : 

10 Jenis usaha di bulan Ramadhan dijamin menguntungkan

3. Klepon

Jajanan pasar tradisional yang tidak pernah lekang oleh waktu adalah klepon. Kue yang dibuat dari tepung ketan dan terdapat parutan kelapa diluar serta berisi gula merah didalamnya sangat nyaman saat di gigit. Terutama saat perut masih kosong.

Jenis camilan rumahan ini sangat cocok dinikmati dengan teh hangat sebagai hidangan pembuka puasa sebelum Anda menyantap makanan utama.

4. Bingka

Bingka adalah makanan khas suku banjar Kalimantan Timur. Meskipun banyak bertebaran di bulan lainnya, Bingka tetap saja menjadi primadona saat bulan Ramadhan tiba karena sangat cocok sebagai hidangan berbuka puasa.

Bahan-bahan untuk membuat bingka diantaranya tepung terigu, telur, gula pasir, santan dan garam. Rasanya sangat manis dan meleleh saat digigit. Sehingga ketika Anda menyantap satu, rasanya ingin menyantap untuk kedua kalinya.

Simak juga : 15 Peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan

5. Kue Putu

Jajanan pasar lainnya yang banyak di cari sebagai hidangan buka puasa adalah kue putu. Kue putu sendiri ada berbagai macam. Seperti kue putu ayu, kue putu bambu dan kue putu mayang. Dan semuanya punya peminat sendiri-sendiri.

Kue putu ayu biasanya berwarna hijau berbentuk seperti bunga. Bahan-bahan bakunya sendiri antara lain tepung kanji, tepung terigu, gula pasir, gula halus, telur, santan dan pasta pandan.

Sementara untuk kue putu bambu terbuat dari tepung beras, parutan kelapa, gula merah, daun pandan dan garam. Di sebut putu bambu karena cetakan yang digunakan biasanya dari bambu.

Terakhir kue putu mayang yang merupakan kue khas betawi. Kue ini terbuat dari perpaduan tepung kanji dan tepung beras dengan bentuk seperti mi. Biasanya agar lebih enak, di sajikan dengan gula merah cair dan santan.

6. Aneka Gorengan

aneka gorengan

aneka gorengan

Masyarakat Indonesia sangat menyukai aneka macam gorengan. Baik mereka dari kalangan atas maupun bawah. Terkecuali bagi mereka yang sedang menjalani diet atau orang-orang yang sedang menerapkan gaya hidup sehat.

Di bulan-bulan biasa saja gorengan banyak dicari orang. Apalagi jika Anda berjualan saat Ramadhan. Aneka gorengan seperti tempe goreng, tahu isi, bakwan, pisang goreng, kroket dan lain-lain memiliki penggemar sendiri. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan sangat besar.

Jika Anda merasa bingung jualan apa saat Ramadhan, maka juallah aneka macam gorengan. Saya yakin jika gorengan Anda enak dan renyah, masyarakat akan memilih membeli gorengan di tempat Anda.

Baca juga : Cara memulai bisnis gorengan unik yang beromzet jutaan

7. Risoles

Jajanan buka puasa paling laris berikutnya adalah risoles. Risoles sendiri merupakan sejenis gorengan yang didalamnya berisi daging dan sayuran yang berbentuk persegi panjang atau segitiga.

Proses pembuatannya pun cukup mudah. Isi daging biasanya berupa daging ayam, daging sapi, daging ikan, wortel, jamur kancing dan kentang. Untuk pembungkusnya biasanya dibuat dari tepung terigu, mentega dan kuning telur.

Yang membuat jajanan yang satu ini banyak peminatnya adalah rasa didalamnya yang sangat lezat ketika menggigitnya. Apalagi kalau disantap saat masih panas.

Rekomendasi Artikel : 

14 Ide usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran

8. Chai Kue

Chai kue adalah makanan khas Tionghoa di Kalimantan Barat. Bentuknya seperti kroket atau pastel namun proses pembuatannya tidak digoreng tapi di kukus. Isi didalamnya bisa berupa bengkuang, kucai atau talas.

Yang membuat chai kue sangat nikmat di sajikan untuk buka puasa adalah rasanya yang lembut dan dilengkapi taburan bawang goreng diatasnya.

10. Kue Lapis

Salah satu kue tradisional ini tidak pernah sepi peminat. Terutama anak-anak yang sangat menyukai kue rumahan yang satu ini. Disebut kue lapis karena terdapat dua warna yang saling bertumpuk-tumpuk atau berlapis. Ada yang lapisannya tebal ada juga yang tipis.

Kue lapis terbuat dari bahan seperti tepung kanji, tepung beras, santan, garam, gula pasir serta pewarna. Cara pembuatannnya sangat mudah. Anda bisa melihat langkah-langkahnya disini.

Baca juga : 12 Peluang usaha modal 500 ribu kebawah bagi para pemula

10. Jualan Lauk Matang

Selain jajanan buka puasa, makanan lain yang memiliki peluang cukup besar saat bulan Ramadhan adalah jualan lauk pauk. Jualan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang pintar memasak.

Anda bisa membuat berbagai lauk matang seperti ayam crispy, ayam goreng, masakan ayam, masakan ikan,rendang, jengkol pedas dan masih banyak yang lainnya.

Intinya jenis lauk yang bisa Anda masak pasti laku terjual karena tidak semua keluarga bisa memasak. Daripada ribet, biasanya mereka lebih memilih membeli di stand-stand yang menjual bungkusan lauk pauk.

11. Es Kelapa Muda

es kelapa muda

es kelapa muda

Setelah kita membahas makanan buka puasa yang paling laris. Selanjutnya kita akan membahas jajanan buka puasa berbentuk minuman. Dan minuman buka puasa yang cukup banyak dicari orang adalah es kelapa muda.

Es kelapa muda sudah sangat nikmat walaupun tidak dicampur apapun. Apalagi jika Anda menambahkan sirup, susu kental manis atau gula aren. Rasanya pasti akan lebih manis dan enak.

Es kelapa muda memang menjadi minuman yang cocok untuk menghilangkan dahaga setelah Anda menahan harus seharian. Selain itu, harganya yang murah membuat banyak orang memilih untuk membeli es kelapa muda.

Simak juga : 26 Rekomendasi usaha rumahan modal kecil

12. Sop Buah

Disebut sop buah karena bahan-bahan yang digunakan adalah berbagai macam buah seperti semangka, melon, buah naga, pepaya, nanas, apel, anggur dan buah-buahan lain yang dicampur dengan sirup, susu kental manis dan ditambah es batu.

Minuman yang satu ini menjadi salah satu jenis takjil yang banyak dicari warga. Sehingga jika Anda ingin jualan di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya untuk menjual sop buah. Untuk variasi pembuatannya, Anda bisa mengecek resepnya disini.

13. Waralaba Minuman

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, jualan waralaba minuman seperti teh poci, capucino cincau, es kepal milo, bubble boom dan lain-lain.

Minuman berjenis waralaba saat ini sedang ngetrend dan banyak digemari para generasi milenial. Jadi, jika target konsumen Anda adalah para anak-anak muda, lebih baik Anda memilih jualan minuman waralaba.

Namun, modal yang dikeluarkan tentu lebih besar jika dibandingkan Anda jualan es kelapa muda atau sop buah. Akan tetapi, omset yang didapat pun lebih besar. Untuk bergabung menjadi mitra waralaba seperti teh poci misalnya. Modal yang harus Anda keluarkan sekitar 6 jutaan.

Modal tersebut digunakan untuk membeli satu paket jualan minuman teh poci seperti meja both, peralatan lengkap untuk jualan, bahan baku teh poci dan banner.

Nah, bagi Anda yang berminat jualan waralaba minuman, silahkan simak 4 usaha waralaba minuman kekinian terlaris.

14. Es Cincau

Es cincau adalah sejenis minuman segar dengan bahan utama cincau yakni gel yang mirip seperti agar-agar. Cincau yang telah dipotong-potong akan ditambahkan dengan sirup, susu, santan dan es yang sudah diparut.

Sangat pas dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga saat tiba waktu berbuka.

15. Es Pisang Ijo

es pisang ijo

es pisang ijo

Jajanan buka puasa kekinian yang layak dicoba untuk dijual adalah es pisang ijo. Makanan asal kota Makasar ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau.

Cara pembuatannya cukup mudah, yakni dengan di kukus. Untuk membuat balutan hijau, Anda bisa membuat adonan dengan campuran tepung, pewarna hijau yang terbuat dari campuran daun pandan atau daun suji ditambah air.

Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan es pisang ijo, silahkan lihat resepnya disini.

16. Es Campur

Minuman buka puasa lainnya yang cukup digemari masyarakat adalah es campur. Biasanya minuman yang satu ini dibuat dari pecahan es parut, sirup, agar-agar, susu kental manis, kelapa.

Dibeberapa daerah terkadang ditambah cincau hitam, kacang hijau, kolang kaling dan beberapa jenis buah seperti nanas, mangga, nangka dan alpukat

Melihat dari bahan-bahan yang digunakan, es campur rasanya sangat menggugah selera. Sehingga banyak orang mencarinya sebagai sajian untuk berbuka puasa.

17. Es Kacang Ijo

Bagi Anda yang memiliki modal terbatas namun tetap ingin buka usaha kecil-kecilan di bulan Ramadhan, salah satu pilihan yang bisa Anda coba ialah jualan es kacang hijau.

Minuman yang satu ini tidak kalah laris dibandingkan minuman lainnya. Apalagi kita tahu sendiri kalau kacang hijau sangat baik untuk kesehatan.

Baca juga : 8 Ide bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga

18. Es Kacang Merah

Selain es kacang hijau, minuman tradisional yang banyak dicari masyarakat adalah es kacang merah. Minuman khas Madano ini selain baik untuk kesehatan, rasanya juga sangat enak.

Proses pembuatannya pun tidak sulit. Anda tinggal memasak bahan-bahan seperti gula jawa, gula pasir, daun dalam panci. Setelah mendidih, masukkan kacang merah kering yang sudah direndam semalaman. Terakhir, tambahkan larutan maizena dan tunggu hingga terlihat mengental.

Untuk penyajiannya, tambahkan parutan es batu, santan dan susu kental coklat agar lebih manis dan enak.

19. Es Tape Ketan

Jajanan buka puasa jenis minuman lainnya yang tidak membutuhkan modal besar adalah es tape ketan. Minuman yang sudah ada sejak jaman dulu ini masih sangat digemari masyarakat sebagai salah satu minuman untuk melepas dahaga.

Bahan-bahan yang digunakan sangat simpel dan mudah dicari. Diantaranya tape ketan hijau, sirup gula, susu kental manis, daging kelapa muda dan parutan es batu.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana. Pertama-tama Anda merebus air putih hingga mendidih. Masukkan tape ketan dan aduk hingga rata. Setelah dirasa cukup angkat dan pindahkan ke wadah lain. Tambahkan susu kental manis, sirup gula dan daging kelapa muda.

Setelah dingin, tambahkan parutan es batu agar rasanya lebih segar dan nikmat.

20. Es Cendol

Takjil buka puasa terakhir yang cukup laris di pasaran adalah es cendol. Minuman khas Sunda ini sudah sangat terkenal sejak jaman dulu. Kalau di daerah Jawa Tengah biasa dikenal dengan nama es dawet.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain cendol yang terbuat dari tepung beras, gula merah cair, santan dan es batu. Terkadang ada beberapa penjual yang menambahkan tape agar rasanya lebih bervariasi.

Itulah beberapa jajanan buka puasa paling laris saat ini. Bagi Anda yang berminat untuk buka usaha di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya mencoba salah satu diantara makanan dan minuman diatas. Selamat berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *