26 Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

ilustrasi usaha rumahan modal kecil

Di jaman yang semakin maju ini, membuka usaha tidak harus dengan ruangan yang besar. Bahkan banyak orang yang menggunakan rumah tempat tinggalnya sebagai ladang untuk menghasilkan uang. Nah, bagi Anda sedang mencari usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Siapa tahu salah satu diantaranya ada yang membuat Anda berminat. Ada banyak rekomendasi usaha rumahan modal kecil yang bisa dijalankan di sela-sela waktu istirahat Anda di rumah sebagai bisnis sampingan. Namun tidak menutup kemungkinan bisnis rumahan ini malah bisa menjadi penghasilan utama Anda nantinya.

Memang yang menjadi kendala banyak orang tidak membuka usaha adalah modal. Mereka beranggapan bahwa memulai usaha harus dengan modal yang besar.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Artikel kali ini membahas tentang usaha rumahan modal kecil yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan untuk karyawan atau buruh, para pelajar atau mahasiswa yang sedang cari tambahan uang saku dan ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Berikut 26 rekomendasi usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda jalankan saat ini juga.

Usaha Rumahan di Bidang Toko

Membuka usaha di rumah bisa dengan membuka sebuah pertokoan. Usaha dalam bentuk toko yang cocok dijalankan di rumah diantaranya :

1. Jualan Pulsa dan Paket Internet

jualan pulsa dan paket internetUsaha kecil-kecilan yang bisa Anda jalankan disela-sela kesibukan Anda adalah jualan pulsa elektrik dan paket internet. Jangan takut usaha Anda tidak akan laku. Karena saat ini hampir semua orang dewasa dan anak-anak remaja memiliki handphone. Bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki 2-3 handpone.

Menjalankan bisnis pulsa tidak membutuhkan modal yang besar karena di awal usaha, Anda tidak harus langsung membuka toko untuk berjualan. Sehingga usaha ini sangat cocok sebagai bisnis untuk mahasiswa atau sebagai usaha sampingan karyawan.

Yang Anda butuhkan hanyalah handphone sebagai media untuk berjualan. Modal awal yang Anda keluarkan pun tidak besar, cukup Rp 500 ribu – Rp 1 juta saja. Yang terpenting Anda harus pintar memutar modal agar bisa berkembang lebih banyak.

Namun, bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis pulsa lebih besar. Anda harus membuka toko kecil-kecilan dirumah Anda. Akan sangat cocok jika letak rumah Anda di pinggir jalan. Sehingga kemungkinan mendapatkan konsumen lebih besar.

Selain jualan pulsa All-operator, Anda bisa menyediakan paket internet. Anda tahu sendiri, sekarang dunia internet sudah semakin maju. Sehingga kebutuhan akan paket data juga semakin besar.

Rekomendasi Artikel :

13 Cara sukses jualan pulsa untuk pemula 

2. Pelayanan Tagihan Pembayaran Online

Berkembangnya dunia online nyatanya memberikan sejumlah peluang usaha baru yang bisa dijalankan. Salah satunya contohnya pelayanan tagihan pembayaran online.

Selain berjualan pulsa dan paket internet, melayani tagihan pembayaran online juga sangat menguntungkan loh. Masyarakat terkadang lebih memilih melakukan pembayaran seperti tagihan listrik, tagihan PDAM, BPJS Kesehatan atau voucher game di tempat terdekat dibandingkan harus mendatangi kantornya.

Jika Anda berminat, Anda bisa mengikuti program paytren miliki Ustad Yusuf Mansyur. Selain akan mendapatkan untung dari jualan berbagai layanan pembayaran online, Anda juga akan mendapatkan cash back yang lumayan besar jika Anda bergabung menjadi mitra paytren.

Saya sendiri juga ikut sebagai mitra paytren. Intinya walaupun kita tidak berjualan, kita tetap membutuhkan pulsa, token listrik dan tagihan lainnya. Sehingga saya bisa bertransaksi pakai HP dan tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membayar tagihan. Jika mau jualan, tentu saja keuntungannya akan lebih banyak.

Jika Anda berminat, Anda bisa membaca lebih lanjut disini.

3. Usaha Sembako / Toko Kelontong

Sudah sejak lama jika usaha sembako atau toko kelontong menjadi primadona masyarakat ketika memutuskan membuka usaha rumahan modal kecil. Meskipun terlihat gampang, membuka usaha sembako tidak boleh asal-asalan. Buktinya banyak orang yang usaha sembakonya hanya begitu-begitu saja dan tidak berkembang.

Memang untuk bisa mendapat banyak konsumen, akan lebih tepat jika Anda buka toko di pinggir jalan raya. Namun, membuka toko di rumah pun tidak menjadi masalah. Meskipun Anda tinggal di lingkungan komplek perumahan.

Tips sukses membuka usaha sembako di rumah sendiri terletak pada pengelolaan keuangan usaha yang baik. Disamping itu, lengkapi barang dagangan Anda agar pelanggan tidak lari ke toko lain.

Anda juga harus bersikap ramah kepada siapa pun yang datang ke toko Anda. Karena dengan begitu, para pelanggan akan senang berbelanja di toko Anda.

Berapa modal awal yang dibutuhkan?

Untuk membuka usaha sembako kecil-kecilan, saya rasa modal Rp 5 juta -Rp 10 juta sudah cukup dengan memanfaatkan lahan kosong dirumah Anda seperti ruangan depan atau garasi.

Artikel rekomendasi :

13 tips sukses buka usaha sembako dari nol

4. Buka Depot Air Minum

usaha depot air minum isi ulangPeluang usaha rumahan modal kecil selanjutnya ialah usaha depot air minum. Jangan beranggapan bahwa membuka usaha ini harus di pinggir jalan yang ramai loh. Membuka usaha dilingkungan komplek perumahan pun sudah cukup kok.

Saya berkata begitu karena tetangga komplek rumah saya juga membuka depot air minum isi ulang. Dari yang hanya merintis usaha sendiri dari nol, sekarang dia telah memiliki dua pegawai untuk membantunya mendistribusikan galon isi ulang ke pelanggan.

Target konsumennya jelas, tetangga di perumahan (termasuk saya sendiri) dan komlek perumahan sekitar. Yang membuat bisnis depot air minum ini berkembang karena adanya layanan siap antar. Anda tahu sendiri bahwa galon air minum cukup berat. Daripada harus membeli dan angkat-angkat sendiri dari toko, mending pesan bukan.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha depot air minum?

Pernah saya bertanya pada tetangga saya tersebut bahwa untuk membuka depot air minum membutuhkan modal sekitar 25-30 juta. Sebagian modal tersebut untuk membeli paket peralatan depot air minum isi ulang. Sisanya bisa untuk membeli kebutuhan lain dan promosi.

Untuk lebih jelasnya tentang bisnis ini, Silahkan baca cara memulai bisnis depot air minum isi ulang agar sukses.

5. Jualan Baju Murah

Jika Anda berminat dibidang fashion, tidak ada salahnya mencoba jualan baju murah di rumah Anda. Ini bisa sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di sela-sela kesibukan mengurus anak dan rumah.

Anda bisa menjualnya ke tetangga di sekitar rumah. Selain itu, tidak ada salahnya menawarkan pada teman atau kenalan Anda via Whatshap. Siapa tahu ada yang berminat membeli. Contoh baju yang digemari ibu-ibu biasanya pakaian wanita dan anak-anak. Contohnya gamis, daster, baby doll (baju tidur), jilbab dan lain-lain.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Untuk awal usaha, Anda bisa menyediakan uang 1 juta rupiah untuk membeli baju-baju grosir. Tak perlu mendatangi toko baju grosir jika memang jauh dari tempat tinggal Anda. Pesanlah secara online, banyak supplier yang bisa Anda ajak kerja sama untuk menjual baju mereka.

Beberapa diantaranya :

https://www.bursatanahabang.com
https://www.dusdusan.com
https://www.bajumurahgrosiran.com

Baca juga : cara memulai bisnis baju modal 1 juta cocok untuk pemula

Usaha Rumahan di Bidang Jasa

Memiliki keahlian tertentu bisa Anda manfaatkan untuk membuka peluang usaha baru. Beberapa usaha rumahan modal kecil dibidang jasa diantaranya :

6. Usaha Laundry Kiloan

Usaha rumahan modal kecil selanjutnya ialah usaha laundry kiloan. Memang setiap usaha model jasa akan sangat menguntungkan jika lokasinya di pinggir jalan raya yang ramai. Namun tidak menjadi masalah jika Anda membukanya di rumah.

Apalagi jika daerah tempat tinggal Anda sebagian besar tetangganya adalah pekerja kantoran. Pasti banyak yang membutuhkan jasa laundry.

Saya berbicara begini karena di komplek tempat saya tinggal ada yang buka jasa laundry kiloan. Saya lihat pelanggannya cukup banyak. Karena saya sendiri terkadang laundry baju disana.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry kiloan?

Perkiraan modal untuk buka usaha laundy kiloan dirumah berkisar antara Rp 10 juta – Rp 15 juta rupiah. Sebagian besar modal di gunakan untuk membeli mesin cuci dan pengering yang harganya cukup mahal. Untuk harganya, Anda bisa mengeceknya disini.

Agar usaha Anda cepat mendapat pelanggan, buatlah banner dan pasang didepan rumah Anda. Selain itu, Anda bisa membuat brosur tentang usaha laundry Anda.

Sebarkan brosur tersebut pada tetangga dan tempelkan di sekitar jalan komplek tempat Anda tinggal. Dengan begitu mereka akan mengetahui bahwa di sekitar tempat tinggal mereka ada jasa laundry kiloan. Sehingga mereka tidak perlu repot-repot laundry baju di luar.

Jika Anda berminat membuka usaha ini, silahkan simak 19 rahasia buka usaha laundry kiloan dengan modal kecil.

7. Usaha Catering Rumahan

Bagi Anda yang pandai memasak, tidak ada salahnya menjajal usaha kuliner rumahan seperti bisnis catering rumahan. Saya rasa usaha ini cocok dijalankan ibu rumah tangga. Selain untuk mengasah bakat memasak Anda, juga bisa untuk menghasilkan uang.

Apa sih yang dibutuhkan untuk buka usaha catering?

Yang pertama tentu saja Anda harus pintar membuat berbagai jenis masakan. Selain itu, makanan tersebut harus enak. Kalau tidak enak siapa yang mau berlangganan catering sama Anda.

Yang kedua adalah modal.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Sebenarnya begini ya, meskipun Anda memiliki modal yang besar, belum tentu Anda akan mendapatkan banyak pelanggan. Karena dasar dari bisnis catering adalah kepercayaan. Jadi, hampir merata orang-orang yang sukses berbisnis catering biasanya dimulai dari modal kecil.

Yang ketiga ialah promosi.

Kenapa harus promosi?

Ya kalau tidak promosi siapa yang akan tau bahwa Anda punya jasa catering.

Lalu siapa target pelanggan Anda?

Di awal memulai bisnis ini, Anda bisa menawarkan jasa catering pada tetangga, rekan kerja suami atau orang tua teman-teman anak di sekolah. Anda juga bisa membuat dan menyebarkan brosur agar orang-orang tau tentang usaha Anda.

Artikel rekomendasi :

13 cara sukses memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil

8. Membuka Jasa Menjahit

membuka jasa jahitPernah kursus menjahit? Atau Anda lulusan SMK tata busana?

Jika ya, usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda coba adalah buka jasa menjahit di rumah.

Coba Anda perhatikan didaerah tempat tinggal Anda. Jika belum ada yang buka jasa jahit, tentu ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda karena belum ada saingan. Jangan takut tidak laku sebelum Anda mencobanya.

Saya mengatakan seperti ini karena kakak sepupu saya sendiri adalah penjahit rumahan. Maksudnya, dia membuka jasa jahit dirumahnya. Yang bikin heran, tidak ada tulisan “terima jahitan” di depan rumahnya, tapi saya lihat pelanggannya cukup ramai.

Apalagi kalau sudah musim tahun ajaran baru. Biasanya dia harus lembur karena banyak pesanan jahitan baju anak sekolah. Yang membuat orderan kakak sepupu saya lumayan banyak adalah orderannya tepat waktu dan hasilnya yang sangat rapi.

Baca juga : 7 Peluang kerja dari rumah yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi

9. Usaha Cuci Motor

Contoh usaha kecil rumahan berikutnya adalah jasa cuci motor. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di pinggir jalan raya.

Cuci motor menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan jika kita menengok banyaknya pengendara motor di Indonesia. Tidak hanya di perkotaan, di desa pun rata-rata setiap rumah minimal ada 1-2 motor. Jadi usaha cuci motor sangatlah berpotensi.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa cuci motor berkisar antara Rp 7,5 – Rp 10 juta. Dengan modal tersebut Anda bisa membeli peralatan cuci motor seperti kompresor angin, tabung snow dan selang, mesin jet cleaner, mesin steam dan perlengkapan lain untuk menunjang bisnis cuci motor Anda.

Agar Anda tidak kerepotan dalam menjalankan usaha ini, sebaiknya Anda mencari pegawai untuk membantu Anda. Anda tidak perlu menggaji mereka, sistem bayarannya cukup dengan bagi hasil 25% – 30 % dari setiap motor yang berhasil mereka cuci.

Sistem ini secara otomatis akan membuat karyawan bersemangat mencuci motor. Semakin banyak motor yang dicuci, maka akan semakin banyak bayaran yang mereka dapatkan.

Untuk lebih jelasnya tentang bisnis cuci motor, silahkan baca artikel tentang 9 tips usaha cuci motor dan analisa modal yang dibutuhkan.

10. Jasa Potong Rambut

Usaha di bidang jasa selanjutnya ialah jasa potong rambut. Yang cocok untuk membuka usaha ini tentu saja Anda yang memiliki keahlian potong rambut. Kalau Anda tidak memiliki keahlian ini, jangan coba-coba.

Jangan takut sepi peminat karena terkadang orang-orang malas untuk potong di luar. Apalagi jika pelanggan Anda ternyata menyukai hasil potongan rambut Anda. Tentu mereka bakal menjadi pelanggan tetap Anda nantinya.

Berapa modal yang diperlukan. Saya kira modalnya tidak besar. Sekitar 2 juta rupiah untuk membeli peralatan cukur, cermin, kursi pelanggan dan beberapa keperluan lainnya.

Berbeda halnya jika Anda membuka usaha salon kecantikan yang mana tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga : 9 ide peluang usaha modal 2 jutaan terbukti menguntungkan

11. Jasa Pengetikan

Usaha rumahan modal kecil lainnya yang patut dicoba ialah jasa pengetikan naskah. Bisnis ini akan berjalan dengan baik jika Anda tinggal di dekat kampus. Karena memang orang-orang seperti merekalah yang membutuhkan jasa pengetikan.

Tidak banyak yang perlu Anda persiapkan. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah seperangkat komputer atau laptop, printer dan scanner. Tapi pastikan dulu bahwa Anda adalah seorang pengetik yang handal. Sehingga ketika Anda mendapat banyak orderan tidak keteteran.

Selain menjangkau kalangan mahasiswa di dekat kampus, Anda bisa menawarkan jasa Anda secara online. Sehingga Anda bisa mendapat tambahan order dari pengguna internet.

12. Jasa Penitipan Anak

jasa penitipan anakSaat ini jasa penitipan anak sedang banyak diminati. Mereka yang membutuhkan jasa penitipan anak adalah orang tua yang sama-sama bekerja. Dan kebetulan saat ini banyak pasangan suami istri yang bekerja.

Jika komplek tempat tinggal Anda banyak pasutri yang sama-sama kerja. Maka, membuka usaha ini memiliki potensi yang besar. Di awal membuka usaha, sebenarnya tidak banyak yang perlu Anda persiapkan. Anda hanya perlu menawarkan jasa Anda pada tetangga yang mau menitipkan anak mereka.

Ditempat saya, pasaran jasa penitipan untuk 1 orang anak selama jam kerja diluar hari libur berkisar antara Rp 800 – Rp 1 juta. Bayangkan jika Anda ketitipan 4-5 orang anak. maka dalam sebulan Anda bisa mendapat Rp 5 juta.

Tapi untuk bisa membuka jasa penitipan anak yang cukup profesional. Tentu memerlukan modal yang cukup besar. Karena Anda membutuhkan taman bermain agar anak tidak mudah bosan. Yah, hampir mirip dengan taman-taman bermain di mall.

Selain itu, Anda juga harus mencari tenaga tambahan karena tidak mungkin Anda mampu mengurus banyak anak sendirian.

13. Buka Bimbingan Belajar

Jika Anda adalah seorang guru yang sedang mencari usaha sampingan yang menjanjikan. Maka membuka bimbingan belajar atau les privat sangat cocok untuk Anda. Apalagi jika Anda masih menjadi guru honorer yang mana gaji yang Anda terima masih kecil.

Untuk memulai usaha ini sebenarnya cukup mudah. Kuncinya hanya pada promosi. Oleh sebab itu, promosikan jasa Anda pada kerabat, tetangga atau kenalan-kenalan Anda. Bila perlu buat brosur dan tempelkan di tempat-tempat keramaian. Sehingga orang akan lebih banyak tau tentang bisnis Anda.

Anda tahu sendiri bukan bahwa les privat di tempat les ternama seperti Primagama lumayan mahal. Sehingga di awal memulai usaha, sebaiknya pasang tarif yang cukup murah agar orang tertarik ikut les privat ditempat Anda.

Ketika mereka sadar bahwa bimbingan belajar Anda tidak kalah dengan tempat lain. Maka akan banyak orang yang ikut les privat ditempat Anda.

Usaha Rumahan di Bidang Kuliner

Jika Anda memiliki kepandaian memasak, bisnis rumahan yang cocok untuk Anda ialah usaha kuliner. Ada banyak contoh usaha rumahan modal kecil bidang kuliner yang bisa Anda jalankan di rumah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

14. Jual Makanan untuk Sarapan

Rekomendasi usaha kuliner yang pertama ialah jual makanan untuk sarapan.

Kenapa jualan makanan untuk sarapan?

Karena banyak orang yang tidak sempat menyiapkan sarapan. Terutama keluarga yang suami istri sama-sama kerja. Belum lagi mereka juga harus mengurus anak sekolah. Sehingga pada akhirnya mereka membeli sarapan diluar.

Makanan apa yang bisa di jual di pagi hari?

Beberapa diantaranya bubur ayam, soto ayam, lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk dan lain-lain. Umumnya memasak makanan-makanan tersebut tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi jika peralatan masak sudah Anda miliki. Sehingga Anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp 2 juta kebawah.

Agar jualan Anda laris, makanan Anda harus enak dan disukai para pelanggan. Jika Anda ingin mencari inspirasi resep masakan untuk sarapan, coba kunjungi cookpad.com. Disana Anda akan menemukan berbagai resep masakan yang bisa Anda coba.

15. Jualan Gorengan

Anda tentu tahu bahwa gorengan adalah makanan kesukaan orang Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua suka dengan makanan ini. Kecuali mereka yang memang menghindari makanan yang berkolesterol tinggi.

Oleh sebab itu, bisnis gorengan memiliki potensi yang menjanjikan. Anda bisa menjual gorengan seperti tempe, tahu, bakwan, pisang goreng dan lain-lain. Untuk lebih menarik pelanggan terutama anak-anak, Anda bisa menjual sosis dan nugget yang memang sangat disukai anak-anak.

Modal untuk memulai usaha kuliner rumahan ini tidak besar. Karena saya yakin peralatan seperti kompor dan wajan sudah Anda miliki dirumah. Sehingga modal Anda hanya untuk membeli bahan baku makanan.

Jika gorengan Anda renyah dan enak, pasti bakal banyak orang yang membeli di tempat Anda. Tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapat pesanan untuk acara hajatan, pengajian atau sunatan.

Artikel rekomendasi : 

Cara memulai bisnis gorengan yang beromzet jutaan

16. Jualan Aneka Jus dan Minuman Dingin

jualan minuman dinginSelain kuliner makanan, Anda juga bisa mencoba  jualan aneka macam jus dan minuman dingin kemasan. Lumayan untuk menambah uang dapur ketimbang duduk bengong dirumah.

Apalagi ide bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Karena peralatan yang harus Anda beli hanyalah blender dan lusinan gelas plastik yang harganya tidak terlalu mahal.

Anda bisa menarget anak-anak yang sangat suka dengan menuman dingin. Disamping itu, orang dewasa juga suka dengan jus buah dan minuman dingin mengingat cuaca di negara kita ini terkadang sangat panas jika sedang musimnya.

Jika Ingin lebih mencoba bisnis minuman yang modern, Anda bisa mencoba bisnis waralaba minuman seperti francise Teh Poci atau Monster Ice Blend.

Lebih lengkapnya simak 4 usaha waralaba minuman kekinian bermodal kecil paling laris

17. Jualan Makanan Ringan

Usaha rumahan modal kecil untuk pemula di bidang kuliner selanjutnya adalah menjajakan makanan ringan. Makanan ringan disini contohnya keripik pisang, keripik kentang, basreng, cireng, keripik tempe dan lain-lain.

Bagaimana potensi peluang usaha ini?

Sangat menjanjikan tentunya. Karena jenis makanan ringan memang sangat digemari oleh masyarakat. Baik kalangan menengah ke bawah maupun ke atas.

Untuk tahap awal, Anda tidak perlu membuka toko sendiri untuk menjual dagangan Anda. Karena ada ratusan toko dan minimarket yang bisa dijadikan tempat untuk menjual makanan ringan Anda.

Caranya semisal Anda membuat cemilan keripik pisang. Bungkuslah dengan kemasan mulai harga 1.000, 2.000 atau 5.000 rupiah. Kemudian datangilah toko kelontong atau minimarket didaerah Anda.

Bilang pada pemilik toko bahwa Anda ingin mengajak kerja sama dengan menitip makanan ringan ke toko mereka. Jika mereka berkenan, Anda tinggal menitipkan dagangan Anda.

Biasanya pemilik toko akan dengan senang hati menerimanya karena mereka juga tidak merasa rugi jika dagangan Anda tidak laku. Jika banyak yang minat, mereka juga akan mendapat komisi dari Anda.

Jika ingin sukses menjalankan usaha makanan ringan, sebaiknya buatlah kemasan yang menarik pada produk makanan ringan Anda. Misalnya dengan menggunakan plastik yang agak tebal dan berikan merk sendiri.

Coba Anda perhatikan keripik pisang yang dijual di supermarket, harganya sangat mahal dibandingkan keripik pisang di warung pinggir jalan.

Mengapa?

Ya hanya karena kemasannya menarik dan di pajang di supermarket. Jika Anda bisa memasukkan produk makanan ringan di supermarket, maka keuntungan yang akan Anda peroleh lebih besar tentunya.

Rekomendasi Artikel

17 jenis makanan ringan kekinian paling menguntungkan

18. Jualan Bakso dan Mie Ayam

jualan bakso dan mie ayamBakso adalah makanan favorit masyarakat Indonesia. Anda pasti akan menemui jenis makanan ini dimanapun Anda berada. Saingan dari bakso ialah mie ayam. Keduanya menjadi jajanan yang sangat digemari banyak orang.

Kabar baiknya, kedua makanan ini bisa dijual berbarengan. Sehingga jika Anda berniat menjual keduanya, maka Anda bisa menyasar konsumen yang suka dengan bakso maupun mie ayam.

Akan sangat baik jika lokasi tempat tinggal Anda dekat dengan keramaian. Misalnya di lingkungan sekolah, kampus, pasar atau pinggir jalan raya.

Akan tetapi, untuk memulai usaha ini Anda harus memiliki resep khusus untuk bakso atau mie ayam. sehingga cita rasa warung bakso berbeda dengan warung bakso yang lain. Salah satu contohnya warung bakso arema yang cukup digemari masyarakat.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha bakso dirumah tidak besar. Karena Anda tidak dibebani sewa tempat.

Hanya saja Anda perlu mengeluarkan modal besar untuk membeli gerobak bakso dan meja makan, selebihnya peralatan lain tidak terlalu mahal. Kecuali jika Anda ingin merenovasi tempat jualan agar terlihat menarik dan nyaman untuk pengunjung.

Kesuksesan dari usaha bakso terletak pada cita rasa bakso Anda sendiri. Jika konsumen menilai enak, maka mereka akan jadi langganan Anda. Sebaliknya, jika tidak enak tentu orang tidak akan datang lagi ke warung Anda.

19. Buka Warung Kopi Sederhana

Nongkrong dengan kawan-kawan tidak lengkap rasanya kalau tidak sambil ngopi. Oleh sebab itu, kurang rasanya jika tidak memasukkan usaha warkop sebagai usaha rumahan modal kecil di desa maupun di kota.

Mengapa demikian?

Karena memang kopi sangat digemari masyarakat Indonesia. Tidak hanya ditempat saya, ditempat Anda pun saya rasa sama. Apalagi jika warung kopi yang Anda buka terdapat wifi gratis. Tentu anak-anak muda akan berbondong-bondong mendatangi warkop Anda.

Tapi usaha ini kurang cocok bagi Anda yang tinggal di komplek perumahan. Karena para penghuni komplek yang rata-rata pegawai tentu lebih suka melepas penat dirumah dibandingkan nongkrong di warung kopi.

Setidaknya lokasi usaha Anda harus dekat jalan raya agar orang mudah melihat warung kopi Anda. Anda juga bisa sekalian menyelenggarakan nonton bareng pertandingan sepak bola agar semakin banyak pelanggan yang datang ke warung kopi Anda.

Rekomendasi artikel : 

7 Rahasia sukses buka warung kopi sederhana

20. Jualan Kue Kering rumahan

Wirausaha modal kecil dibidang kuliner lainnya ialah berjualan kue kering rumahan. Kue kering sangat diminati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga potensi bisnis ini sangat menjanjikan.

Apalagi jika mendekati hari besar seperti lebaran, natal dan tahun baru atau pas musim nikah. Pasti banyak orang yang akan mencari kue kering sebagai sajian makanan dirumah.

Dalam mempromosikan bisnis rumahan ini, Anda bisa menitipkannya ke toko-toko daerah tempat tinggal Anda. Tawarkan juga pada kerabat, tetangga serta kenalan Anda.

Untuk mendapatkan omset yang lebih besar, promosikan usaha kue kering Anda via media sosial seperti Facebook dan Instagram. Upload foto yang bagus agar orang tertarik membeli. Kalau perlu minta tolong orang yang pandai memotret. karena kunci berjualan di media sosial adalah foto yang menarik.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini, simak Tips sukses buka usaha kue rumahan dengan modal kecil

Usaha Rumahan di Bidang Online

Sekarang kita membahas usaha rumahan modal kecil dibidang online. Peluang bisnis online ini sangat banyak sekali. Dan bisa dibilang bisnis online memiliki pasar yang sangat luas. Beberapa peluang kerja online yang cukup populer diantaranya :

21. Menjadi Blogger

menjadi bloggerDulu blog hanya berfungsi sebagai catatan untuk penulisnya. Tapi seiring dengan kemajuan internet, blog menjadi sarana favorit untuk menghasilkan uang. Bukan hanya penghasilan recehan loh. Tapi blog bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta per pulan bagi pemiliknya.

Kok bisa?

Bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog?

Sangat banyak… banyak sekali caranya..

Beberapa diantaranya :

  • Pasang iklan PPC (Pay Per Click)
  • Pasang iklan mandiri
  • Mengikuti program affiliate
  • Menawarkan produk atau jasa sendiri
  • Menjual produk orang lain
  • dan lain-lain

Dari sekian banyak cara cari duit lewat blog, pasang iklan PPC masih sangat diminati oleh blogger Indonesia. Penyedia iklan paling populer tentu saja Google Adsense. Dimana Anda sebagai publisher Google Adsense, Anda tinggal pasang iklan. Jika ada yang klik iklan tersebut maka Anda akan mendapatkan bayaran.

Rekomendasi Artikel :

Cara mudah menghasilkan uang dari blog untuk pemula

22. Menjadi Penulis Lepas

Anda hobi menulis namun tidak mau di sibukkan dengan optimasi blog yang cukup ribet?

Tenang saja, masih ada cara untuk mendapatkan uang dari tulisan Anda. Salah satunya menjadi penulis lepas atau bahasa kerennya freelance writer.

Ada banyak pihak yang mau membayar tulisan Anda. Salah satunya para blogger. Semakin besar suatu blog, kebutuhan artikel juga semakin banyak. Sehingga mereka terkadang memilih untuk membeli artikel.

Akan tetapi, situs besar penyedia artikel seperti Sribulacer biasanya harganya cukup mahal. Sehingga para blogger lebih memilih membeli jasa penulisan artikel yang bisa memberikan harga murah.

Ini bisa menjadi peluang untuk Anda. Usaha ini cocok dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa yang mencari uang tambahan untuk jajan. Harga artikel bahasa Indonesia berkisar antara Rp 7.000 – Rp 25.000. Tergantung dari jumlah kata yang dipesan.

Bayangkan jika Anda mendapat pesanan 100 artikel per bulan dengan harga 25 ribu. Dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan sebanyak Rp 2,5 juta.

Selain menerima jasa penulisan artikel, Anda juga bisa menulis di situs-situs besar seperti babe.news, uc news, vebma, dan lain-lain. Mereka adalah beberapa situs yang mau membayar mahal tulisan Anda.

23. Menjadi Affiliate Marketing

Saat ini mengikuti program affiliate marketing mulai diminati pebisnis online di Indonesia. Kemudahan menjalankan bisnis ini menjadi hal yang membuat banyak orang tertarik.

Cara kerjanya cukup simpel. Anda hanya perlu menawarkan produk orang lain pada konsumen. Dan ketika ada yang membeli produk tersebut, maka Anda akan mendapat sejumlah komisi yang sudah ditentukan oleh pemilik produk.

Biasanya pemilik produk akan memberikan link berupa url atau banner yang bisa Anda tempelkan di blog Anda. Agar Anda bisa mendapatkan banyak pembeli, maka Anda perlu membuat artikel review tentang produk yang akan Anda pasarkan.

Selain lewat blog, Anda juga bisa menyebarkan link di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Potensi mendapatkan banyak pembeli tentu lebih besar karena jutaan orang menggunakan ketiga media sosial tersebut.

Beberapa perusahaan yang menyediakan program Affiliate Marketing diantaranya Lazada.co.id untuk produk fisik dan Ratakan.com untuk produk digital. Anda tinggal mendaftar, kemudian ambil link dan mulai menyebarkannya.

Ketika Anda berhasil menjaring banyak konsumen, maka Anda kan mendapat banyak komisi dari penyedia Affiliate Marketing tersebut.

Khusus Ratakan.com, situs ini sangat menghargai para affiliate marketingnya. Karena komisinya sangat gedhe. Bisa sampai 75% dari harga produk. Saya sendiri juga aktif sebagai member dari situs ini.

24. Menjadi Dropshiper / Reseller

menjadi dropshipUsaha rumahan modal kecil menguntungkan selanjutnya ialah menjadi dropsipher atau reseller. Peluang usaha online yang satu ini sangat booming dan banyak dijalankan oleh banyak orang mulai dari karyawan, anak sekolah, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga.

Mengapa demikian?

Karena Anda tidak perlu repot-repot membuat produk tapi tetap bisa berjualan secara online.

Enak bukan, tidak punya produk tapi bisa berjualan. Anda juga tidak perlu dipusingkan dengan pengiriman barang karena pihak supplier yang akan mengurusnya. Tugas Anda hanyalah menjual produk lewat media sosial, marketplace atau buka toko online sendiri.

Berapa keuntungan yang didapat?

Tidak terhingga… Semakin banyak produk yang Anda jual, maka keuntungan yang didapat semakin besar. Itu adalah prinsip dagang yang paling dasar.

Produk apa yang laku di pasaran?

Hampir semua produk laku dijual secara online. Tapi jika Anda ingin mendapat banyak keuntungan, sebaiknya juallah produk yang banyak di minati masyarakat. Contohnya produk fashion, produk kecantikan, produk elektronik dan produk kesehatan.

Tips sukses menjalankan bisnis secara dropship terletak pada cara promosi produk yang baik. Karena Anda adalah salesnya dunia online. Jadi, ketika Anda bisa meyakinkan konsumen, maka Anda akan mendapatkan untung.

Baca juga : 13 Tips mudah jualan baju online khusus pemula

25. Menjadi Youtuber

Anda pasti tahu Youtube?

Youtube adalah situs web berbasis video terbesar didunia. Disana Anda bisa menonton, mengupload dan berbagi video secara gratis. Dan yang lebih menyenangkan, Anda bisa mendapatkan uang lewat video yang Anda upload.

Wow… keren kan.

Makanya jangan heran ketika Anda hendak buka Youtube entah untuk mencari video tutorial atau sekedar hiburan, akan banyak muncul channel Youtube yang berbeda-beda. Dan mereka itulah orang-orang yang sedang berlomba-lomba mengais rezeki dari Youtube.

Ada dua keuntungan mencari uang dari Youtube. Yang pertama, Anda berpeluang mendapatkan uang jutaan rupiah per bulan. Salah satu channel Youtube Indonesia yang sudah sangat sukses adalah Atta Halilintar. Penghasilannya per bulan bisa mencapai Rp 9 milyar.

Fantastis bukan..

Keuntungan yang kedua ialah menjadi orang terkenal. Youtube menjadi sarana instan bagi Anda yang ingin dikenal banyak orang. Tentu saja lewat keahlian Anda.

Semisal Anda adalah orang yang pandai melucu, boleh tuh Anda membuat video lucu-lucuan di Youtube. Siapa tahu banyak orang yang suka dan channel Anda makin dikenal banyak orang.

Ini adalah salah satu contoh video lucu yang menarik dan banyak penonton

Intinya semakin banyak orang suka dengan video Anda, kemungkinan mendapatkan banyak uang semakin besar.

Rekomendasi artikel : 

Begini cara jadi Youtuber sukses dan terkenal

26. Jasa Desain Grafis

Bagi Anda yang suka menggambar, peluang usaha rumahan di bidang online selanjutnya adalah jasa desain grafis. Anda tidak perlu khawatir jika belum mahir menggambar lewat komputer. Ada banyak video tutorial di Youtube yang bisa Anda jadikan sebagai media untuk belajar.

Setelah Anda mulai mahir, Anda bisa menjual karya Anda lewat situs-situs desain grafis seperti Sribu.com untuk versi lokal atau 99designs.com untuk versi luar negeri.

Suami dari saudara sepupu saya juga seorang desian grafis. Dia memanfaatkan situs 99designs untuk mendulang pundi-pundi dollar. Dari pekerjaan sampingannya tersebut, sudah bisa untuk membeli mobil.

Lumayan, kan.

Saya sendiri juga sempat diajari olehnya, namun karena minat saya tentang gambar kurang. Jadi saya tidak teruskan.

Di 99designs, Anda bisa mengikuti kompetisi desain grafis yang diadakan situs tersebut. Anda tidak perlu takut, karena yang ikut kompetisi rata-rata juga masih pemula. Jika memang gambar Anda bagus dan disukai klien, maka Anda bisa menang dan mendapatkan sejumlah uang dalam bentuk dollar.

Kesimpulan :

Memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar. Beberapa usaha rumahan modal kecil diatas contohnya. Dimana Anda bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Yang terpenting, Anda tekun dan mau bekerja keras, usaha kecil bisa menjadi bisnis yang besar nantinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *