32 Peluang Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan Untung Besar

usaha modal kecil yang menjanjikanSeiring dengan perkembangan jaman, banyak orang mulai memilih membuka usaha sendiri dibandingkan bekerja sebagai karyawan atau pegawai. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya peluang usaha baru yang bermunculan. Bukan hanya usaha berskala besar, saat ini ada banyak jenis usaha modal kecil yang bisa dijalankan.

Memulai usaha dengan modal kecil bukan berarti keuntungan yang didapat juga kecil. Buktinya banyak kisah pengusaha sukses Indonesia yang telah mendapat omset ratusan juta per bulan. Dan yang perlu Anda tahu, mereka benar-benar merintis usaha dari nol dengan modal yang terbilang kecil.

Apalagi dengan kemajuan internet yang makin pesat, peluang bisnis menjadi semakin beragam. Bahkan internet bisa memberikan Anda peluang bisnis tak terbatas. Sudah banyak orang yang berhasil mengubah hidupnya berawal dari internet. Seperti contohnya Eka Lesmana, seorang blogger sukses yang memiliki penghasilan diatas 100 juta per bulan. Padahal dia hanya lulusan SMP dan sempat bekerja sebagai tukang angon bebek.

Tak selamanya bisnis dengan modal besar bisa mendapat keuntungan yang besar pula. Buktinya banyak diantara mereka yang mengalami kegagalan dalam membangun usaha. Pada akhirnya mereka terpaksa gulung tikar dan mengalami kebangkrutan.

Bagaimana dengan peluang usaha modal kecil?

Meskipun hanya berskala kecil, menjalankan sebuah bisnis tetaplah harus tekun dan memiliki perencanaan usaha yang matang. Selain itu, Anda juga harus jeli melihat peluang usaha yang ada. Karena jika Anda tidak bisa memenuhi permintaan pasar, para konsumen lambat laun akan meninggalkan Anda.

Namun hal menarik dari memulai bisnis dengan modal kecil ialah resiko kerugian yang didapat juga kecil. Anggap saja ini sebagai ajang pembelajaran untuk menjadi pengusaha sukses di kemudian hari. Seperti kata pepatah bahwa, “Hal yang besar dapat dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu”.

Yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda sudah terjun di bidang usaha tertentu. Anda akan menghadapi berbagai macam kesulitan dan hambatan. Jika Anda tidak bisa mengatasinya, maka bisnis Anda akan mengalami kegagalan.

Tapi akan lebih baik lagi jika usaha pertama yang Anda jalankan, bisa sukses dan memberikan omset besar untuk Anda. Semua itu bisa terwujud jika Anda mengerti bagaimana cara membangun bisnis yang benar.

Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak berbagai peluang bisnis modal kecil dibawah ini. Saya kira siapapun bisa menjalankan bisnis tersebut. Tentunya disesuaikan dengan minat dan keahlian yang Anda punya. Beberapa diantaranya bahkan bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan untuk karyawan, buruh, pegawai negeri, mahasiswa dan juga ibu rumah tangga.

Berikut ini 32 jenis usaha modal kecil untung besar yang paling menjanjikan saat ini.

A. Peluang Usaha Rumahan

Disebut peluang usaha rumahan karena Anda dapat menjalankan bisnis ini di rumah atau dengan menyewa ruko. Namun karena kita sedang membicarakan tentang usaha kecil kecilan, mungkin Anda tidak perlu menyewa ruko terlebih dahulu. Jalankan saja bisnis Anda di rumah.

Berikut ini contoh usaha modal kecil yang bisa Anda coba dari rumah:

1. Bisnis Jualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet

ilustrasi jualan pulsa dengan modal kecilKita tahu sendiri saat ini hampir semua orang dewasa dan sebagian anak-anak memiliki handphone. Hal ini membuat kebutuhan akan pulsa semakin besar. Jadi, tidak ada salahnya anda mencoba jualan pulsa. Meskipun sudah banyak orang yang jualan pulsa, Anda tidak perlu takut mencoba bisnis ini karena pangsa pasar masih sangat besar.

Dengan berbekal modal Rp 100 ribu, Anda sudah bisa menjalankan bisnis jual pulsa. Yang menyenangkan dari jualan pulsa adalah Anda bisa menjalankannya dimana saja. Sehingga ini bisa menjadi bisnis sampingan untuk karyawan maupun anak kuliahan yang ingin cari uang tambahan.

Alasan bisnis jual pulsa sangat menguntungkan adalah resiko kerugiannya sangat rendah, kalaupun tidak laku bisa Anda pakai sendiri. Menjalankannya juga cukup mudah serta tidak terikat tempat dan waktu. Hanya saja Anda mesti memiliki strategi pemasaran yang efektif agar perputaran modal Anda berjalan dengan lancar.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk jualan pulsa ialah memilih dan mendaftar ke agen penjual pulsa. Dalam memilih agen pulsa terpercaya, jangan hanya mengejar murahnya saja. Tapi pilihlah yang bisa memberikan pelayanan baik seperti proses transaksi yang cepat dan jarang terjadi troble.

Setelah Anda mengisi saldo, Anda bisa memulai berjualan kepada kerabat dan kenalan-kenalan Anda. Upayakan jangan ada yang ngebon atau ngutang karena Anda masih dalam proses membangun bisnis pulsa. Berikan pelayanan yang ramah dan cepat sehingga para pelanggan senang membeli pulsa pada Anda.

Jika Anda bisa melayani kebutuhan 100 orang saja, maka kemungkinan untuk mendapatkan untung lumayan besar.

Baca lebih lanjut tentang cara jualan pulsa

Jika Anda merasa cukup modal, cobalah membuka konter pulsa untuk mendapat market yang lebih luas. Modal yang perlu Anda sekitar Rp 10 Rp – Rp 15 juta. Sebagian modal digunakan untuk sewa tempat dan renovasi konter pulsa.

Penghasilan yang didapat tentu saja bisa berkali-kali lipat dibandingkan jualan pulsa tanpa tempat. Anda bisa mempekerjakan karyawan jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menjaga konter.

Baca lebih lanjut tentang usaha konter pulsa

2. Buka Toko Sembako

Jika Anda mencari usaha yang tidak pernah sepi pembeli, Anda bisa menjajal bisnis sembako. Usaha kecil yang satu ini bisa dibuka di rumah. Target konsumen Anda jelas, para tetangga di seputaran komplek perumahan.

Modal untuk membuka toko sembako di rumah sekitar Rp 5 juta. Anda tidak perlu berpikir untuk membangun toko terlebih dahulu. Maksimalkan saja dulu bagian rumah Anda seperti ruangan depan atau garasi.

Jika prospeknya cerah, barulah Anda rencanakan untuk membangun ruko di halaman rumah. Modal bisa Anda fokuskan untuk membeli barang-barang yang akan dijual seperti beras, gula, garam, peralatan mandi dan mencuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar toko sembako Anda cepat berkembang diantaranya :

  • Memilih agen/grosir sembako yang tepat
  • Tidak mencampur keuangan pribadi dengan keuangan usaha
  • Lakukan promosi dengan tepat
  • Berikan layanan yang maksimal
  • Bersikap ramah dan komunikatif pada pelanggan

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak 13 tips membuka usaha sembako dari nol

3. Bisnis Pakaian Murah

Usaha rumahan modal kecil berikutnya adalah bisnis pakaian murah. Bisnis ini sangat menguntungkan apalagi jika Anda menjualnya di momen yang tepat, contohnya menjelang lebaran.

Jika modal yang Anda miliki mepet, mungkin untuk sementara Anda tidak perlu menyewa ruko yang mana membutuhkan pengeluaran yang cukup besar. Fokus saja kulakan baju yang akan Anda jual.

Namun sebelum membeli, sebaiknya tentukan target konsumen Anda, misalnya Anda mentarget ibu-ibu, berarti Anda bisa jualan gamis, baju tidur, jilbab dan lain-lain. Anda juga bisa menambah jenis baju yang akan dijual seperti pakaian anak-anak. Karena ibu-ibu suka membelikan baju untuk anak-anak mereka.

Selanjutnya pilihlah supplier sebagai tempat kulakan Anda. Usahakan pilih agen baju yang menjual secara grosir sehingga jika Anda mengambil dalam jumlah banyak. Selain itu Anda akan mendapatkan harga lebih murah.

Jika tidak memungkinkan kulakan baju di daerah Anda, cobalah membelinya secara online. Ada banyak grosiran baju yang ditawarkan secara online.

Beberapa situs grosir baju terpercaya yang bisa Anda kunjungi diantaranya :

Setelah mendapat pasokan baju, Anda bisa mulai berjualan. Tawarkan jualan Anda kepada keluarga, teman-teman dan tetangga. Jika memungkinkan, juallah baju secara door to door. Dengan begitu akan banyak yang tahu bahwa sekarang jualan pakaian.

Baca lebih lanjut tentang cara memulai bisnis baju modal 1 jutaan

4. Buka Depot Air Minum Isi Ulang

usaha depot air minum isi ulangJika Anda memiliki modal sekitar 30 jutaan, usaha modal kecil yang bisa bangun ialah membuka depot air minum isi ulang. Bisnis rumahan yang satu ini memiliki prospek yang bagus terutama jika didaerah Anda sulit untuk mendapatkan air minum yang bersih.

Jika harus membeli air galon yang bermerek, harganya jauh lebih mahal. Jadi banyak masyarakat yang cenderung membeli di depot air minum yang menawarkan harga yang terjangkau.

Tidak perlu Anda berpikir untuk membuka depot air minum di tepi jalan, selain biaya sewanya besar, persaingan dagang juga cukup ketat karena banyaknya kompetitor sejenis.

Solusinya, Anda bisa membuka depot air minum isi ulang dirumah. Apalagi jika rumah Anda didaerah komplek perumahan yang padat penduduk. Bayangkan saja, jika Anda dapat melayani kebutuhan air minum penghuni 5-7 komplek saja. Pasti keuntungan yang didapat sangatlah besar.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis depot air minum berjalan sukses diantaranya :

  • Kualitas air minum terjamin
  • Memberikan harga yang terjangkau
  • Menyediakan jasa antar galon
  • Pelayanan yang ramah dan ketepatan waktu saat mengantar.

Untuk lebih jelasnya tentang bisnis ini, silahkan baca 13 tips sukses buka depot air minum isi ulang.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi. Bisnis menguntungkan yang dapat Anda coba ialah membuat kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan sampai saat ini masih menjanjikan karena sifatnya yang unik, menarik dan kreatif.

Disamping itu, membuat kerajinan tangan tidak membutuhkan modal yang besar sebab Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas dalam pembuatannya. Beberapa barang bekas yang sering digunakan diantaranya botol plastik, kardus, stick eskrim dan lain-lain. Ada juga yang memanfaatkan bahan dari alam seperti bambu atau batok kelapa.

Buatlah kerajinan tangan yang paling Anda kuasai. Misalnya Anda pintar membuat aksesoris untuk wanita. Maka tidak ada salahnya Anda memproduksinya dalam jumlah banyak. Seperti contohnya bando, syal, kalung, bros dan lain-lain. Atau buatlah lampu hias dari kardus, bingkai foto dari bambu dan vas bunga dari botol plastik.

Selanjutnya Anda tinggal memasarkan hasil kerajinan tangan yang Anda buat. Bagi Anda yang tinggal di daerah yang terdapat tempat wisata. Tentu Anda akan mudah menjualnya kepada para turis yang datang berkunjung ditempat Anda. Anda juga dapat menitipkan produk Anda kepada penjual kerajinan tangan setempat. Biasanya Anda harus memberikan komisi sesuai kesepakatan untuk barang-barang yang berhasil mereka jual.

Pemasaran lainnya bisa Anda lakukan secara online. Posting foto kerajinan tangan yang Anda buat ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Biasanya para pengunjung media sosial sangat tertarik dengan barang-barang yang sifatnya unik. Sehingga kemungkinan mendapat pembeli sangatlah besar.

Simak juga : 14 peluang usaha modal 2 juta

6. Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Apakah benar bisnis jual beli motor bekas hanya membutuhkan modal kecil?

Ya kalau Anda membayangkan jual beli motor yang di pinggir jalan dimana ada ratusan motor yang di pajang tentu saja modal yang dibutuhkan besar. Namun, kalau Anda jual beli 2-3 motor, maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Lagipula bisnis ini tidak butuh sewa tempat, Anda bisa melakukannya cukup dirumah saja. Bahkan jika Anda memiliki strategi marketing yang tepat, Anda bisa memulainya tanpa modal sedikitpun.

Bagaimana caranya?

Saya sendiri sudah melakukan bisnis ini sejak 2012 lalu. Pertama kali saya berhasil menjual motor adalah saat ada seorang teman meminta tolong untuk menjualkan motor Satria FU miliknya. Dia meminta bersih Rp 13 juta, kebetulan ada kawan saya lainnya yang mencari motor Satria FU bekas. Saya menawarkan kepadanya Rp 15 juta, setelah terjadi tawar menawar, akhirnya motor tersebut laku Rp 14 juta.

Sejak saat itu saya tertarik untuk menjalankan bisnis jual beli motor. Karena tanpa modal saja saya bisa untung Rp 1 juta. Kebetulan juga sejak saat itu banyak teman-teman yang mulai meminta saya untuk menjual atau mencarikan motor bekas untuk mereka.

Memang butuh waktu untuk bisa mendapatkan motor bagus dengan harga murah. Salah satu cara mudah mendapatkan motor dengan mencarinya di grup jual beli Facebook khusus wilayah tempat tinggal saya.

Setelah 2 tahunan, saya memiliki modal Rp 10 juta. Uang tersebut saya siapkan jika sewaktu-waktu ada motor murah yang akan dijual di grup Facebook. Setelah saya beli sendiri, kemudian saya jual lagi dengan harga yang lebih mahal.

Bisnis jual beli motor bekas ini sampai sekarang masih saya jalankan. Itung-itung sebagai bisnis sampingan untuk menambah penghasilan. Saya pernah bertanya pada kenalan saya yang memiliki sorum jual beli motor bekas. Dan ternyata awal memulai bisnisnya tersebut sama seperti yang saya lakukan.

Simak juga : 10 cara melihat peluang usaha baru di sekitar kita

B. Peluang Usaha Kuliner

Sebenarnya peluang usaha kuliner juga masuk kategori bisnis rumahan karena bisa dijalankan dirumah. Namun saya mengelompokkannya kedalam jenis usaha kuliner agar lebih mudah.

Beberapa peluang usaha kuliner yang bisa Anda coba dengan modal kecil diantaranya adalah sebagai berikut :

7. Menjual Makanan untuk Sarapan

usaha makanan modal kecilBisnis yang satu ini cocok dijadikan peluang usaha untuk ibu rumah tangga. Apalagi jika rumah Anda terletak didaerah komplek perumahan yang rata-rata penghuninya karyawan atau anak-anak kost.

Anda bisa menyediakan makanan untuk sarapan pada mereka. Karena biasanya para karyawan atau anak-anak kost tidak sempat membuat sarapan sendiri. Sementara kalau berangkat kerja dalam keadaan perut kosong tentu tidak bisa konsentrasi.

Makanan apa yang bisa Anda jual?

Makanan yang umum dijual untuk sarapan diantaranya bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, nasi kuning, soto ayam, gorengan dan lain-lain. Usahakan Anda memiliki kemampuan untuk membuat makanan-makanan tersebut.

Modal untuk memulai bisnis makanan ini tidak terlalu besar. Karena saya yakin Anda pasti sudah memiliki peralatan memasak sendiri. Anda bisa memanfaatkan alat-alat tersebut ketimbang beli yang baru.

Berjualanlah di rumah Anda sendiri dengan memanfaatkan halaman atau garasi rumah Anda. Pasang banner agar para konsumen tahu makanan apa saja yang Anda jual. Untuk menarik minat pembeli, berikan harga yang terjangkau.

Kunci sukses dari jualan makanan ini terletak pada kualitas masakan Anda. Jika memang enak dan banyak yang suka, tentu mereka akan senang membeli sarapan ditempat Anda. Disamping itu, Anda juga harus bersikap ramah pada pelanggan.

8. Usaha Catering Rumahan

Peluang usaha makanan lainnya yang dapat Anda coba adalah bisnis catering. Jangan salah sangka, mereka yang sukses menjalankan usaha catering juga memulainya dengan modal kecil. Karena meskipun Anda memiliki modal besar, belum tentu Anda akan langsung mendapat banyak pelanggan.

Kunci kesuksesan terletak cara melakukan promosi yang tepat dan kepercayaan dari para pelanggan. Jika Anda memiliki kedua modal tersebut, tidak butuh waktu lama untuk mengembangkan bisnis catering.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu Anda lakukan diantaranya :

a. Mulailah dengan belajar memasak dengan cita rasa yang enak. Karena yang namanya bisnis kuliner memang harus bisa menyajikan makanan yang enak. Jika Anda tidak tahu resep makanan yang enak, silahkan lihat resepnya disini

b. Persiapan modal dan peralatan. Hal kedua yang perlu Anda lakukan ialah mempersiapkan modal dan peralatan untuk memasak. Di awal memulai usaha ini Anda tidak membutuhkan modal besar maupun peralatan yang lengkap. Karena tidak mungkin juga Anda akan langsung melayani jasa catering untuk hajatan pernikahan.

c. Carilah pelanggan pertama. Mulailah dengan mencari pelanggan pertama Anda. Anda bisa menawarkan jasa catering kepada keluarga, tetangga atau kenalan-kenalan Anda. Jika mereka puas dengan pelayanan catering dari Anda, tentu mereka tidak segan untuk mempromosikan ke kenalan mereka.

d. Sediakan jasa catering dalam skala kecil. Seperti yang saya bilang, Anda tidak mungkin langsung melayani catering dalam skala besar. Cobalah dalam skala kecil terlebih dahulu seperti menyediakan catering box untuk acara ulang tahun anak, arisan, sunat dan lain-lain.

e. Lakukan promosi. Agar bisnis catering Anda cepat berkembang, lakukan promosi secara tepat. Anda bisa membuat brosur dan menempelkannya ditempat-tempat yang strategis. Tidak ada salahnya juga promosi di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Lebih lanjut bisa silahkan baca cara memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil

9. Usaha Warung Kopi Sederhana

Kopi merupakan minuman favorit orang Indonesia. Tidak hanya para orang tua, anak-anak muda pun suka nongkrong di warung kopi. Sehingga memutuskan membuka usaha warung kopi menjadi pilihan bisnis kecil-kecilan yang tepat.

Modal untuk membuka usaha warung kopi sederhana berkisar antara Rp 10 juta – Rp 15 jutaan. Agar warung kopi Anda di banjiri pengunjung, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi yang tepat.

Beberapa lokasi yang cocok untuk membuka warung kopi diantaranya :

  • Dekat perkantoran
  • Pasar tradisional
  • Pinggir jalan yang ramai
  • Dekat kampus atau sekolahan
  • Daerah wisata
  • Tempat keramaian

Beruntung jika lokasi rumah Anda seperti yang saya sebutkan diatas. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lagi. Selanjutnya Anda perlu mencari pemasok bahan kopi. Jangan tergiur jika ada yang menawarkan harga murah, karena Anda harus bisa menciptakan cita rasa kopi yang nikmat dan disukai pelanggan.

Disamping itu, untuk menarik minat pelanggan, rencanakan konsep warung kopi yang menarik. Namun sesuaikan dengan modal yang Anda miliki agar jangan sampai kehabisan modal.

Lebih lanjut bisa Anda baca tentang rahasia sukses usaha warung kopi sederhana

10. Usaha Kue Rumahan

ilustrasi bisnis kue keringUntuk Anda yang hobi membuat aneka macam kue, tidak ada salahnya mencoba untuk berbisnis kue. Sayang jika kue buatan Anda yang enak hanya bisa dinikmati oleh Anda dan keluarga. Akan lebih bagus jika dikomersilkan agar bisa menjadi uang tambahan untuk membantu perekonomian keluarga.

Toh untuk memulai usaha rumahan yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Apalagi jika Anda sudah memiliki peralatan untuk membuat kue seperti oven, mixer, ayakan dan lain-lain. Selanjutnya Anda tinggal membuat kue dan menjualnya ke konsumen.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha kue Anda berjalan sukses diantaranya :

a. Menentukan jenis kue yang akan dijual. Hal pertama yang mesti Anda lakukan ialah menentukan jenis kue apa yang akan Anda pasarkan. Dalam pemilihan ini, sebaiknya cobalah membuat kue yang memang Anda kuasai. Baik itu kue kering maupun kue basah.

b. Menentukan target konsumen Anda. Setelah Anda menentukan jenis kuenya, Anda bisa menarget siapa saja yang bakal menjadi pembeli Anda nantinya. Misalnya untuk kue basah, Anda bisa menjualnya di pasar tradisional yang memang suka mencari jananan pasar seperti kue kering.

c. Waktu yang tepat untuk menjual kue. Selanjutnya ialah waktu penjualan kue Anda. Jika Anda membuat dan menjual kue kering, tentu akan cocok jika dijual jelang lebaran. Karena biasanya bisnis kue kering jelang lebaran memang meningkat drastis.

d. Metode penjualan kue kepada konsumen. Perhatikan juga metode yang akan Anda gunakan dalam menjual kue Anda. Anda bisa berjualan sendiri dengan menawarkannya ke kenalan-kenalan Anda atau bisa juga dengan sistem titip ke toko sembako didaerah Anda.

e. Mempromosikan usaha kue Anda. Maksimalkan promosi agar penjualan Anda bisa maksimal. Lakukan promosi secara offline maupun online. Contoh promosi online dengan menawarkan ke media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Lebih jelasnya tentang bisnis kue, sudah saya bahas secara lengkap di artikel lainnya tentang tips sukses buka usaha kue rumahan

11. Buka Angkringan

Usaha makanan modal kecil berikutnya adalah membuka angkringan. Angkringan sendiri adalah sejenis warung kecil di pinggir jalan yang menjual berbagai macam makanan seperti nasi bungkus, gorengan, ayam, sate dan juga minuman tradisional seperti teh, kopi dan wedang jahe.

Umumnya orang buka angkringan di pinggir jalan yang ramai. Baik itu di pedesaan maupun di perkotaan. Jika didaerah Anda masih jarang yang membuka angkringan, tidak ada salahnya Anda mencoba usaha yang menjanjikan ini.

Lagian Anda hanya butuh modal kecil kok. Modal yang paling besar untuk membuat gerobaknya saja. Selebihnya Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk berbelanja bahan baku makanan.

Usahakan pilih lokasi yang strategis untuk berjualan. Meskipun biaya sewa yang dikeluarkan sedikit lebih banyak. Tapi biasanya angkringan hanya dibuka di depan ruko yang sudah tutup, jadi biaya sewanya juga tidak mahal.

12. Buka Usaha Pecel Lele

usaha pecel lele modal kecilHampir sama dengan angkringan, usaha pecel lele biasanya dibuka sejak sore hari dan kebanyakannya di pinggir jalan. Menjalankan bisnis pecel lele sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Karena makanan yang dihidangkan seperti ikan lele hanya perlu digoreng. Tak heran jika kebanyakan penjual pecel lele adalah laki-laki.

Banyak orang yang telah sukses menjalankan usaha modal kecil yang satu ini. Bahkan banyak orang merantau untuk membuka usaha lele didaerah lain. Sehingga jangan heran jika didaerah mana pun di negara kita ini, warung tenda pecel lele selalu ada.

Banyak orang berani membuka usaha pecel lele karena hanya butuh modal kecil sementara keuntungan yang didapat berlipat. Alasan kenapa orang suka makan pecel lele karena rasanya enak dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Selain itu harganya terjangkau untuk masyarakat kalangan menengah kebawah.

Baca lebih lanjut tentang cara sukses memulai usaha pecel lele

13. Bisnis Gorengan

Hampir semua masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan berjenis gorengan seperti tempe goreng, bakwan, tahu isi, pisang goreng, risoles dan lain-lain. Dan kenyataannya bisnis gorengan merupakan usaha rumahan modal kecil tapi menguntungkan.

Bisnis yang satu ini bisa dijalankan siapa saja. Anda juga bisa membuka usaha di rumah Anda sendiri. Namun jika ingin mendapat konsumen lebih besar, Anda dapat berjualan gorengan di pinggir jalan.

Agar lebih laris, sebaiknya Anda harus menentukan konsep bisnis gorengan yang lebih modern. Tujuannya agar bisa menarik perhatian masyarakat. Para pembeli tentu suka jika ada jajanan seperti gorengan namun dikemas lebih menarik.

Salah satu contohnya pisang goreng. Yang mana Anda menciptakannya dalam berbagai rasa seperti coklat, keju, strawberi, dan lain-lain. Dengan konsep yang unik, setidaknya konsumen akan lebih tertarik membeli gorengan ditempat Anda.

Lebih lanjut dapat Anda baca cara memulai bisnis gorengan unik

14. Buka Usaha Bakso dan Mie Ayam

Bakso adalah makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan mie ayam. Kedua makanan ini memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Tak heran jika banyak bertebaran pedagang bakso dan mie ayam mulai dari penjual keliling, penjual di pasar, di pinggir jalan bahkan untuk kelas atas. Dan untungnya Anda bisa menjual kedua makanan ini sekaligus. Sehingga Anda dapat menarik minat pencinta kedua kuliner ini.

Namun dengan banyaknya kompetitor yang telah menjalankan usaha ini, tentunya Anda harus bisa tampil lain daripada yang lain. Kalau Anda hanya menjual bakso dan mie ayam seperti lainnya, untuk mendapatkan banyak pelanggan pastinya sulit.

Yang paling utama tentu saja Anda harus dapat menyajikan rasa masakan bakso yang menjadi ciri khas Anda sendiri. Saya ambil contoh bakso malang, mereka yang mengusung konsep bakso malang rasa baksonya lain dibandingkan bakso-bakso kebanyakan.

Atau Anda juga bisa menyajikan bakso dalam berbagai bentuk. Beberapa waktu lalu sedang booming bakso yang memiliki ukuran jumbo yang bisa dimakan 10 orang sekaligus. Anda bisa mencontoh konsep seperti itu.

Selain itu, harga juga menjadi pertimbangan masyarakat dalam membeli makanan seperti bakso dan mie ayam. Jika Anda dapat menawarkan harga murah dan rasa yang enak, pasti warung bakso Anda akan banyak pembelinya.

Simak juga : 26 peluang usaha di desa berkembang

15. Bisnis Makanan Ringan

peluang usaha makanan ringan modal kecilUsaha rumahan modal kecil lainnya yang sangat menjanjikan adalah bisnis makanan ringan. Hampir semua orang menyukai makanan ringan seperti keripik kentang, keripik pisang, keripik tempe, keripik ketela, basreng dan lain-lain. Kalau tidak percaya, Anda bisa melihat di supermarket dimana bertebaran jenis makanan ringan dalam berbagai merek.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya makanan ringan yang dijual warung-warung kecil dengan di minimarket rasanya tidak jauh beda. Yang membedakan adalah kemasan dan harganya.

Sebenarnya kunci sukses dari bisnis makanan ringan ini terletak pada strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Apalagi dijaman internet yang sudah maju ini. Seharusnya Anda akan lebih mudah dalam mempromosikan bisnis makanan ringan Anda.

Anda bisa mencontoh kisah pengusaha sukses bernama Reza Nurhilman , pemuda kelaharian Bandung, 29 September 1987 yang sukses menjalankan usaha keripik setan Maicih hingga mendapat omset puluhan juta rupiah per bulannya.

Dia memanfaatkan media sosial Twitter dan Faceook untuk memasarkannya. Dan hasilnya dalam beberapa bulan saja bisnis keripiknya sukses besar.

Simak juga : 17 usaha makanan ringan yang menjanjikan

16. Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman

Saat ini bisnis franchise murah atau waralaba sedang banyak diminati pengusaha milenial. Alasannya banyak bisnis waralaba baik jenis makanan dan minuman yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Disamping itu, Anda tidak benar-benar memulai bisnis dari nol. Jadi Anda akan diberi pelatihan dalam menjalankan bisnis waralaba yang Anda pilih.

Keuntungan menjalankan bisnis waralaba diantaranya :

  • Bisa dimulai dengan modal kecil
  • Manajemen bisnis sudah terbangun sehingga Anda tidak akan memulainya dari nol
  • Brand sudah dikenal masyarakat
  • Kerja sama bisnis telah terbangun
  • Manajemen financial lebih mudah
  • Mendapat keuntungan dan jaminan keamanan dari pemilik waralaba

Meskipun memiliki banyak keuntungan. Bukan berarti tidak ada kerugian dalam menjalankan bisnis waralaba, diantaranya :

  • Tidak memiliki kendali penuh atas bisnis waralaba
  • Terikat dengan pemasok tertentu dalam mendatangkan bahan baku
  • Adanya potongan keuntungan
  • Membayar biaya waralaba

Tapi memutuskan menjalankan bisnis franchise tetaplah menguntungkan. Apalagi untuk Anda yang baru memulai bisnis. Sehingga Anda bisa belajar manajemen bisnis dari waralaba. Yang terpenting, pilihlah waralaba atau franchise yang benar-benar memiliki reputasi bagus.

Beberapa waralaba makanan yang sudah terkenal dan terbukti sukses diantaranya :

  • Bakso Benhil
  • Kebab Baba Rafi
  • Martabak San Fransisko
  • Gorengan Faktor
  • Ayam goreng crispy
  • Kuch Kuch Ho Tahu
  • Dokar

Baca lebih lanjut tentang usaha waralaba makanan

Untuk waralaba minuman, ada beberapa franchise minuman yang banyak diminati dan sangat laris, diantaranya :

  • Nyoklat Kress
  • Capucino cincau
  • Semerbak coffe
  • Monster Ice Blend
  • Teh Poci

Baca lebih lanjut tentang usaha waralaba minuman

17. Jualan Sayur Keliling

Ada peluang usaha kecil yang sedang diminati banyak orang yaitu jualan sayuran keliling. Meskipun tidak bisa disebut sebagai peluang usaha baru, namun dalam beberapa tahun terakhir ini sangat banyak orang mulai menjalankan usaha ini.

Anda bisa melihat sendiri saat pagi hari dirumah Anda, mungkin 3-5 pedagang sayuran silih berganti berkeliling komplek untuk menawarkan dagangannya. Hal ini membuktikan bahwa bisnis ini sangatlah menjanjikan.

Modal untuk memulainya pun tidak terlalu besar. Anda hanya butuh motor yang digunakan untuk jualan sayuran Anda. Keuntungan yang didapat tentu saja selisih harga dari sayuran yang Anda beli di pasar dan Anda jual kembali ke pelanggan. Disamping itu, Anda harus bersikap ramah kepada pelanggan agar mereka senang belanja pada Anda.

C. Peluang Usaha Jasa

Usaha dibidang jasa juga memiliki pontensi yang sangat besar sekarang ini. Disamping itu, jenis usaha jasa hampir merata tidak membutuhkan modal besar. Hanya saja Anda harus memiliki keterampilan tertentu untuk dapat memulai usaha ini.

Berikut ini peluang usaha jasa yang bisa Anda coba sesuai dengan keahlian Anda

18. Jasa Jahit Rumahan

buka jasa jahit rumhanKalau Anda adalah seorang lulusan SMK jurusan tata busana, bisnis jasa yang cocok Anda jalankan ialah jasa jahit rumahan. Bisnis ini tentunya mudah karena Anda sudah memiliki kemampuan dasar dalam menjahit.

Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian menjahit namun memiliki minat untuk membuka usaha ini, Anda dapat mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu. Setelah Anda menguasai teknik menjahit yang benar, barulah Anda dapat memulai usaha ini.

Modal untuk memulai bisnis jahit rumahan tidaklah besar. Bahkan dari beberapa sumber yang saya dapat, Anda bisa mengeluarkan modal Rp 2 juta saja untuk membeli peralatan jahit seperti mesin jahit, mesin obras, jarum, benang, gunting, pendedel benang, pengukur badan, penggaris, pensil dan lain-lain. Untuk tempat, Anda bisa membukanya dirumah saja untuk menekan biaya sewa tempat.

Meskipun hanya dirumah, bukan berarti Anda tidak akan mendapat pelanggan. Jika memang hasil jahitan Anda bagus, lama kelamaan Anda juga akan mendapat pelanggan tetap. Namun jika Anda memiliki modal lebih, akan lebih baik jika Anda menyewa tepat di pinggir jalan atau dekat pasar. Dengan begitu Anda bisa menjaring lebih banyak pelanggan.

Baca lebih lanjut tentang tips sukses buka jasa jahit rumahan

19. Membuka Les Privat

Memiliki ilmu dan keahlian tertentu ternyata bisa menjadi inspirasi usaha modal kecil yang bisa Anda coba yakni dengan membuka les privat. Bisnis les privat sedang menjamur saat ini. Hal ini karena sekarang les privat bukan hanya sebatas bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah saja. Ada jenis les privat lain yang bisa dijalankan. Diantaranya les peralatan musik, les bahasa asing, les computer, les renang dan lain-lain.

Semuanya memiliki peminatnya sendiri-sendiri. Jadi Anda hanya perlu menawarkan keahlian yang Anda miliki. Contohnya saja Anda ahli dalam bidang bahasa asing, maka Anda bisa membuka les privat bahasa asing untuk anak-anak sekolah dan mahasiswa yang ingin belajar bahasa asing. Begitu juga jika Anda pintar memainkan alat musik seperti gitar, Anda bisa tuh coba buka jasa les gitar.

Yang lebih menarik, menjalankan bisnis les privat juga bisa dilakukan secara online. Ada banyak situs yang akan membantu Anda menemukan klien yang akan mengikuti les privat yang akan Anda adakan. Seperti contohnya ruangguru.com. Anda bisa mendaftar menjadi guru di situs tersebut. Kemudian ruangguru yang akan mencarikan klien untuk Anda.

20. Membuka Jasa Laundry Kiloan

Saat ini jenis usaha modal kecil untung besar yang sedang diminati para pengusaha UKM adalah jasa laundry kiloan. Bisnis ini tidak hanya bisa Anda temukan di pinggiran jalan, di sudut kota maupun dirumah pun ada.

Alasan usaha laundry banyak diminati disebabkan kesibukan orang-orang terutama mereka yang tinggal di perkotaaan sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci. Daripada pakaian terus menumpuk dan di akhir pekan harus disibukkan dengan mencuci, lebih baik mereka menitipkan cuciannya ke jasa laundry.

Toh mereka juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena tarif jasa laundry tidak akan menguras kantong.

Namun, untuk sukses menjalankan usaha laundry kiloan dengan modal kecil tidak boleh sembarangan. Butuh perencanaan bisnis yang matang agar Anda bisa kebanjiran pelanggan.

Beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membuka bisnis laundry diantaranya :

a. Menentukan target konsumen. Anda tidak bisa sembarangan memilih target konsumen. Karena tidak semua orang membutuhkan jasa laundry. Beberapa orang yang sering menggunakan jasa laundry diantaranya karyawan, anak kost, mahasiswa dan pasangan keluarga yang sibuk

b. Memilih lokasi yang tepat. Masih berkaitan dengan poin “a”. Sebisa mungkin letak usaha dekat dengan para konsumen. Disamping itu, Anda juga perlu memperhatikan kompetitor sejenis. Jika terlalu banyak. Lebih baik mencari tempat lainnya.

Baca lebih lanjut tentang tips memilih tempat usaha laundry yang strategis

c. Mengerti teknik mencuci yang baik. Yang konsumen tahu, tempat laundry adalah ahlinya dalam hal mencuci. Oleh sebab itu, Anda harus tahu teknik mencuci yang baik agar tidak ada pelanggan yang komplain.

d. Lakukan pemasaran yang menarik. Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda harus melakukan strategi pemasaran dan promosi yang menarik. Salah satunya dengan memberikan diskon kepada pelanggan

e. Memberikan layanan yang memuaskan. Karena bergerak dibidang jasa, pelayanan menjadi poin penting yang harus Anda perhatikan. Berikanlah pelayanan yang memuaskan baik dari hasil cucian dan cara melayani pelanggan.

Baca lebih lanjut tentang rahasia sukses memulai usaha laundry kiloan

21. Jasa Pangkas Rambut Pria

usaha modal kecil jasa pangkas rambutUsaha yang menjanjikan dibidang jasa berikutnya adalah membuka pangkas rambut pria. Jelas untuk memulai usaha ini Anda memerlukan modal keahlian dalam hal memotong rambut. Untuk modal lain saya kira tidak terlalu besar. Bahkan Anda bisa memulainya hanya bermodalkan cermin dan alat potong rambut saja.

Yang membuat usaha potong rambut pria sangat menjanjikan adalah hampir semua pria menggunakan jasa ini. Karena sangat jarang orang bisa memotong rambutnya sendiri.

Untuk dapat menjaring banyak pelanggan, tentunya Anda harus berani membukanya di pinggir jalan yang ramai. Memang Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk sewa tempat. Namun akan lebih mudah bagi Anda dalam menjaring pelanggan.

Yang paling berat dalam memulai usaha pangkas rambut memanglah modal awal untuk sewa tempat, membeli peralatan dan perlengkapan serta merenovasi ruangan. Namun setelah usaha Anda berjalan, Anda tidak akan terlalu banyak mengeluarkan biaya lagi karena murni memaksimalkan keahlian Anda dalam memotong rambut.

Simak juga : 8 cara memulai usaha pangkas rambut pria

22. Jasa Salon Kecantikan

Sama dengan jasa pangkas rambut, usaha salon kecantikan juga merupakan usaha yang menguntungkan saat ini. Bahkan banyak orang rela kursus kecantikan agar bisa memiliki keahlian dalam hal potong rambut, facial, creambath, rebonding, spa dan lain-lain.

Kursus ini nantinya bisa digunakan untuk membuka bisnis salon kecantikan. Meskipun modal yang diperlukan lebih banyak dibandingkan membuka pangkas rambut pria, keuntungan yang didapat pun lebih besar. Karena biasanya salon kecantikan tidak hanya melayani potong rambut saja.

Seperti contohnya rebonding yang biasa dihargai Rp 200 ribuan keatas. Belum lagi creambath, facial atau pedicure yang tentunya akan semakin menambah pendapatan selain potong rambut.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca cara memulai usaha salon kecantikan bermodal kecil

23. Jasa Ketik dan Printing

Jika Anda tinggal di lokasi yang dekat kampus, salah satu usaha yang bagus untuk dijalankan ialah menyediakan jasa ketik dan printing. Alasan kenapa bisnis ini cukup potensial adalah banyak orang membutuhkannya.

Banyak mahasiswa yang tidak memiliki waktu untuk mengetik tugas atau skripsi dari dosen. Disamping itu, tidak semua dari mereka memiliki perangkat computer maupun laptop. Maka solusinya ialah memakai jasa ketik diluar.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak membutuhkan modal banyak. Yang paling utama adalah komputer/laptop, printer, kertas, nota, plang nama dan biaya operasional tambahan.

Agar sukses dalam menjalankan usaha ini, yang terpenting Anda harus bisa memberikan kepuasan untuk pelanggan. Teliti dalam mengetik tulisan untuk mengurangi resiko salah ketik.

Disamping itu, jangan mengambil order yang diluar kemampuan Anda. Karena bagaimanapun juga Anda juga harus menyelesaikan pesanan tepat waktu. Kalau Anda tidak sanggup memenuhi itu, bisa jadi pelanggan akan kecewa dengan Anda. Solusinya Anda bisa mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda jika memang mendapat banyak order.

Jasa ketik dan printer ini juga sangat cocok dijalankan mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan. Anda bisa mengerjakan tulisan milik teman atau senior yang sedang membuat skripsi. Lumayan bukan untuk menambah uang jajan.

Simak juga : 17 bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil

24. Jasa Cuci Motor

Kita tahu sendiri bahwa hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan motor sebagai alat transportasi. Bahkan terkadang satu keluarga saja bisa memiliki sampai 3 motor.

Yang menjadi masalah adalah banyak orang yang suka memakai tapi malas merawatnya. Salah satunya dalam hal kebersihan sepeda motor. Sementara itu kondisi geografis negara kita ini sangat mudah membuat motor gampang kotor. Kalau musim hujan jalanan becek dan kadang berlumpur. Sedangkan saat kemarau, debu-debu banyak beterbangan.

Maka tidak heran jika usaha cuci motor sangatlah menjanjikan. Usaha ini bisa dijalankan dimana saja, baik itu di kota maupun di desa. Karena rata-rata penduduk desa pun sudah banyak yang memiliki motor.

Namun, akan lebih baik jika Anda membuka jasa cuci motor di jalanan yang ramai lalu lalang kendaraan. Meskipun jumlah pesaingnya banyak, kesempatan mendapat pelanggan tetap lebih besar. Apalagi jika pelanggan puas dengan kinerja pencucian motor milik Anda. Tentu mereka akan lebih senang datang ke tempat Anda.

Berapa modal yang diperlukan untuk membuka jasa cuci motor?

Tergantung usaha cuci motor seperti apa yang ingin Anda buka. Kalau pencucian motor lengkap dengan efek salju, maka Anda harus mengeluarkan modal setidaknya Rp 15 jutaan. Itu belum termasuk jika Anda masih harus sewa tempat usaha.

Baca lebih lanjut tentang usaha cuci motor dan analisa modalnya

4. Peluang Bisnis Online

Kita tinggalkan dulu pembahasan tentang bisnis offline diatas. Sekarang saya akan membahas tentang peluang bisnis online yang menjanjikan.

Kenapa harus bisnis online?

Karena kita tahu sendiri bahwa internet mengalami kemajuan sangat pesat dalam 15 tahun terakhir ini. Hal ini membuat para pebisnis dan pemilik brand-brand besar mulai mengalihkan pandangan mereka ke dunia online. Jadi sangat disayangkan jika sampai sekarang Anda belum pernah menghasilkan uang dari internet.

Sekarang bisnis online tidak hanya dijadikan sebagai bisnis sampingan saja. Banyak diantara mereka yang bisa sukses lewat bisnis online. Bahkan sudah banyak orang yang berhasil merubah hidup menjadi orang sukses dan kaya di usia muda dari bisnis di internet.

Yang menarik dari bisnis online adalah hampir merata bisa di mulai dengan modal kecil. Anda tidak perlu membayangkan angka 10 jutaan karena dengan modal Rp 500 ribu pun Anda sudah bisa memulainya. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, bahkan Anda bisa memulai bisnis online tanpa modal sekalipun.

Berikut ini peluang bisnis online yang bisa dimulai dengan modal kecil, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

25. Menjadi Blogger Profesional

ilustrasi membangun bloag yang menghasilkan uangUntuk Anda yang memiliki hobi menulis, salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan adalah menjadi blogger profesional. Ribuan orang sudah mencoba bisnis ini. Salah satunya Eka Lesmana yang saya sebutkan di pendahuluan artikel ini.

Untuk membuat blog Anda bisa menggunakan akun Gmail dan membuatnya di blogger.com. Disitus milik google ini Anda bisa membuat blog tanpa biaya sama sekali. Meskipun gratisan, Anda tetap bisa menghasilkan uang dari blog.

Akan tetapi blog hanya cocok dijadikan sebagai bisnis jangka panjang. Jadi, semisal Anda mengharapkan bisa mendapatkan uang secepatnya dari blog, lebih baik Anda mengurungkan niat Anda. Lebih baik Anda mencari bisnis online lainnya.

Karena untuk bisa menghasilkan uang, Anda benar-benar harus membangun blog dari nol. Anda harus rutin mengupdate artikel secara konsisten dalam beberapa bulan kedepan. Setelah Anda mendapat trafik atau pengunjung, barulah Anda bisa berpikir untuk mencari uang dari blog Anda.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Salah satu yang cukup populer adalah mengikuti program PPC (pay per click) Google Adsense. Program periklanan milik Google ini berani memberikan bayaran paling besar daripada jenis PPC lainnya.

Selain cara diatas, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menyediakan space iklan mandiri, afiliasi, menjual jasa, produk dan lain-lain. Yang lebih cepat untuk bisa menghasilkan uang tentu saja menjual produk sendiri. Apalagi jika produk Anda banyak dicari oleh konsumen.

Baca lebih lanjut tentang cara mendapatkan uang dari blog

26. Menjadi Content Writer/Penulis Lepas

Jika Anda merasa tidak sanggup membangun blog dan tidak sabar ingin segera menghasilkan uang dari tulisan Anda,maka Anda bisa menjadi penulis lepas. Kalau bisnis online yang satu ini bisa langsung dapat uang setelah Anda menyelesaikan pesanan orang.

Siapa yang akan memesan artikel pada Anda?

Tentu saja pelanggan Anda nantinya adalah para blogger. Semakin besar blog yang mereka kelola, maka akan lebih sering update artikel. Jika sudah tidak mampu untuk membuat konten artikel sendiri, solusi yang paling mudah ialah memakai jasa penulis lepas.

Satu artikel bahasa Indonesia bisa dihargai Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk 500 kata. Semakin panjang artikel tentu saja harganya semakin mahal. Dan biasanya para blogger tidak hanya memesan 1 artikel saja, mereka bisa membeli 10-30 artikel sekali order saja.

Akan lebih bagus jika Anda menguasai bahasa asing, terutama bahasa inggris. Karena artikel bahasa inggris biasanya dihargai 2 kali lipat dibandingkan artikel bahasa Indonesia

Untuk menawarkan jasa penulisan artikel, Anda bisa menawarkan di media sosial seperti Facebook. Carilah grup Facebook yang membahas tentang blog dan Anda akan menemukan market Anda disana.

Atau Anda bisa mencari lowongan kerja online menjadi penulis lepas di beberapa situs penyedia jasa freelance seperti Sribulancer atau Fastwork. Disana Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada klien. Jika Anda bisa membuat artikel yang berkualitas, maka akan banyak orang yang mau menggunakan jasa Anda.

Anda juga bisa menjadi penulis lepas di beberapa situs besar yang memberi peluang bagi para content writer yang ingin menampilkan karyanya di situs tersebut. Beberapa situs tersebut diantaranya UC News, Babe, JalanTikus, IDN Times, Baca, Nulis.co.id dan masih banyak yang lain.

Simak juga : 10 kerja sampingan online yang menjanjikan

27. Affiliate Marketing

Usaha modal kecil menguntungkan berikutnya di bidang online adalah affiliate marketing.

Apa itu affiliate marketing?

Yaitu sejenis bisnis online dengan mempromosikan produk orang lain. Ketika produk tersebut berhasil dijual, maka Anda akan mendapat komisi sesuai kesepakatan. Biasanya Anda akan diberikan link yang mengarah ke situs pemilik produk.

Kemudian Anda harus mempromosikan produk tersebut baik lewat blog pribadi, media sosial atau email marketing. Jika ada orang yang tertarik, maka Anda tinggal mengarahkan mereka ke link yang Anda dapatkan. Setelah transaksi penjualan sukses, maka Anda akan mendapat bayaran dari pihak afiliasi Anda.

Produk yang dijual lewat affiliate marketing berupa produk fisik dan produk digital. Beberapa situs yang menyediakan jasa afiliasi untuk produk fisik diantaranya Bukalapak, Lazada., Blibli dan Bhineka. Sementara untuk produk digital seperti E-book, Anda bisa mendaftar ke situs Idaff dan Ratakan.

Baca juga : 15 peluang bisnis online terbaru

28. Menjadi Dropship/Reseller

memulai bisnis dropship tanpa modalKalau affiliate marketing sistemnya adalah mempromosikan link kemudian Anda akan mendapatkan sejumlah komisi setelah transaksi berhasil. Menjadi dropship/reseller memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan sendiri untuk produk yang berhasil Anda jual.

Menjadi seorang dropshiper saat ini sedang banyak di gandrungi para pebisnis online yang tidak memiliki modal besar. Karena bisa dibilang dropship adalah bisnis online yang bisa dimulai tanpa modal sama sekali.

Kenapa bisa tanpa modal?

Karena dropship sendiri adalah sistem jualan online yang mana Anda tidak harus memiliki produk sendiri. Jadi Anda menjualkan produk milik orang lain (supplier). Ketika Anda dapat pembeli, maka Anda tinggal menghubungi supplier Anda untuk mengirimkan produk tersebut ke alamat konsumen atas nama Anda.

Keuntungan yang Anda dapat ialah selisih dari harga yang ditetapkan supplier dan harga yang Anda tawarkan ke konsumen. Misalnya Anda jualan baju online dengan harga dari supplier sebesar Rp 100.000. Kemudian Anda menjualnya dengan harga Rp 150.000. Dari situ Anda sudah mengantongi keuntungan Rp 50.000. Bayangkan jika dalam sehari Anda bisa menjual 10 baju, maka keuntungan Anda menjadi 10 kali lipat.

Hanya saja dalam prakteknya tidak semudah yang dibayangkan. Jika Anda memiliki strategi marketing yang tepat, maka peluang untuk menjaring banyak konsumen tentu lebih mudah. Karena Anda masih pemula, Anda bisa mulai berjualan dropship di media sosial seperti Facebook dan Instaragm. Anda juga bisa membuka toko online di sejumlah marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Baca lebih lanjut tentang cara memulai bisnis dropship dari marketplace

29. Menjadi Youtuber

Saat ini Youtube menjadi tempat untuk menghasilkan uang dari internet yang banyak diminati. Terutama para generasi milenial yang berani action di depan kamera. Mereka berlomba-lomba membuat konten video yang menarik agar bisa menghasilkan uang dari Youtube.

Sudah banyak youtuber (pembuat konten video Youtube) yang telah sukses meraup pundi-pundi rupiah setiap bulannya. Tidak hanya dalam angka jutaan, youtuber kelas atas seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis bahkan bisa meraih pendapatan milyaran rupiah per bulan.

Namun untuk saat ini Anda tidak perlu berpikir terlalu jauh kesana. Agar Anda bisa gajian tiap bulan, buatlah konten video yang menarik dan disukai para pemirsa youtube. Beberapa kategori yang digemari penonton diantaranya video lucu, video parodi, cover lagu, vlog pribadi, traveling, video memasak, video anak dan lain-lain.

Buatlah video yang sesuai dengan karakter dan kemampuan Anda. Misalnya Anda suka memasak, Anda bisa membuat video yang berkaitan dengan masakan. Jika Anda memiliki banyak viewer dan subscriber, maka tidak butuh waktu lama Anda akan segera menghasilkan uang dari Youtube

Baca juga : begini cara jadi youtuber yang sukses dan terkenal

30. Membuka Jasa Web Developer

Selanjutnya ada jasa web developer, bisnis online yang satu ini sangat cocok dijalankan bagi Anda yang memiliki keahlian IT atau pemrograman komputer. Usaha modal kecil ini sangatlah menjanjikan mengingat tidak banyak orang yang bisa membuat website.

Sementara sekarang orang-orang sudah banyak yang berpikir untuk memiliki website sendiri. Entah itu untuk keperluan bisnisnya atau untuk mencari uang lewat blog.

Nah, jika Anda memiliki dasar-dasar pembuatan website, Anda bisa tuh mencoba belajar membuat website sendiri. Jasa pembuatan website sendiri terbilang fantastis loh. Untuk 1 website bisa dihargai Rp 1.000.000 – Rp 6.000.000 loh. Anda bisa menawarkan jasa Anda ke situs penyedia jasa seperti projects.co.id.

31. Jasa Desain Grafis

Untuk Anda yang kuliah di jurusan desain grafis, peluang bisnis online yang sangat menjanjikan saat ini adalah menyediakan jasa desain grafis online. Bisnis ini sedang menjadi trend di kalangan pebisnis online. Bahkan mereka yang tidak memiliki keahlian desainer pun mau susah payah belajar agar bisa mendapatkan uang dengan menjadi desainer grafis.

Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mendaftar di situs lowongan kerja online yang mempekerjakan desainer grafis seperti projects.co.id, elance.com, sribu.com, 99designs.com dan upwork.com. Buatlah portofolio Anda sehingga klien bisa menilai kualitas desain grafis Anda.

Anda juga bisa mengikuti lomba desain grafis yang biasa diadakan oleh 99designs.com untuk situs luar negeri dan sribu.com untuk situs dalam negeri. Anda tinggal membuat desain logo sesuai dengan permintaan klien. Hadiah yang ditawarkan sangat besar mulai dari Rp 2 jutaan.

32. Menjadi Penerjemah Online

Jika Anda menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Prancis, bahasa Jepang atau bahasa Jerman, ada banyak peluang usaha modal kecil yang sangat menjanjikan. Salah satunya menjadi penerjemah online.

Saat ini jasa penerjemah banyak dicari karena beberapa orang sangat membutuhkannya. Anda bisa mendaftar di situs freelancer yang akan menfasilitasi Anda untuk bekerja sebagai penerjemah bahasa.

Agar klien yakin bahwa Anda mahir untuk menerjemahkan bahasa, Anda bisa membuat portofolio untuk meyakinkan mereka. Ambillah contoh artikel yang akan Anda tulis ulang menggunakan bahasa asing yang Anda miliki. Selanjutnya sandingkan artikel asli dengan hasil terjemahan Anda.

Bayaran untuk menerjemahkan bahasa asing bervariasi. Jika Anda bisa menerjemahkan 1 lembar artikel, setidaknya Anda akan mendapat bayaran Rp 150 ribu. Ada juga yang dibayar per jam dan per bulan. Namun untuk jasa penerjemah yang dibayar per bulan biasanya telah melakukan kerja sama terlebih dahulu.

Penutup

Modal memang menjadi salah satu faktor utama ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah usaha. Meskipun demikian, tidak selamanya sebuah bisnis harus mengeluarkan modal yang besar. Buktinya ada banyak usaha modal kecil tapi untung besar yang bisa Anda coba sekarang juga. Cobalah 32 usaha dengan modal kecil diatas yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *