20 Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

20 jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecilPernahkah merasa bahwa gaji anda sebagai seorang karyawan terlalu kecil? Jangankan untuk membeli barang-barang yang anda inginkan. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari saja terasa berat. Lalu apa yang mesti anda lakukan? Jika diperhatikan, sebenarnya ada banyak peluang usaha sampingan karyawan yang menjanjikan. Bahkan anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar.

Usaha sampingan karyawan bukanlah sesuatu hal yang dilarang oleh perusahaan. Yang terpenting tidak mengganggu jam kerja. Memang berprofesi menjadi seorang karyawan adalah sebuah kebanggan tersendiri. Anda bisa mendapatkan gaji besar dan jenjang karir yang bagus. Belum lagi mendapat tunjangan, jaminan kesehatan dan fasilitas lain dari perusahaan. Tentu hidup anda akan lebih terjamin.

Akan tetapi, mungkin hanya beberapa orang saja yang mendapatkan kesempatan seperti itu. Sisanya lebih banyak berjuang untuk bisa mendapat kenaikan gaji dan mencapai jabatan yang strategis. Tapi tetap saja hanya begitu-begitu saja. Belum lagi ancaman PHK jika pekerjaan anda dinilai kurang baik dimata perusahaan.

Oleh sebab itu, anda perlu mencari alternatif lain. Salah satunya dengan mencoba memulai usaha sampingan. Jangan khawatir jika anda terkendala soal modal. Banyak kok jenis bisnis sampingan yang bisa anda mulai dengan modal kecil baik secara offline maupun online. Anda tetap bisa usaha sambil kerja guna menambah penghasilan anda.

Berikut ini 20 jenis usaha sampingan karyawan dengan modal kecil yang menjanjikan.

Usaha Sampingan Karyawan Secara Offline

1. Jualan Pulsa dan Token Listrik

Sampai hari ini jualan pulsa adalah salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah mati. Kecuali jika semua Handphone dihapuskan didunia ini. Sudah banyak orang yang meraup puluhan juta dengan menjalankan bisnis ini.

Jika anda tertarik untuk berjualan pulsa, anda bisa memulainya hanya dengan modal HP. Carilah agen pulsa terpercaya dikota anda agar anda bisa berjualan pulsa elektrik. Modal untuk memulainya juga tidak terlalu banyak. Berkisar antara 1 juta sampai 5 juta saja. Selain pulsa untuk handphone. Anda juga bisa sekalian jual token listrik karena hampir semua rumah sudah menggunakan pulsa listrik.

Konsumen yang anda bidik bisa dimulai dari rekan kerja sekantor, keluarga dan para tetangga. Pasanglah spanduk dirumah agar para tetangga mengetahui bahwa anda menjual pulsa.

Jika anda rasa prospeknya cukup bagus dan anda memiliki modal besar. Perluaslah usaha anda dengan membuka gerai/konter pulsa. Anda bisa menyewa lapak yang letaknya dekat keramaian. Pekerjakanlah satu atau dua karyawan untuk membantu usaha anda tersebut.

2. Buka Toko Sembako

usaha sampingan karyawan toko sembako

Usaha sampingan karyawan yang cukup diminati oleh beberapa orang ialah membuka warung sembako. Selain cukup mudah, usaha sembako bisa anda mulai dengan modal kecil. Selain itu, anda juga bisa membuka toko cukup dirumah. Hitung-hitung agar istri punya kesibukan yang menguntungkan.

Modal yang perlu anda persiapkan sekitar 5 juta sampai 10 juta rupiah. Modal tersebut anda gunakan untuk membeli barang dagangan dan beberapa perlengkapan pendukung usaha. Untuk langkah awal, anda tidak perlu membuat bangunan baru yang tentunya membutuhkan banyak modal. Sementara gunakan dulu ruang depan atau garasi rumah anda. Setelah usaha anda cukup maju, barulah bangun toko sendiri dihalaman rumah anda.

Target konsumen anda jelas, yakni para tetangga diseputaran komplek. Tips sukses untuk memulainya tidaklah terlalu sulit. Cukup bersikap ramah dan jalinlah komunikasi yang baik dengan konsumen maka anda banyak yang belanja ke toko anda.

Baca juga : 13 Tips Sukses Membuka Usaha Sembako Dari Nol Dengan Modal Kecil

3. Jual Makanan untuk Sarapan

Selain toko sembako, bisnis rumahan yang menjanjikan lainnya adalah menjual makanan dipagi hari. Apalagi jika tempat anda tinggal kebanyakan orang yang sibuk kerja. Banyak diantara mereka yang tidak sempat membuat sarapan karena kesibukan dipagi hari seperti bersiap ke kantor atau mengurus anak sekolah.

Makanan yang bisa anda jual bermacam-macam mulai dari bubur ayam, nasi kuning, lontong sayur, soto ayam, gorengan dan lain-lain. Modal untuk memulai usaha ini tidak terlalu besar. Sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta cukup untuk membeli estalase, beberapa meja dan kursi serta bahan baku masakan.

Jika istri kesulitan membagi waktu untuk memasak dan belanja bahan baku. Anda bisa membantunya untuk belanja kepasar. Tulis semua kebutuhan secara lengkap agar tidak ada satu bahan pun yang kurang. 

4. Usaha Galon Isi Ulang dan Gas Elpiji

Jika anda punya modal yang cukup besar, jualan galon isi ulang dan gas elpiji bisa menjadi pilihan usaha sampingan karyawan yang menguntungkan. Sekarang ini, keduanya sudah menjadi kebutuhan pokok untuk rumah tangga. Jadi, jika berminat jangan anda merasa ragu untuk memilih usaha ini.

Perkiraan modal yang diperlukan memang cukup besar. Dari situs Investasiuntung.com memaparkan bahwa membuka usaha depot isi ulang membutuhkan modal awal 34 juta rupiah yang dipergunakan untuk menyewa tempat, membeli peralatan, galon kosong, gaji karyawan dan operasional lainnya.

Modal tersebut memang cukup besar. Namun jika dalam sehari anda bisa menjual 100 buah dengan harga Rp. 5.000. Maka dalam sehari anda bisa meraup 500 ribu rupiah. Selama satu bulan pendapatan kotor yang didapat sebesar Rp 15 juta. Setelah dipotong untuk biaya operasional maka pendapatan bersih mencapai Rp 10 juta. Dalam waktu 4 bulan anda sudah bisa balik modal.

Bagaimana dengan gas elpiji? Meskipun keuntungannya tidak sebesar galon isi ulang, namun tidak ada salahnya anda menjualnya untuk tambahan penghasilan.

5. Buka Warkop Kecil-Kecilan

Peluang usaha sampingan karyawan lain yang mungkin bisa anda coba adalah membuka warung kopi kecil-kecilan. Apalagi jika tempat tinggal anda dekat dengan lingkungan kost-kostan, area kampus atau kawasan industri.

Keuntungan dari bisnis ini sangat menjanjikan loh. Coba anda bayangkan, dengan modal satu galon air isi ulang seharga 5000 rupiah. Anda bisa membuat berpuluh-puluh gelas kopi dengan harga Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu. Jika bisa menghabiskan lima galon saja dalam sehari berapa keuntungan yang akan anda dapatkan.

Selain menjual kopi, anda juga bisa menyediakan minuman lain seperti teh, air dingin, jus buah serta makanan ringan seperti jajanan pasar, kacang kulit, gorengan dll.

Modal 15 juta rupiah rasanya cukup untuk memulai usaha kecil ini. Modal tersebut anda gunakan untuk menyewa tempat dan membeli peralatan yang dibutuhkan.

6. Buka Angkringan

Sama seperti warkop, jualan minuman dan makanan tetap menjadi salah satu jenis usaha sampingan karyawan yang cukup menguntungkan. Salah satu yang cukup populer adalah angkringan. Apalagi usaha ini kebanyakan dibuka pada malam hari sehingga anda bisa berjualan sendiri. 

Berapa modal untuk bisa membuka usaha angkringan? Kisaran modalnya hampir sama seperti warung kopi yakni antara 10 juta-15 juta rupiah yang digunakan untuk membeli gerobak dan barang keperluan lain. Untuk sewa tempat sepertinya tidak terlalu mahal karena kebanyakan pedagang angkringan berjualan didepan ruko yang sudah tutup.

Calon konsumen anda juga cukup banyak. Mulai dari warga sekitar dan para pengendara jalan yang kebetulan lewat. Jika makanan dan minuman yang anda sajikan enak. Tentu mereka tidak akan kapok untuk kembali ketempat anda.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

7. Usaha Laundry Kiloan

Sekarang ini usaha laundry sudah banyak dilirik oleh para pengusaha UKM. Hal ini lantaran banyak orang yang inginnya serba cepat dan praktis. Mereka yang malas mencuci dan menyetrika memilih untuk menggunakan tempat laundry.

Inilah peluang usaha yang bisa anda ambil. Jangan merasa takut untuk bersaing dengan tempat laundry yang sudah mapan. Cobalah untuk riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah pesaing, mencari lokasi yang strategis dan minat konsumen.

Jika anda sudah mendapatkan lokasi yang sesuai misalnya seperti daerah kost-kostan, dekat tempat perkantoran atau area kampus segeralah untuk memulai usaha laundry kiloan.

Untuk masalah modal, uang sebesar 15-20 juta sudah cukup sebagai modal awal. Itu juga jika anda harus menyewa tempat. Sementara jika anda hanya buka laundry dirumah, maka cukup mengeluarkan bujet 10 juta rupiah yang anda gunakan untuk membeli mesin cuci, pengering, peralatan pendukung serta biaya operasional selama satu bulan.

Baca juga : 19 Rahasia Sukses Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil

8. Buka Warung Makan Sederhana

Apakah istri anda hobi memasak aneka makanan rumahan? Jika ya, kenapa anda tidak coba untuk membuka warung makan sederhana. Apalagi jika lokasi rumah anda terletak dipinggir jalan raya. Anda tidak perlu lagi menyewa tempat untuk usaha.

Modal untuk memulai usaha ini sebenarnya tidak terlalu besar kalau hanya untuk membeli bahan pokok makanan yanga akan dijual. Modal awal yang paling besar adalah untuk membangun warung yang ada pada kirasan 10 juta-20 juta tergantung desain seperti apa yang anda inginkan. Sehingga total modal awal untuk buka warung makan sederhana bisa mencapai 25 juta sampai 30 juta rupiah.

Akan tetapi, tidak butuh lama untuk balik modal jika warung anda laris. Apalagi jika sudah banyak pelanggan. Siapa tahu warung makan anda bisa sukses seperti RM Sederhana yang dimiliki H. Bustaman yang sudah mempunyai lebih dari 100 cabang yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar seperti Jakarta hingga Makasar.

9. Usaha Catering Rumahan

Jika anda belum mampu dan merasa kerepotan kalau harus buka warung makan, Cobalah untuk membuka usaha catering rumahan. Usaha ini tentunya tidak menghabiskan banyak waktu karena sitri anda hanya memasak ketika ada pesanan.

Untuk urusan modal siapkan Rp.10 juta. Lebih dari setengahnya anda pergunakan untuk membeli peralatan masak, piring, sendok, gelas dan lain-lain. Sisanya untuk membeli bahan makanan sesuai dengan pesanan pelanggan.

Promosikan usaha anda ini mulai dari mulut ke mulut. Calon konsumen yang bisa anda targetkan sementara ini adalah para kerabat, tetangga dan rekan kerja. Jika anda punya modal lebih, buatlah selebaran atau brosur agar banyak orang tahu tentang usaha catering anda. Berikan diskon yang menarik agar mereka tertarik pesan catering ditempat anda.

10. Menjual Aneka Macam Kue

Jika istri anda pandai membuat aneka macam kue, tidak ada salahnya untuk menambah penghasilan dengan menjual kue. Untuk saat ini, anda tidak perlu membayangkan membuka toko kue yang pastinya membutuhkan modal yang cukup besar. Beberapa cara murah untuk memasarkan kue anda antara lain dengan menitipkannya ke beberapa toko terdekat atau menawarkannya lewat media sosial.

Buatlah beberapa jenis kue mulai dari bronies, bolu, donat, bika ambon dll. Selain itu jajanan pasar seperti putu ayu, onde-onde, klepon atau risoles juga cukup digemari oleh masyarakat. Cobalah kunjungi cookpad.com untuk mengetahui lebih banyak resep aneka macam kue.

Modal untuk memulai usaha ini berkisar antara Rp 1 juta- Rp 2 juta saja. Jika anda rasa kue anda laris terjual. Mulailah berfikir untuk membuka toko kecil-kecillan. Sewalah jasa karyawan untuk membantu istri anda.

Baca juga : 15 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

11. Jual Beli Motor Bekas

usaha sampingan karyawan jual beli motor bekas

Jual beli motor bekas juga merupakan usaha sampingan karyawan yang terbilang menguntungkan. Coba anda bayangkan jika anda bisa membeli motor dengan harga 5 juta rupiah dan saat menjualnya dapat meraup keuntungan 2 juta rupiah. Maka berapa puluh juta jika anda bisa menjual 25 unit motor dalam satu bulan.

Berarti harus memiliki modal besar dong untuk bisa membeli motor bekas untuk dijual? Anda tidak harus memikir sampai kesitu. Kebanyakan pengusaha motor bekas memulai bisnisnya mulai dari bawah. Seperti yang terjadi pada Usman, pria asal Pontianak yang memulai bisnis jual beli motor bekas dari mulai menjadi makelar motor sampai sekarang sudah memiliki puluhan unit motor siap jual.

Untuk langkah awal, cobalah untuk menjadi makelar motor. Misalnya jika ada tetangga yang jual motor, tawarkanlah kepada rekan sekantor atau mempostingnya di grup jual-beli Facebook. Jika pada akhirnya anda sukses menjual banyak motor dan mendapat kepercayaan banyak orang, barulah mulai untuk mengeluarkan modal guna membeli beberapa motor sekaligus.

12. Jasa Cuci Motor

Masih berhubungan dengan masalah motor, usaha sampingan karyawan lain yang bisa anda coba ialah membuka jasa cuci motor. Faktor yang membuat bisnis ini cukup memberikan banyak keuntungan adalah banyaknya orang yang malas untuk cuci motor sendiri. Apalagi jika sudah musim hujan.

Untuk urusan modal, anda bisa mengawalinya dengan modal 10 juta rupiah untuk membeli peralatan cuci motor, sewa tempat dan biaya operasional . Untuk gaji karyawan gunakan saja metode bagi hasil misalnya 60% untuk anda untuk dan 40 % untuk karyawan.

Sebagai contoh anda memasang tarif Rp 15 ribu, maka anda akan mendapatkan Rp 9 ribu sisanya untuk karyawan. Jika dalam sehari tempat cuci motor anda kedatangan rata-rata 30 unit motor, maka penghasilan anda (Rp 9 ribu x 50= Rp 270 ribu). Pendapatan kotor dalam sebulan mencapai (Rp 270 ribu x 30 = Rp 8,1 juta) Anggaplah untuk biaya operasional sebesar Rp 3 juta maka penghasilan bersih anda sebesar Rp 5,1 juta per bulan.

Baca juga : 10 Contoh Usaha Modal 5 juta Paling Menguntungkan

13. Menjadi Makelar Properti

Jika anda menginginkan jenis usaha tanpa modal sama sekali, maka cobalah jadi makelar properti. Meskipun tanpa modal, usaha sampingan kaeyawan ini tetap memerlukan keahlian dalam hal tawar-menawar, menarik minat pembeli, ilmu pemasaran dan yang pasti kepercayaan.

Beruntung bagi anda jika tinggal didaerah yang sedang banyak pembangunan komplek perumahan. Anda tinggal mendatangi kantor developer perumahan tersebut untuk menawarkan jasa makelar. Tanyakan berapa komisi yang bisa anda dapatkan jika berhasil menarik konsumen.

Dengan membawa brosur perumahan dari developer, tawarkan pada kenalan maupun rekan kerja anda. Siapa tahu anda memiliki bakat terpendam sebagai makelar properti sehingga banyak yang tertarik oleh ajakan anda.

Usaha Sampingan Karyawan Secara Online

14. Menjadi Blogger Part Time

usaha sampingan karyawan dengan menjadi bloggerAnda mempunyai hobi menulis? Jika ya, bagaimana jika anda menjadi seorang blogger part time. Daripada sisa waktu selain jam kerja anda terbuang sia-sia, lebih baik anda manfaatkan untuk membangun sebuah blog yang berkualitas.

Anda perlu tahu bahwa gaji seorang blogger bisa berkali-kali lipat dari gaji yang anda terima sekarang ini. Contoh orang yang sukses menjadi seorang blogger adalah mas Timon Adiyoso si pemilik mastimon.com yang memiliki penghasilan 1 juta lebih per hari dari adsense hanya dari blog gratisan.

Memang untuk menjadi blogger sukses seperti beliau membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, semua orang tentu punya kesempatan asal dia mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

Jika anda berminat untuk menjadi seorang blogger. Kunjungilah blogger.com. Situs ini adalah milik google yang disediakan bagi anda yang ingin membuat blog gratis namun tetap bisa menghasilkan. Beda halnya jika anda ingin terlihat profesional. Anda cukup mengeluarkan modal Rp 500-Rp 1 juta untuk membeli blog wordpress self hosted.

Cara menghasilkan uang dari blog selain dengan periklanan adsense. Ada banyak program yang bisa anda jadikan mesin uang melalui blog seperti program afliasi, iklan mandiri, menjual ebook, menyediakan jasa, membuka layanan bimbingan privat dan lain-lain.

15. Penulis Lepas

Jika anda merasa kurang berminat membangun blog karena terlalu ribet. Usaha sampingan karyawan yang cocok untuk menyalurkan hobi menulis anda  adalah menjadi penulis lepas atau freelancer . Apalagi sekarang banyak situs-situs besar yang berani membayar sebuahartikel jika memang berkualitas. Teman saya berhasil meraup penghasilan 3-4 perbulan hanya dengan  modal menulis artikel disalah satu situs ternama.

Beberapa situs yang berani membayar mahal tulisan anda antara lain :

  • Nulis
  • UC WE Media
  • IDN-Time
  • JalanTikus
  • Babe
  • BasaBasi
  • Mojok
  • iWriter
  • KlikMania
  • Brilio

Agar tulisan anda diterima oleh situs-situs diatas, belajarlah sedikit dasar-dasar tentang SEO yang mana sangat berguna untuk menaikkan ranking sebuah blog. Selain itu jangan berbuat curang denganmengirim tulisan hasil copy-paste karena pastiakan ditok oleh mereka. 

16. Menjadi Dropship

Untuk anda yang jago jualan terutama didunia online. Usaha sampingan karyawan yang cocok untuk anda adalah menjadi seorang dropship produk-produk tertentu. Menjadi dropship itu menyenangkan karena tidak perlu menyetok barang. Anda hanya bertugas menjualkan produk dari suplier. Jika anda berhasil menjualkan produk mereka, maka anda akan mendapat komisi sesuai yang sudah disepakati.

Umumnya para dropsipper menjual produk melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Barang yang dijual pun bermacam-macam mulai dari pakaian, barang elektronik, perabotan rumah tangga, peralatan olahraga dan lain sebagainya.

Jika anda berminat menjadi seorang dropship, cobalah kunjungi dropshipaja.com yang memiliki produk andalan berupa casing HP costum. Dengan modal ratusan ribu saja anda sudah bisa bergabung dan menjual produk mereka.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

17. Buka Toko Online

usaha sampingan karyawan dengan buka toko online

Satu lagi usaha sampingan karyawan berbasis online yang sudah menjamur adalah membuka toko online. Hal ini dikarenakan sudah banyak masyarakat merasa lebih efisien belanja secara online daripada harus mendatangi tempat belanja secara langsung.

Cara kerja toko online hampir mirip dengan dropship. Hanya saja untuk toko online anda mempunyai lapak/toko sendiri. Anda bisa menjual produk dari para supplier. Namun akan lebih bagus jika anda memiliki produk sendiri sehingga anda bisa menentukan berapa keuntungan yang ingin anda raih.

Beberapa barang yang umumnya dijual ditoko online adalah pakaian, oba-obatan herbal, barang elektronik, sepatu, tas dan lain-lain. Ada juga produk digital seperti ebook, plugin, template, video atau musik.

Berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk membangun sebuah toko online? Modalnya hampir sama seperti blog, anda harus membeli domain dan sewa hosting sendiri. Namun agar tampilan toko anda lebih menarik, Cobalah untuk membeli template toko online. Cari saja yang harganya dibawah 300 ribu rupiah.

kalau punya dana lebih dan tidak mau repot mendesain toko online anda. Sewalah jasa pendesain toko online yang bagus. Mahar 2-3 juta sudah cukup agar toko online anda terlihat profesional.

Belum punya modal namun tetap ingin membuat toko online? Jangan khawatir anda masih bisa membuatnya secara gratis dengan membuat toko online di beberapa marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak atau Shoppe. Dengan modal akun gmail saja anda sudah bisa membuat toko online sendiri.

18. Jasa Desain Grafis

Anda ahli dan menyukai desain grafis? Jika ya, manfaatkan keahlian anda tersebut sebagai usaha sampingan karyawan yang menjanjikan. Faktor penting agar bisa menjadi desainer profesional adalah selalu mengasah kemampuan dan memiliki banyak portofolio.

Jika anda kurang berkenan menjualnya secara offline, maka manfaatkanlah pasar desainer online lokal seperti Sribu.com dan Project.co.id.

Tidak hanya situs dalam negeri. Banyak juga situs luar negeri yang bisa anda manfaatkan seperti Elance.com, Upwork.com dan 99desains. Bahkan situs-situs ini sering mengadakan kompetisi membuat logo dengan hadiah ratusan dollar.

Untuk urusan modal, anda tidak membutuhkan dana banyak kok. Yang terpenting ada koneksi internet sudah cukup ditambah kopi untuk menemani aktifitas anda didepan layar komputer.

19 Jasa Pembuatan Website

Usaha sampingan karyawan berikutnya yang bisa dikerjakan secara online adalah jasa pembuatan website atau yang populer disebut web developer. Tentu untuk dapat memulai bisnis ini anda harus punya keahlian dibidang pemograman sebuah website.

Banyak orang yang ingin memiliki sebuah website/blog namun tidak punya keahlian untuk membuatnya. Hal inilah yang bisa menjadi peluang bisnis bagi anda. Menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, harga jasa pembuatan website/blog beragam tergantung seberapa bagus kemampuan dan desain website yang dikerjakan. Namun rata-rata mereka membanderol harga mulai dari Rp 500 ribu hingga ratusan juta rupiah. Sangat menggiurkan bukan.

20. Menjadi Youtuber

Apakah anda hobi mengabadikan video mungkin tentang kehidupan anda, video tutorial atau kejadian disekitar anda? Jika ya, cobalah unggah video anda tersebut ke situs berbagi Youtube. Siapa tahu ini menjadi jalan anda untuk mendapatkan penghasilan sampingan. 

Sudah banyak youtuber yang menjadi artis dadakan karena videonya yang viral dan banyak disukai orang. Okelah mungkin anda tidak ingin terkenal seperti mereka. Akan tetapi, mengunggah video di youtube nyatanya dapat memberikan penghasilan yang menggiurkan loh. Sama seperti blog, youtube juga menggunakan iklan adsense sebagai media untuk membayar pemilik video yang banyak viewernya.

Di Indonesia cukup banyak yang sukses menjadi seorang youtuber. Raditya Dika, Ria Ricis, Edho Pratama dan Lifia Naila adalah contoh sukses para Youtuber yang mampu menghasilkan puluhan juta rupiah perbulannya dari youtube.

Memiliki usaha sampingan karyawan perlu dilakukan untuk menambah penghasilan. Apalagi perusahaan juga tidak melarang asalkan tidak mengganggu jam kerja kantor. Cobalah untuk memulai usaha sesuai kemampuan dan minat anda. Jika anda memiliki ide usaha lain boleh anda share dikolom komentar. (Sumber gambar setangkai.com dan viva.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...