20+ Tips Memulai Usaha Jus Buah Rumahan yang Sukses

peluang usaha jus buah unik

Salah satu jenis bisnis minuman yang dapat dijalankan dengan modal kecil adalah usaha jus buah. Bisnis yang satu ini sangatlah menjanjikan karena hampir semua orang menyukai minuman segar dari buah-buahan. Selain untuk menghilangkan dahaga, jus buah juga kaya akan nutrisi dan vitamin. Sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan gaya hidup sehat.

Memulai bisnis jus buah sebetulnya tidak memerlukan keahlian khusus. Pembuatannya sangat simpel yakni buah-buahan tinggal di blender saja sudah jadi. Modal usaha yang diperlukan terdiri dari modal bahan baku dan modal investasi peralatan usaha.

Untuk modal bahan baku adalah berbagai macam jenis buah-buahan seperti nanas, alpukat, buah naga, strawberry, mangga, jeruk, melon, sirsak, durian dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk modal investasi terdiri dari meja, kursi, mesin blander, mesin cup sealer, gerobak atau estalase, gelas plastik, sedotan dan perlengkapan lainnya.

Prospek Usaha Jus Buah

Setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan bisnis aneka jus buah. Namun secara umum, prospek bisnis minuman yang satu ini sangat bagus mengingat hampir semua orang suka dengan jus buah. Berikut ini kelebihan dan kekurangan peluang usaha modal kecil ini.

Kelebihan

Bisnis jus buah bukanlah bisnis musiman dimana hanya laris pada momen-momen tertentu. Usaha ini akan selalu ada dan dibutuhkan banyak orang.

Beberapa keuntungan berjualan jus buah diantaranya :

1. Modal Kecil

Sebenarnya memulai usaha jus buah bisa dengan modal seadanya. Dengan modal Rp 500 ribu saja Anda sudah bisa membuka jus buah-buahan. Modal sebesar itu bisa digunakan untuk membeli mesin blender dan bahan baku buah-buahan untuk dijadikan juice serta gelas plastik. Untuk peralatan pendukung bisa menggunakan perabotan yang sudah ada.

2.Untung Besar

Meskipun termasuk usaha berskala kecil, Keuntungan dari bisnis rumahan ini bisa mencapai jutaan rupiah loh. Setidaknya Anda bisa meraup keuntungan bersih minimal Rp 3 juta per bulan.

Bahkan bisa lebih dari itu jika Anda membuka cabang di tempat lain dengan sistem kemitraan maupun waralaba. Jika dalam satu hari mampu menjual 100 jus buah maka omset sebesar Rp 30 juta perbulan. (100 x Rp 10000 x 30 hari).

Simak juga : 4 usaha waralaba minuman kekinian paling laris

3. Target Konsumen Luas

Untuk pangsa pasar usaha jus buah sangat luas. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan lansia sangat menyukai jus buah yang memiliki rasa enak dan lezat serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Terutama untuk mereka yang benar-benar menerapkan gaya hidup sehat yang modern. Jus buah menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi. Apalagi jika musim kemarau tiba, omset penjualan jus buah biasanya akan meningkat tajam.

Kekurangan

Meskipun kelihatannya mudah dalam menjalankannya, usaha minuman yang satu ini tetap memiliki resiko kerugian. Kekurangan utama bisnis ini adalah tingkat persaingannya yang cukup tinggi. Ada banyak orang yang sudah membuka usaha jus buah di rumah maupun di tempat keramaian.

Persaingan yang tinggi tentu akan membuat usaha Anda ada kalanya ramai dan kadangkala sepi pembeli akibat terobosan baru yang dilakukan kompetitor sejenis. Misalnya penjual jus buah lain di sekitar Anda memberikan harga lebih murah, kualitas lebih banyak, variasi rasa lebih lengkap dan pelayanan lebih ramah. Inilah resiko bisnis yang mempunyai tingkat persaingan sangat tinggi.

Disamping itu, jika Anda hanya fokus menjual jus buah, keuntungan yang didapat tidak akan terlalu besar. Untuk meningkatkan laba, bisnis jus buah bisa di kombinasikan dengan menjual minuman kemasan  dan juga menjual makanan ringan seperti kue atau keripik.

Meskipun termasuk usaha kecil, sebaiknya Anda juga melakukan riset pasar kecil-kecilan yang meliputi pangsa pasar, kelayakan usaha dan tingkat kompetitor. Pastikan Anda membuka usaha jus buah di lokasi yang masih jarang pesaing.

Beberapa lokasi yang cocok untuk usaha jus buah segar diantaranya ;

  • Dekat sekolah atau kampus
  • Pinggir jalan yang ramai kendaraan
  • Dekat lokasi wisata
  • Dekat tempat nyantai seperti taman atau alun-alun.

Baca lebih lanjut tentang cara melakukan riset pasar yang benar

Rincian Biaya Modal Usaha Jus Buah

peralatan bisnis jus buahBagi Anda yang serius ingin menjalankan bisnis jus buah rumahan, berikut ini peralatan yang harus Anda siapkan untuk membuka usaha ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Blender

Modal usaha utama yang diperlukan adalah blender. Alat ini berfungsi untuk memblender buah buahan menjadi juice. Ada banyak jenis dan merk blender yang bisa dibeli. Seperti blender merk Phillips, Viva, Omicko, National, Cosmos, Quantum dan lain sebagainya.

Untuk harga blender merk Phillips dikisaran Rp 600 ribu. Sedangkan harga blender Omicko atau National di kisaran harga Rp 150 ribu.

Jika Anda mempunyai uang lebih, maka sangat bagus membeli blender merk Phillips yang sangat awet dan berkualitas baik. Namun apabila modal Anda pas-pasan, Anda bisa membeli blender Omicko atau National yang harganya lebih murah.

Silahkan cek harga blender disini

2. Mesin Cup Sealer

Mesin cup sealer dipergunakan untuk menutup gelas jus yang telah terisi jus agar tidak tumpah. Harga mesin sealer cup yang baru sebesar Rp 800 ribu. Sedangkan yang bekas harga Rp 500 ribu. Jika Anda mempunyai modal keuangan terbatas lebih baik membeli mesin sealer juice yang bekas. Namun carilah yang kondisinya masih layak pakai.

3. Gelas Plastik dan Sedotan

Untuk perlengkapan yang satu ini harganya sangatlah murah. Anda sudah bisa mendapatkan 50 gelas plastik cup dengan harga Rp 15.000. Sementara untuk sedotan, harga per 1 pack isi 100 buah harganya sekitar Rp 8.000an

4. Buah-Buahan

beli buah-buahan segarAnda bisa membeli berbagai macam buah-buahan untuk dijadikan bahan baku pembuatan juice. Beberapa buah-buahan yang paling banyak di minati untuk dijadikan juice diantaranya alpukat, buah naga, apel, jeruk, melon, mangga, tomat, sawo, sirsak dan jenis buah lainnya.

Sediakan juga bahan baku lainnya seperti gula pasir, susu kental manis, coklat bubuk dan bahan baku pembuatan jus buah lainnya.

4. Perlengkapan Pendukung

Ada beberapa perlengkapan pendukung yang harus Anda sediakan agar jualan jus buah Anda semakin mudah. Peralatan ini sifatnya permanen sehingga Anda hanya perlu menggantinya kalau kondisinya sudah rusak.

Beberapa perlengkapan yang perlu Anda persiapkan diantaranya meja, kursi, estalase, pisau pengupas, tempat sampah, tempat air, wadah es batu dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak analisa modal yang harus Anda persiapkan untuk membuka usaha jus buah

Modal untuk Membeli Peralatan

Blender @ Rp 600.000
Mesin sealer cup @ Rp 800.000
Estalase @ Rp 600.000
Meja @ Rp 300.000
Kursi @ Rp 100.000
Pisau @ Rp 20.000
Tempat penyimpanan es batu @ Rp 100.000
Galon @ Rp 50.000
Toples @ Rp 50.000
Tempat sampah @ Rp 20.000
Peralatan tambahan @ Rp 100.000

Total biaya pembelian peralatan usaha sebesar Rp 6.340.000

Biaya operasional bulanan

Asumsikan untuk pembelian buah-buahan dalam sebulan menghabiskan modal sebesar Rp 5.000.000
Gula pasir @ Rp 200.000
Susu kental manis @ Rp 200.000
Coklat bubuk @ Rp 100.000
Air @ Rp 200.000
Es batu @ Rp 150.000
Gelas plastik cup @ Rp 450.000
Tutup plastik cup @ Rp 50.000
Sedotan @ Rp 50.000

Total biaya operasional bulanan sebesar Rp 6.400.000

Omset Pendapatan

Berdasarkan pengalaman para penjual jus buah, dalam satu hari mereka mampu menjual 40 gelas jus buah. Bisa lebih sedikit, tapi bisa juga lebih banyak.

Untuk harga bervariasi tergantung buah apa yang di pesan konsumen. Karena harga setiap buah tentu berbeda-beda. Sehingga Anda bisa menjual jus berkisar harga antara Rp 7.000 – Rp 10.000 disesuaikan dengan jenis buahnya

Kita ambil rata-rata harga jual menjadi Rp 8.000 per gelas. Maka dalam sebulan, omset yang didapat adalah sebagai berikut :

Rp 8.000 x 40 x 30 hari = Rp 9.600.000

Pendapatan bersih setiap bulan

Pendapatan kotor – biaya operasional

Rp 9.600.000 – Rp. 6.400.000 = Rp 3.200.000

Bayangkan jika Anda memiliki 5 cabang saja, Anda bisa meraup keuntungan 5 kali lipat bukan.

Baca juga : 12 peluang usaha modal 500 ribu untuk pemula

Cara Sukses Buka Usaha Jus Buah Rumahan yang Laris

resep jus buah enakDalam membuka bisnis jus buah segar, pastinya Anda menginginkan kesuksesan dalam pertama kali buka usaha sampai seterusnya. Namun hal itu tentu tidak mudah mengingat persaingan usaha ini cukup tinggi.

Untuk itu, Anda harus bisa membuat terobosan baru agar bisnis jus buah Anda mendapat banyak konsumen nantinya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya :

1. Memberikan Harga lebih murah

Pasaran umum harga juice buah-buahan per gelas sekitar Rp 7000 sampai Rp 10 ribu. Anda dapat melihat pesaing di sekitar. Jika pesaing menjual dengan harga Rp 10 ribu per gelas, maka Anda bisa menjual jus buah sebesar Rp 9 ribu per gelas.

Dengan penerapan harga yang lebih murah cukup efektif untuk meningkatkan pelanggan. Karena Banyak orang selalu ingin mendapatkan barang yang sama dengan harga lebih murah.

Baca lebih lanjut tentang 8 strategi pemasaran produk yang efektif

2. Perhatikan Kualitas Rasanya

Pastikan tekstur jus buah-buahan yang Anda produksi dan di jual memiliki rasa yang enak untuk di nikmati. Cobalah belajar untuk membuat jus buah yang layak untuk di jual. Anda bisa mencari resep jus buah untuk jualan di situs resep makanan seperti cookpad.com.

Perhatikan juga pemilihan bahan bakunya. Usahakan untuk membeli buah-buahan yang berkualitas. Contohnya saja alpukat, jika Anda memilihnya asal-asalan, kemungkinan Anda bisa mendapatkan buah alpukat yang rasanya pahit. Tentunya buah tersebut tidak enak untuk dijadikan juice.

3. Inovasi Rasa

Yang namanya bisnis kuliner seperti jualan jus buah-buahan, akan mengalami masa pasang dan surut. Pada awal buka usaha, mungkin usaha jus buah Anda akan laris manis. Namun secara perlahan penjualan akan menurun sampai tingkatan sepi konsumen. Hal ini tak terlepas dari konsumen merasa bosan dengan menu jus buah yang itu-itu saja.

Oleh karena itu, untuk menjaga kestabilan omset bisnis jus buah maka Anda harus bisa melakukan inovasi rasa. Supaya konsumen tidak jenuh terhadap produk yang ada. Misalkan menyediakan menu jus buah yang dicampur dengan soda, madu, susu, coklat maupun yogurt. Sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dan unik.

4. Buah-Buahan yang Segar

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kualitas rasa jus akan didapat dari bahan baku yang berkualitas juga. Jus buah yang berasal dari buah yang masih segar maka rasanya akan berbeda dengan juice buah yang berasal dari buah-buahan yang sudah layu.

Konsumen akan lebih memilih membeli jus buah di pedagang yang menyediakan juice buah yang berasal dari buah-buahan yang masih segar. Sehingga kualitas rasa sangat enak dan tekstur warna sangat bersih dan steril.

Untuk mensiasati ini, sebaiknya dalam membeli buah jangan langsung dalam jumlah besar. Perkirakan buah yang Anda beli habis untuk 1-3 hari. Sehingga kesegaran buah akan terjaga.

Usaha modal kecil seperti jus buah memang sangat menjanjikan. Apalagi jika Anda bisa memilih lokasi usaha yang strategis. Cobalah tips sukses menjalankan usaha jus buah diatas agar mendapatkan omset maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *