4 Investasi yang Menguntungkan dengan Modal Kecil untuk Pemula

ilustrasi investasi yang menguntungkan untuk pemula via pixabayInvestasi yang Menguntungkan – Salah satu cara mencapai tujuan keuangan agar bisa berkembang ialah dengan berinvestasi. Karena hampir setiap orang pasti ingin memiliki masa depan yang cerah. Punya rumah sendiri, kendaraan yang layak, bisa menyekolahkan anak setinggi-tingginya dan menikmati masa tua yang tidak perlu berurusan dengan masalah finansial.

Akan tetapi, kenyataannya masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya berinvestasi. Banyak yang beranggapan bahwa investasi hanya diperuntukkan bagi mereka yang berduit atau memiliki penghasilan besar. Sikap seperti inilah yang membuat orang tidak peduli atau sekedar ingin mencari tahu tentang produk investasi.

Anda tidak perlu berfikir bahwa investasi harus dimulai dengan modal puluhan juta rupiah. Karena di jaman sekarang ada banyak produk investasi yang menguntungkan dan mudah dikerjakan bahkan oleh para pemula sekalipun.

Perusahaan yang bergerak di bidang investasi sangat paham dengan kendala yang dialami oleh kebanyakan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Sehingga banyak perusahaan menawarkan produk investasi yang terjangkau untuk semua kalangan. Bahkan anda sudah bisa memulai investasi hanya dengan modal Rp 100.000 ke bawah.

Berikut 4 jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil yang cocok untuk pemula.

1. investasi Emas Batangan

ilustrasi investasi emas batangan via pixabayInvestasi emas sudah banyak dilakukan oleh orang-orang sejak dulu hingga sekarang. Hal ini membuktikan bahwa investasi logam mulia yang satu ini masih banyak diminati. Meskipun tidak memberikan keuntungan yang terlalu besar, kenyataannya emas tetap merupakan jenis investasi yang resiko kerugiannya paling rendah.

Selain itu anda juga tidak perlu banyak belajar tentang dunia investasi karena prinsip dasar investasi emas ialah membeli saat harga murah dan menjualnya saat harga mahal. Sehingga emas tergolong investasi untuk jangka panjang.

Agar keuntungan yang didapat jauh lebih besar, sebaiknya anda memilih investasi emas batangan dibandingkan emas perhiasan. Harga jual emas perhiasan biasanya lebih murah daripada emas batangan. Belum lagi jika ada kerusakan akibat sering dipakai. Beberapa toko emas biasanya memberikan potongan 20-30% dari harga yang berlaku saat itu.

Bagaimana dengan emas batangan? Harga jual kembali emas batangan bisa mencapai 95%. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika anda menjualnya untuk 10-15 tahun kedepan.

Emas batangan juga relatif aman karena anda tentu tidak akan membawanya kemana-mana. Jika anda takut menyimpannya dirumah, memanfaatkan layanan penyimpanan barang-barang berharga yang biasanya disediakan oleh bank-bank besar.

Investasi emas batangan juga bisa mulai dengan modal kecil. Bahkan pegadaian selaku perusahaan BUMN yang bergerak dibidang pembiayaan, emas dan aneka jasa memberikan kemudahan untuk para nasabah yang belum bisa membeli emas secara tunai. Pegadaian membuka produk tabungan emas dimana anda bisa menabung emas mulai dari Rp 5.000an.

Uang yang anda setorkan ini nantinya akan dikonvensikan dalam bentuk gram. Jadi semisal anda menabung Rp 5.000an, maka dalam rekening akan setara dengan 0,01 gram tergantung harga emas saat itu.

Biaya ketika buka rekening pun tidak mahal. Anda hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya titipan selama 1 tahun sebesar Rp 30.000. Coba anda bandingkan dengan menabung di bank biasa. Rata-rata setiap pemilik rekening akan dikenakan biaya administrasi tiap bulannya.

Batas minimal untuk dapat dicairkan dalam bentuk emas ialah setelah saldo anda mencapai 1 gram. Namun, karena anda memilih berinvestasi jangka panjang, sebaiknya simpan saja emas anda dalam bentuk rekening. Selain lebih aman, anda juga bisa menghemat biaya cetak emas.

Saya sendiri juga sudah menabung emas di pegadaian. Tabungan tersebut saya biarkan sampai nanti saya membutuhkannya. Yah, hitung-hitung sebagai simpanan untuk pendidikan anak kedepan.

Selain tabungan emas, ada banyak produk investasi emas batangan lainnya seperti membeli emas secara angsuran, arisan emas dan lain sebagainya.

Jika anda berminat untuk menginvestasikan uang anda dalam bentuk emas, coba simak artikel saya berikut ini 6 cara sukses investasi emas batangan untuk pemula.

Disana anda dapat mengetahui bagaimana cara sukses investasi emas dengan metode investasi emas klasik, berkebun emas ala Rully Kusnandar hingga trading gold forex.

2. Investasi Saham

ilustrasi investasi saham via pixabayInvestasi yang menguntungkan dengan modal kecil berikutnya ialah saham. Tetapi kebanyakan orang masih menganggap saham merupakan jenis investasi yang memerlukan modal yang besar.

Hal inilah yang membuat mereka cenderung tidak mau tahu bagaimana mekanisme kerja saham sesungguhnya. Padahal jika mau belajar, tidak sulit kok untuk memulai menanam saham di pasar modal.

Tapi lagi-lagi faktor modal yang membuat mereka mengurungkan niatnya untuk menginvestasikan uangnya dalam bentuk saham. Disamping itu, saham memiliki resiko “High Risk High Return” dimana jika anda berani berinvestasi dengan modal yang besar, maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar. Hal ini juga sebanding dengan kerugian yang didapat jika prediksi anda salah.

Faktor inilah yang membuat banyak orang ogah investasi saham. Tapi tunggu dulu, nyatanya sekarang ini anda bisa memulai belajar investasi saham dengan modal kecil loh. Buktinya banyak perusahaan securitas yang menawarkan investasi saham dengan modal ratusan ribu saja.

Salah satunya membeli saham di PGAS atau PT perusahaan gas negara Tbk yang mana harga saham per lembar Rp 4.875. Untuk dapat membeli 1 lot (100 saham) maka anda perlu mengeluarkan dana Rp 487.500.

Sedangkan Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Rp 2.050. Sehingga untuk mendapatkan 1 lot saham (100 lembar) maka anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 205.000 saja. (sumber dari finance.detik.com)

Di Indonesia sendiri masih banyak saham yang di jual dengan harga di bawah Rp 2.000 rupiah. Namun, semua kembali pada diri anda. Jika anda ingin investasi yang menguntungkan dari saham, jangan hanya melihat dari harganya. Tapi lebih kepada prospek kenaikan harga dan pembagian devidennya kelak.

Bisa jadi harga saham yang murah dikarenakan perusahaan tersebut dalam kondisi fundamentalnya buruk. Lebih baik pilih perusahaan yang memiliki kredibilitas yang sehat sehingga memungkinkan anda bisa meraih keuntungan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, sebelum anda benar-benar ingin terjun di dunia saham. Belajarlah terlebih dahulu cara investasi saham dari para pakar saham yang sudah sukses.

Salah satunya tips investasi saham ala Warren Buffett. Strategi yang diterapkan Warren Buffett sebenarnya sangatlah sederhana. Dia membeli saham pada perusahaan yang dia prediksi memiliki masa depan cerah namun harga sahamnya masih murah dan menunggu saat yang tepat untuk menjualnya kembali.

Salah satu contohnya dia membeli saham di perusahaan Coca Cola yang sempat terjun bebas hanya sebesar 40 dollar. Namun dia terus menyimpannya hingga sekarang nilai saham tersebut telah mencapai 5 juta dollar.

Dalam bermain saham, agar bisa menjadi sebuah investasi yang menguntungkan, anda harus punya prediksi yang akurat, penuh kesabaran, dan mental yang kuat agar investasi anda mendapat hasil yang maksimal.

Baca juga : 8 Investasi Terbaik Yang Akan Buat Anda Kaya Di Usia 35 Tahun

3. Reksa Dana

ilustrasi investasi reksa dana via pixabayJika anda termasuk orang yang tidak mau mengambil resiko dan malas untuk memprediksi bursa efek saham. Namun menginginkan untuk bisa memiliki investasi yang menguntungkan, maka pilihlah reksa dana.

Hadirnya reksa dana seperti menjawab keraguan banyak orang yang ingin terjun di bisnis saham. Dimana mereka sebenarnya ingin ikut investasi saham namun takut mengalami resiko kerugian.

Sementara reksa dana menawarkan sebuah investasi yang menguntungkan namun minim resiko. Sehingga bagi anda yang masih pemula pun bisa langsung mengikutinya.

Pengertian reksa dana sendiri ialah wadah untuk menghimpun atau mengumpulkan dana dari para pemodal/investor untuk di investasikan ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Berbeda dengan investasi saham yang mana anda harus berani mengambil resiko dan pandai menganalisa untuk menentukan harga dan jumlah pembelian saham agar bisa mendapat keuntungan.

Sementara di reksa dana, anda tidak perlu berkecimpung secara langsung karena anda sudah menitipkan uang pada pihak yang memang mengerti bagaimana cara mengelola keuangan investor agar bisa berkembang.

Reksa dana sendiri ada beberapa macam. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Reksa dana pasar uang
  • Reksa dana pendapatan tetap
  • Reksa dana campuran
  • dan yang terakhir reksa dana saham.

Dari keempat jenis reksa dana diatas, yang memiliki resiko paling kecil ialah reksa dana pasar uang. Sementara untuk reksa dana yang memiliki resiko kerugian paling besar adalah reksa dana saham. Meskipun begitu, imbal hasilnya juga paling besar sehingga reksa dana saham merupakan investasi yang menguntungkan dan cocok untuk jangka panjang.

Untuk urusan modal, anda tidak perlu khawatir. Berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana investasi seperti ini membutuhkan dana puluhan juta. Sekarang anda sudah bisa memulainya dengan modal kurang dari satu juta.

Bahkan ada perusahaan securitas yang menawarkan produk reksa dana saham dengan modal awal Rp 100.000. Memang uang sebesar ini tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan. Namun, setidaknya anda bisa belajar bagaimana mekanisme atau cara kerja reksa dana saham.

Sehingga ketika anda sudah mulai paham, anda bisa mengucurkan dana lebih besar agar bisa mendapat investasi yang menguntungkan.

Beberapa contoh perusahaan yang menawarkan produk reksa dana mulai dari Rp 100.000 antara lain :

  • PT Danareksa Investment Management (DIM)

PT Danareksa berdiri tahun 1992 dan merupakan perusahaan BUMN. Anda bisa mencoba membeli investasi online langsung lewat situsnya hanya dengan modal Rp 100.000

  • PT Manulife Aset Management Indonesia (MAMI)

Selain menyediakan produk asuransi, PT manulife juga terdapat produk investasi sejak tahun 1996. Salah satu produknya ialah Manulife Syariah Sektoral Amanah dimana anda bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp 100.000.

  • CIMB Niaga

Bank Niaga sudah berdiri sejak tahun 1955 dan mempunyai layanan dibidang investasi yang bernama CRISP Plus. Anda bisa mulai dengan membuka rekening di bank dengan setoran awal Rp 100.000. Yang menarik dari CIMB Niaga ialah selain mendapat dana investasi, anda juga sekalian mendapat lindungan asuransi.

  • PT Mandiri Manajemen Investasi

Perusahaan yang satu ini memang ada kaitannya langsung dengan bank mandiri. Namun, jika anda ingin berinvestasi, bukan langsung ke bank mandiri, namun langsung ke manajer investasinya. Sama seperti perusahaan lainnya, PT Mandiri Manajemen Investasi juga menyediakan produk reksa dana hanya dengan setoran awal sebesar Rp 100.000.

Sebenarnya masih banyak perusahaan yang menawarkan investasi reksa dana dengan modal kecil. Misalnya seperti PT Syailendra Capital, PT Panin Asset Management dan lain-lain.

4. Berinvestasi dengan Membuka Usaha

ilustrasi buka usaha sendiri via pixabay

Apa hubungannya investasi dengan membuka usaha? Coba kita perhatikan dulu arti dari investasi. Menurut wikipedia Investasi ialah suatu bentuk aktiva dengan harapan bisa mendapat keuntungan di masa depan.

Bagaimana dengan membuka usaha? Secara tujuan sama dengan investasi dimana kita berharap modal yang kita kucurkan bisa mendapat keuntungan.

Maka tidak mengherankan jika membuka usaha saya masukkan dalam investasi yang menguntungkan saat ini. Apalagi di jaman digital seperti sekarang sangat mudah mencari usaha dengan modal kecil baik secara offline maupun online. Tinggal bagaimana anda mau bekerja keras untuk bisa meraih kesuksesan dari usaha yang anda pilih.

Membuka usaha sebenarnya bisa dibilang sebagai investasi paling menguntungkan diantara investasi yang lain. Sangat cocok sebagai investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Malah jika usaha yang anda jalankan berkembang pesat, maka omset yang anda dapatkan bisa melebihi investasi lain seperti emas, reksa dana atau pun saham.

Jika kendala anda belum bisa merintis usaha sendiri dikarenakan tidak bisa meninggalkan pekerjaan utama. Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak usaha sampingan karyawan yang bisa anda kerjakan disela-sela kesibukan anda misalnya dengan berbisnis online yang mana tidak membutuhkan banyak waktu dan dapat dikerjakan dimana saja selagi masih ada koneksi internet.

Tips sukses dalam membuka usaha bisa dimulai dengan memilih jenis usaha yang tepat dan sesuai dengan hobi atau pun keahlian yang anda miliki. Dengan begitu anda bisa menikmati dalam mengembangkan usaha tersebut.

Sebagai contoh jika anda suka dengan konsep perdagangan. Anda bisa membuka bisnis sampingan seperti usaha laundry kiloan atau buka usaha toko sembako dirumah. Anda juga bisa jualan baju online jika memang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi usaha secara offline.

Tentunya anda jangan berharap bahwa usaha yang anda bangun akan langsung sukses. Karena investasi dalam bentuk apapun tetap membutuhkan waktu untuk bisa berkembang. Sama seperti investasi emas atau reksa dana dimana anda baru bisa menikmati hasilnya 5 tahun kedepan.

Yang terpenting anda mau bekerja keras dan bisa menerapkan ilmu marketing yang benar. Maka, usaha anda pasti berkembang dan bisa menjadi investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Baca juga : 10 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

Selagi masih muda, mulailah belajar untuk berinvestasi. Jangan sampai masa tua anda masih harus bekerja keras untuk menutupi kebutuhan sehari-hari karena anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik. Cobalah 4 investasi yang menguntungkan diatas dan pilihlah yang sesuai dengan bujet anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *